Canggihnya teknologi tentu sangat memudahkan manusia untuk hal apapun, termasuk pula dengan hal transaksi keuangan. Saat ini jika berbelanja dalam jumlah banyak, kamu tidak perlu repot untuk membawa uang banyak. Cukup dengan selembar kartu baik itu kartu kredit ataupun kartu debit semua kebutuhan yang kamu beli bisa terbayar.

Proses pengajuan kartu kredit juga semakin mudah. Hanyadalam hitungan beberapa hari atau minggu kamu bisa mendapatkan kartu kreditmu. Berbagai penawaran menarik dipromosikan untuk calon penguna saat pengajuan kartu kredit. Syarat untuk pengajuan kartu kredit juga tidak serumit dulu. Selama kamu bisa memenuhi persyaratan, maka viola! Kamu bisa mendapatkan kartu kredit.

Tetapi ingat, semakin mudahnya orang dalam bertransaksi dengan kartu kredit. Semakin marak pula modus baru kejahatan kartu kredit. Untuk itu perlu kehati-hatian bagi kamu pemilik kartu kredit. Jangan mudah tergiur dengan penawaran-penawaran atau promo-promo yang melibatkan kartu kredit, jelilah melihat hal tersebut agar kamu tidak menjadi korban penipuan atau kejahatan kartu kredit.

 

Cara Aman Menggunakan Kartu Kredit

Nah, supaya kamu tidak menjadi korban oknum yang tidak bertanggung jawab, berikut ini adala beberapa cara aman menggunakan kartu kredit yang bisa kamu terapkan mulai dari saat ini.

1. Rahasiakan Nomor Kartu Kreditnomor kartu kredit

Sedapat mungkin hanya kamu yang mengetahui nomor kartu kreditmu. Jangan pernah memberikan nomor kartu kredit kamu kepada orang lain, apalagi bila orang itu memintanya lewat telepon, bahkan bila orang tersebut mengaku sebagai staff dari bank tersebut. Kalau pun  kamu terpaksa memberikan nomer kartumu, pastikan orang itu bisa dipercaya seperti orang tua, pasangan, atau anak. Hal tersebut untuk menghindari terjadi kejahatan pada kartu kredit yang kamu miliki.

Selain nomer kartu kredit, yang paling penting adalah pastikan kamu juga jangan pernah memberikan tiga nomer akhir di belakang kartu kreditmu yang biasa disebut card verification code (CVC) atau card verification value (CVV). Terkadang dalam transaksi online, kamu tidak perlu memberikan keseluruhan nomer kartu kredit, cukup dengan CVC atau CVV saja, transaksi sudah bisa dilakukan.

Merahasiakan nomor kartu merupakan salah satu cara aman menggunakan kartu kredit yang paling mudah tetapi juga ampuh untuk menghindari penipuan dan kejahatan kartu kredit.

 

2. Catat Tentang Kartu Kredit Kamucatat info kartu kredit

Bagi kamu yang memiliki beberapa kartu kredit disarankan untuk membuat daftar dari nomor kartu kredit yang kamu miliki dan simpan ditempat yang aman. Baik nomor PIN maupun tanggal kadaluarsa kartu. Hal ini untuk memudahkan bila terjadi masalah dengan kartu kredit kamu. Catatan tersebut dapat membantu untuk keperluan melapor ke pihak penyedia kartu kredit maupun ke pihak berwajib.

 

3. Hindari Meminjamkan Kartu Kredit  jangan meminjamkan kartu kredit

Dengan alasan apapun, lebih baik hindari untuk meminjamkan kartu kredit kamu kepada orang lain siapapun itu. Hal tersebut untuk mencegah banyak masalah yang akan terjadi yang pada akhirnya akan membuat kamu mengalami kerugian.

Karena kartu kredit yang kamu miliki hanya kamu yang boleh memakainya, jadi jaga kerahasian semua informasi pribadi mengenai kartu kredit kamu, seperti PIN, masa berlaku, dan juga limit kartu kredit. Jangan sampai kamu mengalami kerugian karena kartu kredit kamu dipakai oleh si peminjam secara tidak bertanggung jawab.

 

4. Monitor Pengeluaran Kartu Kreditcara mengatur keuangan - mencatat pengeluaran

Alangkah baiknya kamu membuat daftar barang belanjaan yang memang kamu butuhkan dan menjadi prioritas utama yang akan segera dibeli, hal ini juga berguna untuk menekan prilaku konsumtif.

