Bagaimana sih cara mengatasi rambut rontok? Ya, masalah rambut rontok menjadi hal yang menakutkan bagi sebagian orang. Apalagi bagi kaum wanita, rasanya menjadi tidak pede jika memiliki rambut yang tipis dan rontok. Kerontokan pada rambut memang disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari faktor internal hingga eksternal.

Namun kebanyakan kondisi rambut rontok akibat treatment rambut yang salah atau kurangnya perawatan pada rambut. Sehingga akhirnya, rambut menjadi rontok dan volumenya menjadi berkurang. Jika kerontokan rambut dibiarkan begitu saja, bisa mengakibatkan terjadinya kebotakan. Selain itu, kondisi tersebut juga dapat diakibatkan oleh banyak faktor. Inilah pentingnya mengetahui faktor penyebab kerontokan itu sendiri, agar kamu bisa mengatasinya dengan cepat dan tepat.

Baca Juga : 10 Cara Mengatasi Rambut Mengembang Ini Bikin Cantik

 

Penyebab Rambut Rontok

penyebab rambut rontok

Rambut biasanya akan rontok kira-kira 50-100 helai per hari. Kamu bisa melakukan pengetesan sederhana guna mengetahui apakah terjadinya kerontokan pada rambut berlangsung normal atau justru bermasalah.

Triknya yaitu tarik rambut menggunakan genggaman tangan perlahan mulai dari akar sampai ujung rambut. Apabila jumlah rambut rontok kurang dari 10 helai, maka hal ini dianggap wajar. Namun jika hasilnya lebih banyak, bahkan kamu merasa rambutmu lebih tipis hingga pitak, sebaiknya konsultaiskan segera ke dokter agar kamu mengetahui faktor penyebabnya.

Sebelum mengetahui cara mengatasi rambut rontok, ketahui beberapa penyebab rambut rontok berikut :

1. Faktor Genetik

Salah satu faktor yang membuat rambutmu rontok seringkali disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan dari orang tua atau keluarga yang dinamakan kebotakan pola wanita atau kebotakan pola pria. Biasanya kerontokan rambut dapat terjadi bertahap seiring penuaan serta pola ang bisa diprediksi, mislanya garis rambut yang mundur.

2. Perubahan Kondisi Medis atau Hormon

Beragam kondisi bisa mengakibatkan kerontokan rambut sementara maupun permanen, misalnya perubahan hormon akibat persalinan, kehamilan, masalah tiroid hingga terjadinya menopause.

Kondisi medis alopecia areata bisa mengakibatkan kerontokan rambut, selain itu ada pula kondisi trichotillomania yang membuat penderitanya seringkali menarik-narik rambut mereka sendiri.

3. Faktor Suplemen dan Obat

Kondisi rambut rontok bisa juga diakibatkan oleh efek samping beberapa obat-obatan, misalnya obat untuk kanker, depresi, masalah jantung, hipertensi, asam urat, hingga radang sendi.

4. Terapi Radiasi

Jenis terapi radiasi pada kepala bisa juga mengakibatkan kerontokan pada rambut. Bahkan hal ini bisa menyebabkan rambut tidak dapat tumbuh lagi seperti sedia kala.

Selain beberapa faktor di atas, efek hair styling atau gaya rambut berlebihan juga bisa mengakibatkan rambut rontok. Sedangkan perawatan rambut atau pemakaian minyak panas bisa menyebabkan peradangan pada folikel rambut sebagai penyebab kerontokan pada rambut.

Baca Juga : 9 Warna Rambut untuk Kulit Sawo Matang yang Bikin Kamu Pede!

 

Cara Mengatasi Rambut Rontok

mengatasi rambut rontok

Jika sudah mengetahui beberapa penyebab kerontokan pada rambut di atas, kini kamu bisa mengatasi kerontokan rambut dengan cara mengatasi rambut rontok di bawah ini :

1. Hindari Keramas Terlalu Sering

Banyak yang menganggap bahwa mencuci rambut setiap hari bisa membuat kondisi rambut sehat. Justru pemakaian shampoo terlalu sering bisa mengakibatkan kerusakan pada rambut, membuat rambut lebih tipis, gampang patah, kering dan rambut rusak.

Selain itu, cara mengeringkan rambut yang salah sesudah keramas dengan cara menggosoknya kencang-kencang memakai handuk bisa juga membut rambut rontok. Maka dari itu, supaya rambutmu tetap sehat dan tidak gampang rontok, sebaiknya keramas setidaknya 1-3 kali dalam seminggu. Lalu keringkan rambut memakai handuk yang bersih dan lembut.

2. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Ada beberapa tipe penyakit, misalnya anemia dan kurang gizi bisa membuat rambut mudah rontok. Di samping itu, mengalami stress berlebihan seringkali menjadi penyebab kerontokan rambut yang parah.

Maka dari itu, cara mengatasi rambut rontok yang baik dapat dilakukan dengan jalani gaya hidup yang sehat, dengan cara berolahraga rutin, menghilangkan stress, cukupi waktu tidur, hingga meditasi.

