Masa pandemi yang tak kunjung mereda, membuat si kecil harus berdiam diri di rumah. Untuk mengakalinya agar tidak bosan, kamu bisa memiliki beraneka macam mainan edukasi anak yang akan membuat si kecil menjadi lebih betah untuk berada di rumah. Dalam ulasan kali ini, akan dibahas beberapa jenis mainan berbentuk edukasi dan manfaatnya untuk anak.

Mengenal Manfaat Mainan Edukasi Anakmanfaat mainan edukasi anak

Menghabiskan waktu dengan kegiatan yang menyenangkan tentu saja akan menjadi salah satu hal yang bisa dilakukan ketika masa pandemi. Agar anak tidak menjadi bosan, maka kamu bisa mulai mencari berbagai alternatif untuk membuat anak betah berada di rumah, salah satunya adalah dengan membeli berbagai permainan edukasi.

Sebab ketika kamu memberikan si kecil mainan tersebut, ada beberapa manfaat yang didapatkan. Salah satunya adalah untuk melatih konsentrasi pada anak. Permainan edukasi ternyata memang sengaja dirancang untuk membuat anak menjadi lebih fokus, sehingga dengan adanya permainan tersebut, anak lebih mampu untuk berkonsentrasi.

Contoh dari mainan edukasi anak yang bisa ditemui adalah puzzle. Ketika anak menyusun puzzle, maka mereka pun akan terlatih dan dituntut untuk fokus menyelesaikan permainan tersebut. Ada beberapa jenis puzzle, seperti menyelesaikan satu bentuk gambar maupun bentuk yang ada di depannya.

Dengan melakukan permainan satu ini, tentu saja akan cukup efektif untuk membuat anak berdiam diri di rumah. Hal ini dikarenakan ketika bermain puzzle, maka ia pun akan duduk diam dan tidak berlari larian di rumah, dengan begitu, konsentrasi si kecil pun akan lebih terlihat dan semakin tergali.

Manfaat yang kedua adalah mampu untuk mengenalkan konsep logika kepada anak. Hal tersebut dikarenakan ketika bermain permainan edukasi, maka si kecil pun akan diajak untuk berfikir secara logis. Sebab, di dalam mainan edukasi anak, dapat ditemukan permainn yang diharuskan untuk mengikuti aturan sederhana dari permainan tersebut.

Sebut saja, ketika si kecil bermain permainan menyusun balok. Maka ia pun nantinya akan berpikir jika balok yang memilik ukuran besar sudah seharusnya diletakkan pada bagian bawah. Dengan pemikiran tersebut, akan melatih si kecil mengenai masalah pondasi. Sehingga, ia pun menjadi tahu bahwa bangunan dengan bentuk yang besar dapat berguna sebagai keseimbangan.

Sedangkan untuk manfaat yang ketiga adalah mampu untuk meningkatkan kreatifitas maupun perkembangan pada anak. ada banyak jenis permainan yang dapat membuat si kecil menjadi memiliki pemikiran yang kreatif. Dengan melatih anak dengan berbagai permainan edukasi, akan membuatnya lebih mudah untuk meningkatkan kreatifitas di dalam dirinya. Hal tersebut dikarenakan ketika anak bermain maka ia akan mampu untuk menyalurkan hal yang berlebih di dalam dirinya.

Baca juga: Macam-Macam peralatan Rumah Tangga yang Harus Ada di Rumah

Rekomendasi Beberapa Mainan Edukasi Anak

Kamu bisa membelikan si kecil beberapa permainan. Dengan adanya permainan ini, akan membuat anak menjadi mampu untuk melatih otaknya dan sangat berguna untuk tumbuh kembang mereka.

1. Puzzle

mainan edukasi anak - puzzle

Sumber: toyskingdom.co.id

Saat ini telah banyak jenis puzzle yang beredar di masyarakat. Salah satunya adalah Matching Game. Dengan bermain permainan satu ini, si kecil tak hanya akan belajar tentag bagaimana membedakan bentuk yang cocok saja ataupun hanya sekedar mencocokan puzzle ke lubang yang tepat.

Akan tetapi, jenis puzzle satu ini akan membuat si kecil menjadi belajar tentang hal yang ada di sekitar. Pasalnya, permainan tersebut memisahkan dua keping puzzle yang cara memainkannya adalah dicocokkan dengan situasi yang ada. Sehingga, anak juga akan belajar mengenai kata kata yang cocok, warna yang cocok ataupun nomor yang cocok.

2. Lego

manian edukasi anak - lego

Sumber: toyskingdom.co.id

Mainan edukasi anak selanjutnya yang bisa kamu berikan kepada si kecil adalah lego. Sebab, dengan memperkenalkan anak dengan permainan lego sejak usia dini akan membuatnya menjadi paham mengenai berbagai maca bentuk. Selain itu, permainan ini juga akan mampu untuk melatih kreatifitas dan imajinasi dari si kecil.

