Aktivitas mencuci baju termasuk salah satu aktivitas sehari-hari yang dikerjakan secara rutin oleh ibu rumah tangga khususnya. Sebenarnya sebagian besar remaja hingga usia dewasa pasti sudah tahu cara mencuci baju, apalagi bagi kaum Wanita. Namun, tahukah kamu bagaimana mencuci baju dengan benar?

Baca Juga : Tips Gaya Pakaian Wanita Dengan Fashion Kekinian

 

 Cara Mencuci Baju dengan Benar

Jika mencuci baju asal-asalan semua orang pasti bisa, apalagi bagi yang memiliki mesin cuci. Mereka tidak perlu repot harus mematuhi tutorial cara mencuci baju, karena tugas tersebut secara otomatis sudah dikerjakan oleh mesin cuci.

Namun ternyata, tidak semua baju harus dicuci memakai mesin cuci. Karena ada beberapa bahan yang disarankan dicuci memakai tangan, supaya tidak gampang rusak.

Beberapa jenis pakaian tertentu, seperti gaun pesta, pakaian dari bahan sutera, wol, hingga pakaian dalam. Tapi sayangnya, aktivitas mencuci baju memakai tangan saat ini dianggap hanya buang-buang tenaga dan waktu.

Meskipun demikian mencuci baju memakai tangan bisa membuat pakaian menjadi lebih awet, bahkan bisa mencegah baju melar. Selain itu, baju yang dicuci memakai tangan juga lebih bersih. Kamu bisa mencoba cara mencuci baju dengan benar dan tuntas agar lebih bersih, berikut ini :

1. Cek Label Pakaian

cek label pakaian

Setiap pakaian ternyata memiliki label yang berbeda, biasanya dari label tersebut kita bisa mengetahui bagaimana cara mencuci baju dengan benar sesuai bahan pakaian tersebut. Label pakaian ini umumnya terletak di bagian dalam, tepatnya pada kerah.

Di dalam label, terdapat informasi yang tentang jenis kain, cara menyetrika, cara mencuci dan suhu untuk mengeringkan baju tersebut.

Instruksi tidak selalu dimuat dalam bentuk text atau tulisan, tetapi juga melalui bentuk symbol. Contohnya, symbol setrika yang terdapat satu titik tepat di tangah gambar, biasanya ini merekomendasikan tentang suhu atau panas yang digunakan untuk mengeringkan pakaian tersebut harus tingkat atau level low (rendah).

Kamu bisa memisahkan pakaian sesuai ukuran, jenis kain yang digunakan hingga proses pencucian sesuai label baju.

Sehingga, kamu bisa menentukan pakaian mana yang bisa dicuci menggunakan tangan dan yang harus menggunakan mesin cuci.

 

2. Baju Berwarna dan Putih Harus Dipisahkan

pisahkan baju berwarna

Jika baju berwarna dan putih disatukan biasanya dapat menyebabkan luntur. Inilah yang harus kamu perhatitkan, agar baju putih tidak luntur sebaiknya pisahkan antara baju berwarna dan baju putih.

Mulai sekarang, pisahkan baju yang berwarna gelap, putih dan berwarna. Kamu wajib tahu bahwa baju berwarna gelap, seperti halnya biru tua dan warna hitam, termasuk warna yang sangat mudah luntur.

Jika baju putih terdapat noda, langsung bersihkan. Hanya bersihkan bagian yang terkena noda saja sebelum mengering. Karena jika sudah mengering akan semakin sulit dihilangkan.

 

3. Pilih Deterjen

pilih detergen

Pemilihan deterjen juga penting dalam mencuci baju. Jika sembarangan, bisa membuat baju cepat rusak. Gunakan deterjen lembut pada pakaian yang berbahan halus. Baju yang berbahan renda, sutera atau wol sebaiknya menggunakan jenis mild detergent.

Sementara itu, deterjen yang berbahan lanolin sangat baik digunakan pada pakaian jenis rajut dan wol. Kamu juga bisa memakai sabun cair atau shampoo bayi yang lembut.

Untuk baju berwarna putih, tambahkan pemutih supaya warnanya lebih cemerlang. Silahkan gunakan bak terpisah ketika ingin membersihkan baju berwarna putih ketika merendam ataupun saat membilasnya.

 

4. Pakai Air Dingin

mencuci dengan air dingin

Air dingin bisa menghambat proses peyusutan pada kain sekaligus dapat meminimalisir memudarnya warna pada kain.

Sementara, penggunaan air hangat biasanya dapat mempercepat proses pemudaran warna terutama pada pakaian yang berwarna gelap. Pemakaian air hangat dapat diterapkan jika dipakai untuk kondisi yang tepat.

Misalnya, kamu bisa menggunakan air hangat saat baju terlihat sangat kotor atau terdapat kotoran yang membandel. Cara ini dapat diterapkan ketika mencuci pakaian putih kotor atau kaos kaki.

Air panas berfungsi untuk melarutkan deterjan dengan mudah, Dalam hal ini, pastikan temperature air panas ada di suhu 32oC.

