Bagi yang sering melakukan perawatan kecantikan, tentu sudah sangat akrab dengan salon kecantikan. Namun bagi yang baru pertama kali pergi ke salon, mungkin memilih salon yang bagus bukan hal yang mudah dilakukan. Tentu saja salon kecantikan harus mempunyai tenaga professional  dengan pelayanan terbaik kepada para kliennya.

Baca Juga : 9 Warna Rambut untuk Kulit Sawo Matang yang Bikin Kamu Pede!

 

Tips Memilih Salon yang Bagus dan Profesional

memilih salon yang bagus

Untuk memilih salon yang bagus ada beberapa pertimbangan sebelum memilihnya. Silahkan ikuti panduannya berikut :

1. Ketahui Layanan dan Perawatannya

Biasanya salon terbaik menawarkan berbagai perawatan lengkap, mulai dari perawatan rambut, kulit, hingga kaki. Ada beberapa jenis perawatan umum yang sering ditawarkan salon kecantikan, seperti pewarnaan rambut, potong rambut, hair spa, rebonding, manicure, perawatan kulit kepala, facial hingga pedicure. Setiap perawatan salon kecantikan biasanya ditujukan untuk jenis rambut dan kebutuhan yang berbeda.

Untuk mengetahui apa saja perawatan yang ditawarkan oleh salon kecantikan tersebut yaitu dengan cara melihat media sosial atau websitenya. Kamu juga dapat mengetahuinya melalui broser yang telah dibagikan. Sangat penting untuk menentukan perawatan yang diiinginkan terlebih dahulu sebelum ke salon.

2. Cek Profesionalitas Staf Salon

Kualitas jasa atau layanan yang diberikan dalam penataan rambut dan perawatan kecantikan dari salon kecantikan tentu saja ditentukan para professional, baik itu terapis maupun hairdresser. Dalam memilih salon yang bagus, kamu harus mengecek pengalaman dan sertifikasi staf salon kecantikan. Selain itu, tentu saja kamu tidak ingin mempercayakan perawatan kecantikan atau rambut jika bukan kepada ahlinya.

Terapis atau penata rambut professional biasanya sudah dididik melalui pelatihan atau sekolah kecantikan yang bersertifikat. Selain itu, mereka juga mempunyai izin dan lisensi untuk terjun langsung di salon kecantikan. Hal inilah yang nantinya menunjukkan reputasi dan kualitas salon itu sendiri.

3. Penampilan Beauty Theraphist dan Stylist

Selain mengecek profesionalitas staf salon, kamu juga harus melihat penampilan beauty theraphist maupun stylist, karena bisa menentukan bagaimana selera mereka ketika melakukan perawatan atau menata kecantikan. Jika kamu menyukai penampilan mereka, maka kemungkinan besar kamu juga bisa merasa puas dengan hasil yang mereka kerjakan. Selain itu, pastikan pula apakah mereka menawarkan pelayanan yang amah dan bagus ataukah tidak.

4. Cek Kebersihan Salon

Perhatikan pula kebersihan salon tersebut, pastikan salon yang akan kamu pilih bersih dan rapi. Sebab hal tersebut nantinya berkaitan dengan tingkat kenyamanan pelanggan, karenanya pelanggan bisa lebih nyaman dan betah melakukan perawatan. Biasanya pengelola salon yang professional akan selalu berusaha membuat pelanggannya lebih nyaman, terutama dalam hal kebersihan.

 

5. Pengawasan Dokter

Mengingat biasanya salon memakai peralatan atau bahan-bahan tertentu dalam merawat kecantikan dan rambut pelanggannya. Maka sebaiknya pastikan bahan-bahan maupun peralatan tersebut harus diawasi oleh dokter agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Silahkan konsultasikan ke dokter perawatan supaya sesuai rambut atau kebutuhan kulit kamu. Salon yang bagus biasanya akan selalu memperhatikan keamanan bahan-bahan yang mereka gunakan demi kepuasan pelanggannya.

6. Lakukan Uji Coba

Untuk lebih mengetahui bagaimana kualitas dan profesionalitas salon tersebut, kamu bisa melakukan uji coba salon dengan memilih perawatan sederhana terlebih dahulu, seperti creambath. Apabila hasilnya ternyata bagus, seperti pijatan kulit kepala dan Pundak, maka kamu dapat mencoba layanan yang lainnya. Untuk uji coba sebaiknya hindari layanan yang bisa memberikan perubahan besar atau ekstrim bagi penampilan kamu, seperti halnya memotong rambut. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan apakah pelanggan lain memperoleh kualitas pelayanan memuaskan ataukah tidak.

7. Memilih Lokasi Salon Terdekat

Untuk menghemat waktu dan anggaran transportasi misalnya, sebaiknya pilih lokasi salon terdekat. Sebab apabila kamu melakukannya, maka kamu akan menghabiskan waktu yang lebih banyak untuk mengunjungi salon tersebut. Inilah pentingnya memilih lokasi salon kecantikan yang paling dekat dari tempat tinggal kamu.

