Semenjak merebaknya virus corona, kegiatan pembelajaran hanya dilakukan secara online saja. Walaupun begitu, kamu pun harus tetap memiliki peralatan sekolah untuk kegiatan belajar.

Baca Juga: Semua Tentang Social Distancing yang Perlu Kamu Tahu!

Peralatan Sekolah Untuk Kegiatan Belajar di Rumah

Berikut ini akan diulas beberapa alat yang mungkin kamu butuhkan selama masa School From Home.

1. Bolpoinperalatan sekolah - pulpen / bolpoin

Peralatan pertama yang kamu butuhkan adalah bolpoin. Meskipun kamu belajar di rumah dengan menggunakan komputer atau smartphone, bolpoin tetap memiliki fungsi yang sangat penting. Sebab, kamu masih perlu untuk mencatat beberapa pelajaran yang mungkin dibutuhkan. Sehingga, proses belajar pun akan lebih mudah ketika kamu mencatatnya.

Untuk itu, bolpoin masih menjadi salah satu alat tulis penting yang wajib hadir di saat belajar di rumah. Pasalnya, masih ada banyak hal yang perlu kamu catat. Terutama di pelajaran Matematika dan Fisika yang membutuhkan hitungan. Tentu saja, alat ini akan sangat penting dan tidak boleh terlupakan.

 

2. Pensil dan Penghapusperalatan sekolah - pensil dan penghapus

Selain bolpoin, pensil dan penghapus juga menjadi salah satu peralatan sekolah yang harus ada ketika kegiatan School From Home. Sebab keberadaan pensil dan penghapus akan berguna ketika kamu ingin menggambar atau mengerjakan soal soal yang membutuhkan keahlian untuk menggambar. Seperti membuat diagram ataupun gambar ruang bangun.

Dengan begitu, kamu bisa menyediakan satu atau dua buah pensil di meja belajar. Untuk perempuan, kamu bisa memilih beragam jenis pensil yang lucu lucu. Sebab saat ini banyak sekali bermunculan pensil yang memiliki warna dan motif beragam. Ditambah lagi adanya karakter lucu yang biasanya tersemat di ujung pensil. Hal ini tentu saja akan menambah semangat belajar kamu.

 

3. Penggarisperalatan sekolah - penggarisan

Penggaris menjadi alat tulis sekolah yang wajib kamu miliki. Sebab, meskipun kamu sedang dalam proses pembelajaran di rumah, maka tentu saja materi dan juga pelajaran di sekolah tidak berubah. Sesekali pastinya kamu akan butuh menggambar bangun yang memiliki sudut yang simetris.

Dengan adanya penggaris akan memudahkan kamu ketika ingin menggambar. Sehingga, tugas pun akan menjadi lebih rapi dengan adanya penggaris ini. Kamu tidak perlu membeli penggaris yang bagus ataupun panjang. Pilihlah penggaris bening yang memiliki panjang 30 cm untuk memudahkan kamu ketika menggambar.

 

4. Buku atau Notebookperalatan sekolah - buku / notebook

Peralatan sekolah yang tak kalah penting adalah buku atau notebook. Walaupun saat ini kamu hanya belajar dengan menggunakan sistem daring, akan tetapi kamu tetap membutuhkan alat tulis satu ini. Sebab, buku ataupun notebook dapat berfungsi untuk mencatat segala materi yang kamu anggap penting.

Terkadang terdapat beberapa tipe orang yang belum paham apabila belum dituliskan secara ulang. Oleh karena itu, buku dapat berfungsi untuk mencatat segala materi pembelajaran yang kamu rasa penting. Sehingga, dengan adanya buku kamu bisa belajar dengan lebih mudah.

 

5. Pensil Warnaperalatan sekolah - pensil warna

Selama masa pandemi, mata pelajaran menggambar akan tetap berjalan. Kamu pun bisa menyiapkan pensil warna untuk melengkapi peralatan tulis yang dibutuhkan. Sehingga nantinya kamu tidak akan mencari cari lagi ketika memang disuruh untuk menggambar. Selain itu, pensil warna dapat berfungsi sebagai pensil untuk mencatat. Tentu saja akan membuat catatan akan lebih berwarna.

 

6. Sticky Notesperalatan sekolah - sticky notes

Benda kecil satu ini juga memiliki fungsi yang sangat penting. Sehingga, kamu pun wajib menyiapkan setidaknya satu buah sticky notes. Dengan begitu, poin poin pembelajaran yang penting akan bisa untuk kamu catat dan tempel di tembok maupun di atas laptop agar tidak mudah lupa.

Selain itu, peralatan sekolah ini juga berfungsi sebagai pengingat. Apabila ada tugas ataupun jadwal kelas, kamu bisa mencatatnya di sticky notes. Kemudian letakkan benda ini di tempat yang sering kali terlihat, sehingga kamu pun tidak akan lupa untuk mengumpulkan tugas atau melewatkan kelas.

