Banyak wanita menginginkan tubuh yang indah, dan banyak pula cara untuk mendapatkannya. Tergantung cara apa yang akan digunakan, ingin cara yang praktis seperti operasi plastik dan sedot lemak atau cara alami seperti berolahraga dan menjalani pola hidup sehat. Cara praktis memang merupakan cara yang paling cepat untuk memperindah bagian tubuh wanita, namun kamu harus mempersiapkan modal yang besar. Nah, sekarang kita bahas yuk bagaimana cara alami mempercantik bagian tubuh.

Paha dan betis merupakan salah satu bagian tubuh yang sering terlihat besar. Terkadang justru bagian bagian tubuh paha dan betis wanita lebih besar dari pada pria. Tapi kamu nggak perlu khawatir lagi, karena kamu akan mengetahui bagaimana cara mengecilkan paha dan betis yang bisa kamu coba untuk mendapatkan kaki yang kamu inginkan.

Baca Juga : Wajib Coba! Inilah 7 Jenis Olahraga Mengecilkan Lengan

Cara Mengecilkan Paha dan Betis

Bagian tubuh paha dan betis menjadi suatu permasalahan yang penting karena bagi sebagian wanita, memiliki paha dan betis yang besar dapat mempengaruhi penampilan. Memiliki bentuk paha dan betis yang indah adalah suatu hal yang bisa dibanggakan. Kalau kamu termasuk wanita yang memiliki paha dan betis yang cukup besar, berarti kamu harus melakukan cara-cara di bawah ini nih, agar mendapatkan paha dan betis yang kamu inginkan.

1. Squat Jumps

Squat Jumps

Squat jump merupakan gerakan olahraga yang menumpu beban tubuh pada otot kaki. Gerakan squat sendiri diawali dengan posisi tubuh berdiri tegak dengan kedua kaki terbuka selebar bahu. Kemudian, posisikan badan setengah jongkok hingga bokong sejajar dengan lutut yang tidak melebihi posisi jari-jari kaki. Untuk kedua tangan, kamu bisa menempatkan kedua tanganmu bersilang di depan dada dan pandangan lurus ke depan. Posisi tersebut merupakan posisi squat.

Setelah gerakan squat sudah sempurna, lakukan gerakan melompat setinggi mungkin dan mendarat dengan posisi squat kembali. Kamu harus menjaga posisi bokong yang sejajar dengan lutut yang tertekuk tanpa melewati batas jari-jari kaki itu ya. Mendaratlah dengan telapak kaki bagian depan untuk menyentuh tanah terlebih dahulu. Dengan begitu, gerakan squat jump sudah sempurna.

Lakukan gerakan tersebut sebanyak 3-4 set satu harinya, 1 set terdiri dari 8-10 kali squat jump. Kalau kamu merasa gerakan squat jump terlalu sulit, kamu bisa melakukan gerakan squat tanpa melompat. Lakukan secara rutin setiap hari, dijamin paha dan betis kamu akan terasa lebih kencang dari sebelumnya. Kamu tidak harus menyelesaikan 3-4 set dalam 1 kali latihan loh, kamu bisa menyicil gerakan squat jump ini sebagai cara mengecilkan paha dan betis kamu.

2. Jumping Jacks

jumping jacks

sumber: pinterest.com

Gerakan ini merupaka gerakan olahraga dasar yang biasanya dilakukan saat pemanasan. Posisi awal dari salah satu cara mengecilkan paha dan betis ini adalah berdiri tegak dengan posisi kaki rapat dan tangan di samping kiri dan kanan tubuh. Kemudian melompat dengan membuka kaki selebar bahu diikuti gerakan tangan yang diangkat secara cepat ke atas kepala. Lalu, kembali ke posisi semula berdiri tegak dengan posisi tangan disamping.

Lakukan pengulangan sebanyak 3-4 set, yang mana 1 set 10x gerakan. Lakukan secara rutin agar salah satu cara mengecilkan paha dan betis ini mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan melakukan gerakan jumping jacks secara rutin, maka kamu akan mendapatkan hasil seperti yang kamu harapkan.

