Membuka kafe kopi merupakan salah satu peluang usaha yang tidak dapat dilewatkan, karena kafe kopi selalu dicari para kawula muda yang gemar nongkrong sembari meminum kopi. Jika kamu ingin membuka kafe atau kedai kopi, setidaknya ada beberapa peralatan kopi yang dapat dimasukkan ke dalam daftar persiapan pembukaan kafe kopimu.

Jika kamu berencana memulai usaha kedai kopi yang sederhana, kamu tentu membutuhkan berbagai macam persiapan seperti modal usaha, tempat usaha, hingga kebutuhan peralatan kopi untuk memulai usaha ini.

Baca Juga : 12 Menu Kopi Terenak di Jakarta yang Kekinian

 

Peralatan Kopi yang Dibutuhkan

Untuk membangun bisnis kedai kopi, setidaknya kamu bisa mempersiapkan pembelian beberapa peralatan kopi berikut :

1. Vietnam Drip

peralatan kopi - vietnam drip

Bagi kamu yang memerlukan peralatan pembuat kopi dengan menghasilkan rasa yang pekat, maka pilihan paling tepat adalah dengan menggunakan Vietnam Drip. Di samping itu, peralatan ini juga mempunyai harga lebih terjangkau.

Vietnam drip biasanya dipakai untuk minuman kopi yang nantinya di mix susu full cream sebagai penyeimbang rasa pahit dari kopi.

 

2. Aeropress

peralatan kopi - aeropress

Peralatan kopi ini bisa dikatakan dapat menghasilkan kopi secara singkat, kamu dapat menjadikan Aeropress sebagai pilihan ideal. Terutama jika menginginkan mesin yang mempunyai kemampuan dapat menghasilkan kopi secara cepat dan singkat.

Ketika dipakai, kamu cukup memasang kertas saring saja, lalu tekan untuk menyeduh kopi memakai Aeropress.

Salah satu peralatan kopi ini memiliki harga cenderung murah. Inilah yang membuat banyak pengusaha startup di kedai kopi menyediakan peralatan yang satu ini.

 

3. Grinder

peralatan kopi - grinder

Menghasilkan biji kopi berkualitas tentu dapat diperoleh jika ditumbuk sebentar ketika kamu ingin menyeduh minuman berwarna hitam ini. Kamu bisa memilih grinder sebagai alat pembuat kopi untuk menghasilkan kualitas biji terbaik dan segar. Terdapat dua jenis mesin penggiling atau grinder biji kopi.

Biasanya penggiling manual ini dinamakan juga sebagai penggiling tangan. Melalui alat yang satu ini, kamu tidak perlu memakai listrik kembali.

Di samping itu, harga grinder manual juga tidak sampai merogoh kocek dalam-dalam, karena cenderung lebih terjangkau.

Tapi jika memilih grinder manual, kamu harus mengeluarkan usaha lebih besar untuk menggiling sekaligus menyesuaikan tekstur saat menggunakannya.

 

4. Moka Pot

peralatan kopi - moka pot

Moka pot biasa disebut juga dengan istilah Bialetti yang merupakan alat pelengkap pembuat kopi yang wajib ada. Walaupun harus memakai sumber panas seperti kompor kecil, namun kopi yang bisa kamu hasilkan menggunakan moka pot tidak mengeewakan. Terlebih bagi kamu penggemar kopi pahit yang menyuguhkan aroma dominan.

Alat kopi yang satu ini adalah pilihan ideal yang dapat kamu peroleh dengan harga yang bervariasi dan tidak terlalu mahal, biasanya tergantung dari kapasitas yang kamu butuhkan.

 

5. French Press

peralatan kopi - french press

Untuk yang memerlukan peralatan kopi praktis yang mudah dipakai, maka french press menjadi pilihan yang tepat. Menawarkan berbagai macam kapasitas, french press bisa menghasilkan 4 cangkir lebih kopi hitam hanya dalam waktu 4 menit saja.

Di samping itu, kamu juga bisa memakai french press untuk menyajikan aneka minuman lainnya selain kopi, seperti teh.

Dengan alat ini, kamu juga bisa menambahkan busa susu guna berbagai macam kebutuhan, seperti campuran latte art atau cappuccino tanpa memakai mesin espresso.

Biasanya untuk membuat busa ini, kamu hanya perlu menuangkan susu panas ke mesin french press sembari mengocok saringan hingga berulang kali sampai menghasilkan busa.

