Menjelang Lebaran, salah satu kegiatan yang menjadi agenda wajib untuk kita persiapkan adalah open house di mana keluarga, kerabat, dan teman-teman kita biasanya akan berkunjung ke rumah kita untuk halal bihalal dan mempererat silaturahmi. Saat open house, makanan yang wajib ada tentunya adalah kue. Nah, supaya open house kita tahun ini lebih seru, ada beberapa kue Lebaran kekinian yang cocok hadir di meja kita nih. Yuk simak ulasannya!

Tips Open House Hemat Saat Lebaran

Kue Lebaran Kekinian - Tips Open House Hemat

Menjelang open house, nggak jarang kita bingung dengan banyaknya persiapan yang harus kita lakukan. Selain itu, open house juga seringkali membuat kita harus merogoh kantong lebih dalam untuk mempersiapkannya. Nah, supaya open house kita tetap seru, bikin kompak dengan keluarga dan teman-teman, tapi nggak bikin kita boros, ada beberapa tips yang bisa kita coba lho. Dilansir dari Fimela.com, Kompas.com, dan Sindonews.com, ini dia beberapa tips open house hemat saat Lebaran.

Tentukan budget untuk open house

Sebelum memulai perencanaan dan persiapan open house kita, sebaiknya kita menentukan budget dulu dengan keluarga kita. Perkirakan berapa jumlah uang yang harus kita keluarkan untuk semua kebutuhan open house seperti makanan, dekorasi, minuman, suvenir jika ada, dan sebagainya. Jangan lupa buat spreadsheet untuk mencatat budget kita dan semua pengeluaran selama persiapan  open house. Sebisa mungkin jangan melebihi budget yang sudah kita tentukan ya untuk open house ini.

Bacca juga: Cara Hemat Membelanjakan Uang Jajan Tanpa Ribet

Bersihkan dan dekor rumah secara DIY

Daripada mengeluarkan uang untuk membersihkan dan mendekor rumah menjelang open house, kita bisa membersihkan rumah bersama keluarga dan menggeser perabotan yang nggak dibutuhkan saat open house. Untuk dekorasi, kita juga bisa mencoba bikin dekorasi secara DIY dengan berbekal tutorial di Youtube ataupun Pinterest. Misalnya, kita bisa membuat ucapan Selamat Lebaran sebagai photo booth di ruang keluarga dari kumpulan kertas bekas dan tanaman dan dilengkapi foto-foto keluarga. Nggak hanya hemat, dekorasi DIY ini pun akan bikin open house kita unik.

Perkirakan jumlah tamu yang akan datang

Open house memang bisa didatangi siapa aja, tapi supaya kita nggak mengalami kekurangan makanan dan minuman dibanding tamu yang datang, sebaiknya kita memperkirakan jumlah tamu yang akan datang. Sistem yang juga bisa kita coba adalah dengan RSVP yaitu menyebar undangan ke teman-teman atau kerabat melalui grup WhatsApp atau email dan meminta mereka mengkonfirmasi kehadiran mereka lalu lebihkan jumlah makanan dan minuman dari jumlah yang konfirmasi.

Rencanakan menu untuk open house 

Nah, bagian ini yang bisa dibilang merupakan bagian terpenting dari open house. Biasanya acara open house berpuncak pada makan-makan. Selain itu, makanan dan minuman yang kita pilih juga biasanya menjadi teman ngobrol selama open house. Supaya kita nggak bingung saat hari H, sebaiknya siapkan dulu menu open house kita dan semua perlengkapan yang dibutuhkan untuk penyajiannya. Mulai dari menu makan siang, cemilan, hingga kue Lebaran – pastikan semuanya udah siap sebelum hari H open house diadakan ya.

8 Kue Lebaran Kekinian

Nah, supaya acara open house kamu dilengkapi dengan menu yang enak dan bikin open house ini terus diingat oleh teman-teman dan keluarga yang datang, salah satu makanan yang harus disiapkan adalah kue Lebaran. Saat ini, ada beberapa jenis kue Lebaran kekinian yang bisa kita pesan dan sajikan untuk tamu open house kita yang nggak instagramable dan enak juga. Penasaran? Ini dia 8 kue Lebaran kekinian yang cocok untuk open house kita tahun ini.