Jumping jacks memang salah satu cara mengecilkan paha dan betis, namun jika kamu melakukannya secara rutin, kamu akan mendapatkan manfaat lain dari gerakan ini. Selain cara mengecilkan paha dan betis, jumping jacks juga dapat menurunkan berat badan kamu serta dapat mengencangkan otot-otot diseluruh tubuh kamu lho. Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan adalah dapat menjaga kesehatan jantung dan menghilangkan stress.

3. Lunges

lunges

Gerakan-gerakan olahraga memang memiliki variasi gerakan dari gerakan dasarnya. Sama halnya dengan gerakan lain, lunges juga memiliki variasi gerakan yang bisa kamu coba. Tapi, sebelum itu kamu pastikan dulu nih kalau gerakan dasar lunge sudah kamu lakukan dengan benar.

Posisi awal saat kamu ingin melakukan lunges adalah berdiri tegak, posisi bahu sedikit ditarik ke belakang dan menaruh kedua tangan di pinggang. Usahakan posisi punggung tetap rata tidak membungkuk dan kepala tegak dengan pandangan lurus kedepan. Kemudian, kamu bisa memulai dengan langkahkan kaki kanan lebar ke depan dengan posisi tubuh yang turun sampai lutut menekuk hingga 90 derajat. Sedangkan posisi kaki kiri menekuk menahan beban lainnya hingga 90 derajat. Tahan hingga 3-5 detik lalu kembali pada posisi tegak dan lakukan pada kaki kiri dengan gerakan yang sama.

Kamu bisa melakukan gerakan dasar lunges sebanyak 3-4 set, yang mana 1 set 8-10 kali. Gerakan lunges ini merupakan cara mengecilkan paha dan betis yang mudah, sederhana dan efisien untuk dilakukan. Selain mengencangkan paha dan betis, lunge juga bagus untuk pertumbuhan otot dan dapat meningkatkan stabilitas bagian tengah tubuh.

Baca Juga : Seru dan Efektif, Cobain Olahraga untuk Meninggikan Badan Ini!

4. Scissors LegsScissors

Nah, gerakan satu ini bisa kamu lakukan sebagai cara mengecilkan paha dan betis kamu nih. Gerakannya cukup sederhana dan sangat bermanfaat. Scissors merupakan gerakan seperti menggunting yang dilakukan oleh tubuh bagian kaki.

Gerakan ini diawali dengan posisi berbaring terlentang di lantai dengan tangan lurus disamping badan. Kemudian, angkat kaki ke atas dengan meluruskan telapak kaki dan lakukan gerakan menyilang antara kaki kanan dan kiri seperti gerakan menggunting. Gerakan tersebut dilakukan untuk dua arah, seperti gerakan pertama kaki kiri di atas dan lakukan gerakan yang sama pada kaki kanan yang di atas kaki kiri. Tahan hingga 30 detik untuk mendapatkan hasil yang baik. Lakukan gerakan ini secara rutin setiap hari sebanyak 3-4 set dengan 30 detik setiap set nya.

Selain berfungsi sebagai cara mengecilkan paha dan betis, gerakan lunges ini diketahui dapat mengencangkan otot perut karena menahan gerakan kaki yang menggunting ke atas, serta mengencangkan bokong. Gerakan ini juga pas untuk kamu yang ingin mengecilkan perut.

5. Wall Push-Up

wall push up

sumber: pinterest.com

Gerakan olahraga wall push-up juga masuk dalam cara mengecilkan paha dan betis nih, karena gerakan ini merupakan gerakan peregangan yang baik.  Wall push-up merupakan variasi dari gerakan push-up. Latihan ini diawali dengan berdiri tegak berhadap-hadapan dengan tembok dan posisi tangan merentang ke tembok. Kamu bisa lakukan gerakan wall push-up sama seperti saat kamu melakukan gerakan push up biasa. Hanya saja biasanya kamu push-up di lantai sedangkan wall push-up dengan tembok yang mana gerakan tersebut lebih ringan dan membebankan berat tubuh kepada paha dan betis.

