Kita sering mendengar tentang horornya kolesterol di dalam tubuh kita yang bisa bikin kita terkena banyak penyakit. Tapi, tahu nggak sih kalau kolesterol itu bisa diturunkan dengan teratur mengonsumsi beberapa makanan penurun kolesterol yang nggak mahal dan mudah didapat? Yuk simak ulasannya!

Kenapa Harus Menurunkan Kolesterol?

makanan penurun kolesterol - kenapa harus menurunkan

Pada dasarnya, kolesterol itu nggak selalu jahat lho. Dilansir dari hellosehat.com, kolesterol sebenarnya adalah zat berlilin yang terdapat di seluruh tubuh, secara alami terbentuk di dalam organ dan menyebar di tubuh melalui aliran darah. Kolesterol biasanya dibentuk tubuh kita untuk menghasilkan hormon serta vitamin D, bahkan kolesterol berjenis HDL bisa membawa lemak dari tubuh ke hati sehingga nggak menumpuk di organ tubuh kita lainnya.

Kolesterol yang lebih kita kenal sebagai kolesterol jahat berjenis LDL, yaitu kolesterol yang membuat terjadinya penumpukan lemak di pembuluh darah. Kolesterol inilah yang harus kita turunkan karena kalau jumlahnya melebihi batas normal, LDL bisa bikin kita berisiko terkena serangan jantung dan stroke lho di kemudian hari.

Makanan Penurun Kolesterol

Nggak mau harus bolak-balik ke dokter karena penyakit yang disebabkan kolesterol jahat kan? Saatnya kita berkenalan dengan makanan penurun kolesterol. Ada beberapa bahan makanan penurun kolesterol yang sebaiknya kita tambah ke dalam menu sehari-hari lho supaya membuat jumlah kolesterol LDL di tubuh kita jadi berkurang. Penasaran? Yuk cek 8 makanan penurun kolesterol yang wajib kamu coba supaya bisa hidup lebih sehat ini!

1. Oatmeal

makanan penurun kolesterol - oatmeal

Makanan yang satu ini mungkin lebih kita kenal sebagai makanan untuk diet. Tapi, oatmeal juga bisa menurunkan kadar LDL di dalam tubuh kita lho karena mengandung serat yang mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah kita. Nggak cuma itu, oatmeal juga mengandung zat beta-glucan yang membantu menurunkan jumlah kolesterol jahat di tubuh kita hingga 7%.

Supaya lebih enak, kamu bisa makan oatmeal bareng susu, buah-buahan seperti pisang atau stroberi, dan biji-bijian superfood seperti flax seed atau chia seeds. Kalau kamu ingin lebih segar dengan makan oatmeal, kamu juga bisa cobain overnight oats.

2. Kacang Kedelai

makanan penurun kolesterol - kacang kedelai

Suka minum susu kedelai? Atau makan tahu dan tempe? Kacang kedelai di dalam makanan dan minuman ini bisa bikin kolesterol jahat di dalam tubuh kamu menurun lho. Menurut healthline.com, kacang kedelai mengandung protein dan isoflavon – sebuah zat yang bisa menurunkan kolesterol. Isoflavon di dalam kedelai bisa menyeimbangkan kolesterol baik dan jahat dalam tubuh kita kalau kita makan makanan berbahan kedelai secara teratur selama 1 bulan lho.

Kacang kedelai paling berdampak dalam mengurangi kolesterol kalau kita konsumsi secara mentah atau dalam bentuk susu kedelai seperti di Papa Purin. Tapi, tahu dan tempe juga bisa mengurangi kolesterol lho asalkan digoreng dalam minyak zaitun. Kamu juga bisa cobain olahan kacang kedelai dalam dessert seperti di Hong Tang atau Hejohejo. 

3. Yogurt

makanan penurun kolesterol - yogurt

Kalau kamu suka dessert, yogurt adalah makanan penurun kolesterol yang paling pas buat kamu. Dilansir dari Heart UK, di dalam yogurt, ada zat bernama sterol dan stanol yang bentuknya mirip dengan kolesterol di dalam tubuh kita. Tapi, ketika diserap oleh usus dan masuk dalam aliran darah, zat ini justru akan memblokir kolesterol di dalam tubuh kita dan mengurangi kolesterol yang bersifat jahat. Biasanya, kolesterol dalam tubuh kita akan mulai berkurang setelah beberapa minggu makan yogurt secara teratur. Malah, beberapa peneliti bilang yogurt itu makanan yang paling efektif menurunkan kolesterol lho.

