Mencari penghasilan tidak selamanya harus bekerja sebagai karyawan di sebuah instansi. Mengelola sebuah bisnis juga juga bisa menjadi salah satu solusi terbaik untuk itu. Bahkan, hasil yang didapatkan dari mengelola sebuah bisnis terkadang lebih besar.

Hanya saja, butuh kesabaran jika ingin sukses dalam mengelola dan mengembangkan sebuah bisnis. Tantangan dan kendala pasti akan bermunculan selama menjalankannya. Jika tidak mampu bersabar, besar kemungkinan bisnis yang dirintis akan macet di tengah jalan.

Kesungguhan dan profesionalisme juga merupakan hal yang mutlak ada pada seorang pebisnis. Banyak terjadi kegagalan saat mengelola sebuah bisnis akibat tidak sungguh-sungguh dan kurang profesional dalam mengelolanya.

Baca Juga : Pengertian Promosi, Tujuan, Jenis, dan Contohnya dengan Jelas

 

9 Cara Memulai Bisnis dari 0

Jika kamu seorang pemula yang ingin mengelola sebuah bisnis, pastikan mengetahui tips-tips apa saja yang perlu dilakukan untuk memulainya dari 0 hingga berhasil. Jika dilakukan asal-aslaan, besar kemungkinan bisnis tersebut akan macet di tengah jalan.

Oleh karena itu, di bawah ini akan saya sebutkan cara memulai bisnis dari 0 untuk pemula. Cobalah terapkan tips-tips tersebut agar bisnis yang kamu jalankan bisa lancar dan sukses.

1. Tentukan Produk

cara memulai bisnis - tentukan produk

Sebelum mulai menjalankan sebuah bisnis, tentu kamu harus menentukan terlebih dahulu jenis produk yang akan dipasarkan. Produk tersebut bisa berupa barang atau jasa. Apapun produknya, kamu harus bisa menentukannya sejak awal sebelum mulai menjalankan bisnis.

Agar bisa lebih mudah dalam mengelolanya, pastikan produk yang akan dipasarkan sesuai dengan passion kamu. Selain lebih mudah dalam memasarkannya, kamu juga lebih semangat untuk menghadapi kendala dan memecahkan masalah yang muncul selama mengelola bisnis.

 

2. Tentukan Visi dan Misi yang Jelas

cara memulai bisnis - tentukan visi dan misi

Mengelola sebuah bisnis tentu tidak bisa dilakukan begitu saja. Butuh melakukan perencanaan yang matang serta menentukan visi dan misi yang jelas. Tanpa semua hal tersebut, bisnis yang  dirintis akan sulit berkembang karena berjalan tanpa arah.

Dengan melakukan perencanaan dan visi dan misi yang jelas, kamu bisa menentukan arah bisnis kamu; berapa modal yang dibutuhkan, sumber dana, cara pengembangan, dan lain-lain. Masalah yang dihadapi juga lebih mudah penyelesaiannya.

 

3. Siapkan Modal

cara memulai bisnis - menyiapkan modal

Setelah menentukan visi dan misi bisnis yang akan kamu jalankan, selanjutnya menentukan berapa besar modal yang akan digunakan. Tentu akan sulit untuk mulai menjalankan bisnis jika tidak memiliki modal atau modal yang dimiliki tidak memadai.

Setelah menentukan berapa besar modal yang dibutuhkan, selanjutnya adalah menentukan sumber modal. Dari mana sumber modal untuk bisnis yang akan kamu jalankan. Upayakan untuk menghindari pinjaman bank, karena hal tersebut memiliki resiko yang besar.

Jika tidak memiliki simpanan dana yang memadai, kamu bisa menjual beberapa aset yang tidak begitu penting. Selain itu, kamu juga bisa mengajak beberapa orang keluarga atau teman untuk bekerjasama menjalankan dan mengembangkan bisnis tersebut.

 

4. Berhemat

cara memulai bisnis - berhemat

Salah satu cara memulai bisnis dari 0 untuk pemula yang juga penting untuk diperhatikan adalah berhemat. Jika bisnis yang kamu kembangkan mulai berjalan stabil dan mulai memberikan penghasilan, terapkanlah prinsip hidup hemat.

Jangan serta merta menggunakan keuntungan yang didapatkan untuk foya-foya atau membeli barang yang diinginkan. Sebaiknya tabung sebagian besar keuntungan yang didapatkan untuk pengembangan bisnis ke depan.

Terkadang, bisnis yang kamu jalankan mendapati kendala di tengah perjalanan, sehingga membutuhkan biaya yang lumayan besar. Jika kamu sejak awal kamu tetap berhemat agar bisa menabung sebagian besar keuntungan yang didapat, tentu kamu tidak akan kesulitan untuk menyelesaikan masalah yang membutuhkan biaya tersebut.

Baca Juga : 11 Kebiasaan Orang Sukses yang Wajib Kita Contoh!

 

5. Rajin Mencatat

cara memulai bisnis - rajin mencatat

Meskipun kamu sudah merencanakan sematang mungkin semua yang perlu dilakukan dalam pengembangan bisnis yang kamu jalankan, pasti akan ada beberapa hal yang luput. Terkadang juga ada hal-hal baru yang baru muncul kemudian setelah bisnis mulai dijalankan.