Selain sebagai salah satu cara mengecilkan paha dan betis, wall push-up juga merupakan salah satu gerakan yang efektif untuk mengecilkan lengan. Dengan melakukan gerakan wall push-up sebagai cara mengecilkan paha dan betis secara rutin, maka kamu akan merasakan perbedaan antara paha dan betis sebelum dan setelah rutin melakukan wall push-up. Kamu bisa melakukan wall push-up selama 30 detik atau 30 kali setiap harinya. Jika kamu merasa kurang dengan ketentuan tersebut, kamu bisa menambahkan durasi sesuai dengan kemampuan kamu yaa.

6. Plank

plankGerakan olahraga satu ini paling sering dilakukan sebagai gerakan membentuk perut. Seperti gerakan lainnya, plank juga memiliki variasi gerakan seperti elbow plank, reverse plank, single leg plank, dan side plank. Gerakan plank sangat cocok untuk kamu yang ingin memiliki tubuh ideal, karena gerakan ini tidak hanya untuk membentuk perut tetapi juga berfungsi melatih otot-otot pada tubuh seperti lengan, bahu, bokong, punggung, serta paha dan betis.

Sebelum kamu melakukan variasi gerakan plank, kamu bisa menyempurnakan gerakan elbow plank yang biasa dilakukan untuk para pemula. Posisikan tubuh bagian depan menghadap ke lantai dengan kaki lurus ke belakang. Buatlah posisi tubuh yang bertumpu pada siku (lengan yang sejajar dengan bahu, dan menjadikan siku sebagai tumpuan) dan ujung kaki. Tahan dalam hitungan detik.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa menahan gerakan elbow plank selama 30 detik hingga 60 detik, sekuat yang kamu bisa. Lakukan gerakan ini secara rutin sebanyak 2-3 kali perlatihan. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan lengan, perut, paha dan betis yang kencang. Selamat mencoba!

7. Cardio 

cardio

Memang olahraga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah cardio. Cardio merupakan aktivitas olahraga yang dapat memperkuat detak jantung. Latihan ini juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan memperkuat sistem peredaran darah. Banyak juga olahraga kardio sederhana yang dapat kamu lakukan seperti tinju dan senam aerobic.

Kita harus menggerakkan badan untuk memperbaiki denyut jantung. Karena kardio merupakan gerakan atau aktivitas olahraga yang meningkatkan otot-otot tubuh, kardio seringkali digunakan sebagai salah satu cara mengecilkan paha dan betis lho. Terdapat banyak sekali olahraga kardio yang dijadikan sebagai cara mengecilkan paha dan betis, seperti lari cepat, bersepeda, lompat tali, berenang, dan masih banyak lagi. Dengan melakukan kardio yang fokus pada pembentukan kaki secara rutin, kamu akan memiliki paha dan betis yang ramping.

Baca Juga : 7 Jenis Olahraga Mengecilkan Paha Ini Wajib Kamu Coba!

calf and thighNahh, itulah 7 cara mengecilkan paha dan betis yang dapat kamu lakukan demi keindahan bentuk kakimu. Lakukan 3 sampai 4 gerakan setiap harinya untuk mendapatkan hasil yang baik. Tapi kamu tetap harus hati-hati yaa, jangan sampai terlalu memaksakan kondisi badanmu. Cukup lakukan sesuai dengan yang kamu butuhkan yaa.

Cara Ini Ribet untuk Kamu?

Banyak cara untuk membuat bagian tubuh lebih ideal. Kalau kamu merasa gerakan-gerakan tersebut malah jadi menyulitkan kamu, atau kamu merasa nggak sempat untuk menyisihkan waktu di sela-sela kesibukan kamu, lebih baik kamu datang ke tempat olahraga seperti fitness, gym, dan yoga untuk mendapatkan hasil yang baik pada paha dan betis kamu. Kamu ngga perlu khawatir, karna kita akan kasih kamu tips bagaimana tetap ideal tanpa menguras kantong.

