Ketika memiliki budget berlebih, tidak ada salahnya jika sesekali mengajak serta keluarga untuk dinner ke restoran mewah. Namun, supaya kamu tidak terkesan malu-maluin sebaiknya coba ikuti tips makan di restoran mewah. Tentu saja dengan makan di tempat makan yang mewah, dapat memberikan kebanggaan tersendiri.

Restoran mewah identik dengan hidangan lezat, pelayanan berkelas dan tempat yang tentunya sangat mewah, membuat kamu merasa puas dapat menikmati santapan makanan di restoran tersebut. Supaya kamu tidak merasa malu bahkan ribet saa memesan makanan, simak tips makan di restoran mewah.

Baca Juga : 10 Cara Makan Bersama Tanpa Boros, Wajib dicoba!

 

Tips Makan di Restoran Mewah

Ada beberapa tips yang bisa kamu coba ketika makan di restoran mewah berikut ini :

1. Cari Informasi Menu Makanan di Restoran Tersebut

cari info menu restoran

Dengan mencari informasi terkait menu makanan di restoran mewah pilihanmu, dapat mempermudah kamu untuk memilih mana jenis makanan yang akan dipesan di restoran mewah tersebut. Mengingat perkembangan teknologi digital saat ini, tentu membuatmu tidak akan kesulitan mencari informasi mengenai restoran mewah yang ingin disambangi.

Tinggal cari saja di media sosial atau internet dan ketikkan nama restoran tujuan yang ingin didatangi. Biasanya kebanyakan restoran mempunyai situs web maupun akun media sosial sebagai media promosi untuk mempermudah para calon pelanggan dalam mencari tempat bisnis mereka. Selain itu, kamu juga dapat memiliki gambaran mengenai menu makanan yang dapat dipilih berikut harganya.

Sehingga tidak perlu ribet memilih mana menu makanan yang cocok dan dapat menyesuaikan jumlah budget yang mesti dibawa. Ingat, jangan sampai pesan menu makanan yang tidak tersedia dalam daftar menu, sebab bisa sangat memalukan.

 

2. Lakukan Reservasi Jika Perlu

reservasi di restoran

Demi menjaga kesan yang eksklusif, biasanya restoran mewah akan membatasi jumlah pengunjung yang datang. Jadi, sebaiknya lakukan reservasi terlebih dahulu jika kamu mau makan di tempat makan yang mewah.

Ketika menjelang tahun baru atau valentine, jangan kaget jika harus melakukan reservasi bahkan dua bulan sebelumnya.

 

3. Datang On Time

datang on time ke restoran

Ingat, kamu harus on time saat tiba ke restoran. Hal ini dikarenakan staf di restoran bisa saja membatalkan reservasi atau pesanan mejamu apabila datang terlambat. Sebab masih banyak orang yang mengantre ingin mendapatkan tempat atau meja.

 

4. Jika Akan Terlambat, Hubungi Pihak Restoran

datang terlambat ke restoran

Jika kamu harus datang telat, akibat kecelakaan kecil atau macet misalnya, sebaiknya hubungi pihak restoran terlebih dahulu. Tujuannya agar reservasimu tidak dibatalkan sepihak. Mereka biasanya akan memberikan toleransi waktu keterlambatan selama 10 sampai 15 menit.

 

5. Cari Tempat yang Nyaman

cari tempat nyaman di restoran

Tips makan di restoran mewah selanjutnya yaitu sesudah datag ke restoran. Ketika berada di dalamnya, kamu biasanya langsung disambut staf atau karyawan yang bertugas dan mereka akan menanyakan tentang tempat yang ingin kamu tempati. Seperti menanyakan kebutuhan tempat untuk berapa orang.

Jadi, jika tidak ada petugas restoran yang menyambutmu, maka kamu dapat memilih kursi yang kosong dan tersedia di resto tersebut.

Kamu bisa memesan menu makanan langsung dari tempatmu. Karena biasanya buku menu telah tersedia di tiap-tiap meja. Dengan begitu, kamu memiliki waktu yang cukup untuk memilih makanan. Jika sudah menentukan pilihan, maka kamu dapat memanggil petugas di sana.

Untuk memanggil petugas restoran, hanya perlu mengangkat tangan saja ke atas, selanjutnya pelayan restoran akan langsung mendatangi tempatmu untuk mencatat apa saja yang kamu pesan. Jangan lupa untuk tidak berteriak, sebab etika di restoran mewah tidak seperti itu.

Tips makan di restoran mewah ini berlaku jika kamu tidak melakukan reservasi terlebih dahulu. Atau jika kamu pergi ke restoran yang memang tidak mempermasalahkan harus melakukan reservasi. Karena jika reservasi, biasanya tempat duduknya sudah disediakan sebelumnya.