Fungsi lain dari sticky notes adalah sebagai media untuk mengingat pembelajaran yang sulit. Kamu bisa mencatat rumus rumus penting atau pun kata kata vocab dari bahasa Inggris dan bahasa lain. Kemudian, kamu bisa menempelkannya di meja ataupun di dinding dekat meja belajar. Dengan sering melihatnya, kamu pun lambat laun akan semakin cepat untuk menghafalnya.

 

7. Correction Penperalatan sekolah - correction pen / tipe x

Correction Pen atau Tip Ex menjadi salah satu peralatan yang wajib kamu miliki meskipun sedang belajar di rumah. Pasalnya, ketika menulis sesuatu hal pastinya kamu tak luput dari salah tulis. Dengan adanya penghapus untuk pulpen ini akan mempermudah kerjamu nantinya. Selain itu, correction pen atau tip ex juga akan membuat pekerjaan rumah ataupun tugasmu terlihat lebih rapi.

Hal ini dikarenakan dengan menggunakan alat satu ini, maka tulisan di buku akan terlihat lebih rapi. Apabila kamu tidak memilikinya, maka kamu pun akan otomatis untuk mencoret ataupun menyobek lembaran kertas tersebut. Dengan alat ini, kamu akan lebih mudah untuk menghapus kesalahan tersebut.

 

8. Paper Clipsperalatan sekolah - paper clips

Dalam sistem pembelajaran online, paper clips juga menjadi peralatan sekolah yang sangat penting. Hal ini dikarenakan ketika belajar secara daring, pastinya guru akan memberikan materi dalam bentuk file pdf atau online. Untuk mempermudah dalam mengingat materi, ada baiknya untuk mencetak materi tersebut.

Nah, fungsi dari paper clips ini untuk menjepit tumpukan kertas tersebut. Sehingga, kamu bisa belajar dengan lebih nyaman dan rapi. Kamu bisa memilih jenis paper clips yang memiliki bentuk lucu. Karena di jaman sekarang, paper clips tak hanya memiliki bentuk segitiga saja. Melainkan ada karakter lain yang lebih lucu, seperti bentuk hewan yang menggemaskan.

 

9. Pembatas Bukuperalatan sekolah - pembatas buku

Untuk mengingat materi yang ada di buku paket, maka menggunakan pembatas buku akan lebih praktis dan lebih cepat dibandingkan dengan melengkuk kertas. Selain membuat buku tampak lusuh, melengkuk kertas juga akan membuat kertas terlihat tidak rapi. Untuk itu, kamu bisa membeli pembatas buku yang memiliki bentuk unik dan lucu.

 

10. Tempat Alat Tulisperalatan sekolah - tempat alat tulis

Tempat alat tulis menjadi salah satu peralatan sekolah yang memiliki fungsi penting. Pasalnya, benda satu ini akan berguna untuk menyimpan segala kebutuhan kamu. Mulai dari pensil, bolpoin, penghapus dan yang lain. Dengan memiliki tempat khusus untuk menyimpan benda benda tersebut, akan bisa mempermudah kamu untuk menyimpannya menjadi satu disini.

Ketika kamu menyimpannya menjadi satu, maka hal ini tentu saja akan membuatmu lebih mudah untuk mencari alat tulis yang dibutuhkan. Selain itu, tempat alat tulis ini akan berguna untuk membuat meja belajar agar tetap rapi. Sehingga, kamu pun bisa belajar dengan lebih nyaman ketika memiliki benda satu ini saat sedang belajar di rumah.

Baca Juga: Macam-Macam Peralatan Rumah Tangga yang Harus Ada!

 

Beli Peralatan Sekolah dengan Cashbac

Cukup dirumah saja, karena semua kebutuhan kamu akan tetap terpenuhi dengan Cashbac.

Ada promo HOME untuk kamu pemegang kartu VISA, kartu kredit Standard Chartered, kartu kredit OCBC NISP, dan kartu kredit Maybank. Ada bonus points hingga 250 ribu jika menggunakan kartu-kartu tersebut di aplikasi Cashbac!

Kamu bisa membeli semua peralatan sekolah yang berkualitas di ACE HardwareACE Express dan Toys Kingdom, enaknya lagi kamu bisa pesan via WhatsApp!

Cara Order di ACE Hardware & Toys Kingdom via WhatsApp

Meskipun saat ini sistem pembelajaran dilakukan di rumah saja, namun kamu tetap harus mempersiapkan peralatan tulis yang dibutuhkan. Dengan begitu, kamu pun akan bisa belajar lebih nyaman karena memiliki semua alat tulis yang dibutuhkan. Tak hanya itu saja, memiliki alat tulis sejatinya sudah menjadi kewajiban bagi setiap pelajar.

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store