Bosan dengan takjil yang biasa-biasa aja untuk menemani kita berbuka puasa? Atau bingung ingin berbuka dengan takjil apa? Ada berbagai pilihan menu takjil buka puasa yang kekinian, sehat, dan bisa bikin kita segar setelah berpuasa seharian lho. Yuk simak ulasannya!

Tips Memilih Menu Takjil Buka Puasa

Menu Takjil Buka Puasa - Tips Memilih Takjil

Sumber: commons.wikimedia.org

Supaya puasa kita semakin lancar dan kita juga tetap sehat sambil berpuasa, kita nggak boleh sembarangan memilih menu takjil buka puasa lho. Selain bikin perut kita begah saat berbuka, salah pilih menu takjil buka puasa juga bisa bikin kesehatan kita terganggu selama puasa. Dilansir dari IDN Times, tabloid Bintang, dan Prelo.co.id, ada beberapa tips dalam memilih menu takjil buka puasa yang bisa kita praktikkan supaya kita nggak salah pilih menu takjil buka puasa.

Baca juga: 7 Tips Sehat Menjalankan Ibadah Puasa

Hati-hati dengan takjil yang warnanya terlalu mencolok

Walaupun terlihat menarik untuk dikonsumsi, sebaiknya kita berhati-hati dengan takjil berwarna terlalu mencolok atau terang karena bisa saja warna yang mencolok tersebut berasal dari pewarna yang berbahaya untuk dikonsumsi, seperti pewarna tekstil. Pewarna berbahaya tersebut biasanya membuat makanan terlihat lebih menarik, tapi sebenarnya berbahaya banget untuk tubuh kita. Jadi, kalau kita ingin membeli takjil dengan warna yang mencolok, sebaiknya hati-hati dan pastikan dulu bahwa warna takjil tersebut berasal dari pewarna makanan.

Hindari terlalu banyak minyak, garam, gula, dan santan

Makanan yang digoreng memang gampang kita beli dan menarik banget untuk menjadi menu berbuka puasa kita. Tapi, sebaiknya hindari ya makanan yang digoreng, terutama dengan minyak yang banyak karena lemak pada minyak bikin pencernaan kita lebih sulit. Selain itu, kita yang sedang kurang fit juga bisa mengalami kenaikan asam lambung dan sakit tenggorokan karena memilih menu takjil berbuka puasa gorengan lho.

Selain gorengan, sebaiknya kita juga menghindari makanan dengan terlalu banyak garam dan gula atau pemanis buatan karena bisa bikin kita mual ketika berbuka puasa. Santan yang terlalu banyak juga bisa bikin gula darah kita naik terlalu cepat dan bikin kita kegemukan lho, jadi hindari juga bahan takjil yang satu ini ya.

Perbanyak konsumsi buah-buahan segar dan yogurt

Tahukah kamu kalau buah-buahan segar termasuk salah satu takjil yang dianggap ideal? Buah-buahan biasanya mengandung air, vitamin, mineral dan gula alami yang cocok untuk mengembalikan energi setelah puasa seharian. Manis tapi sehat!

Selain buah-buahan, yogurt juga merupakan salah satu menu takjil untuk buka puasa yang menjadi favorit, terutama di Arab. Ini karena yogurt mengandung bakteri asam laktat yang bikin pencernaan kita lebih lancar sehingga nggak begah saat berbuka puasa. Yogurt juga cocok banget untuk kita konsumsi bareng kurma atau buah-buahan segar.

Hindari menu takjil yang terlalu pedas atau asam

Makanan yang pedas dan asam mungkin bikin kita segar banget untuk sesaat, tapi sebenarnya berbuka dengan menu takjil yang pedas atau asam justru berbahaya untuk pencernaan kita lho. Ketika perut kita yang kosong tiba-tiba diisi dengan makanan atau minuman yang asam, maka kita pun lebih mudah terkena penyakit maag dan penyakit perut lainnya. Selain itu, makan takjil saat buka puasa dengan cabe juga bisa bikin usus besar kita luka lho.

