Perut merupakan salah satu bagian dari tubuh kita yang memiliki sifat elastis. Selain sifatnya yang elastis, perut adalah tempat dimana bertumpuknya lemak. Hal tersebut menyebabkan perut mudah melar dan pada akhirnya menjadi buncit. Perut buncit tidak hanya ditemukan pada orang yang mengalami obesitas, namun juga bisa ditemukan pada orang yang memiliki badan ideal. Tidak heran bila sekarang banyak orang yang mencari cara mengecilkan perut buncit mereka. Pada saat ini cara mengecilkan perut secara tidak sehat pun sering ditemukan. Contohnya, cara mengecilkan perut yang menggunakan obat-obatan. Hal tersebut bisa jadi berbahaya untuk tubuh kita.

Memiliki perut buncit akan sangat berpengaruh bagi penampilan. Pakaian lamamu pasti tidak bisa kamu gunakan lagi karena sempit di bagian perut. Untuk mengatasinya, kamu harus membeli baju baru yang menguras pengeluaranmu. Dengan memiliki perut buncit kamu juga harus menahan napas bila sedang berfoto. Pokoknya memiliki perut buncit akan sangat merepotkan, baik dari sisi kesehatan maupun penampilan.

 

Cara Mengecilkan Perut Dengan Olahraga

Apabila kamu sudah terlanjur memiliki perut buncit, kamu tidak usah khawatir. Di bawah ini ada beberapa cara mengecilkan perut yang sederhana. Meskipun sederhana, cara-cara ini efektif untuk membantu kamu mengecilkan perut buncit. Kamu juga bisa menjaga tubuh untuk agar sehat dan tetap bisa menjaga penampilan.

gerakan sit up

1. Sit Up

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan gerakan yang satu ini. Sit up adalah gerakan yang dapat membantu mengecilkan perutmu. Cukup lakukan push up selama 10-15 kali dan ulangi sebanyak 3 set.

gerakan sit up

3. Push Up

Tidak hanya sit up, push up juga termasuk gerakan yang tidak asing bagi kita semua. Push up adalah cara mengecilkan perut yang dapat kamu lakukan di rumah. Gerakan ini cukup sederhana. Sama seperti sit up, kamu cukup melakukannya sebanyak 10-15 kali dan ulangi sebanyak 3 set.

Baca juga : Ini Dia 10 Kebiasaan Penyebab Perut Buncit

gerakan elbow plank

4. Elbow Plank

Elbow plank adalah gerakan mengecilkan perut yang sederhana. Gerakan ini mudah dilakukan di rumah dan termasuk cara mengecilkan perut yang sangat efektif. Cara melakukan elbow plank:

  • Posisikan tubuh menghadap ke lantai
  • Letakkan kedua siku hingga telapak tangan di atas lantai
  • Angkatlah badan hingga posisi siku membentuk suduk siku-siku, jaga posisi punggung kamu agar tetap lurus, dan tahan badanmu
  • Tahan posisi ini selama 30 detik dan ulangi sebanyak 3 kali.

Sumber : WikiHow (https://id.wikihow.com/Membentuk-Perut-Bawah)

4. Leg Raise

Gerakan leg raise berpusat pada otot perut bawah. Leg raise dapat dilakukan tanpa alat bantu apapun. Meskipun terbilang cukup mudah, dengan melakukan gerakan ini beberapa set, otot perut terasa panas karena pembakaran lemak yang terjadi. Cara melakukan leg raise:

  • Baringkan tubuhmu di lantai
  • Letakkan kedua tanganmu di samping
  • Rapatkan kedua kaki dan angkat hingga membentuk sudut siku-siku
  • Turunkan kaki tanpa menyentuh lantai
  • Lakukan gerakan naik turun ini sebanyak 15 kali dan ulangi sebanyak 3 set

