Saat memasuki musim hujan, daya tahan tubuh harus lebih dijaga. Hal ini dikarenakan saat musim hujan biasanya daya tahan akan menurun drastis sehingga lebih mudah terserang penyakit. Virus dan bakteri berkembang biak lebih cepat dan mudah di saat kondisi sekitar lembab.

Baca juga: Musim Hujan Tiba! Udah Punya Perlengkapan Ini Belum?

 

Makanan Yang Cocok Untuk Musim Hujan

Untuk memelihara kesehatan dan daya tahan tubuh, kamu perlu mengonsumsi beberapa pilihan makanan yang cocok untuk musim hujan. Pastinya makanan tersebut harus sehat dan bergizi sehingga imun tubuh meningkat.

1. Sup Ayamsup ayam

Jenis makanan pertama yang bisa dikonsumsi saat musim hujan adalah semangkuk sup ayam yang hangat. Ini menjadi makanan sehat di kala musim hujan. Bahkan sup ayam ini dipilih saat ketika kamu merasa sakit. Sup ayam ini adalah jenis comfort food yang memberikan nutrisi dan asupan cairan dikarenakan memiliki berbagai sayuran dan juga tambahan ayam. Bahan makanan ini tentu saja menjadi sumber protein dan vitamin yang tepat untuk memelihara daya tahan tubuh kamu.

Sementara itu bumbu yang digunakan adalah bawang putih. Hal ini membuat semangkuk sup ayam mengandung filonutrien. Kandungan ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah tubuh dari flu dan demam, mengatasi kelelahan, dan mengatasi berbagai peradangan dan iritasi. Tak hanya itu saja, bawang putih juga mengatasi beberapa masalah dalam usus seperti diare dan disentri dengan cara menghancurkan bakteri yang merusak bakteri baik di dalam usus. Tak hanya itu saja, saat kamu memakan sup ayam selagi panas ternyata bisa melegakan pernafasan kamu dan juga menghangatkan tubuh.

 

2. Sotosoto ayam

Siapapun pasti sudah sangat mengetahui makanan yang bernama soto. Soto merupakan makanan berkuah yang biasanya berwarna kuning dikarenakan pemakaian beberapa jenis bumbu dan rempah. Soto ayam ini biasanya dimasak dengan memakai tambahan kunyit dan juga jahe. Apapun itu makanan dengan campuran jahe pastinya sangat pas sekali dimakan saat musim hujan. Tentu saja jahe akan menghangatkan tubuh dan membuat tubuh lebih sehat.

Jahe bekerja secara efektif untuk menghangatkan tubuh dari dalam. Tak hanya itu saja, jahe bisa membantu meningkatkan produktivitas keringat. Jahe juga mempunyai kandungan anti bakteri dan anti inflamasi untuk mengatasi berbagai permasalahan seperti pilek, demam, hidung tersumbat, dan juga pilek. Di dalam soto, juga mengandung curcumin yang didapat dari kunyit. Ini mampu meningkatkan resistensi sel terhadap proses peradangan, kerusakan, dan juga infeksi di dalam tubuh. Semangkok soto ayam hangat akan menjadi hidangan pas dan ideal saat musim hujan tiba.

 

3. Capcaycapcay

Tak hanya soto dan sup ayam saja, makanan yang cocok untuk musim hujan adalah capcay. Capcay ini merupakan makanan yang aslinya berasal dari Cina untuk mengatakan makanan yang berisi tumisan berbagai aneka sayur. Cap cay ini memiliki rasa yang enak dan termasuk makanan bernutrisi tinggi karena memakai bahan berbagai jenis sayuran di dalamnya seperti kol, wortel, brokoli, kembang kol, kacang kapri, dan jagung muda di dalam sepiring capcay.

Berbagai jenis sayuran itu kaya vitamin, nutrisi, serat, dan protein tetapi rendah kalori. Seporsi capcay bisa dimakan untuk memelihara kesehatan tubuh di saat musim hujan. Tak hanya itu saja, seporsi capcay juga bisa membantu kamu terhindar dari kegemukan dan penyakit. Kamu bisa mengonsumsi capcay ini selagi hangat di saat hujan mulai tiba.

Baca juga: Makanan Penambah Daya Tahan Tubuh, Ada di Sekitarmu!

 

4. Sup Labusup labu

Sup labu menjadi jenis makanan sehat lainnya yang cocok dikonsumsi saat musim hujan tiba. Sup ini adalah jenis makanan yang kaya akan antioksidan dan juga vitamin A. Antioksidan yang ada di dalamnya adalah karoten dan litein yang bisa dikonsumsi saat musim hujan tiba. Tak hanya menghangatkan tubuh saja, sup labu juga membuat kamu kenyang jauh lebih lama. Hal ini dikarenakan di dalam seporsi sup labu terdapat kandungan serat yang tinggi dan pastinya membuat perut lebih kenyang. Sup labu ini bisa ditambahkan dengan pala dan kayu manis. Bahkan kamu bisa menambahkan cabe rawit untuk menciptakan sensasi pedas di dalam seporsi sup labu.