1. Earl Berries – Namelaka

Kue Lebaran Kekinian - Namelaka

Sumber: instagram.com/namelaka.id

Kalau teman-teman dan keluarga kita suka dengan perpaduan rasa yang unik dan anti-mainstream, Earl Berries dari Namelaka wajib banget kita siapkan untuk mereka. Kue yang berwarna magenta dengan eksterior yang glossy dan mengkilau ini bakal bikin kita ingin cepat-cepat foto untuk Instagram Stories kita. Selain itu, rasanya juga nggak biasa! Perpaduan earl grey mousse, strawberry & raspberry coulis, charcoal chiffon, dan saus cokelat yang kaya rasa di luarnya cocok banget tanpa ada rasa yang lebih dominan. Kue Lebaran kekinian yang satu ini juga bertekstur kenyal dan lembut yang bikin kita ingin makan terus.

Baca juga: 5 Dessert Unik di Jakarta yang Wajib Kamu Coba Weekend Ini!

2. Signature Cheesecake – Uncle Tetsu

Kue Lebaran Kekinian - Uncle Tetsu

Sumber: instagram.com/uncletetsuindonesia

Cheesecake ala Jepang saat ini memang lagi hits banget. Variasinya pun banyak dan dengan mudah kita temukan di Jakarta. Salah satunya adalah Signature Cheesecake dari Uncle Tetsu. Cheesecake yang satu ini bertekstur fluffy dengan stempel khas Uncle Tetsu. Cheesecake yang dibuat dengan resep asli dari Hakata, Jepang, 30 tahun yang lalu ini menggunakan bahan-bahan berkualitas banget dalam pembuatannya seperti keju Australia, mentega dari Eropa dan susu dari New Zealand. Nggak heran, rasanya pun kaya banget dan bikin kita kecanduan, apalagi dengan tekstur fluffy-nya yang bikin kue satu ini meleleh di mulut.

3. Peach – Tartlets

Kue Lebaran Kekinian - Tartlets

Sumber: instagram.com/tartlets.id

Tampilan kue yang satu ini bakal bikin kamu merasa sayang untuk makannya karena mirip banget dengan buah peach asli. Tapi, sebenarnya kue ini punya rasa yang kaya banget lho. Peach dari Tartlets adalah cake yang terdiri dari 4 lapis. Lapisan terluar adalah gelatin yang mudah dikunyah, lembut dan memiliki wangi peach. Ketika kita memotong kue ini dari lapisan luarnya, kita akan menemukan lapisan-lapisan white chocolate, cream, dan selai persik di dalamnya. Rasanya manis-manis asam yang bikin segar!

4. Matcha Molten Cheesecake – Kibo

Kue Lebaran Kekinian - Kibo

Sumber: instagram.com/kibocheese

Satu lagi jenis cheesecake asal Jepang yang lagi hits adalah molten cheesecake. Kue berbahan dasar keju yang satu ini terdiri dari 3 lapis yaitu bolu, adonan cheesecake yang lembut dan krim keju yang meleleh dan terdiri dari 5 jenis keju. Di Kibo, varian cheesecake yang satu ini dibuat lebih unik lagi, yaitu dikombinasikan denga green tea khas Jepang menjadi Matcha Molten Cheesecake. Wangi matcha yang khas bakal menyambut kita ketika membuka kemasan kue ini dan ketika dimakan, paduan rasa green tea yang agak-agak pahit cocok banget dengan rasa keju yang lumer di mulut kita lho.

5. Atlas – Amazeballs Lukumades

Kue Lebaran Kekinian - Amazeballs Lukumades

Sumber: instagram.com/amazeballslukumades

Pernah dengar tentang kue khas Yunani ini? Lukumades adalah donat asal Yunani yang dibentuk mirip bola ubi, tapi terbuat dari tepung terigu dengan campuran sedikit jus lemon sehingga bikin rasanya nggak hambar. Kue Lebaran kekinian yang satu ini juga menjadi favorit di Turki dan Mesir lho dan baru-baru ini mulai hadir di Indonesia. Di Amazeballs Lukumades, varian favoritnya adalah Atlas, yaitu lukumades yang diberikan topping dark chocolate leleh, kacang pistachio dan gelato rasa hazelnut. Rasa dark chocolate yang dipadu dengan bola ubi bikin kue yang satu ini nggak terlalu manis tapi punya rasa yang pas, apalagi digabung dengan hazelnut gelato. Unik dan enak!

