Kopi termasuk jenis minuman yang memiliki cita rasa khas dan nikmat yang dibuat dari bahan dasar biji kopi asli yang sudah disangrai kemudian dihaluskan hingga berbentuk bubuk. Selama ini mungkin banyak orang yang hanya mengenal kopi jenis arabika dan robusta, namun ternyata ada banyak jenis kopi yang memiliki cita rasa yang kuat di dunia.

Baca Juga : 12 Menu Kopi Terenak di Jakarta yang Kekinian

 

Beragam Jenis Kopi di Dunia

Beberapa jenis kopi di bawah ini mungkin belum familiar. Namun berikut macam-macam kopi di dunia yang perlu kamu ketahui :

1. Kopi Robusta

kopi robusta

Kopi jenis ini berasal dari negara Afrika Utara, yang biasanya tumbuh di dataran lebih rendah, sehingga bisa tumbuh baik dalam suhu yang lebih tinggi. Bahkan produksi kopi jenis ini berkontribusi sebanyak 30% dari jumlah produksi kopi total di dunia, dengan Vietnam sebagai pengekspor terbesar.

Robusta memiliki rasa yang tajam atau pahit, yang memiliki karakter rasa dari karet dan kayu. Biasanya rasa pahit yang dihasilkan berasal dari kadar kafein yang terkandung didalamnya yang lebih tinggi. Indonesia juga mempunyai kopi jenis Robusta, salah satunya adalah robusta Lampung.

Jenis kopi robusta Lampung memiliki aroma kuat dan tegas, dengan rasa yang smooth dan bertekstur utuh. Karakter ini biasanya yang menjadikan kopi khas Lampung ini menjadi pilihan yang pas sebagai kopi blend.

 

2. Kopi Arabika

kopi arabika

Sebenarnya kopi Arabika termasuk salah satu yang paling populer. Bahkan kopi jenis ini hampir dapat dijumpai di setiap negara. Wajar jika kopi Arabika menguasai pasar sampai 80% dari total produksi kopi di pasaran. Cita rasa arabika juga termasuk yang ternikmat dari cita rasa kopi yang ada.

Kopi Arabika adalah jenis kopi yang ditemukan pertama kali di Ethiopia, lalu disebarkan bangsa Arab hingga ke seluruh penjuru dunia. Maka dari itu, dinamakan sebagai Coffee arabica.

Kopi jenis ini biasanya tumbuh di dataran tinggi dengan ketinggian berkisar antara 3.000-7.000 mdpl. Daerah ideal tempat pertumbuhan jenis Arabika adalah daerah subtropic. Karena biasanya daerah ini memiliki tekstur tanah gembur, paparan matahari yang cukup, dengan curah hujan yang merata.

Tingkat keasaman kopi Arabika lebih tinggi daripada kandungan kafeinnya. Di samping itu, kopi ini memiliki warna seduhan yang tidak begitu kental dengan aroma yang memikat dan sangat wangi. Kopi jenis arabika juga berasal dari 2 varietas, diantaranya varietas Bourbon dan Typica.

 

3. Kopi Gayo

kopi gayo

Bagi masyarakat Indonesia, jenis kopi ini nampaknya sudah tidak asing lagi. Karena kopi Gayo adalah salah satu kopi khas dari Indonesia, tepatnya beasal dari Aceh, di Tanah Gayo. Memiliki rasa yang nikmat dan aroma yang begitu harum, dengan cita rasa yang lezat berkelas dunia.

Kopi jenis ini ditanam di area dataran tinggi. Bahkan tidak hanya di Indonesia, tetapi kopi Gayo juga populer hingga di berbagai negara, termasuk wilayah Eropa dan Amerika Serikat.

 

4. Kopi Catimor

kopi catimor

Kopi catimor juga termasuk yang populer di dunia, sebagai hasil persilangan antara kopi robusta dan arabika. Dilihat dari bentuknya, kopi catimor mirip seperti kopi arabika, hanya saja dari rasanya sendiri, catimor memiliki rasa seperti kopi robusta.

Masih belum banyak orang yang mengenal jenis kopi ini. Persilangan antara arabika dengan robusta sendiri menghasilkan sebuah tanaman kopi berukuran kecil dan berkualitas tinggi. Bahkan kopi ini seringkali disebut sebagai kopi arabusta.

 

5. Kopi Kolombia

kopi kolombia

Kopi kolombia termasuk kopi yang populer. Bahkan Kolombia, sebagai negara asal kopi jenis ini, termasuk negara pengekspor tanaman kopi terbesar yang ada di dunia. Kolombia memiliki suhu yang sejuk dengan tanah subur di area sekitar pegunungannya, sehingga sangat ideal untuk pertumbuhan kopi.

Kopi Kolombia biasanya menghasilkan kopi jenis Arabika. Jenis kopi ini mempunyai karakteristik lembut, rasa yang tidak begitu pahit dan aromatic. Di samping itu, kopi ini juga mempunyai rasa fruity dan nutty yang memikat saat meminumnya.