 

5. Rawonrawon

Rawon juga menjadi salah satu jenis masakan yang bisa dimakan saat musim hujan. Makanan khas dari Jawa Timur ini memiliki kuah berwarna hitam kecoklatan yang agak pekat. Ini merupakan jenis sup berbahan dasar daging sapi dengan kuah hitam. Warna hitam berasal dari keluwek yang merupakan biji tanaman kepayang. Kluwek ini mampu memberikan aroma yang lebih sedap dan rasa lebih gurih pada masakan ini.

Walaupun warnanya terlihat hitam pekat, di dalam keluwek terkandung vitamin C dan juga zat besi yang bisa memelihara vitalitas tubuh. Vitamin C merupakan antioksidan yang meningkatkan dan memelihara sistem imun tubuh agar tak mudah terkena penyakit dan virus saat musim penghujan. Kluwek juga mempunyai sifat antiseptik dan mengandung tanin sebagai zat anti mikroba yang sangat ampuh untuk membantu memelihara kesehatan sistem pencernaan dan menetralisir racun di dalam tubuh.

 

6. Sayur Asemsayur asem

Makanan yang cocok untuk musim hujan lainnya adalah sayur asem.  Ini adalah jenis sayur berkuah dengan cita rasa kuah asam. Sayur ini berasal dari Jawa Barat. Di dalam sayur ini terdapat berbagai jenis bahan sayuran seperti daun melinjo, kulit melinjo, labu siam, kacang panjang, jagung manis, nangka muda, dan juga kacang merah.

Untuk membuat kuah ini terasa asam, maka kamu bisa memakai asam sebagai tambahan utama. Asam ini ternyata memiliki manfaat yaitu untuk mengatasi sembelit dan melancarkan sistem pencernaan. Tentu saja ini berguna untuk menurunkan berat badan. Tak hanya itu saja, di dalam seporsi sayur asam terdapat labu siam yang bermanfaat bagi kesehatan. Labu siam ini kaya serat sehingga mampu melancarkan sistem pencernaan tubuh dan membuat perut kamu kenyang lebih lama. Walaupun kenyang, kamu tak perlu khawatir gemuk karena labu siam ini minim kalori.

 

7. Baksobakso

Sepertinya tak ada yang bisa menahan godaan lezatnya seporsi bakso saat musim hujan. Bakso ini merupakan makanan berkuah dengan bola-bola daging di dalamnya. Kuah yang hangat ditambah gurih dan lezatnya bola-bola daging membuat banyak orang menyukai makanan ini. Banyak orang yang menganggap makanan ini jahat. Tetapi secara umum, makanan ini tidaklah jahat. Bola-bola daging ini terbuat dari daging sapi asli yang mana merupakan sumber zat besi dan protein yang berguna untuk kesehatan tubuh.

Protein ini memiliki beberapa manfaat seperti melancarkan sistem pencernaan, meningkatkan kesehatan tulang, dan meningkatkan koordinasi antar sel. Di dalam semangkok bakso sapi, juga kaya akan vitamin dan mineral yang berguna untuk menjaga daya tahan tubuh. Tetapi pastikan bahwa daging yang digunakan tanpa lemak dan dimakan tak berlebihan. Untuk membuat semangkuk bakso lebih sehat, maka kamu bisa menambahkan sawi hijau dan tauge untuk memenuhi kebutuhan serat di dalam tubuh.

Baca juga: Pola Hidup Sehat Ternyata Mudah Dilakukan Siapa Saja, Coba Yuk!

 

Beli Makanan Lebih Hemat dengan Cashbac

Cashbac bekerjasama dengan banyak bank memberikan kamu rewards hingga 50%! Hubungan kartu debit atau kartu debit kamu di aplikasi Cashbac untuk menikmati rewardsnya.

Cashbac dapat digunakan untuk membeli semua kebutuhan makanan kamu di banyak tempat makan atau restoran favorit kamu lebih hemat dengan Cashbac, klik gambar di atas ya.

Tidak perlu repot penuhi kebutuhan makanan kamu dengan Cashbac bisa Order dari Rumah atau jika terpaksa keluar rumah, jangan lupa pakai masker, jaga jarak aman dan selalu cuci tangan ya.

Cashbac Order dari Rumah

Itulah tadi beberapa makanan yang cocok untuk musim hujan, selalu jaga kesehatanmu di musim hujan seperti saat ini.

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store