3. Menata Rambut Tanpa Berlebihan

Ada berbagai macam metode penataan pada rambut, misalnya mencatok, mewarnai serta mengeriting. Hal ini biasanya dapat menyebabkan kerusakan pada rambut, membuat rambut kering hingga mengiritasi bagian kulit kepala.

Sedangkan kebiasaan mengepang dan mengikat rambut kencang-kencang juga bisa mengakibatkan tertariknya akar rambut, karenanya rambut lebih mudah rontok.

Sebagai upaya untuk meminimalisir kerontokan pada rambut sekaligus menjaga agar kulit kepala sehat, alangkah baiknya untuk tidak melakukan penataan rambut seperti di atas. Jika ingin mengeringkan rambut menggunakan pengering, sebaiknya hindari memakai suhu panas sebab bisa memicu kerusakan pada rambut.

Cara mengatasi rambut rontok lainnya adalah dengan memilih sekaligus memakai sampo yang cocok untuk mengatasi rambut rontok. Sebaiknya pilih sampo maupun kondisioner rambut yang mengandung Pro V multivitamin dan Rice Oil Essence.

4. Memakai Lidah Buaya

Mungkin kamu sudah tahu jika lidah buaya sudah lama diaplikasikan untuk bahan alami perawatan rambut, salah satunya untuk mengatasi kerontokan rambut.

Selain itu, aloe vera juga bisa memberikan efek yang menenangkan pada kulit kepala, dapat membuka folikel rambut dan mengurangi ketombe.

Gel dari tanaman lidah buaya dapat dioleskan langsung ke rambut dan kulit kepala beberapa kali setiap minggu. Untuk lebih praktisnya, kamu juga bisa memakai kondisioner dan sampo dengan kandungan lidah buaya.

5. Memakai Ginseng

Cara mengatasi rambut rontok selanjutnya adalah dengan memakai suplemen ginseng yang bisa meningkatkan pertumbuhan pada rambut dengan cara merangsang bagian folikel rambut. Pada ginseng terkandung ginsenosides sebagai komponen aktif yang dipercaya bisa menyehatkan rambut. Namun kamu harus memakai ginseng secukupnya sesuai petunjuk.

6. Memakai Lemon

Selain bermanfaat untuk diet, ternyata jus buah lemon yang segar juga bisa mengatasi kerontokan pada rambut. Sebab bisa meningkatkan pertumbuhan dan kualitas rambut.

Kandungan pada minyak lemon bisa membantu menyehatkan kulit kepala sekaligus membantu pertumbuhan pada rambut. Silahkan oleskan jus buah lemon ke bagian kulit kepala serta rambut sekitar 15 menit lamanya, lalu keramas. Kamu juga bisa memakai minyak esensial sari lemon yang telah dilarutkan pada minyak pembawa untuk dijadikan masker rambut.

7. Memakai Campuran Madu dan Minyak Zaitun

Cara mengatasi rambut rontok selanjutnya adalah dengan campuran madu dan minyak zaitun. Minyak zaitun tidak hanya dapat dijadikan minyak pembawa saja, tetapi juga dapat dijadikan untuk mengatasi kerontokan pada rambut.

Kamu tinggal mencampurkan sebanyak 5 sdm minyak zaitun dengan 2 sdm madu, lalu aduk sampai merata. Larutan ini bisa dilumurkan hingga ke seluruh bagian rambut maupun kulit kepala. Biarkan rambut selama 15 menit sembari ditutupi memakia handuk atau shower cap, kemudian bilas hingga bersih.

8. Memakai Minyak Kelapa

Kamu juga bisa memakai minyak kelapa asli untuk mengatasi kerontokan rambut. Kamu tinggal oleskan saja minyak kelapa asli ke rambut sembari dipijat-pijat ke kulit kepala. Lalu biarkan sampai 30 menit-1 jam sebelum rambut dikeramas.

Baca Juga : Potongan Rambut Perempuan yang Bikin Kamu Beda!

Kamu bisa memilih salah satu cara mengatasi rambut rontok di atas dan untuk hasil maksimal imbangi pula dengan melakukan pola hidup sehat. Selain itu, gunakan produk shampo yang tepat dan tidak terlalu keras.

 

Tentang Aplikasi Cashbac

cashbac app
Untuk berbelanja gunakan selalu Cashbac, aplikasi yang memberikan instant rewards di ribuan merchant yang sudah bekerjasama seperti McDonald’s, Solaria, Chatime, Kopi Kenangan, Alfamart, FamilyMart, Gramedia, ACE Hardware, IrwanTeam, Gorjes, dan masih banyak lagi. Dengan aplikasi Cashbac, pengalaman berbelanja kamu akan lebih menyenangkan.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya baca di artikel berikut:

Aplikasi Rewards Terbaik di Indonesia

Download sekarang Cashbac, aplikasi rewards terbaik di Indonesia!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store
CASHBAC FOODFEST - BONUS POINTS 50%