Sama seperti nutrisi penting lainnya, zat besi diperlukan untuk berbagai fungsi tubuh. Menurut para ahli, kekurangan zat besi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti sesak napas, anemia dan bahkan pusing.

Zat besi ternyata tidak hanya diperlukan untuk fungsi tubuh tetapi juga untuk menutrisi otak. Untuk itu, Anda harus banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi.

Dilansir dari TimesOfIndia, ada banyak makanan yang bisa Amda konsumsi selain daging. Makanan tersebut mengandung zat besi lebih tinggi daripada daging.

 

Bayam

Sayuran berdaun hijau ini tidak diragukan lagi penuh dengan zat besi. Dalam 100 gram bayam, ada 2,7 mg zat besi. Anda dapat menambahkan makanan ini ke dalam makanan diet Anda atau dijadikan salad dan juga bisa memakannya dengan cara direbus.

 

Kacang-Kacangan

Kacang lentil tidak hanya berisi protein tetapi juga diperkaya dengan zat besi. Segelas lentil yang dimasak mengandung 6,6 mg zat besi. Selain itu, lentil juga mencakup 50% asupan serat yang direkomendasikan setiap hari.

 

Biji-Bijian

Cara lain untuk memenuhi kebutuhan zat besi adalah dengan memakan biji-bijian. Anda bisa makan biji labu, biji rami dan biji wijen. Semua biji super ini penuh dengan zat besi. Untuk kacang-kacangan Anda bisa makan kacang mede, kacang pinus dan almond. Biji dan kacang-kacangan ini juga menyediakan protein, serat, vitamin serta antioksidan.

 

Jamur

Jamur juga salah satu makanan yang mengandung zat besi. Tapi tidak semua jenis jamur, hanya beberapa saja yang mengandung banyak zat besi. Seperti jamur tiram mengandung hingga dua kali lebih banyak zat besi dibandingkan jamur kancing.

 

Kacang Merah

Kacang merah bernutrisi dan mengandung zat besi. Secangkir kacang merah mengandung 4 miligram zat besi dan juga mengandung protein.

 

Gandum

Salah satu sarapan terbaik yang sarat dengan zat besi dan nutrisi penting lainnya adalah gandum. Makan gandum saat sarapan akan membuat kenyang dan energik untuk waktu yang lebih lama. Selain itu gandum juga bermanfaat jika Anda sedang dalam proses menurunkan berat badan.

 

Dark chocolate

Dark chocolate salah satu makanan yang kaya akan zat besi. Inilah salah satu alasan mengapa mengkonsumai coklat hitam baik. Cokelat hitam sebangak 28 gram mengandung 2 hingga 3 miligram zat besi.

 

Sumber: Okezone.com

 

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store