Alat-alat tulis memiliki peranan yang sangat penting bagi kehidupan, mulai dari bangku sekolah, kuliah, hingga pegawai kantoran biasanya memerlukan alat tulis.

Bagi anak sekolah, alat tulis tentu saja berguna untuk mencatat pelajaran sekolah, mengisi ulangan dan mengerjakan PR. Begitupun dengan anak kuliahan, alat tulis biasanya dibutuhkan untuk menulis materi mata kuliah, berhitung dan masih banyak lagi.

Sementara bagi pekerja kantoran atau perusahaan biasanya alat tulis digunakan untuk mencatat keperluan administrasi, merekap laporan keuangan, mencatat notulen saat rapat dan keperluan lainnya. Meskipun kini sudah marak penggunaan pencatatan secara digital, namun peranan alat tulis sampai detik ini masih digunakan.

Baca Juga : 8 Jenis Alat Tulis Kantor, Harus Tersedia Selama WFH!

 

Manfaat Alat Tulis

manfaat alat-alat tulis

Dengan adanya alat-alat tulis di atas tentu sangat membantu pekerjaan atau aktivitas belajar bagi anak sekolah, kuliahan karyawan kantor. Alat tulis bisa membantu menciptakan gagasan dan ide-ide baru melalui pensil atau pena. Apalagi bagi anak kuliahan yang mengambil jurusan seni lukis.

Selain itu, berbagai alat tulis dapat dipakai untuk menunjang kreativitas seseorang agar bisa menghasilkan sebuah karya yang unik dan berbeda dari yang lainnya. Adanya alat tulis juga bisa membantu mencatat materi-materi penting saat di sekolah atau di bangku kuliah dan membantu mengingat siswa maupun mahasiswa saat belajar.

Berbagai inovasi menarik juga bisa hadir melalui alat tulis, ketika seseorang memiliki ide dalam pengembangan perusahaan misalnya. Maka terlebih dahulu mereka menggunakan alat tulis untuk merancang sesuatu seperti halnya pensil atau pulpen dan kertas. Baru setelah konsep yang dikembangkan berhasil, kamu bisa mengajukannya ke atasan.

 

Alat-alat Tulis yang Berguna untuk Kita Semua

Berikut ini adalah beberapa alat-alat tulis yang seringkali digunakan anak sekolah, kuliah dan kantoran :

1. Pensil

alat-alat tulis - pensil

Alat tulis yang paling penting, terutama bagi anak sekolahan dan kuliahan adalah pensil. Pegawai kantor juga seringkali membutuhkan pensil untuk rekapan laporan keuangan sementara sebelum data fix. Karena bisa dihapus dengan mudah tanpa harus dicorat-coret.

Sementara bagi anak sekolah dan kuliahan biasanya pensil digunakan untuk menulis maupun menggambar. Pensil bisa membantumu menyelesaikan berbagai macam tugas sekolah dan kuliah, apalagi bagi mahasiswa semester baru.

Pensil grafit merupakan pensil isian yang berwarna hitam, dan biasanya digunakan sejak di bangku SD. Sementara itu, pensil grafit sendiri terbagi ke dalam beberapa jenis sesuai dengan tingkat kelunakannya.

Beberapa diantaranya ada pensil lunak mulai dari pensil 2B-7B, lalu ada pensil sedang dari HB,B, H, 2H, F, dan 3H, serta pensil keras mulai dari 4H-9H. Biasanya semakin lunak pensil tersebut, maka akan kehitaman pensil akan semakin tebal. Jadi sebagai saran, kamu hanya perlu menggunakan pensil 2B-7B, B, atau H.

Sedangkan pensil warna sendiri ialah pensil yang isiannya warna-warni, dipakai untuk mewarnai bidang atau gambar. Pensil warna umumnya dibedakan ke dalamĀ  jenis, yaitu pensil warna pastel, watercolour dan pensil warna klasik.

 

2. Buku Tulis

alat-alat tulis - buku tulis

Untuk buku tulis sendiri seringkali digunakan oleh anak-anak di bangku sekolah, sedangkan untuk anak kuliahan sendiri sudah memakai binder. Fungsinya sama saja, untuk mencatat materi yang disajikan di bangku sekolah/kuliah.

Bagi pekerja kantoran, buku tulis juga berguna untuk pencatatan administrasi atau laporan keuangan sederhana. Mungkin ini berlaku bagi beberapa kantor yang masih menggunakan sistem manual, karena saat ini sudah banyak software-software untuk membantu kegiatan administrasi dan akuntansi.

 

3. Stabilo atau Highlighter

alat-alat tulis - stabillo

Alat-alat tulis lainnya adalah stabilo atau highlighter, yang biasanya digunakan untuk anak sekolah dan kuliahan. Stabilo umumnya berfungsi untuk menandai hal-hal penting atau materi into pada notebook kuliah maupun buku paket sekolah. Seperti, menandai materi yang kira-kira masuk ke ujian sekolah/kuliah.

