Menikah bukanlah sekadar tahapan hidup yang melulu berisi hal-hal romantis. Hidup bersama dalam sebuah pernikahan juga menuntut banyak adaptasi bagi dua belah pihak, baik suami maupun istri. Mulai dari adaptasi kebiasaan hidup sehari-hari, berbagi prioritas, peran dan mimpi, dan tak terkecuali adalah beradaptasi dalam masalah keuangan.

Khusus tentang pengaturan keuangan, setiap pasangan memiliki cara dan pilihan sendiri tentang bagaimana mengatur keuangan yang nyaman bagi mereka.

Masalah seputar uang menjadi penyebab perceraian nomer satu di Indonesia. Jadi, agar tidak membahayakan keharmonisan keluarga, pastikan pengelolaan keuangan dalam keluarga kamu sudah tepat dan nyaman!

Baca Juga : 6 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga, Ternyata Mudah Lho!

 

4 Tipe Pengaturan Keuangan Suami Istri

Ada beberapa tipe pengaturan uang yang banyak dijalankan oleh pasangan suami istri di sekitar kita, yaitu adalah :

1. Tipe Jalan Sendiri-Sendirikeuangan suami istri - tipe jalan sendiri sendiri

Pasangan suami istri ini biasanya sama-sama bekerja atau memiliki pendapatan masing-masing sebelum menikah. Nah, begitu menikah, tidak ada perubahan signifikan dalam hal pengaturan keuangan mereka sebagai pasangan.

Masing-masing pihak memegang dan mengurus sendiri keuangannya. Biasanya, sang suami memberi jatah nafkah bulanan untuk keluarga. Nah, pendapatan yang tidak terpakai untuk kebutuhan nafkah keluarga baik di sisi suami maupun istri, diurus sendiri-sendiri.

Pada pasangan yang sudah lebih terbuka, tipe seperti ini biasanya tetap berbagi tugas. Misalnya, gaji suami selain untuk nafkah keluarga juga digunakan untuk membayar cicilan. Sedangkan gaji istri untuk tabungan dan pengeluaran di luar kebutuhan pokok.

Pengaturan keuangan dengan cara sendiri-sendiri seperti ini memiliki kelemahan. Kelemahannya adalah, keterbukaan keuangan antar suami istri cenderung kurang. Masing-masing suami atau istri boleh jadi tidak mengetahui persis berapa pendapatan pasangannya dan untuk apa saja selain untuk kebutuhan keluarga. Selain itu, tujuan keuangan keluarga pun berisiko susah berjalan dengan mulus. Yang terjadi, masing-masing orang menjalankan tujuan keuangan sendiri-sendiri.

 

2. Tipe Suami Sayang Istrikeuangan suami istri - tipe suami sayang istri

Sang suami biasanya menjadi satu-satunya pencari nafkah di keluarga. Meski begitu, si suami menyerahkan seluruh pengaturan keuangan keluarga pada pasangannya. Istri bertugas seperti menteri keuangan keluarga yang menyusun dan mengatur anggaran untuk operasional keluarga maupun untuk tujuan-tujuan keuangan bersama seperti dana liburan, dana pendidikan anak, dan lain-lain. Termasuk mengalokasikan anggaran untuk kebutuhan pribadi sang suami, biasanya disebut juga “uang lelaki”.

Tipe seperti ini biasanya sangat bergantung pada kepiawaian si istri dalam mengelola keuangan keluarga. Selain itu, bila pada perjalanan ternyata pengaturan keuangan oleh si istri kurang baik, hal itu bisa menjadi masalah di kemudian hari. Akan lebih baik bila pengaturan keuangan di keluarga diserahkan pada pihak yang lebih piawai dalam hal pengelolaan keuangan dan tidak memiliki kecenderungan konsumtif atau boros. Kelebihannya, karena keuangan diatur oleh satu orang, tujuan keuangan keluarga bisa lebih terpusat dan terencana.

 

3. Tipe Terpimpinkeuangan suami istri - tipe terpimpin

Tipe pengaturan ini biasanya dijalankan oleh pasangan suami istri yang sama-sama bekerja maupun ketika hanya suami atau istri yang bekerja. Misal, pencari nafkah adalah suami.

