Untuk kita yang sedang melakukan program diet atau hobi berolahraga tapi malas atau tidak mau capek untuk berolahraga, ada beberapa olahraga ringan yang bisa kita lakukan untuk membuat tubuh kita bugar dan fit tetapi tidak membuat kita capek dan lelah.

 

6 Olahraga Ringan yang Efektif

Berikut ini adalah 6 olahraga ringan yang efektif dengan hasil yang maksimal bisa membuat tubuh kita sehat tetapi tanpa perlu terlalu menguras tenaga kita.

1. Ice Skatingice skating

Olahraga yang satu ini dilakukan di lokasi yang dingin, yaitu di area ice skating sehingga kita terhindar dari matahari yang panas dan bisa membuat kita kehausan. Tapi, ini bukan berarti ice skating tidak efektif membakar kalori dan menyehatkan tubuh kita lho. Ice skating mengharuskan kamu untuk menjaga postur tubuh supaya tetap seimbang sehingga mengencangkan otot kaki, perut, dan punggung sekaligus membakar kalori. Ya, satu sesi ice skating selama 30 menit bisa membakar 200-250 kalori lho karena tubuh kita membakar kalori lebih banyak ketika suhu dingin.

Untuk kamu yang ingin terlihat lebih tinggi dan anggun, ice skating juga bisa memperbaiki postur tubuh kamu karena kamu diharuskan untuk memiliki postur yang baik agar tidak jatuh di es. Dengan mempertahankan postur tubuh yang baik ketika ice skating, kita pun semakin melatih keseimbangan dan melindungi kaki dari cedera.

Sekarang tidak perlu jauh-jauh mencari tempat yang bersalju untuk bermain ice skating, karena kamu bisa bermain ice skating di Oasis Centre AEON Mall yang berlokasi di Jakarta Garden City, Cakung, Jakarta Timur.

 

2. YogaIkut Kelas Yoga

Yoga merupakan olahraga yang terkenal bisa membuat kita lebih rileks, menghilangkan stres, dan meningkatkan fleksibilitas otot kita. Selain itu, yoga juga melatih kekuatan kita tanpa membuat kita terlalu lelahlho. Dengan yoga, kita tidak perlu menggunakan mesin olahraga atau barbell yang berat untuk melatih kekuatan otot kita, tapi cukup menggunakan beban berupa badan kita sendiri. Berbagai posisi yoga mengharuskan kita untuk mampu menopang tubuh kita sendiri agar tidak terjatuh sehingga membuat otot di lengan, kaki dan perut semakin kuat.

Untuk kita yang seharian bekerja di depan meja dan computer atau laptop, yoga adalah olahraga yang cocok untuk meredakan rasa sakit dan pegal karena memberikan stretching untuk otot-otot kita yang bekerja seharian. Selain itu, yoga juga memperbaiki postur kita yang duduk dan bekerja seharian lho dengan berbagai gerakan stretching yang melatih otot perut dan punggung kita untuk menopang tubuh lebih baik. Untuk kita yang pemula, sebaiknya coba jenis yoga berupa hatha yoga atau iyengar dulu ya karena gerakannya lebih lembut dan tidak terlalu sulit.

Kamu bisa mencoba olahraga yoga di:

Union Yoga, berlokasi di Jl. Wijaya II No.73, Melawai, Jakarta Selatan

Yoga Dham, berlokasi di Jl. Bumi No.4, Kby. Baru, Jakarta Selatan

Asaya Yoga, berlokasi di Jl. Bulevard Artha Gading Blok A6A No. 9-10, Jakarta Utara

Do Yoga, Harton Tower Lantai 3, Jl. Boulevard Artha Gading, Jakarta Utara

 

3. RenangRenang

Ketika cuaca panas, renang bisa menjadi olahraga yang cocok untuk membuat kita lebih segar dan meredakan rasa kepanasan. Olahraga air yang satu ini juga punya banyak manfaat untuk kesehatan, mulai dari menghindarkan kita dari penyakit paru-paru, mengatur nafas, menyehatkan jantung, dan memperbaiki postur tubuh kita menjadi terlihat lebih tinggi. Renang juga bisa membantu kita untuk memperkuat otot lengan dan kaki lho.

Walaupun memiliki banyak manfaat, berenang secara teratur tidak akan membuat tubuh kita mudah cedera lho. Justru sebaliknya, renang menghindarkan kita dari risiko cedera otot karena semua gerakan kita lakukan di dalam air. Renang juga sangat efektif dalam membakar kalori lho karena 1 jam berenang bisa membakar 423 – 1.068 kalori – lebih banyak dibandingkan berjalan kaki secara teratur atau melakukan yoga.

Baca juga: 7 Jenis Olahraga Mengecilkan Paha Ini Wajib Kamu Coba!