Untuk kantor mungkin tidak terlalu dibutuhkan, terkecuali sebagai alat-alat tulis pribadi untuk pelengkap penanda materi yang akan di persentasikan di depan rekan kerja lainnya.

 

4. Pembatas Buku

alat-alat tulis - pembatas buku

Pembatas buku juga seringkali digunakan oleh anak sekolah/kuliahan. Di samping memakai stabilo, kamu juga bisa memakai pembatas buku. Biasanya kertas pembatas buku digunakan untuk membatasi buku atau bab materi di dalam buku paket yang dipelajari.

Contohnya saja, saat kamu sedang membaca, lalu ada aktivitas lain atau mungkin sudah waktunya untuk istirahat. Untuk bisa membacanya kembali di lain waktu, kamu bisa membatasi bagian yang sudah dibaca memakai pembatas buku.

 

5. Pulpen

alat-alat tulis - pulpen

Alat tulis ini juga sangat penting, baik bagi anak sekolah, kuliah hingga karyawan kantor. Karena peralatan ini biasanya digunakan untuk menulis, sebagai pengganti pensil. Kamu harus memilih pulpen dengan kualitas yang baik dan awet tentunya.

Mengingat kini lebih fleksibel, maka kamu dapat memberikan variasi di buku catatan yang dimiliki dengan menggunakan pilihan pulpen dari tinta warna yang lain. Contohnya saja, memilih pulpen dengan warna-warna pastel, semisal biru, peach, hijau maupun yang lainnya.

 

Alat-alat Tulis Lainnya

Alat-alat tulis sekolah dan kantor lainnya juga penting. Seperti penghapus, penggaris, rautan pensil, dan lainnya. Sedangkan, ada beberapa alat tulis pelengkap yang mungkin dibutuhkan untuk anak kuliahan dan kantor seperti pisau atau cutter, jangka, gunting, lem kertas, alat potong, spidol hingga selotip.

1. Paper Clips

alat-alat tulis - paper clips

Baik untuk pembelajaran di sekolah atau kantor biasanya membutuhkan paper clip yang juga memiliki peranan penting. Apalagi jika sekolah atau kuliah dilakukan secara daring, maka tentu saja guru biasanya memberikan materi berbentuk PDF atau file online.

Guna mempermudah mengingat materi, kamu bisa mencetak atau melakukan print out materi tersebut.

Paper clips inilah yang nantinya berfungsi untuk menjepit beberapa tumpukan kertas. Dengan demikian, kamu bisa lebih rapi dan nyaman belajar. Selain itu, kamu juga dapat memilih paper clips berbentuk lucu. Sebab saat ini, paper clips bukan hanya berbentuk segitiga, tetapi juga ada yang berbentuk karakter lain.

 

2. Tempat Alat Tulis

alat-alat tulis - tempat pensil

Hal yang tidak kalah penting adalah mempersiapkan tempat untuk alat tulis. Sebab benda yang satu ini sangat berguna sebagai tempat penyimpanan berbagai kebutuhan. Seperti pulpen, pensil, penghapus maupun yang lainnya. Jika kamu mempunyai tempat penyimpanan alat tulis ini, maka dapat mempermudahmu menyimpan semua alat tulis dengan rapi.

Saat menyimpan semua alat tulis jadi satu, hal tersebut tentu saja bisa membuatmu semakin mudah menemukan alat-alat tulis yang diperlukan. Di samping itu, tempat penyimpanan alat tulis tersebut berfungsi untuk merapikan meja belajar. Dengan demikian, kamu bisa lebih nyaman saat belajar dengan adanya tempat alat tulis.

Baca Juga : Ini 15 Peralatan Kantor Untuk Tingkatkan Produktivitas

Begitu pentingnya alat-alat tulis tentu jangan sampai dilewatkan, walaupun saat ini perusahaan sudah mengandalkan sistem jaringan komputer atau software untuk mencatat administrasi, tetap saja alat tulis banyak digunakan.

 

Beli Alat-Alat Tulis dengan Cashbac

Saat ini adalah saat yang sangat tepat untuk kamu membeli alat-alat tulis, karena ada promo Cashbac Treats dengan bonus points 50.000 yang berlaku di seluruh outlet Ace Hardware, Ace Express, Informa, dan Toys Kingdom yang terdaftar pada aplikasi Cashbac!

Ada juga promo dari Gramedia dengan bonus points 50.000 yang berlaku di seluruh outlet Gramedia yang terdaftar pada aplikasi Cashbac!

Yuk download dan pakai aplikasi Cashbac sekarang untuk dapatkan semua keuntungannya.

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store
CASHBAC FOODFEST - BONUS POINTS 50%