Hal-hal baru tersebut terkadang sangat penting dan bisa memberikan pengaruh dalam perkembangan bisnis yang kamu jalankan. Oleh karena itu, butuh untuk selalu dicatat agar tidak luput begitu saja.

 

6. Jangan Takut Gagal

cara memulai bisnis - jangan takut gagal

Salah satu kendala yang sering menghambat seseorang dari menjalankan sebuah bisnis adalah takut gagal. Belum juga memulai bisnis tersebut, bayangan kegagalan sudah menghantui. Akhirnya, tidak jadi menjalankan bisnis yang sudah dirancang dengan matang sejak awal.

Jangan pernah takut gagal! Jika memang ditakdirkan kegagalan bisnis menimpa kamu setelah melakukan upaya yang maksimal, maka jadikan kegagalan tersebut sebagai bahan evaluasi. Belajarlah dari kegagalan, sehingga kamu bisa bangkit dan melakukan upaya yang lebih baik lagi untuk pengembangan bisnis di masa mendatang.

 

7. Fokus Pada Satu Bisnis

cara memulai bisnis - fokus pada satu bisnis

Fokus pada satu bisnis saja terlebih dahulu merupakan salah satu cara memulai bisnis dari 0 untuk pemula. Dengan memulai satu bisnis saja, semua upaya kamu bisa difokuskan pada bisnis tersebut. Dengan begitu, hasil yang akan didapatkan bisa lebih maksimal.

Mengelola beberapa bisnis sekaligus merupakan kesalahan yang banyak dilakukan oleh pemula. Akibatnya, pikiran dan tenaga lebih banyak terbuang karena harus  menyelesaikan banyak permasalahan muncul sekaligus ketika menjalankan beberapa bisnis.

 

8. Disiplin Waktu

cara memulai bisnis - disiplin waktu

Bisnis yang dijalankan memiliki ikatan yang erat dengan waktu. Setiap detik yang berjalan akan sangat menentukan perkembangan bisnis kamu di masa mendatang. Oleh karena itu, disiplin waktu merupakan hal yang harus dijaga.

Jangan meremehkan waktu karena beranggapan kalau bisnis yang dijalankan masih baru. Semua rincian strategi dan rencana kerja yang sudah kamu susun seharusnya dijalankan tepat waktu. Jangan biasakan menunda-nunda pekerjaan, karena hal tersebut hanya akan menghambat perkembangan bisnis.

 

9. Terus Belajar

cara memulai bisnis - terus belajar

Sebagai seorang pemula, tentu banyak hal terkait bisnis yang tidak kamu ketahui. Bahkan, pengalaman bisnis kamu juga masih minim, padahal pengalaman merupakan guru yang terbaik. Oleh karena itu, jangan pernah berpuas diri dan merasa cukup dengan ilmu dan pengalaman yang dimiliki.

Oleh karena itu, terus belajar merupakan salah satu cara memulai bisnis dari 0 untuk pemula yang juga perlu kamu terapkan pada diri sendiri.

Mengikuti seminar, sharing dengan sesama pebisnis, bertanya kepada para pebisnis senior, membaca buku-buku seputar bisnis, dan yang lainnya merupakan cara yang bisa kamu lakukan untuk terus belajar mengembangkan kemampuan bisnis yang dimiliki.

Tapi ingat, jangan sampai kamu hanya terkungkung pada ‘belajar’ dan ‘mengumpulkan’ informasi bisnis saja, tapi tidak action sama sekali. Sebanyak apapun ilmu bisnis yang dimiliki, tidak akan ada artinya jika tidak ada action.

Kamu juga harus memfilter ilmu bisnis yang akan dipelajari. Dalam hal ini, ilmu bisnis yang bisa kamu ambil seharusnya yang bisa mendukung bisnis yang sedang kamu kembangkan saja. Hal ini penting untuk menjaga fokus dan pikiran tidak bercabang.

 

Demikianlah penjelasan mengenai 9 cara memulai bisnis dari 0 untuk pemula yang bisa dibagikan kali ini. Agar bisnis yang kamu jalankan bisa berkembang dan memberikan hasil yang sesuai harapan, cobalah terapkan cara-cara yang telah disebutkan di atas.

Baca Juga : 10 Usaha Sampingan yang Mudah dilakukan Siapa saja!

 

Cashbac Easypay

Saat ini kamu bisa lebih berhemat dengan menggunakan Cashbac Easypay!

Cashbac Easypay merupakan fitur terbaru dari Cashbac yang memberikan kemudahan untuk berbelanja tanpa ribet dan tanpa biaya apapun yang berlaku di merchant favorit.

Keuntungan Cashbac Easypay adalah:

– Budget Belanja Jutaan
– Tidak Ada Biaya Tambahan Apapun
– Proses Cepat Bebas Ribet
– Bonus Point Rewards

Keuntungan yang tidak akan kamu dapatkan di tempat lain, apply Cashbac Easypay sekarang juga!