8. Meminta Referensi

Silahkan dengarkan saran atau pendapat orang lain atau orang di sekitar kamu, seperti teman, keluarga maupun kerabat. Minta juga referensi dari customer lain yang sudah pernah pergi ke salon tersebut. Karena biasanya pendapat orang lain lebih bisa diandalkan dan lebih jujur ketimbang deskripsi layanan di brosur atau situs web.

Kamu bisa menanyakan kepada pelanggan sebelumnya terkait kualitas pelayanan salon tersebut. Kemudian pelajari tentang bagaimana terapis atau penata rambut memperlakukan customernya. Dengan mengetahuinya, maka kamu bisa lebih yakin bahwa salon yang dipilih benar-benar bagus.

Baca Juga : Ini Dia 10 Model Rambut Pria yang Disukai Wanita!

 

Jenis Pelayanan di Salon Kecantikan

pelayanan di salon

Selain pentingnya memahami cara memilih salon yang bagus, kamu juga harus mengenal beberapa jenis treatment atau pelayanan yang dilakukan pada salon kecantikan berikut ini :

1. Hair Salon

Jika kamu ingin mengganti style rambut, maka salon kecantikan paling tepat yang bisa dipilih adalah hair salon. Ada beberapa pelayanan perawatan rambut yang bisa kamu dapatkan di hair salon, seperti memotong rambut atau cutting rambut untuk model-model terbaru. Hair dresser atau hair stylist biasanya akan menanyakan tentang model yang diinginkan oleh pelanggan sebelum mulai memberikan pelayanan.

Hair stylist berpengalaman pastina mengerti tentang berbagai macam model rambut kekinian yang trend. Jenis perawatan lainnya adalah creambath, straightening, rebonding, smoothing, hair coloring, highlight, digital perming, hair mask, dan hair spa.

2. Nail Salon

Sesuai namanya, nail salon adalah salon yang melayani perawatan kuku. Ada beberapa jenis perawatan untuk kuku diantaranya pedicure yang mencakup perawatan pada kuku kaki dan manicure sebagai perawatan pada kuku tangan.

Pada manicure biasanya dengan cara merendam tangan kamu ke air sabun yang hangat untuk mengangkat sel-sel kulit yang sudah mati sekaligus mencegah supaya kuku tidak gampang pecah sesudah dipotong. Sementara pedicure biasanya dilakukan tidak jauh berbeda dengan manicure. Hanya saja, pedicure dilakukan pada bagian kaki untuk menghilangkan bau, mencegah pecah-pecah pada tumit dan mencegah kapalan pada kaki.

3. Beauty Salon

Beauty Salon biasanya menawarkan berbagai jenis perawatan atau one stop service dengan sangat lengkap. Karena di salon ini ada banyak treatment kecantikan untuk dicoba. Di samping untuk perawatan rambut, biasanya beauty salon menyediakan layanan lainnya mulai dari make up wajah, perawatan tubuh, perawatan kuku, atau masih banyak lagi.

Banyak Wanita lebih menyukai pergi ke salon kecantikan ketimbang merias wajah mereka sendiri karena hasilnya lebih maksimal dan lebih hemat waktu. Bagi yang tertarik merias wajah, biasanya beauty salon menawarkan jasa MUA (Make Up Artist) professional dan terlatih. Make up ini banyak dibutuhkan  para Wanita yang ingin menghadiri berbagai acara formal, mulai dari wisuda, pesta, atau resepsi pernikahan.

4. Bridal Salon

Sesuai dengan namanya, bridal salon ini adalah layanan penata rias untuk pernikahan. Ada berbagai macam model rambut pengantin Wanita dapat diperoleh melalui salon ini, baik modern maupun tradisional. Selain itu, gaya make up atau tata rias tradisional yang ditawarkan berbeda. Jika kamu berencana akan menikah dalam waktu dekat, maka harus sudah booking jasa tata rias pernikahan yang terbaik dan berkualitas di bridal salon.

Sebelum pergi ke salon yang bagus, pastikan kamu mengetahui tujuan perawatan yang kamu inginkan dan jangan lupa ikuti tips-tips di atas agar hasilnya memuaskan.

Baca Juga : Potongan Rambut Perempuan yang Bikin Kamu Beda!

 

Tentang Aplikasi Cashbac

cashbac app
Untuk berbelanja gunakan selalu Cashbac, aplikasi yang memberikan instant rewards di ribuan merchant yang sudah bekerjasama seperti McDonald’s, Solaria, Chatime, Kopi Kenangan, Alfamart, FamilyMart, Gramedia, ACE Hardware, IrwanTeam, Gorjes, dan masih banyak lagi. Dengan aplikasi Cashbac, pengalaman berbelanja kamu akan lebih menyenangkan.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya baca di artikel berikut:

Aplikasi Rewards Terbaik di Indonesia

Download sekarang Cashbac, aplikasi rewards terbaik di Indonesia!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store
CASHBAC FOODFEST - BONUS POINTS 50%