Baca Juga : 7 Makanan Khas Indonesia yang Menjadi Favorit Dunia!

 

6. Jangan Tegang

jangan tegang di restoran

Jika kamu sudah duduk nyaman, pelayan selanjutnya akan membantu untuk menarikkan kursi sekaligus mempersilakanmu untuk duduk. Sebaiknya duduk dalam posisi tegak dan jangan membungkuk.

Jangan takut atau gugup jika melakukan kesalahan. Sebenarnya tidak mudah untuk mencoba tips makan di restoran mewah. Kamu hanya perlu meresapi bagaimana suasana restoran. Sesekali, kamu bisa memuji dekorasi restoran dan tersenyum kepada teman makan. Ingat, jangan tegang.

 

7. Bisa Coba Menu Baru

mencoba menu baru restoran

Tips makan di restoran mewah selanjutnya adalah jangan takut untuk mencoba menu yang baru di restoran. Jika dilihat secara psikologis, biasanya orang cenderung memesan menu kesukaannya. Sementara, kebiasaan tersebut sebenarnya harus ditinggalkan saat kamu makan di restoran mewah.

Ada banyak hidangan yang spesial dari koki berpengalaman dengan bahan-bahan yang premium. Hal tersebut dapat dijadikan kesempatan untuk mencicipi berbagai makanan yang rasanya mungkin tidak bisa lagi disantap di kesempatan lain.

 

8. Memesan Porsi Makan Tergantung Rekan atau Temanmu

porsi makan restoran

Khusus untuk tips ini, jika kamu mengajak makan klien di restoran mewah, Jika mereka yang makan memesn sebanyak 4 jenis, tentu saja sebagai pengundang kamu juga harus memesan porsi dengan jumlah yang sama. Tujuannya untuk menjaga supaya prosesi makan dapat selesai dalam waktu bersamaan.

 

9. Tunggu Pesanan Menu Hingga Tersaji

menu restoran tersaji

Biasanya waktu yang diperlukan mulai dari proses pemesanan hingga pesanan diantarkan bisa jadi lebih lama. Sebab seluruh menu yang ada di restoran mewah biasanya baru membuatnya sesudah memesan. Terlebih apabila restoran yang dikunjungi lagi ramai-ramainya, jadi harus sabar menunggu sampai pesanan datang.

Jika sudah, kamu tinggal memanggil pelayan restoran untuk menghitung seluruh pesananmu dan minta totalan jumlah tagihan yang wajib dibayarkan. Selanjutnya, kamu tinggal melakukan pembayaran langsung dari kursi atau tempat duduk dan tidak perlu ke meja kasir. Jika membayarnya menggunakan uang lebih, jangan khawatir. Sebab uang kembaliannya akan langsung diantarkan berikut bukti pembayarannya.

 

10. Letakkan Serbet Pada Pangkuan

serbet di pangkuan

Pelayan biasanya akan meletakkan dan membukakan serbet pada pangkuan. Apabila kamu merasa risih, sebaiknya lakukan sendiri. Namun ingat, letakkan serbet pada pangkuan dan bukan pada kerah baju. Karena menyelipkan serbet pada kerah baju biasanya hanya dilakukan apabila kamu makan lobster.

 

11. Perhatikan Kostum atau Cara Berpakaian

kostum makan di restoran

Biasanya setiap restoran mahal memiliki ketentuan mengenai pakaian yang mesti digunakan para tamunya. Kamu biasanya diminta berpakaian formal, setidaknya harus berpakaian semi formal. Ada beberapa restoran yang mengharuskan para tamu prianya menggunakan setelan jas, sedangkan tamu perempuannya menggunakan gaun.

Jadi, pastikan terlebih dahulu bagaimana aturan berpakaian di restoran yang kamu sambangi. Tentu saja penting, jika kamu tidak mau diusir gara-gara memakai kostum yang salah.

Baca Juga : Ini 8 Tips Makan Hemat Anak Kost, Anti Boros!

Silahkan nikmati makananmu yang tentu saja tidak bisa kamu dapatkan setiap hari, mengingat makanan-makanan di restoran mewah adalah makanan eksklusif dengan harga yang tidak main-main. Jangan sia-siakan kesempatan tersebut. Selain itu, pastikan kamu mengikuti tips makan di restoran mewah seperti di atas!

 

Makan Hemat dengan Cashbac

Kamu bisa makan hemat dengan Cashbac, karena ada promo Food Fest dengan bonus points hingga 50% yang berlaku di merchant-merchant kuliner favorit.

Yuk download dan pakai aplikasi Cashbac sekarang untuk dapatkan semua keuntungannya.

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store
CASHBAC FOODFEST - BONUS POINTS 50%