Mengumpulkan uang untuk persiapan pengeluaran tidak terduga di masa mendatang tergolong susah-susah gampang. Dibilang susah karena kamu harus pandai mengatur pengeluaran agar bisa menyimpan uang. Sedangkan dibilang gampang karena pada dasarnya kamu hanya perlu menyisihkan sebagian gaji bulanan atau pendapatan kamu untuk ditabung.

Baca Juga : Uang Gratis, Siapa yang Mau? Begini Cara Mendapatkannya!

 

10 Cara Mengumpulkan Uang dengan Cepat

Ada beberapa cara mengumpulkan uang dengan cepat yang penting untuk diterapkan. Dijamin target pengumpulan uang yang sudah kamu tetapkan mudah tercapai. Dengan syarat, kamu konsisten dan sungguh-sungguh dalam menerapkannya.

1. Membatasi Penggunaan Paket Data

kurangi pembelian kuota internet

Saat ini penggunaan paket data termasuk salah satu sebab pengeluaran bulanan terbesar. Terlebih lagi dengan munculnya berbagai paket data yang dikhususkan untuk berbagai jenis hiburan di internet. Paket data tersebut umumnya memiliki harga yang lumayan tinggi, namun tergolong murah jika dilihat dari tujuan penggunaannya.

Tapi karena paket data yang ditawarkan hanya untuk hiburan, tentu kamu harus bisa membatasi penggunaannya. Jauh lebih baik jika uang pembelian paket data tersebut disimpan atau ditabung  untuk keperluan penting dan mendesak di masa mendatang.

Bukan berarti kamu tidak perlu hiburan, tapi setidaknya belajar untuk membatasi. Jangan terlalu menuruti keinginan untuk memuaskan diri dengan berbagai hiburan di internet, yang notabene membutuhkan kuota data yang tidak sedikit.

 

2. The Power of 20.000

menabung 20 ribu

Cara mengumpulkan uang dengan cepat yang satu ini dipopulerkan oleh seorang motivator terkenal di tanah air yang bernama Ippho Santosa. Cara melakukannya adalah kamu menabung setiap uang 20.000 yang ditemukan, baik di dompet, saku, dan yang lainnya.

Oleh karena itu, jika kamu memiliki kembalian uang belanja dalam bentuk 20.000, maka uang tersebut juga harus disimpan atau ditabung. Jika mampu komitmen melakukan hal ini, tanpa terasa nilai tabungan akan menjadi banyak.

 

3. Gunakan Fitur Kunci Tabungan

fitur kunci tabungan

Agar kamu tidak bergampangan menarik tabungan di bank, sebaiknya gunakan fitur kunci tabungan. Saat ini sudah banyak bank yang menerapkan sistem tersebut. Dengan menguncinya, kamu tidak bisa melakukan penarikan uang semaunya, karena harus mencapai waktu penguncian yang sudah ditetapkan.

Sebenarnya cara menabung ini mirip dengan menabung di celengan. Hanya saja, celengan bisa dibuka kapan saja. Jika kamu ingin menabung di celengan, pastingan celengan tersebut tidak mudah untuk dibuka.

 

4. Menabung Sesuai Tanggal di Kalender

 

Konsisten merupakan hal yang sulit ketika menabung. Oleh karena itu, kamu perlu membiasakan diri untuk komitmen melakukannya. Salah satu cara yang terbukti efektif adalah menabung sesuai tanggal di kalender.

Tentukanlah target tabungan kamu berdasarkan kalender. Misalnya, kamu akan menyimpan uang sebesar Rp.50.000 per tanggal 1,3,7,10,13, dan seterusnya. Kamu juga bisa menentukan untuk menyimpan atau menabung uang setiap hari. Semuanya kembali kepada target tabunganmu.

 

5. Simpan Recehan 500 Rupiah

menabung uang receh 500

Cara mengumpulkan uang dengan cepat yang juga dapat kamu terapkan adalah menyimpan uang Rp.500. Dalam hal ini, kamu mesti komitmen dan konsisten untuk menyimpan semua uang recehan Rp.500, baik sisa uang belanjaan, bahan bakar, transport, dan yang lainnya.

Meskipun nilainya cuma sedikit, tapi koin recehan Rp.500 seringkali kita dapatkan sehabis berbelanja apapun juga. Saking seringnya, terkadang uang tersebut tercecer tanpa kita merasa kehilangan dengan uang tersebut.

Padahal, jika kamu mampu menerapkan cara menabung di atas, uang receh tersebut tidak akan tercecer bgitu saja, tetapi malah ditabung untuk keperluan mendesak.

Baca Juga : Bisa Dicoba, Cara Mendapatkan Uang Tambahan dengan Mudah!

 

6. Menabung Sebagai Hukuman

menabung sebagai hukuman

Sebagai manusia tentu kamu sering melakukan kesalahan, baik sengaja maupun tidak disengaja. Nah, kamu bisa memanfaatkan kondisi ini untuk menyimpan uang. Untuk itu, cobalah terapkan metode menabung sebagai hukuman. Artinya, setiap kali kamu melakukan kesalahan, maka kamu harus menabung uang dalam jumlah tertentu.