Badan Ideal Tanpa Harus Mahal

Agar mencapai target yang kamu inginkan, memang dibutuhkan komitmen untuk melakukan gerakan olahraga secara rutin. Untuk kamu yang memiliki dana lebih, akan lebih baik kalau kamu mengikuti kelas fitness atau gym agar tetap latihan rutin dan mendapatkan hasil yang maksimal. Kamu nggak perlu khawatir untuk biayanya, Cashbac akan kasih kamu solusinya untuk mendapatkan hasil maksimal tanpa bikin kantong jebol. Memiliki badan ideal tidak harus selalu mahal lho! Berikut rekomendasi tempat olahraga buat kamu :

Core Studio

core studio

sumber: intagram @corestudiojkt

Core Studio merupakan tempat olahraga yang memiliki fasilitas – fasilitas nomor satu dan kelas terkomplit seperti zumba, cardio dance, TRX, muay thai, barre, yoga, pound fit, relax pilates dan calisthenic yang akan dipandu oleh trainer yang berpengalaman dan profesional dalam membantu kamu mencapai bentuk tubuh ideal yang kamu inginkan.

Lokasi: De Ritz, Jalan HOS. Cokroaminoto Nomor 91, Menteng, Jakarta Pusat

 

121 Fitness Japan

121 Fitness Japan

sumber: instagram @121fitnessjapan

Siapa sih yang ngga mau punya badan ideal? 121 Fitness Japan solusinya. Tempat gym asal Jepang ini merupakan gym pertama di Indonesia dengan konsep program eksklusif personal training 1 to 1 di dalam ruangan pribadi yang mencakup konsultasi, pengukuran dengan InBody, latihan rutin, hingga pengaturan pola makan atau anjuran diet sehat yang semuanya disesuaikan dengan kebutuhan dan body goals tiap peserta.

Lokasi: Ruko Wisteria, Jalan Panglima Polim Raya 7B, Melawai, Jakarta Selatan

 

Union Yoga

Union Yoga

sumber: instagram @unionyoga

Union Yoga adalah tempat latihan yoga paling hits di Jakarta, karena tempat ini udah jadi langganan para artis ternama lho. Banyak dari mereka yang berkunjung ke tempat yoga ini. Berarti sudah tidak diragukan lagi dong, kalau memang tempat ini memang layak untuk kamu coba.

Lokasi: Jalan Wijaya 2 Nomor 73, Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

 

Jazzercise Jakarta Body 14 E

Jazzercise Jakarta

sumber: instagram @jazzercisejakarta

Jazzercise sudah sangat populer di negara-negara seperti Malaysia, Jepang, Australia, Inggris, dan Amerika! Waah, kebayang nggak sih kamu akan belajar membentuk tubuhmu dengan standart internasional. Jazzercie adalah tempat olahraga yang berprogram dance fitness dengan beat yang menghentak dan memacu denyut jantung dengan hasil yang cepat. Sangat cocok untuk kamu yang ingin membentuk tubuh menjadi ideal kaan.

Lokasi:  Jalan Terogong Raya, Nomor 14 E, Cilandak, Jakarta Selatan

 

Itulah beberapa rekomendasi-rekomendasi oke yang bisa Cashbac tawarkan untuk kamu yang merasa ribet dengan gerakan-gerakan mengecilkan paha dan betis di atas. Masih banyak lagi tempat olahraga lain yang bisa kamu temukan di aplikasi Cashbac.

Kamu ngga perlu takut badanmu ngga jadi berbentuk kalau udah ke tempat fitness atau yoga. Kamu bisa bertemu dengan para ahli untuk konsultasi soal tubuh kamu dan gerakan seperti apa yang bisa kamu peragakan untuk mencapai tujuan kamu lho.

cashbac

Tempat kece dan oke tidak harus mahal lho. Kamu hanya perlu mendownlod aplikasi Cashbac, dan dapatkan cashbacknya! Untuk kamu yang belum tahu, Cashbac merupakan aplikasi yang menghemat pengeluaran kamu karena Cashbac akan kasih kamu cashback dalam bentuk instant rewards sehingga latihan olahragamu juga semakin menyenangkan.

Aplikasi tanpa top up ini membuat kamu jadi lebih mudah dalam bertransaksi. Kamu hanya perlu menghubungkan kartu kredit/debit kamu pada aplikasi Cashbac, dan setiap transaksinya akan otomatis diambil dari kartu tersebut. Sehingga, ketika bertransaksi langsung mengurangi dana dari kartu debit/debit sesuai dengan jumlah pembelian yang diperlukan. Mudah dan aman banget lho. Yuk di download, dan dapatkan rewardsnya!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store