Merasa jenuh dengan seabrek aktivitas yang seakan tiada habisnya? Jangan biarkan dirimu tetekan. Cobalah manfaatkan akhir pekan atau waktu liburan dengan melakukan traveling. Dijamin deh perasaan kamu kembali fresh selepas melakukannya.

Tidak perlu memikirkan budget besar untuk traveling. Ada kok tips traveling hemat yang bisa kamu lakukan. Dengan begitu, kamu tidak terhambat untuk melakukan traveling hanya karena masalah klasik, yaitu budget yang kurang.

Baca Juga : 9 Tips Mengatur Keuangan untuk Berwisata

Lantas apa saja sih tips yang dapat kamu terapkan agar bisa traveling hemat? Yuk kita cari tahu di bawah ini.

10 Tips Traveling Hemat!

Meskipun traveling identik dengan budget besar, namun 10 tips traveling hemat yang akan disebutkan di bawah ini bisa membantu kamu menghemat budget yang harus dipersiapkan.  Baiklah, berikut detail ulasan 10 tips tersebut.

1. Wisata Domestik Saja

wisata domestik saja

Budget kamu terbatas namun ingin traveling? Jangan bingung, tetapkan saja destinasi domestik untuk perjalanan wisata kamu kali ini. Eits jangan salah loh, di Indonesia banyak sekali tempat-tempat wisata yang unik dan menarik. Dijamin kamu bakalan terkejut dengan beragam keindahan dan keunikan tempat-tempat wisata di Indonesia.

Traveling dengan mengunjungi tempat-tempat wisata di Indonesia tentu lebih menghemat budget. Selain itu, kamu juga lebih mudah dalam memperhitungkan besarnya budget yang dibutuhkan selama traveling.

 

2. Rencanakan Liburan Kamu

rencanakan liburan

Melakukan traveling dadakan khususnya di waktu libur tentu meyebabkan biaya traveling membengkak. Pasalnya, biaya tiket pesawat ketika itu akan naik berlipat-lipat. Oleh karena itu, merencanakan liburan 3-4 pekan sebelumnya termasuk tips traveling hemat yang penting untuk diterapkan.

Buat daftar perjalanan yang akan dilakukan. Tentukan tempat-tempat mana saja yang akan kamu datangi dan transportasi apa yang akan digunakan. Di sela-sela membuat perencanaan, tentu kamu bisa menentukan apa-apa saja yang perlu dilakukan untuk menghemat biaya traveling kamu.

Kamu juga bisa menentukan tempat-tempat menginap selama traveling tersebut. Karena waktu masih panjang, kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu tempat-tempat menginap yang murah dan aman. Tentu banyak informasi penting yang bisa kamu dapatkan ketika hunting info, jika tidak dikejar waktu traveling yang sudah mepet.

 

3. Manfaatkan Kenalan

manfaatkan kenalan

Jika kamu memiliki kenalan di lokasi wisata yang akan didatangi, manfaatkan hal tersebut. Hubungi dia untuk menanyakan berbagai hal penting yang kamu butuhkan selama di sana. Sebagai orang tempatan, tentu dia memiliki informasi yang lebih akurat. Selain itu, memungkinkan baginya untuk langsung mengecek di lokasi yang kamu butuhkan informasinya.

Selain itu, kamu juga bisa meminta tolong untuk tinggal di rumahnya. Jika tidak bisa menumpang, setidaknya kamu bisa mendapatkan biaya yang lebih murah dibandingkan harus sewa hotel atau penginapan.

 

4. Tidak Usah Pake Tour Guide

tidak perlu tour guide

Sekarang teknologi semakin canggih. Informasi semakin mudah didapatkan dengan bantuan Google. Oleh karena itu, nggak perlu memakai tur guide selama melakukan traveling. Berbagai informasi yang dibutuhkan bisa kamu dapatkan dengan mudah dari internet ketika mencarinya menggunakan Google.

Bahkan, terkadang informasi yang kamu dapatkan lebih lengkap atau mendapatkan penawaran menarik dari internet terkait informasi yang dicari. Secara tidak langsung, Google menjadi tur guide gratis bagi kamu. Ini termasuk salah satu tips traveling hemat yang perlu kamu perhatikan.

Baca Juga : Tips Traveling Hemat Dengan Kartu Kredit!

 

5. Bawa Barang Secukupnya

bawa barang secukupnya

Tidak usah bawa barang banyak ketika traveling, secukupnya saja. Dengan begitu, kamu lebih mudah untuk membawa sendiri barang-barang tersebut selama traveling, sehingga tidak perlu menyewa jasa portir barang untuk membawanya.

Untuk peralatan sebaiknya gunakan yang sachet saja karena jauh lebih murah. Sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan ketika ketinggalan atau lupa. Jika kamu membeli kemasan botol, tentu harganya lebih mahal. Belum tentu juga isinya habis digunakan selama traveling. Tidak mungkin juga kan kamu membawa pulang kembali kemasan tersebut?

