Pernah mengalami flek hitam pada wajah? Atau flek hitam yang muncul di wajah kamu nggak hilang dan kamu bingung gimana cara mengatasinya? Nggak jarang kita bingung gimana cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel dan susah hilang. Tapi, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan kok untuk menghilangkan flek hitam di wajah yang mudah dilakukan – baik alami atau dengan perawatan ke klinik kecantikan.

Penyebab Flek Hitam di Wajah

Sebelum kita tahu cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel, yuk kenalan dulu dengan flek hitam dan penyebabnya. Ada beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebabnya lho, mulai dari faktor kondisi lingkungan hingga pola hidup atau kondisi tubuh kamu.

 Terlalu Banyak Terkena Sinar UV

cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel - terlalu banyak sinar uv

Menurut Verywell Health, paparan sinar UV yang berlebihan inilah yang biasanya penyebab utama munculnya flek hitam pada wajah kita. Nggak hanya matahari lho, kita juga bisa terkena sinar UV dari berbagai sumber lainnya seperti lampu ruangan, layar komputer, atau layar TV. Kalau kita sering terpapar pada sinar UV, terutama dalam jangka yang tinggi dan tanpa menggunakan tabir surya, kita berisiko terkena hiperpigmentasi sehingga flek hitam muncul pada wajah kita. Flek-flek ini biasanya nggak langsung muncul pada wajah, tapi seiring berjalannya usia, flek akan muncul semakin jelas di wajahmu. Risiko ini lebih tinggi lagi lho untuk kamu yang memiliki warna kulit agak terang atau sudah pernah mengalami luka bakar.

Penyakit Kulit

cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel - penyakit kulit

Flek hitam bisa juga muncul karena kamu mengidap penyakit kulit tertentu lho seperti Riehl’s melanosis, Poikiloderma, Erythromelanosis, atau kanker kulit. Pada penyakit-penyakit ini, kamu nggak hanya mengalami kemunculan flek hitam pada wajah, tapi juga kulit yang menipis, rasa gatal yang terus-menerus, atau ruam yang muncul juga. Jadi, kalau ada flek hitam yang terus muncul bareng gejala-gejala lainnya, segera periksa ke dokter kulit ya karena bisa saja flek pada wajahmu adalah gejala penyakit kulit.

Konsumsi Obat-Obatan Tertentu

cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel - pengaruh obat tertentu

Ada beberapa obat yang ketika kamu konsumsi bisa menyebabkan efek samping berupa munculnya flek hitam di wajah. Contoh obat-obatan tersebut adalah antibiotik, obat untuk detak jantung nggak beraturan, obat anti kejang, obat penyakit mental, ataupun obat infeksi. Walau nggak semua obat-obatan tersebut memiliki efek samping menimbulkan flek hitam, sebaiknya kamu menanyakan ke dokter atau apoteker dulu sebelum membeli obat atau ketika mengambil obat tersebut untuk memastikan apa aja efek sampingnya.

Perubahan pada Hormon

cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel - perubahan hormon

Girls, kamu yang perempuan cenderung lebih rentan mengalami kemunculan flek hitam pada wajah karena memiliki hormon estrogen dan progesteron lho. Menurut Stylecaster.com, ketika kedua hormon tersebut diproduksi tubuh dalam jumlah yang tinggi, seperti ketika hamil, haid atau mengkonsumsi pil KB, kamu bisa mengalami kondisi bernama melasma. Melasma ini biasanya menyebabkan muncul flek hitam pada hidung, pipi, kening atau dagu dan akan hilang setelah produksi kedua hormon tersebut di tubuh kamu menurun lagi lho.

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yang Membandel

Setelah tahu penyebab flek hitam muncul di wajah, gimana sih caranya menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel dan nggak menghilang? Ternyata ada beberapa cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel lho, baik alami ataupun dengan perawatan ke klinik kecantikan. Penasaran?

Berikut 8 cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel yang nggak sulit kamu lakukan.

Stop Memencet Jerawat

cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel - stop memencet jerawat

Sumber: istockphoto.com

Tahukah kamu kalau kulit kita punya sistem kekebalannya tersendiri yang memunculkan flek hitam sebagai reaksi ketika ada bagian yang luka, termasuk ketika berjerawat? Dilansir dari majalah Dermascope, flek hitam pada kulit wajah kita bisa muncul sebagai reaksi dari kulit kita setelah mengalami luka. Nah, jerawat dianggap oleh sistem kekebalan kulit wajah sebagai kerusakan kulit yang harus dilawan sehingga setelah muncul jerawat, biasanya juga muncul flek hitam. Ketika kamu memencet jerawat, kulitmu akan semakin rusak sehingga membuat flek hitam yang muncul semakin besar dan gelap.

Jadi, kalau kamu selama ini terbiasa memencet jerawat pada wajahmu, waktunya berhenti dan mengubah kebiasaan kamu ini karena bisa bikin flek hitam semakin membandel. Lebih baik gunakan krim atau obat-obat perawatan wajah anti jerawat dari dokter kulit atau apotik untuk menghilangkan jerawat di wajahmu.

