Keluar rumah saat ini tidak sebebas seperti sebelum pandemi. Saat pandemi ini orang tidak bisa terus berada di dalam rumah karena ada beberapa hal yang mengharuskannya keluar dari rumah misalnya saja untuk berbelanja, bekerja, melakukan aktivitas niaga atau jual beli, dan melakukan berbagai macam aktivitas penting lainnya.

10 Tips Aman Keluar Rumah

Karena masih pandemi ada beberapa hal yang kamu terapkan agar diri kamu tetap safe meski harus beraktivitas di luar rumah. Dengan melakukan tips aman tersebut kamu tidak hanya menjaga diri kamu sendiri namun juga menjaga orang lain agar tidak tertular virus Covid-19 ini. Berikut ini adalah beberapa tips aman keluar rumah yang wajib kamu lakukan:

1. Kenakan Masker dengan Benarcara memakai masker dobel

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah gunakan masker dengan benar. Masker saat ini tidak hanya satu lapis saja namun usahakan untuk menggunakan masker dobel seperti yang dianjurkan oleh pemerintah. Masker pertama yang bisa kamu pakai adalah masker medis dan yang kedua kamu bisa melapisinya dengan masker kain. Masker dobel ini bisa melindungi kamu lebih efektif.

Jika kamu tidak nyaman dengan penggunaan masker dobel ini kamu bisa menggunakan masker 5ply seperti N95 atau KN95. Masker tersebut akan memberikan perlindungan maksimal untuk kamu. Masker ini cukup sekali pakai karena jika dipakai berulang-ulang tidak higienis.

 

2. Gunakan Face Shieldgunakan face shield

Untuk melengkapi perlindungan kamu saat keluar rumah bisa dengan menggunakan face shield atau perlindungan muka. Hal ini dilakukan untuk menambah perlindunganmu terutama jika kamu harus berkumpul bersama dengan banyak orang di dalam ruangan indoor. Yang tidak boleh kamu lupakan adalah pemakaian face shield harus tetap disertai dengan penggunaan masker. Banyak yang menganggap penggunaan face shield saja sudah aman namun hal tersebut tidak benar.

 

3. Hindari Lepas Maskerhindari melepas masker

Yang wajib kamu lakukan adalah hindari lepas masker.  Kamu bisa melepas masker saat makan dan minum. Saat makan dan minum masih banyak orang yang menurunkan maskernya ke dagu akibatnya membuat masker tidak higienis lagi dan justru menjadi media untuk penularan virus.

Cara aman melepas masker saat makan dan minum pastikan meja yang kamu gunakan untuk meletakkan masker tersebut sudah bersih dan steril.  Selain itu kamu harus melindungi bagian dalam masker agar tidak terpapar dengan virus yaitu dengan melipat masker sehingga bagian dalam masker tertutup.

Baca Juga : Macam-Macam Masker Covid-19, Cara Memilih dan Memakainya

 

4. Selalu Bawa Desinfektan dan Sanitizer

Kamu tidak pernah tahu apakah barang yang kamu sentuh tersebut mengandung bakteri atau tertempel dengan virus, dengan membawa desinfektan kamu bisa membunuh bakteri dan virus yang menempel pada benda tersebut. Kamu juga bisa membawa sanitizer untuk bisa membuat tangan kamu lebih steril. Jika kamu berada di tempat makan atau berbagai tempat yang menyajikan makanan kamu bisa menggunakan desinfektan yang food grade yang aman untuk peralatan makan, namun hal ini bisa kamu lakukan di luar rumah saja.

 

5. Jangan Sembarangan Menyentuhjangan sembarangan menyentuh

Saat keluar rumah kamu bisa menggunakan bagian tubuh tertentu untuk menyentuh tombol misalnya saja adalah menyentuh tombol dengan menggunakan lutut, kaku, siku maupun buku jari. Jika kamu menekan tombol lift dengan menggunakan ujung jari sebaiknya saat ini kamu berhenti melakukannya karena hal ini beresiko membuat kamu rentan terinfeksi virus.

 

6. Jangan Sembarangan Meletakkan Ponseljangan sembarangan meletakkan ponsel

Tips aman keluar rumah yang wajib kamu lakukan adalah jangan sembarangan meletakkan ponsel. Letakkan di lokasi yang terbebas dari virus. Agar aman kamu bisa meletakkan ponsel kamu di dalam tas atau saku dan jika perlu kamu jangan meletakkan ponsel tersebut di meja atau tempat lain yang tersentuh banyak orang.

Hindari mengekspos ponsel di permukaan umum supaya ponsel tidak tertempel droplet virus. Jika memang harus meletakkan ponsel di tempat umum kamu bisa meletakkan tisu sebagai alas, kemudian tutup permukaan ponsel dengan tisu kembali agar tidak terpapar dengan udara yang membawa virus Covid-19.

