Pasti kamu pernah mengalami masalah pada wajah bukan? Sepertinya permasalahan wajah sudah menjadi permasalahan semua orang. Apa aja sih masalah-masalah yang biasa dihadapi? Masalah wajah yang biasa terjadi seperti timbulnya milia (bintik-bintik kecil yang timbul di bagian bawah mata, pipi atau jidat), jerawat, kulit kering, kusam, dan masih banyak lagi.

Siapa sih yang gak kepingin punya wajah yang bersih dan cerah? Baik perempuan ataupun laki-laki pasti menginginkan wajah yang jauh dari bintik-bintik serta jerawat. Tapi sayangnya nggak semua orang terlahir dengan memiliki wajah yang bersih dan cerah bukan? Perlu usaha ekstra untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Banyak orang yang pergi ke dokter kecantikan atau memakai rangkaian produk kecantikan untuk hasil yang lebih cepat.

Hasil yang lebih cepat belum tentu solusi yang tepat. Tidak sedikit orang yang tidak cocok dengan rangkaian produk atau dokter kecantikan yang mereka pakai, terkadang kulit menjadi lebih sensitif bahkan bisa makin parah yang memberikan efek berbahaya bagi kesehatan. Dari pada menggunakan produk kecantikan atau mengunjungi dokter yang belum kamu ketahui kualitasnya, lebih baik kamu menggunakan ramuan tradisional alami yang bisa kamu buat di rumah.

Cantik Alami dengan 9 Ramuan Tradisional

Ramuan tradisional bikin cantik alami

Niat ingin tampil cantik dengan cara yang praktis, malah jadi menimbulkan iritasi atau alergi pada wajah. Jangan buru-buru untuk menentukan pilihan produk atau dokter kecantikan untuk wajahmu jika ramuan tradisional saja bisa membuat wajah kamu tampil cantik alami.

Ada banyak bahan makanan juga yang dapat kamu digunakan untuk perawatan kecantikan. Selain serasa treatment di salon atau tempat perawatan kecantikan lainnya, hal ini juga bisa membantu kamu dalam menghemat uang. Tak ada salahnya kan mencoba perawatan alami di rumah? Yuk, simak 9 ramuan tradisional yang bisa kamu bikin sendiri di rumah.

Baca Juga: Inilah 8 Rahasia Muka Glowing Alami ala Artis Korea!

 

1. Masker Lemon dan Madu

Masker lemon madu

Ternyata, lemon memiliki manfaat mencerahkan kulit wajah dan menyamarkan noda hitam, sedangkan madu bisa menjaga kekenyalan kulit dan melembabkan kulit wajah lho. Tau nggak kalau madu juga bersifat antibakteri dan lemon bersifat asam yang bisa mengeksfoliasi kulit? Banyak kan manfaatnya? Masker dari campuran lemon dan madu ini bisa melembabkan kulit, mencegah sel kulit mati, mengatasi bintik-bintik hitam pada wajah serta membasmi jerawat!

Cara membuat masker lemon dan madu: Kamu hanya perlu memotong buah lemon menjadi 2 bagian dan membuang bijinya. Gunakan 1/2 bagian kemudian balurkan madu sebanyak satu sendok teh ke potongan lemon. Setelah itu, usap bagian lemon ke wajah kamu dan diamkan selama 5 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan seminggu 3x untuk hasil yang maksimal.

Eits, tunggu dulu. Campuran madu dan lemon juga bisa kamu gunakan untuk mencerahkan bibir kamu lho. Kamu hanya perlu mencampurkan tetesan madu dan estrak lemon kemudian ulas bibirmu selama 1 jam. Kamu akan mendapatkan bibir yang lembut, segar dan cerah. Selamat mencoba!

 

2. Masker Putih Telur dan Madu

Sudah pada tau dong kalau putih telur dan madu juga memiliki banyak manfaat untuk wajah? Nyatanya, putih telur dapat bisa membantu mengencangkan kulit, mencegah munculnya jerawat serta dapat memutihkan kulit lho! Sedangkan madu, dapat melembabkan kulit, membuat wajah lebih kenyal dan menghilangkan bekas jerawat. Ini ramuan tradisional yang pas untuk kamu coba di rumah!

Cara membuat masker putih telur dan madu: Siapkan 1 butir telur, dan pisahkan bagian putih dan kuningnya. Ambil bagian putih telur dan campurkan dengan setengah sendok teh madu, kocok hingga menyatu. Oleskan ramuan tradisional ini ke wajahmu dan biarkan selama 15 menit hingga kering kemudian bilas dengan air hangat. Kamu bisa lakukan ini 2x seminggu secara rutin untuk mendapati hasil yang kamu inginkan.

