Mengetahui cara menghemat uang setiap hari memungkinkan kamu bisa menyisihkan sebagian uang untuk kebutuhan penting dan mendesak. Banyak sisi hemat yang bisa dilakukan, mulai dari menghemat belanja sehari-hari, biaya bahan bakar kendaraan, biaya hiburan, dan yang lainnya.

Di masa depan, tidak menutup kemungkinan kamu membutuhkan dana yang cukup besar untuk berbagai kebutuhan. Mengandalkan gaji bulanan bukanlah hal yang bijak, karena kebutuhan mendesak biasanya membutuhkan biaya besar.

Jika gaji bulanan kamu tinggi, mungkin tidak terlalu masalah . Tapi jika pas-pasan bahkan tergolong rendah, tentu kamu akan kesulitan mencari solusinya. Ujung-ujungnya, kamu terpaksa mencari utang sana-sini dan menambah beban.

Baca Juga : 6 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga, Ternyata Mudah Lho!

 

Cara Menghemat Uang Setiap Hari

Meskipun berhemat sulit dilakukan khususnya bagi kamu yang belum terbiasa, tips dan cara menghemat uang setiap hari yang akan disebutkan di bawah ini bisa membantu kamu. Apa sajakah tips dan caranya? Yuk simak ulasannya.

1. Alokasikan Gaji Secara Tepat

alokasikan gaji secara tepat

Salah satu cara menghemat uang setiap hari yang paling penting dilakukan adalah mengalokasikan gaji secara tepat. Meskipun gaji yang kamu dapatkan sesuai UMR, tetap akan sulit tersimpan jika kamu tidak pandai mengalokasikannya.

Hitung terlebih dahulu berapa gaji bersih yang kamu dapatkan, lalu sisihkan sekitar 10-20 persen untuk disimpan. Setelah itu, buat daftar pengeluaran bulanan rutin dengan menetapkan skala prioritas. Artinya, dahulukan kebutuhan paling penting dari kebutuhan bulanan Anda selama ini.

 

2. Pangkas Pengeluaran Tidak Penting

pangkas pengeluaran tidak penting

Meskipun kamu memiliki pengeluaran rutin setiap bulan, pasti ada beberapa bentuk pengeluaran yang sebenarnya tidak begitu penting untuk saat itu. Oleh karena itu, agar bisa lebih berhemat, lakukan pemangkasan pengeluaran bulanan yang tidak begitu penting.

Agar lebih tergambar, cobalah membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Beda tipis, tapi memiliki perbedaan yang besar. Kebutuhan adalah hal yang bersifat pasti dan mendesak, sedangkan keinginan hanya bersifat tambahan.

 

3. Buat Rekening Khusus Belanja

buka rekening khusus

Salah satu penyebab kebocoran pengeluaran sehingga biaya belanja lebih besar dikarenakan kamu  menyimpan semua uang dalam satu rekening. Keberadaan ATM menjadikan penarikan simpanan di bank semakin mudah. Akibatnya, kamu tidak memiliki beban sama sekali untuk uang menarik sebanyak apapun yang diinginkan.

Jika kondisinya seperti itu, tentu kamu akan sulit berhemat. Bahkan, uang yang sudah diniatkan sebagai simpanan tanpa terasa ikut terpakai. Oleh karena itu, sebaiknya kamu membuat rekening khusus untuk uang belanja.

Setiap menerima gaji, uang yang sudah disisihkan untuk belanja bulanan langsung dimasukkan ke dalam rekening tersebut. Jadi saat pergi berbelanja, kamu tinggal membawa ATM khusus untuk uang belanja tersebut.

 

4. Kurangi Penggunaan Kartu Kredit

kurangi penggunaan kartu kredit

Menggunakan kartu kredit memang lebih memudahkan dalam berbelanja. Dengan begitu, kamu tidak perlu membawa banyak uang tunai atau ke sana ke mari mencari mesin ATM untuk melakukan penarikan uang tunai.

Tapi kamu akan sulit berhemat jika menggunakan kartu kredit. Berbelanja sebanyak apapun tidak lagi merupakan beban karena tidak terlihat adanya uang yang harus digunakan untuk melakukan pembayaran. Kondisi seperti ini seringkali membuat lalai dan terlena.

Oleh karena itu, mengurani penggunaan kartu kredit merupakan cara menghemat uang setiap hari yang penting untuk dilakukan. Kamu lebih bisa mengatur pengeluaran jika menggunakan uang tunai setiap kali melakukan pembayaran.

Baca Juga : Anti Boros, Cek 7 Tips Agar Bisa Menabung Setiap Hari!

 

5. Jangan Tergoda Belanja Online

jangan tergoda belanja online

Keberadaan e-commerce yang semakin menjamur saat ini menjadikan belanja online semakin mudah. Berbagai kebutuhan bisa dibeli dari e-commerce yang ada. Belum lagi adanya promo menarik yang menawarkan harga murah dan ongkir gratis. Akibatnya, terkadang kamu sulit menahan keinginan untuk membeli barang-barang tersebut, padahal tidak terlalu dibutuhkan.