Supaya nggak kaget dengan rasa yogurt yang agak asam, kamu bisa makan yogurt bareng oatmeal, granola, atau kacang-kacangan. Kamu juga bisa cobain variasi yogurt seperti charcoal yogurt dari Sour Sally. 

4. Teh Hijau

makanan penurun kolesterol - teh hijau

Teh terkenal sebagai minuman yang sehat banget untuk tubuh kita. Teh hijau lebih sehat lagi karena mengandung zat catechin dan quercetin yang mengurangi penumpukan kolesterol jahat dan memperbaiki fungsi pembuluh darah yang pernah tersumbat kolesterol. Teh hijau juga mengandung antioksidan yang mengurangi larutnya kolesterol LDL dalam tubuh kita.

Supaya efektif dalam menurunkan kolesterol, kita disarankan minum teh hijau minimal 1 cangkir sehari selama 2 minggu. Teh hijau ini bisa kita konsumsi dengan merebus daun teh seperti di Lewis & Carroll atau dalam bentuk olahan dengan matcha seperti di Kamu Tea, Sharetea, Han Dynastea, Yobe Cheese Tea, Gulu Gulu, Dum Dum, Banainai, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 6 Manfaat Teh bagi Kesehatan yang Belum Kamu Ketahui

5. Buah-Buahan (Apel, Anggur, Stroberi, Jeruk)

makanan penurun kolesterol - buah-buahan

Daripada nyemil makanan dengan pemanis buatan, lebih baik makan buah supaya kamu bisa menurunkan kolesterol di dalam tubuh kamu. Di dalam buah-buahan, nggak hanya ada gula alami, tapi juga ada zat pektin – zat yang mengikatkan diri dengan asam empedu untuk menurunkan lemak dan kolesterol di dalam tubuh. Jadi, makan buah nggak hanya menurunkan kolesterol, tapi juga mengurangi lemak dan bikin tubuh kamu kelihatan lebih ramping lho.

Buah-buahan yang memiliki banyak kandungan pektin di antaranya adalah apel, anggur, stroberi, dan jeruk. Jeruk juga memiliki kandungan vitamin C yang mengurangi penumpukan kolesterol dan d-limone atau zat yang bisa melarutkan kolesterol di dalam tubuh. Kamu bisa mengonsumsi buah-buahan ini dengan cara minum jus seperti Life Juice dan Kaaramel Juice, makan smoothie bowl seperti dari Acai Bar atau Muju Avenue, atau makan fruit ice cream tanpa gula dari Paletas Wey. 

6. Sayur-Sayuran Hijau

makanan penurun kolesterol - sayur-sayuran hijau

Dari kecil, kita mungkin udah sering dengar efek positif dari makan sayur-sayuran hijau dari orang tua kita. Tapi, sayur-sayuran hijau – terutama bayam, kailan, wortel, terong, dan kentang – emang superfood yang bisa mengurangi kolesterol jahat lho. Ini karena sayur-sayuran hijau penuh dengan serat, antioksidan, dan pektin yang membantu menjaga berat badan dan mengurangi kolesterol jahat. Bayam dan kailan juga mengandung lutein – zat yang mencegah kolesterol menempel di pembuluh darah dan membantu tubuh mengeluarkan kolesterol.

Supaya lebih enak, kamu bisa cobain sayur-sayuran hijau yang dioleh menjadi poke bowl ala Hawaii di Poke Mob atau Pokinometry atau makan salad dari Salad Bar atau Something about Salad.

7. Ikan Salmon

makanan penurun kolesterol - ikan salmon

Suka makan sushi dengan salmon? Kamu bisa menurunkan kolesterol di dalam tubuh kalau sering makan ikan yang satu ini secara rutin lho. Ikan salmon mengandung Omega 3 yang bermanfaat menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL. Kalau kita makan ikan salmon secara teratur, kita juga bisa mengurangi trigleserida di pembuluh darah yang berisiko membuat kita terkena serangan jantung lho.