Konsumsi lebih banyak serat dan protein

Selama puasa, makanan dan minuman yang mengandung serat dan protein tinggi cocok banget untuk kita konsumsi. Selain lebih mudah dicerna oleh tubuh kita dan bikin lambung kita lebih sehat, mengkonsumsi serat dan protein yang lebih banyak saat puasa juga bikin kebutuhan nutrisi kita terpenuhi dan membuat perut kita lebih gampang merasa kenyang sehingga nggak terlalu banyak makan saat waktunya berbuka puasa.

Baca juga: Ini Dia 10 Makanan Berprotein Tinggi yang Bikin Kita Sehat

 

7 Menu Takjil Buka Puasa yang Hits

Ingin berbuka dengan menu takjil buka puasa yang berkualitas, nggak bikin sakit, dan kekinian juga? Ada beberapa pilihan menu takjil buka puasa yang hits dan cocok untuk kamu coba lho. Yuk simak infonya!

1. Mango Lassi Choux – Namelaka

Menu Takjil Buka Puasa - Mango Lassi Choux

Sumber: facebook.com/namelaka.id

Kalau kita ingin berbuka dengan rasa yogurt yang segar tapi kurang suka rasanya yang agak asam, Mango Lassi Choux dari Namelaka cocok banget untuk kita. Pastry unik yang berbentuk bulat dan instagramable ini bakal bikin kamu ketagihan dengan rasa asam manisnya. Dengan topping berupa krim manis dan white chocolate dan isi berupa campuran yogurt dan mangga, rasanya bakal bikin kamu segar banget setelah puasa dan cocok untuk mempersiapkan perut kamu sebelum berbuka dengan makanan yang berat.

2. Black Sakura Yogurt – Sour Sally

Menu Takjil Buka Puasa - Black Sakura Yogurt

Sumber: instagram.com/soursallycoid

Yogurt yang sehat bisa kekinian juga lho. Di Sour Sally, ada Black Sakura Yogurt, yaitu yogurt pertama di dunia yang dicampur bareng charcoal yang lagi hits. Selain bikin yogurt ini kekinian, bahan charcoal juga bisa mendetoks tubuh dan mencegah zat kimia meracuni tubuh kita lho. Black Sakura Yogurt di Sour Sally juga dilengkapi dengan rasa bunga sakura yang bikin yogurtnya harum dan kaya dengan antioksidan dan probiotik juga. Selain itu, kita juga bisa memilih berbagai topping untuk melengkapi yogurt kita supaya rasanya sesuai selera kita lho seperti buah-buahan segar, nata de coco, kacang-kacangan, granola, atau mochi khas Sour Sally. Sehat dan kekinian!

3. Signature Grass Jelly – Hong Tang

Menu Takjil Buka Puasa - Hong Tang

Sumber: instagram.com/hong_tang

Untuk kita yang penggemar cincau, Signature Grass Jelly dari Hong Tang cocok banget jadi pilihan menu takjil buka puasa kita. Nggak seperti es cincau pada umumnya, dessert yang satu ini juga ditambahkan topping Q-Ball atau bola-bola ketan yang kenyal dan pearl khas Hong Tang. Selain itu, kita juga bisa memilih topping es krim untuk menemani cincau kita lho yaitu es krim vanilla, green tea, atau cokelat. Dengan tekstur cincau yang lembut dan siraman susu sebagai pelengkap takjil yang satu ini, nggak heran Signature Grass Jelly cocok sebagai takjil buka puasa hits yang segar.

4. Rio Loco – Acai Bar

Menu Takjil Buka Puasa - Acai Bar

Sumber: instagram.com/acaibar.id

Untuk kamu yang ingin berbuka dengan rasa buah-buahan yang segar tapi bosan dengan variasi buah-buahan utuh yang gitu-gitu aja, Rio Loco dari Acai Bar cocok banget untuk kamu. Smoothie bowl yang satu ini berbahan dasar buah acai yang terkenal sebagai superfood berantioksidan tinggi bikin nggak gampang sakit, susu kacang almond, dan pisang.

Supaya nggak bosan dengan tekstur smoothie yang kental, Rio Loco juga disajikan bareng beberapa topping enak seperti granola, madu, kacang-kacangan, alpukat, raspberry, mangga dan chia seed yang akhir-akhir ini lagi hits di kalangan penyuka makanan sehat. Karena dibuat tanpa gula tambahan, smoothie bowl yang satu ini sehat banget dan cocok untuk menjadi menu takjil buka puasa kita.

