Selama bulan puasa, pengeluaran kita yang lumayan memakan isi dompet pastinya pengeluaran untuk buka puasa, terutama untuk bukber bareng teman-teman atau keluarga. Padahal, ada banyak menu buka puasa irit yang enak dan nggak bikin kantong jebol yang bisa kita nikmati lho. Yuk simak ulasannya!

8 Menu Buka Puasa Irit & Unik

Supaya kita tetap hemat dan happy karena kenyang dan makan makanan enak, ada beberapa pilihan menu buka puasa irit dan unik yang bisa kita coba nih selama bulan puasa ini. Cukup dengan Rp50.000 saja, kita udah bisa menikmati semua menu ini lho. Ini dia 8 rekomendasi menu buka puasa irit dan unik yang bisa kamu coba.

1. Raa Cha Package – Raa Cha

Menu Buka Puasa Irit - Raa Cha

Sumber: instagram.com/raachasuki

Untuk kamu yang ingin berbuka dengan menu yang berkuah bareng teman-teman, Raa Cha Package dari Raa Cha cocok banget kamu cobain. Menu paket hemat ini merupakan suki dengan kuah bening dan berbagai pilihan set lauk seperti bakso, pangsit, fish cake, tahu, jamur, dan sayur-sayuran. Kamu bisa memilih beberapa jenis set lauk sesuai kesukaan kamu lho, mulai dari set sayur atau set yang lengkap dengan bakso ikan. Porsi suki sebanyak 1 panci cocok untuk kamu makan sendiri atau untuk sharing dengan teman kamu. Harganya? Mulai dari Rp13.000-an aja lho.

Baca juga: Wajib Coba, 8 Menu Buka Puasa Berkuah Ini Bikin Sehat!

2. Claypot Siram Telur Matang – Claypot Popo

Menu Buka Puasa Irit - Claypot Popo

Sumber: instagram.com/claypotpopo

Menu buka puasa irit yang juga merupakan menu favorit di Claypot Popo ini nggak hanya hangat dan bikin perut kita nggak begah ketika berbuka lho, tapi juga bikin kita kenyang dan sehat karena kaya dengan karbohidrat dan sayurs. Claypot Siram Telur Matang adalah nasi pulen yang disiram dengan kuah kental gurih dan disajikan panas-panas bareng potongan wortel, jagung, tahu, daging ayam atau sapi dan telur. Rasanya yang comforting dan agak gurih akan bikin kita happy sambil tetap hemat!

3. Pho Wagyu – Chopstix

Menu Buka Puasa Irit - Chopstix

Sumber: instagram.com/chopstix.id

Ingin berbuka dengan rasa ala Vietnam yang segar, kaya herbal, dan sedikit asam? Pho Wagyu dari Chopstix bisa menjadi pilihan menu buka puasa irit kamu. Menu yang satu ini terdiri dari mie pho ala Vietnam yang lebar dan mirip kwetiaw, kuah hangat yang kaya cita rasa khas Vietnam, bakso, dan daging wagyu yang lembut. Porsinya juga lumayan besar sehingga bakal bikin kamu kenyang tanpa makan terlalu banyak saat buka puasa. Harganya juga bakal bikin kamu happy lho karena di bawah Rp40.000!

4. Earl Grey Milk Sweet Toast – Roti Eneng

Menu Buka Puasa Irit - Roti Eneng

Sumber: instagram.com/roti_eneng

Berbuka dengan roti bakar yang hangat? Kenapa nggak? Apalagi kalau kamu berbuka dengan roti bakar yang nggak terlalu manis seperti Earl Grey Milk Sweet Toast dari Roti Eneng. Roti yang menjadi menu khas restoran satu ini adalah kombinasi roti tawar yang udah dibakar sehingga sedikit garing di luar dengan filling berupa teh khas Inggris, yaitu earl grey. Selain itu, supaya semakin sesuai dengan earl grey di negara asalnya, roti ini juga mengandung susu vanilla yang melengkapi menu teh di Inggris. Selain enak dan wangi karena berbahan teh, menu buka puasa irit yang satu ini juga bisa bikin kita hemat lho karena harga satu potong roti yang besar dan bikin kenyang di bawah Rp40.000.

