Siapa di antara kita yang nggak suka dengan makanan khas Indonesia? Pasti jawabannya tidak ada. Dengan berbagai kombinasi rasa yang unik dan bahan-bahan yang menarik, makanan khas Indonesia pasti menjadi sesuatu yang membuat kita merasa nyaman dan kita rindukan ketika kita berada di luar negeri. Selain itu, seenak apapun makanan dari luar negeri, rasa makanan khas Indonesia yang unik banget tetap nggak tergantikan.

Nah, ternyata nggak cuma kita sebagai orang Indonesia yang menganggap makanan khas negeri kita enak lho. Banyak makanan khas Indonesia yang juga menjadi favorit orang-orang dari berbagai negara di dunia. Penasaran? Dilansir dari CNN, uncorneredmarket.com, dan migrationology.com.

7 Makanan Khas Indonesia yang Mendunia

1. Rendangdaging rendang

Makanan yang satu ini awalnya terkenal ketika memuncaki daftar makanan terenak di dunia versi CNN tahun 2011 dan sampai sekarang terus menjadi langganan di daftar makanan terenak dunia setiap tahunnya. Nggak heran sih karena rendang memiliki rasa yang sangat khas dan bumbunya yang sangat terasa meresap banget pada setiap gigitan yang tercipta dari proses memasaknya yang berlangsung lama yaitu selama minimal 4 jam. Selain itu, daging rendang juga biasanya lembut banget karena dimasak dengan waktu yang lama dan kombinasi bumbunya juga membuat makanan ini bisa bertahan hingga 1-4 minggu tanpa basi, wow!

 

2. Nasi Goreng nasi goreng

Nasi goreng mungkin sudah menjadi makanan wajib ada di restoran Indonesia dan sangat mudah kita temukan dimanapun dan kapanpun. Mulai dari pagi hari untuk sarapan hingga malam hari untuk menemani lembur, nasi goreng adalah makanan comfort food yang bisa kita makan dimanapun dan kapanpun. Nah, ternyata rasa nasi goreng Indonesia dengan bumbunya yang khas juga digemari banyak orang dari berbagai belahan dunia lho.

 

3. Satesate

Mulai dari sate ayam hingga sate kambing, tusukan daging yang dimasak di atas arang yang membara dan dikipas-kipas oleh penjualnya hingga matang ini rupanya menjadi salah satu makanan favorit dunia lho. Hal yang paling disukai dari sate adalah rasanya yang manis dan gurih dengan bumbu kecapnya, teksturnya dan bau asapnya yang khas, apalagi kalau dimakan dengan saus kacang.

Baca juga : Ini Dia 10 Makanan Berprotein Tinggi yang Bikin Kita Sehat


4. Nasi Campur Bali
nasi campur khas bali

Pulau Bali merupakan salah satu tujuan favorit wisatawan mancanegara dari berbagai belahan dunia, jadi nggak heran kalau salah satu makanan khas Bali ini juga menjadi salah satu makanan favorit dunia. Nasi campur Bali biasanya terdiri dari nasi dengan lauk pauk khas Bali seperti ayam betutu, ayam pelalah, sate lilit, telur balado, tempe kering, urap, dan sambal matah. Rasanya? Penuh bumbu banget! Rasa gurih, pedas, dan manis dari berbagai lauk tersebut yang dikombinasikan dengan nasi pun bikin ketagihan dan membuat banyak orang dari berbagai negara suka dengan makanan ini.

 

5. Sambalsambal

Siapa di antara kita yang belum merasa makanan kita sudah lengkap kalau belum ada sambal khas Indonesia? Nah, ternyata sambal nggak cuma menjadi favorit kita lho, tapi juga favorit orang-orang dari berbagai belahan dunia yang lain. Walaupun banyak macam sambal yang menjadi favorit dunia, tapi sambal yang paling banyak menjadi favorit adalah sambal terasi dengan baunya yang khas banget. Banyak wisatawan mancanegara atau ekspatriat yang sudah kembali ke negara asalnya setelah berkunjung ke Indonesia mencoba membuat ulang sambal dengan bahan-bahan yang ada di negara mereka, tapi menurut mereka, tetap nggak ada yang mengalahkan rasa sambal Indonesia lho.

 

6. Bakso

bakso

Makanan yang satu ini mungkin lebih banyak kita temui dijajakan melalui gerobak yang berkeliling di sekitar komplek rumah kita. Ya, bakso merupakan makanan yang sangat merakyat dengan harganya yang relatif murah. Tapi walaupun begitu, bakso sudah menjadi salah satu makanan favorit di dunia lho, termasuk favorit bagi mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama. Dan menurut pemimpin redaksi majalah kuliner Saveur, bakso banyak menjadi kesukaan bagi orang-orang sedunia karena teksturnya yang kenyal dan racikan bumbu kuahnya yang memberikan rasa khas Indonesia banget. Selain itu, bakso juga enak dimakan pada saat cuaca dingin atau ketika hujan sehingga cocok dijadikan comfort food yang banyak rasa.

 

6. Nasi Padang

nasi padang

Nasi dengan cita rasa yang sangat nikmat, biasanya disajikan dengan lauk daging rendang beserta bumbu dan sayuran daun singkong rebus atau sayur nangka ditambah dengan sambal ijonya membuat orang selalu ketagihan untuk memakannya.

Tetapi bukan hanya daging rendang menu masakan Padang yang membuat orang tergila-gila, ada dendeng balado dengan irisan cabe merah, ada gulai kikil sapi yang kenyal dengan kuah lezat, ada ayam pop yang merupakan ayam kampung dengan bumbu yang enak, ada gulai kepala ikan kakap yang bumbunya sedap, ada telur dadar khas Padang yang mempunyai tekstur yang tebal dan berisi, ada rempeyek udang yang gurih, dan masih banyak lagi menu masakan Padang lainnya.

Semuanya membuat nasi Padang menjadi favorit orang Indonesia, selain itu juga makanan yang satu ini juga menjadi salah satu favorit orang mancanegara, bahkan orang sekelompok bule Norwegia, Audun Kivltan dan teman-temannya yang memang gemar makan nasi Padang, menciptakan sebuah lagu yang berjudul nasi Padang sebagai bentuk kecintaan mereka terhadap makanan khas Indonesia ini.

Baca juga : Supaya Sehat, Yuk Makan 15 Makanan Berserat Tinggi Ini!

 

Nah, banyak juga kan makanan khas Indonesia yang menjadi favorit di dunia? Makanya, kita harus mencintai makanan khas Indonesia yang merupakan negeri kita sendiri, termasuk dengan sering makan makanan khas Indonesia. Takut uang kita habis karena terlalu banyak makan? Nggak usah khawatir karena makanan khas Indonesia merupakan salah satu yang paling murah di dunia lho. Kamu juga bisa memanfaatkan promosi dari aplikasi Cashbac untuk makan di restoran-restoran yang menyajikan makanan khas Indonesia sambil hemat.

 

Jadi, nggak ada alasan lagi untuk nggak makan makanan khas Indonesia. Ayo cintai makanan negeri kita sendiri, jangan lupa download dan pakai aplikasi Cashbac untuk bisa menikmati makanan khas Indonesia tanpa takut kantong jebol!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store