Droplet yang dikeluarkan orang yang batuk ini bisa terbang sampai 6 meter hanya dalam waktu 5 detik. Oleh sebab itulah penting untuk melindungi dirimu maupun barang-barang kamu dari paparan droplet tersebut.  Jika di luar rumah kamu bertemu dengan orang yang batuk meskipun ringan kamu bisa menjaga jarak darinya. Selain itu hindari menyentuh area muka dengan tangan karena hal ini bisa membuat kamu bisa mudah terinfeksi dengan virus.

 

7. Hindari Tempat dengan Banyak Oranghindari tempat banyak orang

Saat ini jumlah pasien Covid-19 sudah menurun secara signifikan namun kamu tetap hati-hati dan juga waspada. Salah satu bentuk kewaspadaan yang perlu kamu perhatikan adalah hindari tempat dengan banyak orang. Misalnya kamu mau berbelanja atau pergi di tempat A, di tempat tersebut setiap harinya memiliki banyak pengunjung. Kamu bisa menghindari tempat ini terlebih lagi jika tempat tersebut tidak menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

Penularan virus varian delta bisa terjadi pada ruangan tertutup karena yang memiliki aerosol dan airbone dimana virus tersebut mampu bertahan selama 3 jam, sehingga meski kamu tidak kontak dengan orang bisa beresiko tertular.  WHO sendiri mengatakan bahwa semakin banyak bukti jika penularan Covid-19 ini mampu terjadi pada udara yang ada di dalam ruangan terutama jika ventilasi buruk.

Wabah ini bisa mudah menular dengan cepat pada tempat tertutup seperti restoran, klub malam, tempat ibadah atau tempat kerja, tempat dimana orang berbicara dan berteriak menyanyi dan sebagainya. Virus tersebut akan menyebar kemana-mana.

 

8. Jaga Jarakjaga jarak aman covid

Tips yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah jaga jarak. Jarak ini sangat penting untuk kamu lakukan agar tidak mudah terinfeksi. Praktik menjaga jarak ini 1 sampai dengan 2 meter. Jaga jarak bisa kamu lakukan saat mengantri di toko atau mengantri makanan untuk dibawa pergi.

 

9. Ikut Vaksinikut vaksin covid

Tips berikutnya adalah ikut vaksin, dengan vaksin ini kamu bisa terlindungi dari virus. Vaksin akan membentuk kekebalan tubuh kamu terhadap virus Corona ini. Memang vaksin ini tidak melindungi diri kamu 100% dari paparan virus Corona namun setidaknya dengan vaksin ini bisa membuat gejala yang dirasakan lebih ringan jika suatu saat kamu terinfeksi. Vaksin ini juga menjadi syarat untuk masuk ke beberapa tempat seperti mall, pasar dan sebagainya sehingga pastikan jika kamu sudah divaksin.

Baca Juga : Jenis Tes Covid-19, Tujuan, Prosedur, dan Biayanya, Lihat Yuk!

 

10. Waspadai Zona Dimana Kamu Beradaaplikasi covid peduli lindungi

Kamu harus memastikan dirimu tetap safe meski sedang berada di luar rumah. Untuk mengetahui zona ini kamu bisa menginstal aplikasi Peduli Lindungi di smartphone kamu.  Gunanya apa? Selain digunakan untuk mendaftar vaksinasi dan melihat sertifikat vaksin, aplikasi ini mampu memberikan tanda zonasi.

Untuk memanfaatkannya kamu harus mendaftar dan memiliki akun terlebih dahulu, setelah itu login ke akun Peduli Lindungi milikmu. Jangan lupa untuk selalu aktifkan GPS untuk mengetahui zona yang kamu berada di sekitar kamu. Lokasi ini bisa kamu lihat pada bagian halaman beranda.

Seperti yang diketahui bahwa zonasi ini dibagi menjadi empat yaitu zona hijau tidak terdampak, zona kuning yaitu zona dengan resiko rendah, zona orange dengan resiko sedang dan zona merah yaitu resiko tinggi. Kamu wajib waspada jika berada di zonasi merah karena resiko penularannya begitu tinggi.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa kamu gunakan sebagai syarat untuk masuk ke tempat-tempat yang mewajibkan vaksin seperti mall, pasar, dan lain-lain.

 

Tetap Hemat diluar Rumah dengan Cashbac

Ada bonus points hingga 100 ribu yang berlaku di seluruh outlet Ace Hardware, Ace Express, Informa, Selma, Toys Kingdom, Ataru, Bike Colony, Dr Kong, Pendopo, Travelink yang terdaftar pada aplikasi Cashbac!


Ada juga promo bank dimana kamu bisa hemat hingga 50%! Kamu bisa pakai di ribuan outlet favorit kamu untuk melengkapi kebutuhan sehari-hari.


Demikianlah beberapa tips aman keluar rumah yang wajib kamu lakukan, semoga informasi ini bermanfaat.

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store