5. Mie Belitung Atep – Kong Djie Coffee

Menu Buka Puasa Irit - Kong Djie Coffee

Sumber: pergikuliner.com/stellachubby

Kuliner Bangka Belitung terkenal banget sebagai salah satu kuliner khas daerah yang enak di Indonesia. Nah, kamu bisa berbuka dengan menu khas Belitung yang rasanya bikin happy sambil hemat lho. Di Kong Djie Coffee, menu khas Belitung yaitu Mie Belitung Atep menjadi salah satu menu favorit yang cocok untuk jadi menu buka puasa kamu juga. Mie satu ini nggak seperti bakmi yang umumnya kita kenal, tapi berupa mie tebal yang dimasak bareng kuah kental berbahan udang dan dilengkapi dengan topping udang, kentang, timun, dan emping. Rasanya gurih-gurih manis dan porsinya bisa bikin kita kenyang juga lho dengan harga di bawah Rp30.000.

6. Holdak Set 1 – Holdak Crispy Chicken

Menu Buka Puasa Irit - Holdak Crispy Chicken

Sumber: instagram.com/holdak_indo

Ayam goreng ala Korea Selatan akhir-akhir ini memang menjadi salah satu tren makanan yang lagi hits. Nah, menu khas Korea yang gurih ini bisa jadi pilihan menu buka puasa irit kita lho, apalagi kalau kita cobain Holdak Set 1 dari Holdak Crispy Chicken. Paket hemat yang satu ini terdiri dari nasi putih, seporsi ayam goreng khas Korea, salad, dan minuman berupa es teh juga. Ayam goreng ala Korea dari Holdak yang gurih, manis dan sedikit pedas ini asik banget untuk menemani buka puasa kita. Selain itu, paket hemat yang udah termasuk minuman ini juga tetap bisa bikin kita hemat karena harganya di bawah Rp40.000-an!

7. Baso Malang Super Komplit – Baso Malang Karapitan

Menu Buka Puasa Irit - Baso Malang Karapitan

Sumber: instagram.com/bmkresto

Untuk kita yang hobi makan bakso atau ingin berbuka dengan menu berkuah yang kenyang dan berprotein tinggi, Baso Malang Super Komplit dari Baso Malang Karapitan. Di Baso Malang Karapitan, menu baso komplit yang comforting dan khas Indonesia banget disajikan dengan benar-benar komplit dengan 10 elemen lengkap. Mulai dari baso sapi, baso goreng, pangsit, bihun, mie, baso urat, hingga baso tahu – semuanya akan hadir di mangkok kamu dengan kuah bening baso yang gurih. Dengan harga di bawah Rp30.000, nggak heran menu satu ini menjadi favorit di restoran yang menyajikan baso khas Malang ini.

8. Miyeok-Guk – Warung Korea Pop

Menu Buka Puasa Irit - Warung Korea Pop

Sumber: koreanbapsang.com

Suka dengan semua yang berbau Korea? Pasti nggak asing dengan menu buka puasa irit yang satu ini. Miyeok-Guk adalah sup rumput laut khas Korea yang umumnya dimakan ketika hari-hari spesial. Menu yang sering muncul di berbagai drama Korea ini punya banyak manfaat untuk kesehatan lho seperti mengatur metabolisme, menyehatkan pencernaan, detoksifikasi tubuh, dan mencegah kanker. Rasanya juga gurih karena kuahnya dibumbui lada, garam, dan bawang putih juga. Nah, menu satu ini bisa kita coba dengan harga yang hemat lho di Warung Korea Pop. Di restoran Korea ini, miyeok-guk juga disajikan bareng kimchi, japchae, dan nasi juga sehingga bikin kita kenyang.

Baca juga: Yuk Kenalan dengan 10 Makanan Pencegah Kanker Ini!

Tips Memilih Menu Buka Puasa Irit

Menu Buka Puasa Irit - Tips Buka Puasa Irit

Selain mencoba rekomendasi di atas, ada beberapa tips dalam memilih menu buka puasa yang bisa kita lakukan lho supaya kita bisa berbuka dengan menu yang enak, unik, dan sehat tapi tetap hemat dan sesuai dengan budget kita. Dilansir dari IDN Times, Cermati.com, dan Tirto.id, ini dia beberapa tips dalam memilih menu buka puasa irit.

1. Selalu minum air putih untuk mengawali buka puasa

Sebelum berbuka dengan makanan, sebaiknya kita minum minimal segelas air putih dulu setelah berpuasa seharian. Selain menggantikan cairan tubuh yang hilang saat berpuasa dan mencegah dehidrasi, air putih juga mempersiapkan sistem pencernaan kita untuk menerima makanan setelah beristrahat seharian. Selain air putih, alternatif minuman lain yang cocok untuk mengawali buka puasa kita adalah jus segar dan susu tanpa pemanis tambahan. Yang terpenting, hindari berbuka dengan takjil yang terlalu manis ya supaya nggak terlalu cepat kenyang padahal perut masih kosong.