 

6. Kopi Liberika

kopi liberika

Kopi jenis Liberika tumbuh pertama kali di Kawasan daratan Afrika, mulai dari Liberia, kemudian Uganda, Angola dan akhirnya kini telah menyebar sampai ke Asia Tenggara, termasuk Filiphina dan Indonesia.

Kopi Liberika dapat tumbuh di Kawasan dataran rendah pada ketinggian hanya 2 Mdpl saja. Kelebihan kopi jenis ini adalah bisa tumbuh dan bertahan hidup pada tanah gambut. Mempunyai karakter yang unik dan tidak dimiliki kopi jenis lainnya di dunia, terutama dari aromanya yang khas.

Umumnya kopi mempunyai rasa rempah atau buah yang melekat. Namun justru kopi Liberika cenderung memiliki aroma rasa sayuran dan ubah Nangka. Di samping itu juga ada rasa nutty, cokelat dan smoky.

Karena memiliki aroma yang begitu khas, sehingga membuat kopi jenis ini dapat dibedakan dari kopi Arabika atau Robusta lainnya. Rasa pahitnya lebih kental dan menyengat tajam. Kopi Liberika dapat dinikmati dengan campuran susu agar rasa pahi dan aroma tajamnya bisa tertutupi.

Selain itu, kopi ini juga seringkali dijadikan campuran kopi robusta sebagai penambah aroma pada kopi.

 

7. Kopi Kintamani

kopi kintamani

Kopi kintamani adalah salah satu jenis kopi khas dari Indonesia lainnya. Indonesia memang berkontribusi menghasilkan berbagai jenis kopi yang memiliki ciri khas tersendiri. Kopi Kintamani sendiri adalah kopi khas dari pulau Bali yang telah mendunia.

Kopi Kintamani termasuk salah satu jenis Arabika yang memiliki keunikan tersendiri. Rasanya manis dan lembut, sehingga menjadi karakteristik kopi jenis ini.

Jenis kopi dari Bali ini telah diolah dengan cara organik, sehingga wajar jika termasuk ke dalam kopi terbaik yang ada di Pulau Bali. Kopi ini ditanam di area yang sejuk dengan sistem pengairan baik, menjadikan biji kopinya lebih berkualitas.

Biji dari kopi Arabika sebagai penghasil kopi Kintamani diambil dari biji berkualitas dan pilihan terbaik. Kamu bisa merasakan keunikan dari cita rasa dan aromanya. Rasanya ada sedikit fruity sebab biji kopi tersebut tumbuh di Kawasan yang ditanami oleh banyak buah-buahan.

 

8. Kopi Toraja

kopi toraja

Sesuai namanya, kopi Toraja juga termasuk salah satu jenis kopi dari Indonesia, yakni dari Tanah Toraja, Sulawesi. Memiliki cita rasa khas kombinasi antara rempah dan beri. Kopi Toraja memiliki aroma kayu manis dan rempah yang cukup kuat. Sesudah kamu menikmati kopi jenis ini, kamu akan merasakan cita rasa dari dark chocolate yang kental.

Baca Juga : Kopi Toraja Yang Eksotis, Kenali Yuk Dari A-Z

 

9. Kopi Luwak

kopi luwak

Popularitas kopi luwak nampaknya sudah merambah hingga ke seluruh dunia. Kopi jenis ini memiliki harga jual tinggi sebab proses pembuatannya cukup rumit. Kopi luwak adalah sejenis kopi dari biji yang dikonsumsi Luwak. Untuk selanjutnya kotoran luwak dengan kandungan biji kopi tersebut inilah yang diolah.

Baca Juga : Manfaat Kopi Bagi Kesehatan dan Kecantikan!

Banyaknya jenis kopi di atas tentu saja semakin menambah cita rasa kopi yang beragam karena terbuat dari varietas dan jenis yang berbeda. Selain itu, masing-masing kopi tersebut memiliki keunikan baik dari segi cita rasa maupun aromanya yang bisa kamu nikmati.

 

Tentang Aplikasi Cashbac

cashbac app
Untuk berbelanja gunakan selalu Cashbac, aplikasi yang memberikan instant rewards di ribuan merchant yang sudah bekerjasama seperti McDonald’s, Solaria, Chatime, Kopi Kenangan, Alfamart, FamilyMart, Gramedia, ACE Hardware, IrwanTeam, Gorjes, dan masih banyak lagi. Dengan aplikasi Cashbac, pengalaman berbelanja kamu akan lebih menyenangkan.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya baca di artikel berikut:

Aplikasi Rewards Terbaik di Indonesia

Download sekarang Cashbac, aplikasi rewards terbaik di Indonesia!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store
CASHBAC FOODFEST - BONUS POINTS 50%