Sumber: fitkurs.de

5. Bicycle Crunch

Gerakan ini adalah gerakan yang dapat melatih otot perut secara keseluruhan dan menjaga keseimbangan tubuh. Bicycle crunch sangat mirip dengan gerakan mengayuh sepeda. Bila kamu melakukan gerakan ini secara teratur maka kamu akan mendapatkan perut ramping yang sehat. Cara melakukan bicycle crunch:

  • Baringkan tubuhmu di lantai
  • Topang kepalamu dengan kedua telapak tangan
  • Angkat kedua kaki secara bersamaan dan gerakkan kakimu seolah kamu sedang mengayuh sepeda
  • Ulangi gerakan ini sebanyak 15 kali dan lakukan sebanyak 3 set

gerakan circles in the sky

Sumber: 20FIT Journal

6. Circle In The Sky

Gerakan circle in the sky juga termasuk cara untuk mengecilkan perut yang dapat kamu lakukan. Gerakan ini tidak sulit dilakukan dan dapat membantu membakar lemak perut yang ada di perut kamu. Cara melakukan circle in the sky:

  • Baringkan tubuhmu di lantai
  • Angkat kaki kananmu hingga membentuk sudut siku-siku, sementara kaki kiri tetap berada di lantai
  • Selanjutnya buat gerakan memutar searah jarum jam dengan kaki kananmu
  • Ulangi gerakan ini sebanyak 15 kali dan lakukan sebanyak 3 set

gerakan zumba sehat

7. Zumba

Zumba memang sangat cocok untuk kamu yang ingin mengecilkan perut. Zumba adalah senam yang biasanya diiringi dengan musik. Gerakan zumba juga sangat menyenangkan sehingga kamu tidak akan cepat merasa lelah. Melakukan zumba setiap tiga kali seminggu selama satu bulan dapat menurunkan berat badanmu hingga 3 kilogram loh!

perempuan berjogging

8. Berjogging

Berjogging termasuk cara mengecilkan perut yang bisa kamu lakukan. Tidak seperti beberapa gerakan di atas, kamu cukup mengenakan baju dan sepatu olahragamu dan kamu telah siap untuk berjongging. Berjogging setiap hari dengan minimal waktu 30 menit dapat menurunkan 500-900 kalori. Dengan berlari, kamu tidak hanya menghilangkan lemak di perut tetapi juga mengencangkan otot kaki.

olahraga bersepeda sehat

9. Bersepeda

Apabila kamu hobi bersepeda, kamu dapat menjadikan hobimu sebagai cara mengecilkan perut yang efektif. Cukup dengan bersepeda minal 30 menit setiap harinya dan kamu telah membakar sebanyak 300 kalori. Selain kamu mendapatkan perut ramping idamanmu, bersepeda dapat membantu kamu untuk melatih otot paha dan tungkai agar lebih kuat.

hula hoop cara mengecilkan perut

10. Bermain Hola Hoop

Siapa sangka bermain hola hoop dapat membantu kamu mengecilkan perut? Hula hoop memang terkesan seperti permainan, namun bermain hula hoop selama 30 menit dapat membakar sebanyak 150 hingga 200 kalori. Hula hoop juga merupakan rahasia perut langsing Michele Obama loh!

Baca juga: Pola Hidup Sehat Ternyata Mudah Dilakukan Siapa Saja, Coba Yuk!

Beberapa cara di atas adalah cara mengecilkan perut yang dapat kamu lakukan. Sebenarnya masih banyak cara mengecilkan perut yang bisa kamu lakukan. Contohnya dengan pergi ke outlet olahraga terdekat untuk mendapatkan pelatihan dari ahlinya.

Apabila kamu ingin mengetahui cara mengecilkan perut tetapi khawatir dengan pengeluaranmu, sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi. Aplikasi Cashbac hadir untuk membantu kamu mendapatkan perut ramping yang sehat langsung dari pelatih olahraga bersertifikat di outlet olahraga terdekat. Kamu bisa mendapatkan cashback secara langsung dan cuma-cuma. Jadi sekarang kamu tetap bisa mendapatkan perut ramping dengan panduan langsung dari ahli tanpa harus boros.