Kamu bisa menerapkan ini pada semua kesalahan atau khusus pada kebiasaan jelek kamu yang sulit dihindari. Diharapkan dengan metode ini, kamu tidak hanya bisa menyimpan uang, tapi juga meninggalkan kebiasaan jelek kamu selama ini. Untuk nominal jumlah yang akan ditabung, sesuaikan saja dengan kemampuan kamu.

 

7. Berinvestasi

mengumpulkan uang dengan berinvestasi

Cara terbaik untuk menyimpan uang tentu saja dengan menggandakannya. Oleh karena itu, menginvestasikan uang kamu termasuk salah satu cara mengumpulkan uang dengan cepat yang patut dicoba.

Saat ini banyak jenis-jenis investasi menguntungkan yang tidak harus menggunakan modal besar. Kamu tinggal memilih memilih jenis investasi bisnis yang paling mudah dan menguntungkan, meskipun keuntungannya sedikit.

Ingat, jauhi bentuk-bentuk investasi yang terlalu terdengar muluk-muluk. Misalnya, investasi modal kecil namun bisa memberikan keuntungan sangat besar yang justru terdengar tidak masuk akal.

 

8. Menabung Sebagai Imbalan

menabung sebagai imbalan

Jika kamu bisa menabung sebagai hukuman, maka mengapa tidak mencoba menabung sebagai imbalan. Kamu bisa melakukan kompetisi dengan anggota keluarga dalam banyak hal, misalnya membersihkan rumah, halaman, dan lain sebagainya. Hadiah yang didapatkan bagi yang juara adalah menabung.

Meskipun cara ini tergolong anti mainstream, tapi cara ini patut untuk dicoba. Dengan begitu, banyak sebab yang bisa menjadi alasan buat kamu untuk menabung.

 

9. Kurangi Jajan di Luar

kurangi jajan di luar

Kebiasaan jajan di luar termasuk salah satu penyebab tingginya pengeluaran bulanan kamu. Selama masih sering jajan, kamu akan sulit berhemat. Alih-alih menyimpan uang, yang ada simpanan kamu malah bisa ludes terpakai.

Oleh karena itu, kurangi kebiasaan jajan di luar. Tidak harus dihentikan sama sekali, karena kamu juga perlu untuk menikmati hidup ini. Hanya saja, berupayalah untuk membatasi kebiasaan tersebut. Bisa perlu, buat daftar jajanan apa saja yang bisa dan apa yang tidak bisa dibeli, dan berapa jumlah maksimal yang boleh kamu keluarkan untuk jajan.

Ketika batas maksimal jajan kamu sudah tercapai, kamu harus berkomitmen untuk tidak jajan sedikitpun dengan alasan apapun sampai bulan berikutnya. Hanya dengan cara ini, kamu bisa menyisihkan uang untuk ditabung sebagai persiapan pengeluaran dadakan yang penting di masa mendatang.

 

10. Beli Barang yang Awet

beli barang yang awet

Banyaknya marketplace yang bermunculan saat ini menjadikan belanja online semakin mudah. Barang-barang yang dibeli juga semakin beragam dan harganya cukup murah. Kondisi inilah yang sering menjadi godaan bagi seseorang, sehingga langsung membeli tanpa berpikir panjang.

Meskipun barang-barang yang ditawarkan di marketplace tersebut murah, tapi umumnya merupakan barang-barang dengan kualitas biasa. Akibatnya, belum terlalu lama digunakan sudah rusak.  Ujung-ujungnya kamu harus beli kembali barang yang baru.

Jika kondisinya seperti ini, tentu kamu sulit untuk berhemat dan menabung. Seharusnya yang menjadi tolak ukur bagi kamu ketika membeli barang adalah kualitas, sehingga masa pakainya lebih lama dan lebih awet. Meskipun harga belinya mahal, ujung-ujungnya dianggap murah karena awet dipakai selama bertahun-tahun.

Baca Juga : 7 Cara Mendapatkan Uang dari Internet dengan Mudah!

Itulah 10 cara mengumpulkan uang dengan cepat dan efektif yang bisa kamu terapkan. Jika kamu sungguh-sungguh ingin menabung dan menyimpan uang, cobalah menerapkan cara-cara yang disebutkan di atas.

 

Cashbac Easypay

Sekarang kamu bisa lebih berhemat lagi untuk membantu kamu mengumpulkan uang dengan cepat dengan menggunakan Cashbac Easypay!

Cashbac Easypay merupakan fitur terbaru dari Cashbac yang memberikan kemudahan untuk berbelanja tanpa ribet dan tanpa biaya apapun yang berlaku di merchant favorit.

Keuntungan Cashbac Easypay adalah:

– Budget Belanja Jutaan
– Bayar 4x Sesuai Nilai Belanja
– Tidak Ada Biaya Tambahan Apapun
– Proses Cepat Bebas Ribet
– Bonus Point Rewards

Keuntungan yang tidak akan kamu dapatkan di tempat lain, apply Cashbac Easypay sekarang juga!