Jika memiliki dapur yang bersih dengan peralatan yang kinclong, tentu saja semakin membuat kamu betah saat beraktivitas di dapur. Membuat kreativitas di dapur menjadi lebih leluasa karena nyaman. Hanya saja, tidak semua orang bisa membersihkan peralatan dapur dengan baik, sehingga dapur cenderung terkesan kumuh, kotor dan jorok. Lantas, bagaimana tips membersihkan peralatan dapur?

Baca Juga : Peralatan Dapur Minimalis Untuk Mengisi Rumahmu

 

Tips Membersihkan Peralatan Dapur

Membersihkan peralatan dapur sebenarnya tidak sulit, tapi banyak orang yang tidak memiliki waktu atau bahkan sering menundanya. Jika kamu tidak ada waktu, luangkan sebentar saja untuk membersihkan peralatan dapur. Tidak perlu harus semuanya dalam satu waktu, lakukan satu persatu pada beberapa alat yang dirasa sering digunakan.

Berikut ada beberapa tips membersihkan peralatan dapur yang dapat kamu coba untuk membuat suasana dapur menjadi lebih bersih, wangi dan tertata. Ini ulasannya!

1. Membersihkan Talenan

tips membersihkan talenan

Talenan adalah peralatan yang sering digunakan sebagai alas memotong berbagai macam bahan makanan, baik itu sayuran, bumbu, daging dan masih banyak lagi. Jika tidak dibersihkan, talenan lama kelamaan akan meninggalkan noda atau kotoran yang sulit dihilangkan.

Jika kotoran pada talenan terasa sangat mengganggu, kamu dapat membersihkannya menggunakan baking soda. Silahkan campurkan sebanyak 3-4 sdm baking soda, hydrogen peroksida 1-2 sdm dan 1 sdm detergen.

Kamu bisa mengoleskan semua campuran pasta ke talenan yang terdapat kotoran membandel. Diamkan baik selama beberapa jam maupun semalaman. Jika sudah, bilas talenan sampai bersih. Kini, noda membandel hilang dan tidak membekas!

 

2. Membersihkan Microwave

tips membersihkan microwave

Banyak orang yang malas membersihkan microwave, padahal sebenarnya caranya sangat mudah. Kamu hanya perlu menuangkan 1 cangkir air yang ditambahkan potongan 2-4 buah lemon  ke dalam wadah microwave. Setelah dimasukkan ke wadah tersebut, nyalakan microwave selama 5 menit, dan keluarkan wadah/mangkuknya.

Selanjutnya kamu dapat membersihkan microwave bagian dalam menggunakan kain lam. Selain itu, jangan lupa melepas meja putarnya dan bersihkan, silahkan bersihkan memakai sabun atau cairan pembersih piring.

 

3. Membersihkan Panci atau Penggorengan

tips membersihkan panci dan penggorengan

Tips membersihkan peralatan dapur lainnya adalah membersihkan penggorengan atau panci. Silahkan cek bagian belakang penggorengan atau panci, apakah terlihat berkerak dan hitam. Jika demikian, tinggal bersihkan supaya tampilannya lebih kinclong. Sebenarnya caranya sangat mudah, hanya perlu mencampurkan air dan baking soda secukupnya, lalu oleskan campuran dengan merata di bagian berkerak. Lalu diamkan sejenak dan cuci sampai bersih.

 

4. Membersihkan Rice Cooker

tips membersihkan rice cooker

Supaya panci pada rice cooker awet bahkan bisa digunakan dalam waktu yang lama, sebaiknya rendam pancinya mengunakan air hangat setiap selesai digunakan. Supaya tidak ada yang menempel dan bisa dicuci tanpa repot. Bagian dalam pada rice cooker bisa dibersihkan secara rutin. Silahkan basahi lap menggunakan sabun atau cairan pencuci piring. Jika sudah bersih, silahkan keringkan memakai lap kering.

 

5. Membersihkan Blender

tips membersihkan blender

Blender adalah salah satu peralatan yang dapat digunakan untuk pembuatan jus, bisa juga untuk menghaluskan bumbu-bumbu. Jika ingin membersihkan blender, kamu bisa memasukkan cairan atau cairan pembersih piring pada blender dan tambahkan ½ gelas air hangat. Nyalakan blender dalam kecepatan rendah dalam waktu 1 menit sampai gelas blender berbusa. Silahkan buang air lalu bilas sampai bersih.

Jika ingin membersihkan bagian bilah blender, bisa memakai campuran sabun dan air panas, silahkan gosok secara perlahan memakai spons agar kotorannya terangkat.

 

6. Membersihkan Kompor Gas

tips membersihkan kompor gas

Tips membersihkan peralatan dapur lainnya adalah kompor gas. Jika tidak dibersihkan, biasanya kompor menjadi berminyak dan sangat kotor. Mengingat kompor digunakan untuk memasak berbagai jenis makanan, tentu saja kompor harus higienis. Untuk membersihkan bagian ringnya, rendam ring memakai sabun untuk pencuci piring.

Pakai air hangat jika ingin merendamnya. Sikat serta bersihkan sisa minyak dan kotoran yang membandel, kemudian bilas lalu keringkan ring. Kamu bisa membersihkan semua permukaan kompor menggunakan lap basah maupun lap kering secara bergantian.

