Warna kulit yang belang dan nggak merata adalah salah satu masalah kecantikan yang sering dialami kita yang perempuan, terutama kalau kita sering melakukan aktivitas outdoor. Selain mengganggu kecantikan kita, kulit yang berwarna belang juga nggak jarang menimbulkan rasa sedikit perih dan akhirnya mengelupas lho, apalagi kalau kulit kita belang karena terkena matahari. Gimana sih cara mengatasi kulit belang yang mengganggu ini? Yuk cek ulasannya!

Cara Mengatasi Kulit Belang Alami

Cara Mengatasi Kulit Belang - Alami

Ada beberapa cara mengatasi kulit belang alami yang bisa kita lakukan dengan beberapa bahan-bahan sederhana di rumah. Cara mengatasi kulit belang yang alami ini biasanya mengharuskan kita untuk disiplin dan melakukannya secara teratur supaya hasilnya dapat terlihat dalam beberapa minggu, tapi bahannya memang mudah kita peroleh. Dilansir dari Doktersehat.com dan Cewekbanget.grid.id, ini dia beberapa cara mengatasi kulit belang alami yang bisa kita coba.

1. Lemon

Buah yang terkenal memiliki rasa asam ini nggak hanyak enak digunakan sebagai bumbu masakan kita, tapi juga punya banyak manfaat untuk mengatasi kulit belang kita di wajah maupun bagian tubuh lainnya. Ini karena lemon mengandung vitamin C yang efektif menyehatkan kulit dan meregenerasi sel kulit untuk mengatasi kulit belang.

Cara menggunakan lemon untuk mengatasi kulit belang kita mudah: kita bisa langsung mengoleskan air perasan lemon pada bagian kulit yang belang dan mendiamkannya selama 10-20 menit sebelum dibilas. Cara lainnya untuk kita yang memiliki kulit yang masih perih karena belang adalah mencampur 2 sendok makan air lemon dengan 1 sendok makan gula dan 2 sendk makan madu lalu mengoleskan campuran tersebut pada bagian kulit kita yang belang.

2. Kunyit

Bumbu makanan yang satu ini ternyata udah menjadi salah satu rempah-rempah yang digunakan untuk kecantikan oleh perempuan Indonesia sejak zaman dulu lho. Nggak hanya untuk menghilangkan belang, kunyit yang juga mengandung vitamin C ini juga bisa mencerahkan kulit dan mengembalikan warna alami kulit lho.

Untuk menggunakan kunyit dalam mengatasi kulit belang, kita bisa memarut kunyit, mencampurnya dengan air hingga mengendap, lalu mencampurkan tepung beras agar menjadi lulur. Lalu, oleskan lulur kunyit ke bagian kulit yang belang sebelum dibilas. Cara lainnya adalah dengan langsung mengoleskan kunyit yang diblender ke kulit kita yang belang lalu menambahkan sedikit air lemon sebelum dibilas.

Baca juga: 8 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yang Membandel

3. Mentimun

Sayur yang terkenal mengandung banyak air ini juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan kita lho seperti vitamin A, B1, B2, C, glutathione, dan flavonoid yang membantu memperbaiki warna kulit, terutama kulit yang belang.

Cara mengatasi kulit belang dengan mentimun nggak ribet: cukup membersihkan timun dari kulitnya, blender hingga halus lalu mengoleskan timun yang sudah dihaluskan pada kulit yang belang. Cara lainnya adalah dengan mencampur halusan timun dengan lidah buaya hingga menjadi pasta lalu mengoleskan campuran tersebut di kulit yang belang setiap pagi dan malam hari selama semingu. Tapi, cara yang disebut-sebut bisa memberikan hasil paling maksimal adalah dengan mencampur 4 sendok makan pasta mentimun, 2 sendok teh tepung, dan 2 sendok teh air lemon lalu mengoleskan dan membiarkannya pada kulit yang belang selama 20 menit sebelum membilas dengan air dingin.

