Saat puasa sering merasa lesu, lemas dan tidak bertenaga? Mungkin sudah saatnya kamu mengganti makananmu dengan menu buka puasa sehat. Jika selama ini makan hanya asal kenyang, ubah mindset tersebut mulai sekarang yuk! Hal itu karena makan tidak hanya untuk membuat perut kenyang saja lho, tapi juga membuat tubuh sehat. Jika mindset makan hanya untuk mengenyangkan, yang kamu dapatkan cuma kenyang saja, padahal tubuh kamu membutuhkan banyak nutrisi untuk membuatnya tetap sehat dan berstamina.

Nah, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah berbuka dengan makanan sehat. Kamu juga bisa mengimbanginya dengan olahraga. Tubuh yang aktif bergerak akan lebih lincah dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Baca Juga : Coba Cemilan Buka Puasa Ini, Menggugah Selera!

 

9 Menu Buka Puasa Sehat

Lalu apa saja sih menu buka puasa sehat tersebut? Yuk simak di bawah ini!

Kurma

menu buka puasa sehat kurma

Di urutan pertama ada kurma. Buah favorit Nabi Muhammad yang satu ini menjadi menu wajib yang menyehatkan dan harus ada saat berbuka puasa.  Agar mendapatkan manfaat yang maksimal dan tidak berubah menjadi gula kamu bisa mengkonsumsi kurma sebanyak tiga buah dan jangan makan berlebihan. Kurma terbaik yang bisa kamu coba adalah Ajwa yang sangat disukai Nabi Muhammad SAW. Selain dikonsumsi secara langsung, kamu juga bisa mengolah kurma ini menjadi minuman yang menyehatkan seperti susu kurma dan air nabeez.

 

Sayuran Hijau

menu buka puasa sehat sayuran hijau

Sayuran hijau menjadi menu buka puasa sehat yang tidak boleh kamu lewatkan. Sayuran yang satu ini mengandung klorofil yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh kamu. Ada banyak sekali sayuran hijau yang bisa kamu temukan seperti bayam, kangkung, sawi, seledri, brokoli, pakcoy dan masih banyak lagi lainnya.

Dalam sayuran tersebut kamu bisa mencukupi kebutuhan serat, vitamin, mineral dan nutrisi lainnya dalam tubuh kamu.  Kamu juga bisa menjadikan sayuran hijau ini sebagai menu sahur, dijamin kamu kenyang lebih lama. Agar nutrisinya tidak berkurang, proses memasak sayuran juga harus benar. Jangan masak terlalu lama karena menyebabkan nutrisi yang terkandung didalamnya ini menjadi berkurang bahkan hilang sama sekali.

Sayuran hijau juga lebih diterima oleh lambung dibandingkan dengan makanan lainnya. Saat kamu puasa, lambung beristirahat. Hal itu membuat ukuran lambung menyusut dan produksi enzim pencernaan berkurang. Bisa dibayangkan jika kamu langsung mengkonsumsi makanan berat, lambungmu akan shock. Jika dilakukan terus menerus, lambung akan bermasalah di kemudian hari. Maka dari itu, kamu disarankan untuk mengkonsumsi sayuran ketika berbuka karena sayuran mudah dicerna.

 

Puding

menu buka puasa sehat puding

Ingin menu yang sehat tapi juga menyegarkan? Puding bisa menjadi pilihan yang tepat lho. Puding juga mudah diterima oleh lambung setelah sekian lama lambungmu kosong. Selain itu, puding juga akan melancarkan pencernaan karena kaya akan serat dan nutrisi. Kamu bisa membuat puding buah atau puding susu yang terbukti sehat dan segar. Tekstur puding yang lembut membuat kamu ingin memakannya lagi dan lagi.

 

Oatmeal Susu

menu buka puasa sehat oatmeal susu

Menu buka puasa sehat yang bisa kamu jadikan pilihan selanjutnya adalah oatmeal susu. Saat berpuasa, dorongan ingin mengkonsumsi aneka makanan semakin besar. Kamu sudah punya rencana berbuka dengan makanan A,B,C, dan sebagainya. Sayangnya keinginan tersebut membuat pola makanmu menjadi tidak sehat dan asal. Bahkan membuat kamu kekenyangan.

Saat kekenyangan terjadi kamu jadi tidak semangat ngapa-ngapain dan ujung-ujungnya hanya rebahan dan malas-malasan. Nah, agar hal itu tidak terjadi ada baiknya jika kamu mulai merancang menu sehat untuk berbuka puasa.