Baca juga: 7 Menu Takjil Buka Puasa Hits Ini Bakal Bikin Kamu Segar

2. Mulai dengan menu buka puasa yang berkuah

Setelah minum air putih, sebaiknya kita makan menu buka puasa yang berkuah dulu seperti sup, shabu-shabu atau bakso ya sebelum lanjut ke menu makanan berat. Selain mempersiapkan perut kita supaya nggak begah saat mengkonsumsi makanan yang padat dan kering, berbuka puasa dengan menu yang berkuah juga punya banyak manfaat untuk kesehatan kita lho. Berbuka dengan menu yang berkuah bisa memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh kita seperti vitamin dan mineral, mencegah kita dari makan berlebihan saat berbuka, bahkan mendetoks tubuh kita sehingga bikin kita lebih sehat selama puasa lho.

3. Jangan makan terlalu banyak saat berbuka

Saat berbuka puasa, mungkin nggak jarang kita tergoda untuk makan sebanyak-banyaknya untuk “balas dendam” setelah menahan lapar seharian. Tapi, justru sebaiknya kita makan sesuai porsi makan kita pada hari biasa lho. Setelah berpuasa seharian, terlalu banyak makan ketika berbuka akan bikin kita mengalami gangguan pencernaan dan masalah lambung karena sistem pencernaan kita kaget. Selain itu, makan terlalu banyak saat berbuka puasa karena kalap juga bikin kita jauh lebih boros lho.

4. Pilih menu paket atau makan tengah

Ketika kita buka bersama bareng teman-teman atau keluarga kita di restoran, kita tetap bisa hemat dengan memilih makan tengah dibandingkan memesan menu ala carte. Dengan makan tengah, kita bisa cobain berbagai lauk dan saling berbagi daripada memaksakan diri menghabiskan satu porsi penuh makanan ala carte. Selain itu, makan tengah juga bikin kebersamaan kita lebih terjalin dan menu lauk ketika makan tengah juga bisa kita bungkus kalau nggak habis untuk menjadi menu sahur besoknya.

Selain makan tengah, alternatif lain untuk tetap hemat saat buka bersama di restoran adalah dengan memesan menu paket hemat di restoran ini. Paket hemat ini biasanya benar-benar hemat dan lengkap lho, bahkan udah termasuk satu main course dan satu minuman, dan terkadang makanan penutup juga. Cocok untuk kamu yang ingin hemat tapi tetap kenyang juga.

5. Manfaatkan promo untuk makan di restoran

Saat ini, udah nggak sulit untuk menemukan berbagai promo untuk makanan dan minuman dari berbagai restoran, kartu kredit atau kartu debit, bahkan aplikasi. Khusus di bulan puasa dan menjelang Lebaran, biasanya promo yang ditawarkan pun semakin banyak juga. Promo ini pun bermacam-macam, mulai dari promo yang mencakup seluruh menu atau promo harga hemat untuk menu tertentu. Jangan ragu untuk memanfaatkan promo-promo tersebut karena kita bisa menghemat pengeluaran hingga cukup drastis, terutama untuk buka puasa di restoran.

Cara Mudah Selalu Dapat Promo Saat Makan

Ingin selalu mendapatkan promo dan hemat setiap makan – baik saat bulan puasa maupun pada hari biasa? Ada cara mudahnya lho, yaitu dengan aplikasi Cashbac. Cashbac memberikan kamu instant rewards untuk setiap transaksi, termasuk ketika makan di ribuan merchants di Indonesia. Cara mendapatkan promonya juga gampang banget: cukup download aplikasi Cashbac, registrasi dengan kartu kredit/kartu debit, dan lakukan transaksi untuk mendapatkan instant rewardsInstant rewards ini juga bisa langsung kamu gunakan atau kamu simpan untuk digunakan kapanpun selama akunmu masih aktif lho.

Jadi, di bulan puasa, nggak perlu lagi takut boros saat buka puasa karena ada beberapa menu buka puasa irit yang enak, hemat dan bikin happy yang bisa kamu coba. Kamu juga bisa hemat saat makan kapanpun dengan aplikasi Cashbac lho. Selamat makan dan mencoba menu buka puasa irit!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store