4. Lidah buaya

Lidah buaya terkenal sebagai salah satu tanaman yang bisa melindungi kulit kita dari dampak negatif sinar matahari seperti terbakarnya kulit karena terlalu banyak terkena matahari. Tapi, lidah buaya juga punya banyak manfaat dalam mengatasi kulit belang lho, terutama dalam mencerahkan kulit yang berwarna terlalu gelap sekaligus melembapkan kulit kita supaya nggak terlihat kering dan kusam.

Cara mengatasi kulit belang dengan lidah buaya nggak sulit lho: cukup mengoleskan gel lidah buaya dan sedikit minyak almond ke bagian kulit yang lebih gelap selama 15-20 menit sebelum dibilas.

5. Beras

Makanan pokok sehari-hari kita ini mengandung banyak vitamin dan mineral alami yang bikin kulit kita sehat seperti vitamin B yang mencerahkan kulit dan merawat kesehatan kulit kita. Jadi, nggak hanya membantu kita meratakan warna kulit, beras juga bisa membantu menjaga kulit kita agar nggak perih dan mengelupas lho.

Cara menggunakan beras untuk mengatasi kulit belang nggak sulit: cukup bersihkan dan haluskan beras dengan blender atau ditumbuk lalu lulurkan beras pada bagian kulit yang belang, diamkan selama 10-20 menit dan bilas dengan air bersih.

Cara Mengatasi Kulit Belang di Klinik Kecantikan

Cara Mengatasi Kulit Belang - Perawatan

Selain dengan cara alami, kulit belang kita juga bisa diatasi dengan perawatan di klinik kecantikan lho. Cara mengatasi kulit belang yang ini biasanya akan memberikan kita hasil yang lebih instan dan dilakukan oleh profesional dengan alat yang canggih juga. Dilansir dari Hellosehat.com dan Nova.grid.id, ini dia beberapa cara mengatasi kulit belang dengan perawatan di kulit kecantikan.

1. Photo Facial

Berbeda dengan facial pada umumnya yang kita kenal, Photo Facial adalah jenis perawatan dengan 3 langkah dan 3 teknologi yang dilakukan untuk bikin kulit wajah lebih sehat sekaligus meratakan warna kulit. Perawatan yang satu ini biasanya akan mengangkat lapisan kulit luar yang rusak, membuat kulit wajah terlihat lebih muda, melembapkan sekaligus membersihkan kulit wajah dari gangguan.

Photo Facial terdiri dari 3 langkah. Langkah pertama adalah mengangkat sel kulit yang rusak dan warnanya nggak rata dengan laser. Pada langkah ini, biasanya kerutan kita juga akan disamarkan dan flek kita bisa dihilangkan lho. Langkah selanjutnya adalah mengencangkan kulit wajah dengan teknologi berbasis cahaya yang bertujuan untuk regenerasi kolagen pada kulit dan mengurangi pigmentasi sehingga kulit terlihat cerah merata. Langkah terakhir adalah menggunakan oksigen murni pada lapisan kulit wajah melalui pori-pori agar kulit wajah terlihat segar. Teknik ini biasanya berupa peeling kulit untuk membersihkan kulit yang kusam sehingga bikin wajah terlihat segar dalam waktu singkat.

Baca juga: Inilah 8 Rahasia Muka Glowing Alami ala Artis Korea

Untuk mengatasi kulit yang belang pada bagian tubuh selain kulit wajah, cryotherapy efektif banget kita lakukan. Pada perawatan ini, kulit kita akan diolesi atau disemprot dengan nitrogen cair yang super dingin. Sel-sel kulit kita pun akan menjadi beku lalu hancur dan regenerasi. Selain meratakan warna kulit, cryotherapy juga bisa mengaktifkan produksi kolagen sehingga bikin kulit kita terlihat lebih muda dan kencang dengan pori-pori yang lebih kecil.
Cryotherapy biasanya hanya berlangsung selama 10-12 menit dan hasilnya bisa kita lihat pada kulit. Selain itu, karena nitrogen cair ini dingin ketika terkena kulit, nggak jarang kita merasa sedikit kaget dengan suhunya atau malah sebaliknya, menjadi rileks karena perawatan ini. Supaya efektif, sebaiknya kita melakukan cryotherapy setiap 1-2 minggu sekali supaya warna kulit kita semakin merata dan kulit kita semakin sehat.