Selama tidak bisa menahan godaan belanja online, tentu kamu akan kesulitan untuk berhemat. Jangankan untuk menabung, bisa jadi gaji bulanan yang kamu dapatkan malah ludes digunakan untuk berbelanja banyak barang karena memanfaatkan promo yang ditawarkan.

 

6. Lakukan Penghematan Semaksimal Mungkin

menghemat semaksimal mungkin

Melakukan penghematan semaksimal mungkin di berbagai bentuk pengeluaran termasuk salah satu cara menghemat uang setiap hari yang efektif dilakukan. Meskipun nilainya kecil, tapi karena penghematan dilakukan dalam banyak hal, jadi besar juga nilainya.

Salah satu contoh sederhana adalah ketika kamu ingin pergi ke sebuah tempat untuk berbelanja atau yang lainnya. Jika lokasinya tidak terlalu jauh dan masih memungkinkan didatangi dengan berjalan kaki, maka tidak perlu menggunakan kendaraan. Dengan begitu, kamu bisa menghemat bahan bakar. Ujung-ujungnya, kamu menghemat uang untuk pembelian bahan bakar.

 

7. Kurangi Pembelian Kuota Internet

kurangi pembelian kuota internet

Kehadiran smartphone saat ini menjadikan orang-orang semakin mudah mengakses internet. Penggunaan pulsa khususnya yang menyediakan beragam paket hiburan seakan menjadi hal yang ‘wajib’.

Sayangnya, banyak pengguna smartphone kurang bisa mengendalikan dirinya dalam menggunakan internet setiap hari. Tidak peduli sebanyak apapun kuota internet yang digunakan, asal bisa menikmati hiburan setiap saat. Akibatnya, biaya untuk pembelian paket internet setiap bulan menjadi sangat besar.

Jika kamu termasuk orang yang seperti ini, segeralah berhenti. Terlalu memuaskan diri dengan mengakses berbagai jenis hiburan di internet tanpa peduli berapa banyak kuota yang dibutuhkan, menjadikan kamu tidak bisa berhemat.

Kamu juga bisa mencari cara menghemat kuota internet yang banyak bertebaran di dunia maya. Tentu saja hiburan dibutuhkan, tapi seperlunya saja dan tidak berlebihan. Ini juga termasuk salah satu cara menghemat uang setiap hari yang efektif dilakukan.

 

8. Jangan Sering Makan di Luar

jangan sering makan diluar

Banyak orang lebih suka makan di luar setiap hari karena beralasan tidak memiliki waktu untuk memasak.  Meskipun kenyataannya demikian, tapi makan di luar atau membeli makanan siap santap hanya akan menjadikan pengeluaran bulanan kamu semakin besar.

Jika ingin berhemat, sebaiknya masak sendiri. Tidak perlu manual, karena saat ini sudah ada rice cooker menanak nasi. Sedangkan untuk lauknya, tinggal beli di luar jika tidak sempat atau tidak pandai membuatnya sendiri. Bagaimanapun, cara ini masih lebih hemat dibandingkan makan di luar atau membeli makanan siap santap.

 

9. Evaluasi Keuangan Secara Berkala

evaluasi keuangan berkala

Tetapkan jangka waktu tertentu untuk melakukan evaluasi keuangan secara berkala.Bisa setiap bulan, sekali dalam dua bulan, dan seterusnya. Evaluasi tersebut dilakukan dengan melihat daftar pengeluaran bulanan.

Dengan melakukan evaluasi, kamu bisa melihat kondisi pengeluaran bulanan selama ini. Jika terdapat kebocoran dalam pengeluaran rutin akibat membeli barang-barang yang tidak begitu penting dan mendesak, kamu bisa mengetahuinya. Dengan sebab itu, kamu bisa melakukan pembenahan dan perbaikan di bulan berikutnya.

Baca Juga : Cara Mengatur Keuangan Bulanan dengan Mudah

Itulah tips dan cara menghemat uang setiap hari yang efektif dilakukan. Meskipun terasa sulit di awal kali melakukannya, tapi lambat laun akan terbiasa juga. Dengan menghemat pengeluaran sehari-hari, kamu bisa menyisihkan sebagian uang untuk ditabung.

 

Tentang Aplikasi Cashbac

cashbac app
Untuk berbelanja gunakan selalu Cashbac, aplikasi yang memberikan instant rewards di ribuan merchant yang sudah bekerjasama seperti McDonald’s, Solaria, Chatime, Kopi Kenangan, Alfamart, FamilyMart, Gramedia, ACE Hardware, IrwanTeam, Gorjes, dan masih banyak lagi. Dengan aplikasi Cashbac, pengalaman berbelanja kamu akan lebih menyenangkan.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya baca di artikel berikut:

Aplikasi Rewards Terbaik di Indonesia

Download sekarang Cashbac, aplikasi rewards terbaik di Indonesia!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store
CASHBAC FOODFEST - BONUS POINTS 50%