Tips makan hemat banyak dicari anak kost yang ingin berhemat. Terlebih bagi mahasiswa atau pelajar yang masih menggunakan uang kiriman dari orang tua. Tujuan dari tips hemat ini, tentu saja agar kamu tidak boros dan anggaran yang diberikan orangtua setiap bulannya harus cukup.

Baca Juga : Cara Hidup Hemat Anak Kost Anti Kantong Kering

 

Tips Makan Hemat

Ada beberapa tips makan hemat ala anak kost yang bisa kamu tiru dan praktekkan agar tidak menghabiskan banyak uang. Ini dia panduannya :

1. Merinci Pengeluaran Untuk Makan

merinci pengeluaran makan

Silahkan catat atau buat rincian untuk pengeluaran makan kamu selama 1 bulan. Dengan demikian, saat kamu ditransfer orang tua, sebaiknya buat rincian seluruh pengeluaran dengan seperti halnya pengeluaran untuk makan.

Namun sayangnya, hal seperti ini sangat jarang sekali dilakukan oleh anak kost. Tidak jarang, anak kost biasaya hanya mengira-ngira serta mencukup-cukupi pengeluaran, tanpa merinci untuk apa saja uang yang dikeluarkan.

Adapun tujuan dari merinci pengeluaran yaitu supaya anda dapat mengetahui pengeluaran yang menghabiskan anggaran kamu. Dengan begitu, kamu bisa meminimalisir pengeluaran tersebut. Jika sudah merinci aktivitas yang dapat dilakukan dalam 1 bulan tersebut, kamu mungkin akan sadar jika selama ini sudah boros karena menghabiskan uang hanya untuk jajan.

 

2. Menyukai Air Putih

minum air putih

Salah satu tips makan hemat adalah kamu harus menyukai air putih. Ini merupakan tips paling simpel dengan hasil yang luar biasa. Mungkin selama ini, kamu sering jajan minuman di luar yang segar-segar yang jika terlalu sering bisa membuat kantong jebol. Oleh sebab itu, sebagai antisipasinya kalian harus menyukai air putih yang paling murah dibandingkan minuman lainnya.

Ketika makan di kantin atau di warteg, sebaiknya pesan air putih saja. Biasanya ada beberapa warteg atau tempat makan yang bahkan menggratiskan air putih. Sedangkan untuk harga es the manis sendiri saat ini sudah Rp. 5.000 atau Rp. 10.000.

Jika perlu, kamu harus membawa botol minuman yang sudah diisi air dari kost-an dan bawa kemanapun kamu pergi. Baik ke kantor, ke kampus maupun ke sekolah. Jika sudah terbiasa, maka kamu akan lebih hemat tanpa harus mengeluarkan uang banyak untuk membeli minuman.

Dengan begitu, pengeluaran air yang dibutuhkan hanya untuk air mineral dalam galon, yang setidaknya membutuhkan 2 kali pengisian saja dalam 1 bulan. Budget yang dibutuhkan mulai dari Rp. 40 ribu sampai Rp. 50 ribu.

Air putih ternyata tidak hanya lebih hemat, tetapi juga bermanfaat bagi tubuh. Jangan gengsi lagi meminum air putih, karena pasti kamu bisa lebih menghemat beberapa puluh ribu untuk pengeluaran minum.

 

3. Jangan Banyak Nongkrong di Kafe

jangan sering nongkrong di cafe

Aktivitas nongkrong memang telah menjadi kebutuhan sosial bagi setiap orang. Nongkrong di warung kopi atau di kafe dengan teman-teman memang tidak masalah. Namun jika kamu terlalu sering, pastinya membuat dompetmu cepat jebol.

Lantas, bagaimana untuk mengatasinya? Sebaiknya usahakan makan dulu sebelum kamu nongkrong. Darpada harus membeli makanan dengan harga sekitar Rp. 50 ribu sampai Rp. 100 ribu per orang di kafe, lebih baik kamu hanya beli minum saja untuk menghemat pengeluaran.

Jadi sebelum pergi ke kafe bersaman, sebaiknya makan di tempat kost lebih dulu, bisa beli makanan warteg atau mungkin masakan yang kamu buat. Trik ini bisa kamu lakukan apabila kamu terpaksa harus pergi bersama teman-teman, lain cerita jika kamu ditraktir teman.

 

4. Masak Nasi Putih

masak nasi putih

Tips makan hemat ala anak kost berikutnya adalah masak nasi putih sendiri di tempat kost. Mengingat keberadaan nasi putih sangat penting, terutama bagi orang Indonesia yang menjadikan nasi sebagai makanan pokok.