5. Muju Superbowl Chicken – Muju Avenue

Menu Takjil Buka Puasa - Muju Avenue

Sumber: instagram.com/muju.avenue

Ingin berbuka dengan rasa yang asin-asin dan gurih tapi tetap sehat dan kekinian? Cobain deh salad unik yang satu ini dari Muju Avenue. Nggak seperti salad pada umumnya, Muju Superbowl Chicken menggunakan dressing wijen untuk melengkapi kombinasi sayur yang segar dan daging ayam rebus. Sayur pada salad yang satu ini juga lengkap lho, yaitu lettuce, kacang edamame, alpukat, tomat, jagung, ubi dan dilengkapi dengan potongan kacang almond. Tampilan yang kekinian, rasa dressing yang gurih dan kandungan serat dan protein yang tinggi di bahannya bikin menu takjil buka puasa ini cocok banget untuk kamu cobain saat waktu berbuka.

Baca juga: Wajib Coba, 8 Menu Buka Puasa Berkuah Ini Bikin Sehat!

6. Original Almond Cendol – Hejohejo

Menu Takjil Buka Puasa - Hejohejo

Sumber: instagram.com/hejohejo.id

Salah satu minuman yang menjadi “minuman kesayangan” di Indonesia adalah es cendol. Ke manapun kita pergi, nggak sulit untuk menemukan penjual minuman berbahan santan dan gula merah yang satu ini. Tapi, berbuka dengan santan dan gula merah nggak selalu cocok untuk kita. Nah, di Hejohejo, ada versi lebih sehat dari minuman favorit kita ini lho.

Nggak seperti cendol paa umumnya, Original Almond Cendol di Hejohejo menggunakan almond milk yang kaya protein sebagai pengganti santan. Cendolnya juga nggak terbuat dari tepung, tapi rumput laut dan daun suji. Teksturnya tetap enak lho – mirip jeli yang diserut. Es cendol ala Hejohejo ini juga bisa kita berikan topping tambahan seperti nangka, alpukat, lidah buaya, nata de coco, atau durian supaya semakin cocok menjadi menu takjil buka puasa yang segar untuk lidah kita.

7. Dragondilla Raw Almond Milk Smoothie – BNB Terogong

Menu Takjil Buka Puasa - BNB Terogong

Sumber: instagram.com/bnbterogong

Suka makanan manis dan rasa karamel? Ada minuman smoothie kental yang punya rasa karamel tapi dibuat tanpa menggunakan gula sama sekali lho. Dragondilla Raw Almond Milk Smoothie dari BNB Terogong bisa bikin kamu merasa seperti sedang minum jus dengan gula karamel walaupun semua bahannya adalah bahan alami. Selain menggunakan raw almond milk yang dibuat dengan resep khusus tanpa menggunakan gula atau es dan buah naga, smoothie satu ini juga dilengkapi dengan buah Sapodilla. Buah dari Amerika Selatan inilah yang bikin minumannya terasa manis seperti menggunakan karamel walaupun nggak menggunakan gula sama sekali. Sehat dan manis!

Cara Buka Puasa Enak & Hemat

Jadi, ada banyak pilihan menu takjil buka puasa yang hits dan bakal bikin kamu segar setelah berpuasa seharian nih. Ingin cobain semuanya tapi takut boros? Tenang aja karena kamu bisa tetap hemat sambil cobain berbagai menu takjil buka puasa kekinian bareng aplikasi Cashbac.

Cashbac memberikan kamu instant cashback untuk setiap transaksi, termasuk ketika cobain berbagai menu takjil buka puasa yang hits dan segar di atas lho. Cara menggunakan aplikasinya juga gampang: cukup download aplikasi Cashbac, registrasi dengan kartu kredit/kartu debit, dan lakukan transaksi untuk mendapatkan instant cashback. Cashback ini bisa langsung kamu gunakan untuk transaksi selanjutnya atau kamu simpan untuk transaksi kapanpun selama akunmu aktif lho.

Jadi, nggak perlu lagi bingung mau buka puasa dengan takjil apa atau bosan dengan menu takjil yang itu-itu aja karena kamu bisa cobain berbagai menu takjil buka puasa yang kekinian sambil tetap hemat bareng Cashbac. Selamat mencoba!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store