Jangan lupa, perhatikan saat membayar dengan kartu kredit. Cermati dengan baik jumlah transaksi pada sales draft. pastikan jumlahnya sama dengan jumlah transaksi yang kamu miliki. Jika masih menggunakan metode gesek, pastikan petugas hanya satu kali menggesek kartu kredit kamu untuk setiap transaksi.

Demikian juga jika berbelanja melalui aplikasi online, selalu pastikan jumlah harga pembelian sama persis dengan jumlah yang akan ditagihkan di kartu kredit.

Jangan lupa setiap setelah bertransaksi untuk melihat nota pembayaran, kamu bisa menyimpan atau memfotonya bila perlu. Jadi, jika jumlah tagihan kartu kredit kamu tidak sesuai dengan jumlah transaksi, kamu memiliki bukti dan dapat segera melaporkan ke pihak penyedia kartu kredit.

 

5. Hanya Gunakan di Tempat yang Terpercayabelanja kartu kredit

Beberapa tahun terakhir ini sangat marak aplikasi online untuk belanja atau pembelian apapun. Jika kamu sering menggunakan kartu kredit untuk berbelanja atau melakukan pembelian melalui website atau aplikasi online, cara aman menggunakan kartu kredit yang pertama kali kamu harus lakukan adalah memastikan bahwa kamu menggunakannya di tempat yang terpercaya. Bagaimana caranya untuk mengetahui bahwa aplikasi online itu terpercaya atau tidak?

Kami akan berikan tips agar kamu aman menggunakan kartu kreditmu, yaitu pastikan tempat kamu berbelanja atau melakukan pembelian sudah mempunyai komponen berikut:

Sistem 3D Secure, adalah protokol berbasis XML yang dirancang untuk menjadi lapisan keamanan tambahan untuk transaksi kartu kredit dan debit online. Ini awalnya dikembangkan oleh Arcot Systems (sekarang CA Technologies) dan pertama kali digunakan oleh Visa dengan tujuan meningkatkan keamanan pembayaran Internet, dan ditawarkan kepada pelanggan di bawah merek Verified by Visa/Visa Secure.

Layanan berdasarkan protokol juga telah diadopsi oleh Mastercard sebagai SecureCode, Discover sebagai ProtectBuy dan oleh JCB International sebagai J/Secure. American Express menambahkan 3-D Secure sebagai American Express SafeKey.
verified by visa dan mastercard securecode
Tempat belanja yang mengakomodasi 3D Secure ini ditandai dengan logo Verified by VISA, MasterCard SecureCode, dan JCB J/Secure.

Jadi, jika menggunakan kartu kredit di tempat yang sudah terverifikasi dengan logo Verified by VISA dan MasterCard SecureCode maka dipastikan kartu kredit kamu akan aman.

Jika masih takut atau belum yakin juga, kamu bisa menghubungi customer service bank yang bersangkutan untuk memastikan apakah tempat kamu ingin melakukan pembelanjaan tersebut penipuan atau bukan.

Baca Juga:

Cashbac Menjamin Keamanan Kartu Kamu

 

Belanja Aman dengan Cashbaclink card success cashbac

Salah satu aplikasi yang sangat aman adalah Cashbac disamping aplikasi ini bisa membuat kamu lebih hemat. Beberapa hal yang menjadikan Cashbac sangat aman untuk kamu gunakan adalah karena Aplikasi Cashbac:

  • Tunduk pada UU Perlindungan Konsumen dan UU ITE yang berlaku di Indonesia
  • Memenuhi Payment Card Industry Data Security Standard atau PCI-DSS
  • Menerapkan 3D Secure Process
  • Selalu menggunakan PIN pada saat pembelian

Aplikasi Cashbac bisa membantu kamu berhemat di banyak tempat seperti tempat makan atau restoran, cafe atau coffee shop, tempat belanja, tempat hiburan seperti karaoke dan bioskop, dan ribuan tempat lainnya yang bisa kamu datangi. Jadi banyak sekali pilihan tempat untuk berhemat dengan menggunakan aplikasi Cashbac.

Baca Juga:

Cara Belanja Aman Pakai Cashbac
CEO Cashbac: "Murah dan Aman dengan Cashbac"

Setelah mengetahui cara aman menggunakan kartu kredit, kini kamu dapat menggunakan kartu kredit kamu dengan tenang. Jangan lupa selalu pakai Cashbac untuk pengalaman belanja kamu yang lebih aman dan lebih hemat. Selamat mencoba!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store