Gunakan Tabir Surya Tiap Hari

cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel - gunakan tabir surya

Karena penyebab utama munculnya flek hitam adalah paparan sinar UV yang paling banyak berasal dari matahari, cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel paling utama adalah dengan menggunakan tabir surya setiap hari sebelum beraktivitas, termasuk ketika kamu hanya akan beraktivitas di dalam ruangan. Tabir surya biasanya mengandung zinc oxide dan titanium oxide yang menghalang sebagian besar sinar UV penyebab flek hitam di wajahmu.

Menggunakan tabir surya nggak hanya bisa mencegah semakin parahnya flek hitam pada wajah, tapi juga bisa munculnya flek baru. Supaya terlindungi secara maksimal dari sinar UV, pastikan kamu menggunakan tabir surya dengan minimal SPF 30 pada wajah dan oleskan kembali di wajahmu setiap 2 jam sekali.

Konsumsi Vitamin C secara Teratur

cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel - konsumsi vitamin c

Dilansir dari Self.com, vitamin C bisa berfungsi sebagai antioksidan yang memblokir zat-zat yang merusak kulit sebelum menyerang kulit kita dan menimbulkan dampak seperti kerutan atau flek hitam. Selain itu, vitamin C juga memperlambat proses produksi melanin pada kulit. Melanin inilah yang bisa menyebabkan munculnya flek hitam. Yang membuat vitamin C efektif banget untuk menghilangkan flek hitam adalah vitamin C cuma menargetkan daerah-daerah dengan banyak flek hitam tanpa memutihkan kulit normal. Jadi, flek hitam kamu bisa hilang tanpa bikin warna kulit kamu jadi nggak alami dengan vitamin C.

Jadi, kalau kamu belum terbiasa mengonsumsi vitamin C sehari-hari, yuk mulai melakukannya. Selain dari jeruk, kamu juga bisa mendapatkan vitamin C dari cabe, jambu merah, kiwi, brokoli, leci, dan stroberi. Kamu juga bisa menggunakan obat tetes atau krim vitamin C langsung pada kulit sebelum menggunakan tabir surya setiap paginya.

Baca juga: Ingin Panjang Umur dan Sehat? 4 Bumbu Ini Penting Ditambahkan ke Makanan

Gunakan Masker Yogurt

cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel - gunakan yogurt

Sumber: foodnetwork.com

Menurut Bellatory.com, produk dairy biasanya memiliki kandungan asam laktat yang tinggi dan bisa mencerahkan sekaligus mengeksfoliasi kulit. Asam laktat ini juga bisa mencegah dan mengurangi pigmentasi kulit yang menyebabkan warna kulit semakin gelap. Selain itu, yogurt juga bisa meratakan warna kulit – terutama bagian dengan flek hitam – dan mengencangkan kulit wajah lho.

Supaya efektif sebagai cara menghilangkan flek hitam pada wajah yang membandel, kamu bisa menggunakan plain yogurt tanpa rasa sebagai masker lho. Cukup oleskan yogurt pada wajah seperti kalau kamu mengoleskan masker pada kulit wajah, lalu biarkan selama 20 menit hingga meresap dan kering. Setelah itu, segera bilas wajah dengan air bersih. Gunakan masker ini minimal seminggu sekali ya untuk hasil efektif.

Gunakan Air Perasan Lemon

cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel - gunakan air lemon

Air perasan lemon yang asam mungkin bisa menyebabkan sedikit rasa perih ketika dioleskan pada kulit. Tapi, mengoleskan air perasan lemon adalah cara menghilangkan flek hitam yang membandel dengan efektif dan cepat lho. Dalam 2 minggu, kamu udah bisa melihat flek hitam pada wajah mulai menghilang.

Cara menggunakannya mudah: cukup ambil sedikit air lemon dan gosokkan dengan kapas pada wajah, terutama bagian di mana ada flek hitam. Biarkan air lemon tersebut mengering lalu bilas wajah. Untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, campurkan perasan lemon yang kamu oleskan di wajah dengan sedikit air ya. Hati-hati, jangan mengoleskan air perasan lemon ada luka terbuka atau langsung terkena sinar matahari setelah menggunakan air perasan lemon.

Lakukan Perawatan Laser

cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel - perawatan laser

Sumber: easyderma.com

Kalau kamu ingin menghilangkan flek hitam secara cepat, kamu bisa melakukan perawatan laser sebagai cara menghilangkan flek hitam yang membandel dan susah diatasi dengan cara alami. Perawatan laser biasanya cukup invasif dan dilakukan dengan menembakkan sinar laser pada flek hitam di kulit dan menghilangkan kulit lapis demi lapis. Intinya, lapisan kulit yang memiliki flek hitam dibakar langsung dengan sinar laser tersebut. Risikonya memang sedikit lebih besar dan pemulihannya agak lama, tapi hasilnya dalam memulihkan flek sangat instan.