Baca Juga : Home Appliance – Arti, Jenis, Fungsi dan Manfaatnya untuk Kehidupan Sehari-hari

 

7. Membersihkan Kulkas atau Lemari Es

tips membersihkan kulkas

Salah satu masalah yang sering dialami saat kulkas kotor yaitu beraroma tidak sedap. Jangan biarkan bahan makanan di dalam kulkas membusuk, buang jika ada beberapa bahan makanan yang sudah busuk serta tidak bisa diolah. Jika dibiarkan, bisa membuat kulkas lebih cepat rusak, oleh sebab itu kamu harus rutin membersihkannya.

Cara untuk membersihkan kulkas yaitu dengan mengeluarkan semua rak kemudian cuci memakai sabun pencuci piring sampai bersih lalu keringkan. Pada kulkas bagian dalam, semprotkan antibakteri khusus yang digunakan pada kulkas, lap memakai kain kering lalu bersihkan.

 

8. Membersihkan Bak Pencuci Piring

tips membersihkan bak pencuci piring

Bak untuk mencuci piring sebenarnya tidak enak dipkamung karena berminyak, kotor dan mempunyai noda membandel. Kamu bisa langsung mengambil sikat/spons, kemudian cuci bak memakai cairan pembersih khusus atau pencuci piring. Agar tampilannya lebih mengkilap, pakai cuka putih campurkan menggunakan air, kemudian gosok perlahan menggunakan spons. Silahkan bilas lalu keringkan menggunakan lap.

 

9. Peralatan Masak yang Terkena Kunyit

peralatan masak yang terkena kunyit

Kunyit adalah bahan untuk memasak yang sebenarnya tidak dapat dihindari. Akan tetapi, noda bekas akibat kunyit juga cukup sulit untuk dihilangkan. Noda tersebut bisa membuat tampilan pada wajan atau panci tidak nyaman dilihat. Namun jangan khawatir, kamu bisa membersihkannya dengan mudah, hanya dengan memakai baking soda.

Ambil 1 sdm baking soda, tambahkan air dan gosokkan ked alam wajan atau panci. Jika sudah biarkan sebentar sebelum kamu bilas. Apabila masih terdapat noda, kamu hanya perlu mengulangi langkahnya saja.

 

10. Membersihkan Alat Makan Berbahan Tembaga

tips membersihkan alat makan berbahan tembaga

Peralatan makan berbahan tembaga, cenderung terkesan mahal dan mewah. Akan tetapi, alat makan ini pada kenyataannya sulit untuk dibersihkan bahkan terkesan mudah kusam. Cara membersihkannya sebenarnya mudah sekali.

Kamu bisa membuatnya kembali kinclong dengan membilasnya memakai air es, kemudian potong buah lemon ke dalam 4 bagian lalu peras sarinya. Setelah itu, campurkan ke dalam 2 sdm garam untuk kamu oleskan ke permukaannya.

 

11. Membersihkan Parutan

tips membersihkan parutan

Tips membersihkan peralatan dapur lainnya adalah parutan. Dalam membersihkan parutan ini sebenarnya bisa dibilang gampang-gampang susah, karena cukup merepotkan. Selain itu, karena sebagian sisinya tajam, seringkali membuat kita terluka ketika membersihkannya.

Terlebih lagi saat dipakai untuk memarut beberapa bahan makanan seperti cokelat Batangan. Tentu saja membuat kita merasa malas mencucinya. Oleh sebab itu, kamu cukup menyediakan kuas cat atau sikat gigi untuk membersihkan sisa-sisa dari kotoran parutan yang menempel.

 

12. Mencuci Wajan Anti Lengket

tips membersihkan wajan anti lengket

Peralatan dapur lainnya yang harus dibersihkan adalah wajan antilengket. Sesuai namanya, alat ini tidak lengket saat digunakan untuk memasak walaupun tanpa minyak. Tapi tetap saja, wajan jenis ini tidak dapat terhindar dari noda yang membandel. Supaya permukaan antilengketnya tersebut tidak gampang rusak, sebaiknya jangan menggosoknya terlalu keras.

Cukup gosokkan saja tisu dapur dengan garam sampai nodanya hilang, kemudian bilas menggunakan air. Silahkan teteskan minyak sayur sedikit saja sebelum menyimpannya.

Bagaimana, tips mempersihkan peralatan dapur di atas sangat mudah kan? Dengan mengikuti trik-triknya, dijamin peralatan dapur kamu akan lebih kinclong dan wangi.

Baca Juga : Macam-Macam Peralatan Rumah Tangga Yang Harus Ada!

 

Cashbac Easypay

Jika peralatan dapur kamu sudah terlalu kotor dan usang, sudah saatnya kamu membeli yang baru. Kamu bisa membelinya di KitchenAid dan KitchenArt. Disana kamu bisa memilih berbagai jenis peralatan dapur yang kamu butuhkan dan produknya sangat berkualitas. Kamu bisa lebih hemat jika berbelanja di KitchenAid dan KitchenArt dengan menggunakan Cashbac Easypay!

Cashbac Easypay merupakan fitur terbaru dari Cashbac yang memberikan kemudahan untuk berbelanja tanpa ribet dan tanpa biaya apapun yang berlaku di merchant favorit.

Keuntungan Cashbac Easypay adalah:

– Budget Belanja Jutaan
– Bayar 4x Sesuai Nilai Belanja
– Tidak Ada Biaya Tambahan Apapun
– Proses Cepat Bebas Ribet
– Bonus Point Rewards

Keuntungan yang tidak akan kamu dapatkan di tempat lain, apply Cashbac Easypay sekarang juga!

DISKON 200 RIBU CASHBAC EASYPAY!