Baca juga: Yuk Cobain 8 Es Krim & Gelato Unik Ini!

6. Cheese Mille Crepes – Ezo Cheesecakes

Kue Lebaran Kekinian - Ezo Cheesecake

Sumber: instagram.com/ezocheesecakes

Kue Lebaran kekinian yang satu ini adalah varian lain dari cheesecake ala Jepang yang bisa kita cobain di Jakarta. Berbeda dari cheesecake yang lain, Cheese Mille Crepes dari Ezo Cheescakes adalah kue yang terdiri dari lapisan kue tipis-tipis yang ditumpuk menjadi banyak dengan filling krim keju di tengah. Di bagian paling atas kue yang satu ini juga ada taburan keju parut yang bikin rasa kejunya semakin kaya. Kalau teman-teman dan keluarga kita penyuka keju, Cheese Mille Crepes cocok banget untuk kita hidangkan saat open house nanti.

7. Klepon Donut – Gordon

Kue Lebaran Kekinian - Gordon

Sumber: instagram.com/gordonjkt

Kalau teman-teman dan keluarga kita suka rasa khas Indonesia, Klepon Donut dari Gordon cocok banget sebagai pilihan kue Lebaran kekinian kita. Nggak seperti donat pada umumnya, donat ini menggunakan rasa klepon khas Indonesia sebagai inspirasinya. Dengan adonan hijau dari pandan yang homemade, filling gula merah yang manis dan taburan parutan kelapa di atasnya, Klepon Donut ini bakal bikin kita merasa seperti sedang makan klepon walaupun dengan tekstur yang berbeda. Cocok banget untuk menemani ngobrol-ngobrol kita saat open house! 

8. Signature Eio Cake – Eio Patisserie

Kue Lebaran Kekinian - Eio Patisserie

Sumber: instagram.com/eio.patisserie

Untuk kita yang menjalani diet gluten-free atau memiliki anggota keluarga atau teman-teman yang menjalani gaya hidup tersebut, kita tetap bisa menyajikan kue Lebaran kekinian untuk mereka lho karena ada Signature Eio Cake dari Eio Patisserie. Kue yang satu ini nggak menggunakan bahan yang mengandung gluten dalam pembuatannya dengan gula yang lebih sedikit juga sehingga nggak terlalu manis. Tapi, teksturnya tetap seperti kue pada umumnya bahkan lebih fluffy dan ringan. Selain itu, Signature Eio Cake juga menggunakan kombinasi bahan berupa lemon dan almond yang bikin kue ini enak banget.

Beli Kue Lebaran Kekinian Tapi Tetap Hemat

Ada banyak kue Lebaran kekinian nih yang bisa kita sajikan dan cobain saat open house bareng teman-teman atau keluarga. Ingin beli salah satu atau semua kue Lebaran kekinian di atas tanpa melebihi budget open house kamu? Tenang aja, ada aplikasi Cashbac yang memberikan kamu instant cashback untuk setiap transaksi kamu, termasuk ketika membeli kue-kue Lebaran kekinian di atas.

Cara menggunakan aplikasi Cashbac gampang banget: cukup download aplikasinya, registrasi dengan kartu debit atau kartu kredit, dan lakukan transaksi dengan aplikasinya untuk mendapatkan instant cashback. Cashback ini bisa kamu gunakan langsung untuk transaksi selanjutnya atau kamu simpan untuk digunakan kapanpun selama akunmu aktif lho. Nggak ribet deh kalau mau beli beberapa kue sekaligus tanpa ketinggalan promonya.

Jadi, nggak usah bingung lagi dalam memilih kue Lebaran untuk disajikan ke tamu-tamu open house kamu karena ada banyak kue Lebaran kekinian yang cocok untuk open house tahun ini. Biaya open house juga bisa kamu tekan supaya tetap hemat dan seru bareng aplikasi Cashbac lho. Selamat mempersiapkan open house dan mencoba kue Lebaran kekinian!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store