Ada dua jenis perawatan laser yang bisa dilakukan untuk menghilangkan flek hitam pada wajah: Intense Pulsed Light (IPL) atau sinar laser sendiri. Perbedaan keduanya hanya pada jumlah gelombang yang dipancarkan – IPL menggunakan beberapa gelombang cahaya dan laser biasa hanya menggunakan 1 gelombang. Supaya bisa memilih perawatan yang paling tepat untuk kulit kamu, kamu bisa konsultasi langsung ke dokter kulit di klinik kecantikan.

Mikrodermabrasi

cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel - mikrodermabrasi

Untuk kamu yang memiliki kulit tebal dan ingin menghilangkan flek hitam di wajah, kamu bisa melakukan perawatan mikrodermabrasi, yaitu pengangkatan sel kulit mati dengan menggunakan butiran kristal kecil. Seperti laser yang efeknya dalam menghilangkan flek hitam bisa terlihat dengan cepat. Dengan perawatan 30 menit, flek hitam pada kulitmu bisa terlihat lebih pudar lho. Mikrodermabrasi juga bersifat lembut dan nggak berefek samping menimbulkan bekas luka atau mengubah warna kulit, hanya membuat kulit terlihat agak merah setelah perawatan aja.

Ketika mikrodermabrasi, kristal-kristal yang disemprot ke kulit membuat sel kulit mati di lapisan paling atas kulit terangkat. Tapi, justru ketika lapisan kulit mati tersebut hilang, kulit kita akan mendorong sel-sel yang sehat ke permukaan sehingga kulit kita terlihat lebih halus dan segar dengan warna yang merata juga. Jadi, kalau kamu mau mencoba cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel dengan treatment yang lembut, kamu bisa coba mikrodermabrasi ya.

Baca juga: Waktunya Perawatan di Akhir Pekan

Peeling

cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel - peeling

Sumber: uvderm.com

Selain mikrodermabrasi, perawatan untuk mengangkat lapisan kulit mati lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi flek hitam adalah peeling. Pada perawatan ini, kulit wajah dioleskan larutan kimia untuk mengelupaskan lapisan kulit mati pada wajah, termasuk flek-flek hitam sehingga dapat terangkat. Ketika kulit bagian atas tersebut terkelupas, maka sel kulit baru yang segar akan muncul menggantikannya.

Menurut Avoskinbeauty.com, ada 3 jenis peeling untuk menghilangkan flek hitam, yaitu chemical peeling ringan untuk mengangkat flek hitam itu sendiri, chemical peeling medium untuk mengatasi bintik-bintik yang bisa timbul setelah flek hitam terangkat, dan chemical peeling mendalam untuk kerusakan kulit mendalam akibat terpapar sinar UV berlebihan. Untuk menentukan mana peeling yang paling pas untuk kamu, konsultasikan dulu ya kondisi kulit wajah kamu ke dokter kulit di klinik kecantikan.

Hilangkan Flek Hitam di Wajah yang Membandel Tanpa Boros

Nah, setelah kamu udah tahu cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel, saatnya mempraktekkannya supaya flek hitam di wajah kamu hilang dan nggak muncul lagi. Takut perawatan untuk menghilangkan flek hitam bikin kantong kamu jebol karena mahal? Kamu bisa merawat kulitmu dan menghilangkan flek hitam di wajah tanpa boros bareng Cashbac! Cashbac adalah aplikasi yang memberikan kamu instant cashback untuk tiap transaksi lho, termasuk transaksi untuk perawatan kecantikan di berbagai klinik seperti Ekle’s, Daru Aesthetic, Beautylogica, Sava Beauty & Wellness, dan Nurtura. 

Cara menggunakannya gampang banget: cukup download aplikasi Cashbac, registrasi dengan kartu kredit/kartu debit, dan gunakan aplikasinya untuk bertransaksi. Kamu bakal langsung dapat instant cashback yang bisa kamu gunakan untuk transaksi selanjutnya atau menyimpannya untuk pepexerawatan kecantikan kapanpun kamu mau selama akunmu aktif. Cashback yang kamu dapatkan juga bisa berlipatganda lho kalau kamu registrasi dengan kartu kredit atau kartu debit dari bank partner Cashbac.

Baca juga: Klinik Kecantikan di Jakarta yang Bisa Dapat Cashback

Jadi, nggak perlu bingung lagi ketika flek hitam muncul dan susah hilang di wajah kamu. Coba praktikkan cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel dari Cashbac untuk membuat kulit kamu lebih segar dengan warna merata lagi. Selamat mencoba!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store

Disclaimer: informasi dari Cashbac tidak menggantikan nasihat medis. Selalu konsultasikan ke dokter Anda sebelum melakukan tindakan lebih lanjut.

DISKON 200 RIBU CASHBAC EASYPAY!