Biasanya, air panas cocok digunakan pada jenis pakaian berbahan jeans dan bahan sintetis. Sebaiknya jangan merendam baju dengan noda darah atau keringat memakai air hangat.

Baca Juga : Baju Untuk Dirumah Sehari-hari yang Cocok Buat Wanita!

 

5. Perhatikan Lama Waktu Merendam

lama merendam pakaian

Hal terpenting yang harus diperhatikan saat mencuci baju memakai tangan adalah perendaman. Sebaiknya, rendam pakaian sampai menyeluruh. Putar baju dari satu bagian ke bagian yang lain supaya benar-benar terendam dengan baik. Waktu perendaman biasanya membutuhkan sekitar 15-60 menit sesudah diberikan deterjen.

Pada kemeja, sebaiknya lakukan perendaman sampai 30 menit. Proses perendaman tersebut dapat memudahkan proses pengangkatan noda saat mengucek pakaian.

Campurkan deterjen ke dalam air, masukkan pakaian setelahnya. Tujuannya agar deterjen tidak menempel ke pakaian.

 

6. Kucek Pakaian Perlahan

mengucek pakaian perlahan

Saat mencuci baju menggunakan tangan, proses pengucekan adalah tahapan terpenting. Sebaiknya, jangan langsung tergesa-gesa mengucek pakaian agar serat kain pakaian tidak rusak. Jika ada noda, kamu bisa memakai sikat yang berbulu lembut. Silahkan sikat kotoran pada pakaian melalui dua arah, lalu tambahkan secukupnya deterjen ke bagian pakaian yang bernoda.

Lakukan perendaman kembali sekitar 10-15 menit lalu kucek sampai bersih. Kamu juga bisa menggunakan sarung tangan agar tidak iritasi.

 

7. Bilas dengan Air Mengalir

bilas pakaian dengan air mengalir

Bilas pakaian pada air yang mengalir, agar busa sabun hasil pencucian bisa luruh ke serat pakaian. Lakukan peremasan dengan baik sampai airnya keluar sempurna.

Baju yang dibilas sampai bersih biasanya tidak terasa licin. Silahkan bilas berulang kali memakai air bersih dan kucek sampai bersih.

Kamu bisa memakai beberapa bak berisi air bersih. Untuk membilasnya, cukup celupkan baju dari bak yang satu ke bak lainnya.

Lalu tambahkan pewangi sebagai proses bilasan terakhir untuk mengharumkan pakaian. Jangan campur deterjen dan pewangi sekaligus. Karena bisa membuat bau pakaian tidak sedap.

 

8. Keringkan dengan Benar

mengeringkan dan menjemur pakaian

Tahap cara mencuci baju terakhir yaitu tahap pengeringan. Sebaiknya cari tempat yang teduh terlebih dahulu saat menjemur pakaian. Jadi, jangan langsung menjemurnya di bawah terik matahari sebab bisa memudarkan pakaian.

Sebaiknya jemur dengan kondisi pakaian terbalik, bagian pakaian dalamnya harus ada di luar. Jemur baju dengan membentangkan pakaian atau secara horizontal pada jemuran.

Jika musim hujan, gantung baju. Rotasi baju supaya cepat kering dan tidak lembab. Letakkan di tempat yang berangin dan sejuk.

Sebelum kamu menyetrika baju, baju harus benar-benar dalam kondisi kering. Jika tidak merata bisa meninggalkan aroma tidak sedap.

Mencuci baju memang tidak semudah yang dibayangkan, apalagi jika mencuci baju sendiri memakai tangan. Jika memakai mesin cuci, seringkali masih ada kotoran yang menempel karena kucekannya tidak sempurna.

Oleh sebab itu, agar baju tetap awet dan bersih, kamu harus mengikuti trik cara mencuci baju dengan benar sesuai langkah-langkah di atas. Jangan sampai, baju yang baru digunakan beberapa minggu atau baju kesayangan kamu harus rusak dan luntur karena proses pencucian yang asal-asalan.

Baca Juga : Fashion Pria Casual Terbaik, Tetap Keren dan Maskulin!

 

Cashbac Easypay

Jika baju-baju dan pakaian kamu sudah bayak yang rusak atau pudar warnanya, sudah saatnya kamu membeli yang baru. Kamu bisa membelinya di Emporio Armani 7. Disana kamu bisa memilih berbagai jenis baju dan pakaian yang kamu butuhkan dan produknya sangat berkualitas. Kamu bisa lebih hemat jika berbelanja di Emporio Armani 7 dengan menggunakan Cashbac Easypay!

Cashbac Easypay merupakan fitur terbaru dari Cashbac yang memberikan kemudahan untuk berbelanja tanpa ribet dan tanpa biaya apapun yang berlaku di merchant favorit.

Keuntungan Cashbac Easypay adalah:

– Budget Belanja Jutaan
– Bayar 4x Sesuai Nilai Belanja
– Tidak Ada Biaya Tambahan Apapun
– Proses Cepat Bebas Ribet
– Bonus Point Rewards

Keuntungan yang tidak akan kamu dapatkan di tempat lain, apply Cashbac Easypay sekarang juga!

DISKON 200 RIBU CASHBAC EASYPAY!