 

4. PilatesPilates

Olahraga yang satu ini merupakan versi kontemporer dari yoga yang sedikit lebih intens dan berfokus pada otot perut. Tapi, pilates juga bisa menambah kekuatan otot kita yang lain lho, seperti di lengan ataupun kaki. Pilates juga bisa membuat postur tubuh kita lebih bagus dan meningkatkan fleksibilitas otot kita tanpa risiko cedera yang tinggi.

Biasanyaada 2 jenis kelas pilates yang bisa kita ikuti, yaitu pilates pada matras dan pilates yang menggunakan alat atau reformed pilates. Untuk kita yang masih pemula di olahraga ini, sebaiknya memulai dengan pilates pada matras dulu sebelum melanjutkan ke reformed pilates agar tidak menggunakan alat dengan salah. Untuk kita yang mudah bosan, pilates cocok untuk menjadi olahraga kita saat ngabuburit.

Kamu bisa mencoba olahraga pilates di MCO Studio yang berlokasi di Ruko Icon 21, Jl. Meruya Ilir Raya, RT.1/RW.5, Kembangan, Jakarta Barat.

 

5. Barre

barre

Sumber: commons.wikimedia.org

Terpesona dengan gerakan penari balet yang anggun dan ingin bisa melakukan gerakan-gerakan yang sama juga? Barre adalah olahraga yang cocok untuk kamu coba saat ngabuburit. Olahraga ringan yang satu ini merupakan gabungan dari gerakan tari balet dengan olahraga ringan yang latihannya menggunakan palang balet, barbell ringan, lantai atau matras.

Karena merupakan kombinasi dari beberapa gerakan olahraga sekaligus, barre sangat berefek dalam melatih kekuatan otot lengan dan kaki kita sekaligus melatih keseimbangan dan memperbaiki postur tubuh kita. Barre juga dikenal sebagai olahraga yang bisa memberikan hasil cukup instan – cukup dalam 6 minggu berolahraga, kita bisa mulai melihat perbedaan di bentuk tubuh kita. Cocok untuk kita yang ingin tampil beda dengan cepat!

Kamu bisa mencoba olahraga barre di Core Studio yang berlokasi di Jl. HOS. Cokroaminoto No.91, RT.3/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Jakarta.

 

6. Jazzercise

Jazzercise

Sumber: presidentpost.id

Olahraga yang diciptakan tahun 1969 ini akan membuat kita lupa bahwa kita sedang berolahraga dan membakar kalori. Jazzercise merupakan sejenis senam asal Amerika Serikat yang mengkombinasikan gerakan tarian jazzy dengan gerakan senam denganmusik yang kekinian sebagai pengiringnya. Mirip dengan zumba, olahraga ini melatih kekuatan otot perut, punggung, dan kaki kita sekaligus membakar kalori secara efektif juga.

Selain itu, jazzercise merupakan olahraga yang membantu menjaga kesehatan tulang kita lho. Gerakan tarian dan latihan otot di jazzercise membantu memperkuat tulang kita serta otot-otot yang melindungi tulang sehingga kita tidak rentan mengalami penyusutan ataupun gangguan kesehatan tulang.

Kamu bisa mencoba olahraga barre di Jazzercise Jakarta Body atau Masama Fit & Fun Studio yang berlokasi di Jl Terogong Raya 14E, Jakarta.

Baca juga: Wajib Coba! Inilah 7 Jenis Olahraga Mengecilkan Lengan

 

Rajin Olahraga Ringan tetapi Tetap Berhemat

Berolahraga setiap hari bukan berarti kita tidak bisa hemat lho, karena kita bisa memanfaatkan aplikasi pemberi promo seperti Cashbac untuk menghemat pengeluaran kita untuk ikut kelas olahraga di puluhan gym.

Apalagi sekarang sedang ada promo Relax n’ Rejuvenate dari Cashbac, dimana kamu bisa mendapatkan rewards 50%! Sangat menarik bukan? Ingat hanya berlaku hingga 31 Maret 2020 ya.

Kamu bisa gunakan promo tersebut di tempat olahraga seperti Core Studio, Union Yoga, dan masih banyak lagi. Selain itu promo Relax n’ Rejuvenate juga bisa digunakan di tempat-tempat kesehatan dan kecantikan lainnya seperti: Spa, Reflexy, Estetique Clinic, dan lainnya.

Cashbac juga bisa digunakan di ribuan merchants dan puluhan ribu outlet seperti restoran, cafe atau coffee shop, tempat belanja, mini market, dan tempat-tempat lainnya.

Jadi, buruan pakai Cashbac untuk nikmati bermacam keuntungan dan rewardsnya.

Selamat berolahraga!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store