Supaya efektif dalam mengurangi kolesterol, sebaiknya kita mengkonsumsi minimal 2 porsi ikan salmon dalam seminggu. Kita juga sebaiknya mengkonsumsi ikan ini secara mentah sebagai sashimi, direbus atau dikukus seperti di Manhattan Fish Market, Itacho Sushi, Kikugawa, Ah Yat Abalone Restaurant, Miyagi, Maison Tatsuya, Best Seafood Steam Hotpot Restaurant, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Selain Susu, Salmon Hingga Tofu Ternyata Mengandung Kalsium

7. Kacang Almond

makanan penurun kolesterol - kacang almond

Sering menghindari kacang-kacangan karena takut nggak sehat? Kacang – terutama kacang almond – justru sehat banget untuk tubuh kita, khususnya dalam mengurangi kolesterol lho. Kacang almond mengandung lemak monounsaturated yang nggak bikin gemuk dan zat L-arginine yang membantu mengatur tekanan darah. Yang paling penting, kacang almond mengandung phytosterol – zat yang strukturnya mirip kolesterol tapi bisa mengurangi kolesterol yang diserap usus kita.

Ingin menurunkan kolesterol dengan makan kacang almond? Sebaiknya konsumsi sebanyak 2-3 porsi per hari selama 6 minggu ya supaya bisa menurunkan kolesterol dalam tubuh hingga 10% dan mengurangi risiko serangan jantung sebanyak 28%. Kacang almond bisa kamu makan bareng acai bowl di Sal en Co atau Beets and Bouts, yogurt, atau dalam bentuk almond milk. 

8. Alpukat

makanan penurun kolesterol - alpukat

Akhir-akhir ini, alpukat lagi hits banget sebagai makanan sehat yang wajib banget dikonsumsi. Nggak heran, karena selain gampang kita temukan, alpukat bisa mengurangi kolesterol LDL yang jahat dan menaikkan kolesterol HDL yang baik barengan lho. Selain itu, alpukat juga mengandung beta-sistosterol atau lemak sehat yang mengurangi penyerapan kolesterol dari makanan.

Alpukat bakal efektif banget sebagai makanan penurun kolesterol kalau kita makan 1 buah alpukat sehari dan mengganti sumber lemak lainnya dengan alpukat. Hati-hati juga karena alpukat mengandung kalori dan lemak yang lumayan tinggi, jadi jangan konsumsi kebanyakan ya. Supaya rasanya lebih enak, kita bisa makan alpukat bareng poke bowl, sebagai guacamole atau bagian dari fajitas ala Mexico di Chili’s Grill & Bar, Casa Mexico atau Gonzo’s Tex Mex Grill & Bar, bareng sushi, atau di atas roti bakar seperti di NOSH Kitchen atau Monks.

Baca juga: Inilah Makanan yang Lagi Hits Dekat MRT Jakarta!

Kolesterol Turun, Keuangan Jangan Ikut Turun

Nah, supaya kamu bisa menurunkan kolesterol dan terhindar dari macam-macam penyakit, yuk mulai sering menambah makanan di atas dalam menu kamu sehari-hari. Takut bakal boros kalau makan sehat? Jangan khawatir soalnya bareng aplikasi Cashbac, kolesterol turun bukan berarti keuangan kamu juga ikut turun.

Cukup dengan download aplikasinya, menghubungkan kartu kredit/kartu debit kamu, dan transaksi di semua restoran di atas atau ratusan restoran lainnya, kamu bakal dapet instant cashback! Cashback ini bisa kamu gunakan langsung untuk transaksi pas makan-makan sehat selanjutnya atau kamu simpan untuk digunakan kapanpun lho selama akun kamu masih aktif. Cashback juga bisa kamu gunakan di minimarket seperti Alfamart atau Family Mart untuk beli bahan-bahan makanan di atas lho.

Jadi, nggak perlu ragu lagi untuk makan makanan penurun kolesterol dan menjaga kesehatan kamu lagi. Bareng aplikasi Cashbac, menurunkan kolesterol dan hidup sehat nggak perlu lagi jadi sesuatu yang mahal. Selamat hidup sehat!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store