Banyak masyarakat yang mencari kegiatan di rumah selama pandemi Covid-19 ini.  Saat ini Covid-19 menjadi masalah yang di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Untuk mencegah penyebarannya pemerintah Indonesia melakukan PPKM yaitu Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat.

Oleh karena itu ada pembatasan mobilisasi sehingga pergerakan masyarakat dibatasi, jika tidak terlalu penting masyarakat harus berada di dalam rumah untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 ini.

 

12 Kegiatan di Rumah yang Bermanfaat

Agar tidak bosan dan tetap produktif, simak beberapa kegiatan di rumah yang bermanfaat dan bisa kamu coba.

Beribadahberibadah bersama keluarga idul fitri

Hal pertama yang bisa kamu lakukan di rumah adalah beribadah. Pandemi seperti saat ini membuat kita harus lebih mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, dengan beribadah hati akan semakin tenang dan tenteram. Beribadah bisa ditutup dengan doa agar pandemi ini segera berakhir dan keadaan bisa pulih seperti sedia kala.

 

Olahraga

Saat pandemi ini penting untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Hal itu karena virus akan mudah masuk dan menginfeksi tubuh yang sistem imunnya rendah. Olahraga ringan seperti senam ini bisa membuat imun meningkat dan peredaran di seluruh tubuh lancar. Senam ini bisa dilakukan di rumah bersama dengan anggota keluarga.

Baca Juga : Olahraga Ringan di Rumah, Mudah dilakukan Siapapun!

 

Berkebunkegiatan di rumah - berkebun

Kegiatan di rumah bermanfaat yang bisa dilakukan adalah berkebun, selain hobi berkebun ini bisa menjadi bisnis baru. Berkebun ini dipercaya bisa mengurangi stress karena hormon kortisol bisa ditekan atau berkurang produksinya. Hal tersebut membuat suasana hati bisa membaik dan hal ini bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Hormon ini juga bermanfaat terhadap tekanan darah dan juga gula darah menjadi stabil.

Saat ini kamu tidak memerlukan halaman dan lingkungan yang luas karena di lahan yang sempit sekalipun kamu bisa berkebun. Kamu bisa menanam dengan teknik hidroponik yang tidak membutuhkan lahan yang luas.

Baca Juga : Menanam Sayuran di Rumah? Boleh Juga Nih di Coba!

 

Dekorasi Ulang Rumahkegiatan di rumah - dekorasi rumah

Rasa bosan dan suntuk karena PPKM ini bisa kamu isi dengan menata dekorasi ulang rumah kamu. Dengan sentuhan dekor yang baru ini akan memberikan kesan yang berbeda dibandingkan dengan sebelumnya.  Seni merapikan barang-barang di rumah ini dipercaya bisa membuat kamu semakin bahagia dan juga percaya diri. Momentum ini sangat tepat bagi kamu untuk memulai merapikan rumah dan menciptakan suasana baru.

Baca Juga : Macam-Macam Peralatan Rumah Tangga Yang Harus Ada!

 

Merawat Diri

Kegiatan bermanfaat yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah merawat diri. Dengan efek Covid seperti saat ini kamu jadi memiliki waktu yang lebih banyak untuk merawat diri. Merawat diri ini akan menciptakan kepuasan di dalam diri dan menjadi bentuk menyayangi diri sendiri atau self love. Ada beberapa perawatan yang bisa kamu lakukan seperti memakai lulur, masker, dan skin care yang lainnya.

 

Mencoba Resep Barumangkuk adonan

Kegiatan di rumah bermanfaat yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah mencoba resep baru. Kamu memiliki waktu lebih luang untuk mencoba berbagai macam resep masakan dan berkreasi dengan resep tersebut. Dengan kegiatan tersebut kamu bisa menciptakan masakan yang tidak hanya unik namun juga menggugah selera.

Dari kegiatan ini kamu juga bisa mencoba peluang baru yang menguntungkan misalnya menjual makanan dan minuman yang banyak diminati. Kamu juga bisa lebih produktif meski di tengah PPKM seperti saat ini.

 

Berkreasi Membuat Makanan Sehatpitaya bowl maple & oak

 

Sama dengan poin sebelumnya dimana kamu bisa berkreasi membuat dan mencoba resep masakan baru hanya saja pada poin ini adalah makanan sehat. Di tengah pandemi seperti sekarang ini menjaga kesehatan adalah hal yang wajib. Menjaga kesehatan ini bisa dilakukan dengan menjaga apa yang dimakan atau dikonsumsi. Jika makanan yang masuk ke dalam tubuh ini tidak sehat maka kesehatan tubuh menjadi taruhannya.

Jika pada poin sebelumnya berkreasi ini untuk keuangan yang lebih baik maka pada poin ini untuk keuangan dan juga kesehatan yang lebih baik. Peminat makanan sehat ini bertambah setiap harinya karena kesadaran akan menjaga kesehatan juga semakin bertambah pula.