Ramuan tradisional ini juga bisa membantu kamu mengusir komedo dengan cepat lho! Kamu hanya perlu melakukan cara yang sama di bagian hidung, lakukan hingga olesan mengering dan bilas dengan air hangat. Dijamin, komedo akan terangkat!

 

3. Masker Oatmeal dan Pisang

Kamu bisa coba perawatan alami dengan ramuan tradisional, salah satunya dengan masker oatmeal dan pisang. Tau nggak kalau pisang bisa bantu mengangkat sel kulit mati? Kandungan asam pada pisang membuat kulit mati terangkat, sementara kandungan zat besi pada oatmeal dapat melancarkan peredaran darah. Campuran buah pisang dengan oatmeal menghasilkan manfaat yang bagus untuk kulit, yaitu kulit akan terasa lebih cerah, bercahaya, bersih dan lembut.

Cara membuat masker oatmeal – pisang : Siapkan satu buah pisang dan oatmeal. Haluskan buah pisang sambil memasukkan oatmeal sedikit demi sedikit hingga pisang dan oatmeal tercampur. Setelah ramuan tradisional ini merata, oleskan pada wajah dan diamkan selama 10-15 menit. Bilas dengan air hangat dan tepuk-tepuk wajah untuk hasil yang maksimal. Lakukan perawatan ini secara rutin sebanyak sekali seminggu.

Selain itu, campuran oatmeal dan pisang juga dapat mengecilkan pori-pori dan menunda penuaan dini. Wah, banyak banget kan khasiatnya?

Baca Juga: Inilah Cara Memuluskan Wajah yang Gampang Dilakukan!

 

4. Masker Oatmeal dan Yogurt

Oatmeal memang makanan yang sehat untuk kamu yang sedang diet. Namun, ternyata oatmeal juga memiliki manfaat yang baik bagi kulit wajah. Jadi, kamu bisa mencampurkan oatmeal dengan bahan lainnya agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Karena yogurt merupakan produk olahan susu, pastinya yogurt mengandung kalsium dan zinc yang mana keduanya bermanfaat untuk mencegah kulit kering dan dapat membantu mengatasi masalah kulit wajah. Jika kamu menggunakan oatmeal dan yogurt sebagai masker perawatan wajah, kamu akan mendapati kulit yang sehat dan bersinar alami.

Cara membuat masker oatmeal dan yogurt: Ini adalah resep masker oatmeal lainnya yang tidak menggunakan pisang, melainkan yogurt. Campurkan dua sendok oatmeal dan satu sendok yogurt. Kemudian oleskan racikan ke wajah dengan kondisi bersih dan kering. Diamkan 10-15 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin ya!

 

5. Green Tea Facial Steam

Cara cantik alami satu ini sangat mudah untuk kamu lakukan di rumah. Sebelumnya, kita cari tahu dulu yuk apa manfaat dari facial uap dan teh hijau untuk wajah!

Facial uap atau facial steam bisa membantu kamu dalam mengatasi jerawat, komedo, kulit kusam dan kulit berminyak. Hangatnya uapan bisa membuat kulit kamu lebih kenyal dan lebih mudah mengangkat kotoran pada wajah. Sedangkan teh hijau berperan sebagai antioksidan. Teh hijau juga memiliki kandungan vitamin E yang sangat bermanfaat bagi kulit, yaitu menghaluskan dan dapat mengangkat sel kulit mati.

Caranya: Siapkan air yang mendidih, wadah, dan juga handuk. Masukkan air yang sudah mendidih ke dalam wadah dan taburkan beberapa helai daun teh hijau. Posisikan wajahmu hingga terkena uap dari air mendidih tadi, dan tutuplah kepala dengan handuk kecil agar lebih terasa uapnya. Kamu bisa menahan posisi tersebut selama 10-15 menit. Jangan lupa tutup mata ya! Karena steam juga memiliki manfaat positif untuk mata.

 

6. Ampas Kopi

ramuan tradisional ampas kopi

Pasti kamu pernah mendengar, kalau ampas kopi juga bisa bikin kulit terlihat lebih cerah bukan? Daripada dibuang, mendingan kamu pakai ampas kopimu untuk merawat kulit. Atau, kamu juga bisa menggunakan bubuk kopi sebagai scrub baik untuk wajah ataupun seluruh tubuh.