Dengan bermain lego, akan membuat anak mampu memahami mengenai pola, bentuk dan juga berhitung dengan cara yang mudah dan menyenangkan. Sehingga, kamu bisa mengajarkan si kecil tentang berbagai macam bentuk dengan media yang menyenangkan. Anak pun akan lebih paham karena belajar dengan media yang memang mereka sukai.

Tak hanya itu saja, dalam permainan lego banyak sekali tema tema yang unik dan menarik yang bisa untuk dipilih. Diantaranya adalah kamu bisa mengajak anak untuk bermain lego dengan tema taman hiburan. Mulai dari perlengkapan batu bata yang berwarna warni hingga membentuk taman bermain akan membuat si kecil betah untuk berlama lama di rumah selama masa pandemi.

3. Play – Doh

mainan edukasi anak - play-doh

Sumber: ruparupa.com/acestore

Play Doh menjadi salah satu mainan edukasi anak yang akan berguna untuk mengasah imajinasinya. Sebab ketika memainkan permainan ini, biasanya anak akan mendapatkan beberapa warna dari kaleng Play Doh. Sehingga dengan beragam warna dan juga berbagai macam bentuk yang ada di dalam permainan ini akan membuat anak menjadi bisa melatih skill.

Bahkan kemampuan motoriknya pun akan dapat terasah ketika memainkan permainan satu ini. Sebab dengan bermain Play Doh, maka si kecil akan merasakan tekstur yang belum pernah mereka temui sebelumnya. Ditambah lagi dengan beragam cetakan, akan membuat si kecil mampu membuat benda benda berdasarkan daya imajinasi dan juga kreatifitas yang dimilikinya.

ada berbagai macam warna dan juga bentuk yang bisa dipilih. Sebab, permainan ini tersedia dengan beberapa tipe. Mulai dari makanan, beragam jenis permen dan juga lain sebagainya. Sehingga, anak bisa memilih jenis yang memang mereka sukai. Dengan begitu, mereka pun akan bermain dengan lebih menyenangkan.

4. Magic Color Magneting Drawing

mainan edukasi anak - magic color magnetic drawing

Sumber: ruparupa.com/acestore

Mengajarkan anak menulis maupun menggambar dengan cara yang menyenangkan akan membuatnya cenderung lebih ingin untuk melakukannya. Untuk itu, diperlukan trik trik khusus untuk mengatasi hal tersebut. Salah satunya adalah dengan menggunakan Magic Color Magneting Drawing.

Dengan menggunakan mainan edukasi anak satu ini, maka si kecil akan lebih senang untuk belajar menulis atau menggambar. Hal tersebut dikarenakan permainan seperti papan sihir, karena si kecil bisa menulis dan juga menggambar apapun yang mereka inginkan. Kemudian, apabila hasilnya kurang memuaskan, maka ia pun tinggal menghapusnya.

Cara menghapusnya juga cukup unik. Dimana si kecil hanya perlu untuk menggeser tombol yang ada di bagian bawah ke kanan maupun ke kiri. Nantinya area untuk menulis tersebut akan kembali bersih seperti sedia kala. Dengan cara satu ini akan membuat si kecil menjadi lebih menyukai permainan yang mendidik satu ini.

Baca juga: 10 Peralatan Sekolah Yang Wajib Selama SFH!

 

Beli Mainan Edukasi Anak dengan Cashbac

Tidak perlu repot penuhi keperluan di rumah dengan Cashbac bisa Order dari Rumah atau buat kamu yang ingin datang langsung bisa gunakan Cashbac agar lebih hemat dengan Rewards hingga 100ribu di Toys Kingdom, ACE Hardware, dan ACE Express.

Jangan lupa pakai masker, jaga jarak aman dan selalu cuci tangan ya. Belanja di Toys Kingdom, ACE Hardware, dan ACE Express, serta merchant lainnya untuk keperluan rumah hingga keperluan untuk mainan edukasi anak, klik gambar di atas ya.

Enaknya lagi kamu bisa pesan via WhatsApp, klik tombol dibawah ini!

Cara Order di Toys Kingdom via WhatsApp

Ada juga promo HOME untuk kamu pemegang kartu VISA, kartu kredit Standard Chartered, kartu kredit OCBC NISP, dan kartu kredit Maybank. Ada bonus points hingga 250 ribu jika menggunakan kartu-kartu tersebut di aplikasi Cashbac, klik tombol dibawah ini!

Promo Bank Cashbac

Beberapa permainan anak yang mengedukasi tersebut bisa dengan mudah untuk kamu dapatkan Toys Kingdom. Selain itu, ada banyak permainan edukasi lain yang bisa kamu temukan di tempat jual permainan satu ini sehingga bisa dengan mudah untuk kamu dapatkan.

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store