Baca Juga : Kopi Toraja Yang Eksotis, Kenali Yuk Dari A-Z

 

6. Pour Over

peralatan kopi - pour over

Alat kopi lainnya yang dapat kamu siapkan adalah pour over. Banyak pencinta kopi menganggap bahwa kopi tetes merupakan cara terbaik dalam menyeduh kopi untuk memberikan hasil sempurna.

Biasanya untuk memberikan hasil seduhan kopi yang baik dipengaruhi pembuat kopi atau mixer. Dengan bahan berbeda tentu saja rasa kopi juga akan berbeda. Belum lagi, proses pembuatannya menjadi salah satu daya tarik yang dapat disajikan kepada pelanggan di kafe kopi kamu.

Hanya saja, untuk bisa memakai mesin kopi yang satu ini, kamu membutuhkan peralatan lain seperti ketel dan kertas saring yang mesti dibeli secara terpisah. Selain itu, bisa juga sudah satu paket, namun harganya lebih mahal.

 

7. Rok Presso

peralatan kopi - rok pressor

Pada kedai kopi, biasanya kopi espresso merupakan menu wajib. Hanya saja, tidak semua peralatan kopi dapat dipakai untuk menghasilkan kopi espresso. Sebagai solusinya, kamu bisa mempersiapkan rok presso.

Apa itu rok presso? Ini adalah sejenis mesin kopi secara manual yang dirancang khusus guna memberikan hasil tembakan espresso untuk membentuk dasar berbagai macam minuman, seperti capuccino atau lattes.

Untuk mendapatkannya, kamu harus merogoh kocek agak dalam agar kamu bisa melengkapi kedai kopimu dengan alat ini. Tidak hanya mudah dipakai, alat ini juga mempunyai daya tahan yang tinggi, karenanya dapat dijadikan sebagai investasi jangka panjang bagi kedai kopimu.

Bahkan kamu tidak memerlukan listrik, jadi tidak akan menambah biaya operasional pada kafe kopi. Sementara di sisi lain, mesin ini dibuat secara khusus hanya demi menghasilkan minuman espresso. Sehingga kamu tidak bisa memakai alat ini dalam pembuatan jenis minuman lainnya.

 

8. Syphon

peralatan kopi - syphon

Menawarkan desain yang menarik bagi pelanggan, jenis mesin kopi ini juga bisa memberikan rasa terbaik pada sajian minuman kopi yang kamu buat.

Memiliki bentuk menyerupai gelas yang ada di laboratorium, Syphon mempunyai pembuatan bir vakum dengan memerlukan sumber panas dari komponen pembakar mini.

 

9. Teko atau Ketel

peralatan kopi - teko

Kopi panas adalah minuman ternikmat. Jika kamu ingin menyeduh kopi menggunakan air panas, tentu saja membutuhkan teko atau ketel. Alat ini sangat diperlukan apabila kamu ingin membuat minuman kopi dengan manual.

Namun pastikan memilih teko yang berleher angsa agar mempermudah ketika penyeduhan kopi.

 

10. Timbangan

peralatan kopi - timbangan

Jika ingin memberikan cita rasa kopi enak dan nikmat, maka kamu wajib mengetahui takarand engan tepat untuk setiap bahannya, misalnya air, bubuk kopi, susu dan gula.

Dibanding hanya memperkirakan takarannya tanpa mengetahui ukuran pastinya, sebaiknya pergunakan timbangan.

Dalam pembuatan kopi biasanya kamu harus memakai timbangan digital canggih juga akurat. Jadi, pastikan untuk menimbang beberapa bahan kopi secara akurat dengan timbangan ini ya, guys!

Baca Juga : Inilah 9 Jenis Kopi di Dunia yang Paling Populer!

Oke, itulah daftar 10 peralatan kopi yang setidaknya harus dipersiapkan jika kamu ingin membuka kedai kopi sederhana. Selanjutnya, kamu tinggal persiapkan budget yang pas untuk pembelian alat-alat ini!

 

Tentang Aplikasi Cashbac

cashbac app
Untuk berbelanja gunakan selalu Cashbac, aplikasi yang memberikan instant rewards di ribuan merchant yang sudah bekerjasama seperti McDonald’s, Solaria, Chatime, Kopi Kenangan, Alfamart, FamilyMart, Gramedia, ACE Hardware, IrwanTeam, Gorjes, dan masih banyak lagi. Dengan aplikasi Cashbac, pengalaman berbelanja kamu akan lebih menyenangkan.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya baca di artikel berikut:

Aplikasi Rewards Terbaik di Indonesia

Download sekarang Cashbac, aplikasi rewards terbaik di Indonesia!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store
CASHBAC FOODFEST - BONUS POINTS 50%