 

Belajar Baking

Kegiatan di rumah yang bermanfaat dan bisa dilakukan selanjutnya adalah belajar baking. Baking ini merupakan kegiatan membuat aneka olahan kue basah dan kering yang menggugah selera. Skill kamu dalam membuat kue ini akan semakin terasah dimana hal ini sangat bermanfaat untuk kamu kedepannya.

Dengan skill tersebut kamu bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan tambahan pundi-pundi rupiah seperti membuat menjual aneka kue yang kamu buat. Selain belajar secara otodidak dengan media YouTube saat ini ada kursus baking berbayar yang dibuka oleh profesional di bidangnya. Dengan kursus secara profesional dan juga berbayar ini kamu akan mendapatkan banyak ilmu yang tidak pernah kamu dapatkan sebelumnya.

Baca Juga : Jadi Chef Pemula, Ini 8 Alat Memasak yang Kamu Butuhkan!

 

Beternak atau Budidayakegiatan di rumah - berternak ikan

Kegiatan di rumah bermanfaat yang bisa membuat kamu tetap produktif meski di masa pandemi adalah belajar beternak atau budidaya. Beternak atau budidaya ini bisa membuat kamu terhindar dari stress dan juga rasa bosan. Beternak ini selain hobi juga bisa kamu jadikan sebagai penambah pundi-pundi rupiah. Kamu bisa beternak ikan hias atau ikan air tawar dimana kedua ikan ini banyak diminati oleh masyarakat.

Baca Juga : Lihat yuk Cara Merawat Hewan Peliharaan dengan Baik!

 

Belajar Menjahitkegiatan di rumah - menjahit

Waktu yang telah dilalui ini tidak bisa terulang kembali sehingga manfaatkan waktu yang kamu miliki dengan sebaik-baiknya. Salah satu kegiatan bermanfaat yang bisa kamu lakukan adalah belajar menjahit. Menjahit ini mengasyikkan, dengan belajar teknik dasar saja kamu sudah bisa memperbaiki pakaian yang robek dan sebagainya.

Kamu jadi memiliki skill untuk menjahit yang mana skill ini akan bermanfaat untuk diri kamu sendiri. Dengan skill itu kamu bisa menciptakan berbagai bentuk pakaian atau menciptakan barang unik dengan bahan kain. Tidak perlu membuat item barang besar terlebih dahulu, kamu bisa membuat item barang yang kecil lebih dahulu seperti dompet koin, tas tangan dan sebagainya sesuai dengan kemampuanmu.

Tidak hanya bahan dari kain saja namun kamu juga bisa memanfaatkan barang bekas yang sudah tidak terpakai seperti bungkus sachet makanan atau minuman yang dijahit sehingga memiliki nilai ekonomis.

 

Melukiskegiatan di rumah - melukis

Kamu yang memiliki hobi satu ini bisa melakukan kegiatan satu ini. Melukis ini akan membuat perasaan kamu lebih tenang dan nyaman. Kamu bisa mengekspresikan imajinasimu melalui sebuah lukisan. Lukislah berbagai tema sesuai dengan keinginan kamu.

 

Membuat Kerajinan Tangankegiatan di rumah - kerajinan tangan

Kegiatan di rumah yang bermanfaat terakhir adalah membuat kerajinan tangan. Kamu bisa menghasilkan produk kerajinan tangan dengan nilai jual yang tinggi. Produk yang dihasilkan dengan tangan ini unik dan juga menarik. Jenis dan barang yang bisa dimanfaatkan sendiri bermacam-macam. Kamu bisa membuat kerajinan dari barang limbah seperti CD yang tidak terpakai, kulit telur, kulit jagung, botol bekas dan lain sebagainya. Semakin kreatif barang yang kamu hasilkan akan semakin unik barang tersebut.

Kamu juga bisa menekuni kerajinan tangan yang menghasilkan seperti merajut. Jika kamu memiliki skill ini kamu akan bisa membuat barang rajut seperti tas rajut, dompet rajut, jaket rajut, sepatu rajut dan sebagainya dimana barang tersebut memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

 

Kegiatan di Rumah Bersama Cashbac

Jika ada keperluan untuk keluar rumah untuk membeli kebutuhan, lebih hemat pakai Cashbac untuk mendukung semua kegiatan kamu di rumah, karena ada aplikasi Cashbac yang bisa membuat kamu berhemat jika belanja di merchant-merchant favorit kamu.

Ada bonus points hingga 100 ribu yang berlaku di seluruh outlet Ace Hardware, Ace Express, Informa, Selma, Toys Kingdom, Ataru, Bike Colony, Dr Kong, Pendopo, Travelink yang terdaftar pada aplikasi Cashbac!


Ada juga promo bank dimana kamu bisa hemat hingga 50%! Kamu bisa pakai di semua merchant Cashbac untuk melengkapi semua kebutuhan untuk kegiatan di rumah.


Demikianlah beberapa kegiatan di rumah yang bisa dilakukan selama pandemi ini, sebenarnya masih banyak kegiatan lain yang bermanfaat yang bisa kamu coba, selain bermanfaat menambah skill dan pengetahuan, kegiatan itu juga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah untukmu terutama jika dibarengi dengan kreativitas yang tinggi, semoga informasi ini bermanfaat.

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store