 

Cara Mengecilkan Perut yang Dapat Cashback Secara Cuma-Cuma

Cashbac hadir dengan terobosan baru sebagai suatu aplikasi yang membantu kamu menghemat pengeluaran. Cashbac memberikan rewards langsung berupa cashback yang dapat kamu gunakan di banyak outlet olahraga di Jakarta. Aplikasi Cashbac memiliki banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan secara cuma-cuma. Di bawah ini ada beberapa kelebihan aplikasi Cashbac yang bisa kamu dapatkan di outlet olahraga di Jakarta:

– Instant Cashback

Biasanya, kamu harus menunggu dalam jangka periode tertentu untuk mendapatkan promo cashback. Bahkan ada yang mengharuskan kamu untuk menunggu selama berjam-jam. Akan tetapi, dengan menggunakan aplikasi Cashbac kamu tidak perlu menunggu selama itu. Kamu bisa langsung mendapatkan instant cashback yang bisa kamu gunakan untuk kunjungan berikutnya.

– Sangat Fleksibel

Banyak penawaran cashback yang sudah di atur oleh perusahaan atau merchant tertentu. Misalnya mereka menawarkan cashback yang berupa barang atau hanya bisa menggunakan cashback dengan membeli barang tertentu. Dengan aplikasi Cashbac, kamu bisa mendapatkan cashback langsung berupa deposit uang yang bisa kamu gunakan kapan saja. Sangat fleksibel dan memberikan keleluasaan bukan?

– Berlaku Selamanya

Beberapa program cashback memberlakukan sistem hangus. Maksudnya, apabila kamu tidak menggunakannya secara terus menerus maka cashback yang kamu miliki akan kadaluarsa atau hangus. Hal ini tentu saja sangat merugikan, tetapi kamu tidak perlu khawatir karena cashback yang kamu dapatkan di aplikasi Cashbac bisa terus digunakan tanpa hangus selama akun tetap aktif.

Baca juga: Cashbac – Aplikasi Cashback Rewards Terbaik di Indonesia

Sekarang kamu ingin tahu kan apa saja tempat olahraga di Jakarta yang bisa mendapatkan cashback secara langsung? Di bawah ini terdapat beberapa merchant Cashbac yang bisa membantu kamu mengecilkan perut

 

1. Core Studio

De Ritz, Jalan HOS. Cokroaminoto Nomor 91, Menteng, Jakarta Pusat.

2. Power Swing

Jalan Gunawarman Nomor 67, Lantai 2, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

3. Yoga Dham Jakarta

Jalan Bumi Nomor 4, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

4. Fitness Japan

Ruko Wisteria, Jalan Panglima Polim Raya 78, Melawai, Jakarta Selatan.

5. Real Yoga Indonesia

Jalan Sultan Iskandar Muda Nomor 99 C, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Jalan Radio Dalam Raya, Blok Langgar 2 Nomor 26, Gandaria, Jakarta Selatan.

6. Mindful Nest Studio

Rukan Kencana Niaga, Blok D1/3D, Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat.

7. Vital Mind Body Center

Ruko The Metro, Blok K6 KO, Jalan Mandara Permai VII, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara

 

Memiliki perut buncit memang sangat merepotkan. Selain tidak baik bagi kesehatan, penampilanmu pasti berkurang dan akhirnya menjadi tidak percaya diri. Agar lebih mudah dan cepat kamu bisa datang ke outlet olahraga terdekat di Jakarta. Di sana, kamu bisa mendapatkan pelatihan langsung oleh pelatih olahraga bersertifikat untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Download aplikasi Cashbac untuk mendapatkan cashback saat kamu sedang mengecilkan perut. Merchant akan terus bertambah loh! Ayo segera download dan buka aplikasi Cashbac untuk melihat outlet olahraga terdekat yang mendapat cashback.

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store