3. Chemical Peeling

Walaupun lebih terkenal sebagai perawatan untuk menghaluskan kulit, Chemical Peeling juga bisa membantu meratakan warna kulit kita dan mengatasi kulit belang lho. Pada perawatan ini, kulit kita akan diolesi larutan kimia untuk mengelupaskan lapisan terluar kulit yang rusak sehingga menampakkan lapisan kulit yang lebih cerah dan segar. Larutan kimia berupa gel ini biasanya akan disesuaikan dengan kebutuhan kulit kita.

Sama seperti cryotherapy, Chemical Peeling juga nggak makan waktu lama. Cukup dalam 10-30 menit, kulit akan terasa lebih mulus. Walaupun awalnya terlihat merah, setelahnya kulit kita justru akan terlihat lebih cerah merata lho. Setelah peeling, pastikan kita menggunakan tabir surya lebih banyak dan menghindari produk berbahan retinol supaya halusnya kulit wajah kita pun tetap terjaga.

4. Mikrodermabrasi

Kalau lapisan kulit kita termasuk tebal dan kita ingin meratakan warna kulit kita, kita bisa melakukan perawatan mikrodermabrasi yang mengangkat sel kulit mati dengan ribuan butiran kristal kecil. Dengan perawatan 30 menit, bagian kulit kita yang berwarna lebih gelap bisa terlihat lebih cerah lho. Perawatan ini juga biasanya nggak berefek samping seperti menimbulkan bekas luka atau mengubah warna kulit hingga drastis.

Saat perawatan ini, kristal-kristal yang disemprot pada kulit akan membuat sel kulit mati di lapisan teratas kulit terangkat. Tapi, ketika kulit mati tersebut diangkat, kulit yang sehat pun akan muncul dengan warna yang merata. Selain itu, mikrodermabrasi nggak perih sama sekali sehingga kita pun bisa rileks saat perawatan.

Baca juga: Inilah Cara Memuluskan Wajah yang Gampang Dilakukan

5. Suntik Putih

Perawatan kulit yang satu ini biasanya memberikan efek paling instan. Selain karena hormon kita mengalami perubahan, sel darah merah kita juga berubah dan produksi melanin terhenti. Melanin yang membuat kulit terlihat gelap akan berkurang karena suntikan ini sehingga membuat kulit kita berubah menjadi putih merata secara perlahan-lahan.

Walaupun suntik putih bermanfaat secara instan, komponen utama suntikan pemutih bisa menyebabkan beberapa efek samping lho sehingga kita harus hati-hati. Efek samping ini mulai dari rambut rontok, kuku berbintik putih, tangan mati rasa, depresi, hingga gagal ginjal. Jadi, pastikan kita melakukan perawatan ini di klinik kecantikan yang terpercaya.

Atasi Kulit Belang Tanpa Boros

Jadi, ada banyak cara mengatasi kulit belang yang bisa kita coba untuk bikin kulit kita kembali cantik. Untuk kita yang ingin perawatan, nggak usah takut akan boros demi meratakan warna kulit kita karena ada aplikasi Cashbac.

Cashbac memberikan instant cashback untuk setiap transaksi kita, termasuk saat perawatan kecantikan di berbagai klinik seperti Sava Beauty, Nurtura Aesthetic, Nestetique Clinic, Polaris Cyrotherapy, Skin Bee Aesthetic dan masih banyak lagi. Caranya juga gampang: cukup download aplikasi Cashbac, registrasi dengan kartu kredit atau kartu debit kita, dan gunakan aplikasi Cashbac untuk transaksi untuk mendapatkan instant cashback. Cashback ini bisa langsung kita gunakan untuk transaksi selanjutnya atau kita simpan untuk transaksi kapanpun selama akun kita masih aktif.

Jadi, kulit cantik tanpa belang pun bisa kita dapatkan dengan melakukan berbagai cara mengatasi kulit belang nih. Soal biayanya pun nggak perlu khawatir lagi karena ada aplikasi Cashbac yang bisa bikin kita hemat. Selamat mencoba!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store

Disclaimer: informasi dari Cashbac tidak menggantikan nasihat medis. Selalu konsultasikan ke dokter Anda sebelum melakukan tindakan lebih lanjut.