Memang harga nasi yang dijual di warung makan biasanya sekitar Rp. 4000 sampai Rp. 6000. Tapi jika hanya cukup untuk sekali makan, jika dikali tiga saja sehari sudah butuh Rp. 12 ribu sampai Rp. 18 ribu itupun jika kamu makannya lumayan banyak. Jika dikalikan sebulan tentu bisa membutuhkan uang Rp. 300 ribu sampai Rp. 500 ribuan.

Tentu sayang sekali, bukan? Jika kamu membuat nasi sendiri di tempat kost bisa hemat sampai ratusan ribu. Jadi, daripada harus membeli nasi dan lauknya di warteg sebaiknya beli beras dan penanak nasinya sekalian. Lalu masak sendiri nasi untuk keperluan makanmu.

Di awal mungkin terasa berat, namun kamu harus yakin bahwa ke depannya kamu bisa lebih menekan pengelluaran.

 

5. Belajar Masak

belajar memasak

Jika kamu menjadi anak kost, maka artinya kamu harus belajar masak untuk mengurangi membeli makanan dari luar.  Jika kamu pandai masak, maka secara tidak langsung akan menghemat pengeluaran untuk makan, bahkan nantinya bukan tidak mungkin membuat resep sendiri yang bergizi serta hemat biaya.

Belajar masak bukan hanya untuk kaum hawa saja, tetapi juga bagi laki-laki. Toh, saat ini sudah banyak juga chef atau koki dari laki-laki?

Apabila kosan kamu tidak memiliki ruangan khusus dapur, maka bisa dengan menyiasatinya menggunakan rice cooker untuk membuat masakan sendiri. Jadi, paling minimal modal yang harus disiapkan adalah rice cooker, selanjutnya jika memungkinkan bisa juga membeli kompor gas beserta dengan peralatan masak lainnya.

 

6. Hindari Bawa Uang Berlebihan

jangan membawa uang terlalu banyak

Tips makan hemat selanjutnya ialah dengan membawa uang seperlunya ketika sedang bepergian. Dampak buruk jika terlalu banyak membawa uang ketika bepergian adalah bisa tergiur ketika ada makanan atau barang yang ingin dibeli.

Alih-alih ingin hemat, tapi dengan cara membawa uang berlebihan ketika pergi tentu bisa membuat boros. Caranya cukup sederhana, perkirakan nominal uang yang akan kalian pakai ketika hendak pergi ke suatu tempat. Selanjutnya, bawa sejumlah uang yang diperlukan berdasarkan perkiraan tersebut.

Karena biasanya saat sedang diperjalanan, kamu akan menyesuaikan pengeluaran dengan jumlah uang yang dibawa untuk membeli makan.

 

7. Pilih Tempat Makan Ala Anak Kost

tempat makan ala anak kost

Tempat makan di pinggir jalan cukup banyak untuk dipilih. Namun karena tujuannya adalah ingin makan hemat, maka jangan sekali-kali membeli makanan di restoran. Mengapa demikian? Karena kamu harus mengeluarkan banyak uang hanya untuk makan dan minum saja.

Sebagai saran, sebaiknya usahakan memilih tempat makan yang menawarkan harga murah  untuk anak kost. Jika kamu khawatir mengenai kandungan gizi nya, maka kamu jangan takut karena di warung makan sederhana pun bisa memilih makanan sesuai selera dengan memilih makanan yang bergizi lengkap.

 

8. Berbelanja Bulanan dalam Satu Waktu

berbelanja bulanan sekaligus

Jika berhubungan dengan tips makan hemat, tentu saja hal ini berkaitan dengan belanja bulanan. Agar lebih teratur dengan manajemen keuangan yang baik, lebih baik lakukan pengeluaran sekaligus untuk 1 bulan. Entah itu, untuk belanja yang berhubungan dengan keperluan diri sendiri maupun yang berhubungan dengan perut.

Baca Juga : Cara Hemat dalam Membelanjakan Uang Jajan Tanpa Ribet

Dengan mengatur keuangan seperti di atas melalui tips makan hemat, maka dijamin pengeluaranmu selama 1 bulan bisa lebih teratur dan tidak boros.

 

Makan Hemat dengan Cashbac

Kamu bisa makan hemat dengan Cashbac, karena ada promo Food Fest dengan bonus points hingga 50% yang berlaku di merchant-merchant kuliner favorit.

Yuk download dan pakai aplikasi Cashbac sekarang untuk dapatkan semua keuntungannya.

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store
CASHBAC FOODFEST - BONUS POINTS 50%