Kamu bisa mengkonsumsi oatmeal yang dicampurkan susu untuk makanan berbuka mu. Oatmeal gandum sangat bagus untuk pencernaan dan membuat lambung menjadi lebih sehat. Bahkan kamu bisa menjadikan oatmeal ini sebagai menu diet mu.

 

Smoothies

menu buka puasa sehat smoothies

Menu buka puasa yang satu ini memang simpel namun mengenyangkan. Dengan efek ini, keinginan kamu untuk ngemil sehabis berbuka menjadi berkurang. Smoothies juga cocok buat kamu yang ingin menurunkan berat badan atau ingin menjaga berat badan lebih stabil.

Untuk membuat smoothies, kamu bisa mencampurkan berbagai macam buah serat tinggi seperti strawberry, alpukat, pisang dan sebagainya. Kamu juga bisa mencampurkannya dengan biji-bijian yang kaya akan serat. Dengan konsumsi smoothies dijamin energi yang hilang saat puasa akan kembali lagi.

 

Nasi Jagung dan Sayur

menu buka puasa sehat nasi jagung

Nasi jagung menjadi menu buka puasa yang tidak hanya sehat namun juga irit. Nasi jagung juga terbukti mengenyangkan karena memiliki kandungan serat tinggi. Dibandingkan dengan nasi putih, nasi jagung terbukti lebih sehat karena rendah gula dan kalori. Yang lebih menakjubkan, nasi jagung juga bisa mencegah anemia karena kaya akan zat besi.

Cara membuatnya tidak memerlukan waktu lama.  Kamu hanya perlu mencampurkan beras jagung instan dengan beras putih. Perbandingannya 3:1, jika beras jagung 3 takar, beras putih ini 1 takar. Kamu bisa memakan nasi jagung ini dengan ikan asin, sayur dan lauk lainnya.

 

Fresh Salad

menu buka puasa sehat fresh salad

Menu sehat selanjutnya fresh salad. Meski belum banyak yang mengkonsumsi, fresh salad terbukti menjadi makanan yang menyehatkan. Sudah banyak artis yang mengkonsumsi raw salad untuk membuat kulitnya tetap sehat, segar dan kencang. Bahkan makanan yang satu ini banyak dijadikan sebagai menu diet dan menjaga berat badan menjadi ideal. Tidak hanya itu lho, fresh salad juga bisa menghindarkan kamu dari bakteri dan virus berbahaya.

 

Kentang Rebus

 

Menu sehat selanjutnya adalah kentang rebus. Mengkonsumsi kentang rebus sangat bagus untuk memelihara kesehatan tubuh. Kalori yang rendah membuat kentang tidak membuat kamu gemuk. Alasan mengapa kentang menjadi salah satu menu buka puasa sehat adalah termasuk karbohidrat yang kompleks, kamu bisa mengembalikan energi hilang ketika kamu seharian berpuasa. Kentang ini juga menjadi makanan sehat untuk penderita diabetes karena rendah kalori dan gula.

 

Sup Kacang Merah

menu buka puasa sehat kentang rebus

Daftar menu buka puasa sehat terakhir ada sup kacang merah.  Makanan yang satu ini sangat cocok menjadi menu berbuka puasa kamu karena rasanya segar dan berkuah. Saat kamu membuat sup kacang merah, kamu bisa menambahkan sayuran lain agar cita rasa lebih meningkat.

Baca Juga : 8 Tips Diet Saat Puasa, Efektif dan Aman!

 

Puasa Sehat dan Hemat Bersama Cashbac!

Di bulan puasa Ramadhan ini, ada banyak sekali promo yang bisa kamu dapatkan dari aplikasi Cashbac, diantaranya adalah:

cashback mcdonald's e-voucherE-Voucher McDonald’s 25 Ribu Seharga 1 Point Cashbac


cashback mcdeliveryPromo Bank Ramadan


cashback mcdeliverySahur & Buka Puasa Hemat dengan McDelivery


cashbac kawan lama 75 ribuHemat 75.000 Beli Perabotan


Rewards Menarik dari Bank

Sekarang sudah bukan zamannya lemah, letih, lesu dan tidak bertenaga karena puasa. Hal itu karena beberapa menu buka puasa sehat diatas bisa kamu jadikan sebagai menu andalan dan pilihan, menu yang sehat membuat kamu lebih bersemangat karena nutrisi tubuh bisa kamu tercukupi dengan mengkonsumsi makanan tersebut, agar semakin berstamina imbangi dengan olahraga dan bergerak agar otot tidak menjadi kaku dan sendi menjadi lebih kuat, semoga informasi ini bermanfaat ya! Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1443H!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store
CASHBAC FOODFEST - BONUS POINTS 50%