Pada tipe ini, keuangan sepenuhnya dipegang oleh sang suami sebagai kepala keluarga. Termasuk pengaturan anggaran keuangan keluarga dan strategi pencapaiannya. Sedangkan si istri tinggal menerima jatah nafkah pribadi dan kebutuhan dapur di rumah, termasuk anak-anak.

Pengaturan seperti ini juga biasanya dijalankan ketika pendapatan suami sudah memadai untuk menutup seluruh kebutuhan keuangan keluarga tanpa membutuhkan “sumbangan” dari si istri. Sehingga, penghasilan istri dari pekerjaan sampingan, misalnya, menjadi pelengkap saja.

 

4. Tipe Kerjasamakeuangan suami istri - tipe kerjasama

Pasangan suami istri biasanya sama-sama memiliki penghasilan rutin. Setelah menikah, mereka memilih menggabungkan pendapatan mereka menjadi uang bersama. Dari sana, mereka berdua membuat anggaran keluarga dan menyusun tujuan keuangan bersama.

Walau menggabungkan semua pendapatan, salah satu pihak ditunjuk sebagai manajer keuangan yang bertugas melakukan tugas rutin. Misalnya, membayar tagihan, menabungkan uang ke rekening khusus, dan lain-lain. Pasangan suami istri biasanya memilih pengaturan seperti ini karena dinilai lebih efisien dan lebih  transparan.

Baca Juga : Cara Mengatur Keuangan Bulanan dengan Mudah

 

Buka Tabungan Bersama Cashbac

Kamu mungkin butuh rekening tabungan tambahan untuk bisa melakukan pengaturan keuangan yang lebih baik untuk ke empat tipe pengaturan keuangan suami istri tersebut, oleh karena itu Cashbac bisa memfasilitasi kamu untuk melakukan pembukaan rekening tabungan.

Bukan cuma sekedar buka rekening lho, kamu juga bisa mendapatkan rewards special hingga ratusan ribu jika mengajukan rekening bersama Cashbac. Buka rekening tabungan saat ini sangat mudah dan bisa melalui online saja tanpa perlu datang ke cabang bank yang bersangkutan.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa pilih beberapa rekening tabungan di bawah ini.Dapatkan 100.000 Cashbac Points


Dapatkan 600.000 Cashbac Points


Dapatkan 250.000 Cashbac Points

Mudah dan dapat banyak rewards dengan membuka rekening tabungan bersama Cashbac!

 

Mengatur Keuangan dengan Cashbac

Untuk bisa mengatur keuangan suami istri lebih baik lagi, kamu harus bisa menekan pengeluaran sebanyak mungkin agar jumlah uang akan lebih banyak dan bisa lebih leluasa untuk mengaturnya.

Salah satu cara untuk menghemat pengeluaran adalah dengan menggunakan aplikasi Cashbac, yaitu sebuah aplikasi yang bisa membuat kamu berhemat jika kamu gunakan untuk berbelanja di merchat-merchat favorit kamu misalnya belanja kebutuhan rumah tangga seperti di Alfamart, FamilyMart, ACE Hardware, Informa, Gramedia, atau makan di tempat-tempat favorit seperti di McDonald’s, Raa Cha, D’Cost, Gokana, dan lain sebagainya, ada juga tempat ngopi, salon kecantikan, dan masih banyak lagi ada ribuat outlet dimana kamu bisa gunakan aplikasi Cashbac untuk bertransaksi.

 

Promo Special Cashbac

Ada bonus points hingga 100 ribu yang berlaku di seluruh outlet Ace Hardware, Ace Express, Informa, Selma, Toys Kingdom, Ataru, Bike Colony, Dr Kong, Pendopo, Travelink yang terdaftar pada aplikasi Cashbac!


Ada juga promo bank dimana kamu bisa hemat hingga 50%! Kamu bisa pakai di semua merchant Cashbac untuk melengkapi semua kebutuhan rumaah tangga kamu.


Nah, tipe yang manakah kamu dalam mengatur keuangan suami istri? Apapun tipe pengelolaan keuangan kamu, sebaiknya dikomunikasikan dengan baik dengan pasangan kamu agar tujuan keuangan kamu dapat tercapai.

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store