Cara membuat scrub: Jika kamu ingin scrub dengan ampas kopi, kamu bisa langsung menggunakan ampas kopi tersebut ke bagian wajah atau tubuhmu. Jika kamu tidak sempat menyisihkan ampas kopimu, kamu bisa pakai bubuk kopi yang utuh dan campur dengan bahan lainnya seperti gula atau garam. Kemudian, kamu bisa beri sedikit minyak kelapa atau minyak zaitun untuk mencampurkan semua bahan, dan jadilah scrub!

Hanya dengan menggosokkan ke bagian tubuh yang kamu inginkan, kamu bisa bikin kulitmu terlihat lebih cerah dan mengangkat kulit-kulit mati serta dapat meremajakan kulit. Kopi juga dapat membantu menghilangkan racun dari kulit kamu lho!

 

7. Lotion Madu

Selain menyehatkan tubuh, madu juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Tidak hanya bermanfaat untuk wajah, tapi madu juga bagus untuk kulit. Rupanya, madu juga bisa kamu gunakan untuk dibuat menjadi lotion alami untuk perawatan kulit, khususnya untuk kamu yang memiliki kulit kering.

Cara membuat lotion madu: Campurlah satu sendok teh minyak zaitun dengan satu sendok madu dan sedikit air lemon. Aduk semua racikan hingga merata, dan lotion siap digunakan. Kamu hanya perlu mengusapkan racikan tradisional ini di seluruh permukaan kulit tubuh setiap hari setelah mandi.

Baca Juga: Mudah Dilakukan, Yuk Coba Cara Mengatasi Kulit Belang Ini

 

8. Baking Soda dan Lemon

Kali ini kita akan membahas bagaimana cara cantik alami menggunakan baking soda dan lemon. Tips-tips di atas sudah membahas bagaimana cara merawat wajah dan kulit, sekarang waktunya kita untuk merawat gigi agar bisa tampil pede dengan gigi putihmu.

Cara alami memutihkan gigi: Siapkan baking soda dan lemon. Sediakan wadah untuk membuat racikan pemutih gigi ini, kemudian ambil satu sendok teh baking soda dan perasan lemon sedikit demi sedikit hingga menjadi pasta. Gunakan ramuan tradisioanl ini sebagai pasta gigi. Mudah kan?

Racikan ini bisa kamu gunakan untuk menghilangkan noda rokok, kopi, dan teh di gigi kamu lho! Tunggu apa lagi? Yuk, cobain racikan baking soda dan lemon ini untuk mendapatkan hasil gigi yang putih biar kamu makin percaya diri.

 

9. Vinegar Foot Bath

Emang paling enak menghabiskan akhir pekan dengan mereleksasi tubuh. Mau tau bagaimana cara alami untuk memanjakan diri di akhir pekan?

Caranya: Kamu hanya perlu merendamkan kaki lelahmu di baskom yang berisikan air hangat dan secangkir cuka apel. Dengan begitu kakimu akan merasa lebih relax dan bersih pastinya. Kamu lakukan ini seminggu sekali. Lumayan kan, bisa spa dengan mudah di rumah!

 

Cantik Alami, Tanpa Repot dengan Cashbac!

Tampil cantik alami memang menjadi dambaan semua wanita. Tips-tips di atas bisa banget nih bikin kamu cerah bersinar, mulus tanpa jerawat. Tapi kamu ngerasa ribet dan nggak punya waktu untuk lakuin tips-tips di atas? Kalau iya, kamu bisa datangi salon-salon kecantikan yang ada di sekitar kamu. Takut boros? Tenang aja! Cashbac selalu punya solusi buat kamu yang nggak mau ribet tanpa bikin kantong jebol.

Sekarang ini lagi ada promo Relax n’Rejuvenate dari Cashbac lho! Itu artinya, kamu bisa menangin kesempatan buat dapetin rewards 50%! Menarik banget kan? Kamu bisa pakai promo ini hingga 31 Maret 2020. Catet tanggalnya ya, biar nggak kelewatan!

Kamu bisa pakai promo ini di tempat perawatan kecantikan mulai dari perawatan wajah, kulit, gigi, hingga spa di merchant-merchant favorit kamu, seperti Taman Sari Royal Heritage Spa, Smilexpress Teeth Whitening Studio & Dental Clinic dan masih banyak lagi. Nggak cuma itu, kamu juga bisa nikmatin promo ini di merchant-merchant Lifestyle, Health & Beauty, Salon, dan lainnya.

Cashbac emang selalu punya promo-promo menarik! Kamu juga bisa paka Cashbac di puluhan ribu merchant. Yuk, pakai Cashbac karena cuma Cashbac yang bikin kamu mudah dalam  segala kegiatan, dan yang paling penting nggak bikin kantong jebol!

Selalu ada rewards dengan Cashbac. Selamat memanjakan diri bersama Cashbac!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store