 

6. Pilih Tanggal yang Low Season

pilih tanggal low season

Jika memungkinkan, jangan melakukan perjalanan wisata pada musim liburan. Karena saat-saat seperti itu biaya transportasi akan lebih mahal dari biasanya. Biaya masuk ke tempat-tempat wisata juga umumnya mengalami kenaikan harga.

Sebaiknya pilih tanggal yang low season untuk cuti agar kamu bisa memanfaatkannya untuk traveling. Dengan begitu, kamu bisa lebih menghemat budget yang harus dikeluarkan untuk traveling.

 

7. Makan di Tempat yang Murah

makan di tempat murah

Salah satu tips traveling hemat yang penting untuk kamu terapkan adalah memilih makan di tempat yang murah. Makan di restoran tentu lebih mahal, tapi bukan berarti lebih enak. Memang sih, suasana di restoran lebih nyaman untuk menikmati makanan.

Tapi jika ingin hemat, sebaiknya hindari makan di restoran. Banyak kok rumah makan atau warung kaki lima yang memiliki menu makanan enak dan suasana makan di dalamnya tetap nyaman. Kamu bisa mencari tahu informasinya di Google atau kepada warga sekitar.

 

8. Gunakan Angkutan Umum

gunakan angkutan umum saat travel

Meskipun saat ini banyak transportasi online yang bisa kamu gunakan, tidak ada salahnya jika kamu menggunakan angkutan umum yang ditawarkan lokal untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di kota yang kamu kunjungi.

Selain membantu warga sekitar dengan menggunakan transportasi yang mereka tawarkan, biaya transportasi tersebut jauh lebih murah. Jika kamu bisa mendapatkan tumpangan gratis, tentu lebih bagus lagi. Tapi tetap perhatikan faktor keamanan, khususnya ketika ingin menerima tumpangan gratis dari orang tempatan.

 

9. Traveling Bersama Teman

traveling bersama teman

Jika memungkinkan, kamu bisa mengajak teman untuk melakukan traveling bersama. Ini termasuk salah satu tips traveling hemat yang bisa kamu terapkan. Sebab, kamu bisa berbagi pengeluaran jika traveling bersama teman.

Biaya sewa penginapan dan transportasi tentu jauh lebih murah jika ditanggung berdua dibandingkan menanggungnya sendiri. Dari segi keamanan juga jauh lebih baik, karena kamu dan teman bisa saling membantu dan melindungi.

Tapi ingat, pastikan teman traveling kamu betul-betul terpercaya dan kamu kenali karakternya dengan baik. Jangan sampai kamu malah mendapatkan kesulitan akibat traveling bersama teman yang egois, gegabah,  dan kurang sabar.

 

10. Beli Oleh-oleh di Pasar

beli oleh oleh di pasar

Saat ingin berbelanja oleh-oleh atau souvenir, sebaiknya jangan di toko oleh-oleh. Beli saja di pasar lokal karena harganya tentu jauh lebih murah. Hanya saja, kamu harus pandai-pandai menawar dan tidak mudah tertipu. Jika tidak, bisa-bisa kamu malah mendapatkan harga yang lebih mahal.

Sebelum berbelanja oleh-oleh, sebaiknya kamu mencari informasi mengenai harga standar barang yang akan dibeli. Dengan begitu, kamu memiliki patokan saat menawar barang yang dijual di pasar. Oh ya, hindari pasar khusus untuk turis, karena harga barang-barang di tempat itu tentu sangat mahal.

Baca Juga : Pandemi Belum Berakhir, Hindari 9 Tempat Umum ini!

Itulah 10 tips traveling hemat yang bisa kamu terapkan untuk menghemat biaya selama melakukan perjalanan wisata. Jangan sampai keterbatasan biaya menghalangi kamu untuk melakukan traveling. Sebab selain menyenangkan, traveling juga membantu kamu lebih fresh dan melepaskan kepenatan akibat padatnya rutinitas harian selama ini.

 

Tentang Aplikasi Cashbac

cashbac app
Untuk berbelanja gunakan selalu Cashbac, aplikasi yang memberikan instant rewards di ribuan merchant yang sudah bekerjasama seperti McDonald’s, Solaria, Chatime, Kopi Kenangan, Alfamart, FamilyMart, Gramedia, ACE Hardware, IrwanTeam, Gorjes, dan masih banyak lagi. Dengan aplikasi Cashbac, pengalaman berbelanja kamu akan lebih menyenangkan.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya baca di artikel berikut:

Aplikasi Rewards Terbaik di Indonesia

Download sekarang Cashbac, aplikasi rewards terbaik di Indonesia!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store
CASHBAC FOODFEST - BONUS POINTS 50%