Munculnya virus corona sejak awal Maret di Indonesia, membuat banyak orang kehilangan pekerjaan. Untuk kamu yang masih bekerja, dituntut untuk lebih menghemat pengeluaran. Karena tentunya kita tidak tahu kapan pandemi ini akan berakhir.

7 Tips Agar Bisa Menabung Setiap Hari

Dalam ulasan kali ini akan dibahas mengenai beberapa tips agar bisa menabung setiap hari sekalipun sedang pandemi.

1. Melunasi Hutangmelunasi hutang

Apabila kamu masih punya hutang, sebisa mungkin sisihkan dari penghasilanmu untuk membayar ataupun mencicil hutang tersebut. Hal ini dikarenakan apabila hutang yang kamu miliki mempunyai bunga, maka hutang tersebut nantinya akan mampu untuk menghancurkan rencana finansial yang kamu miliki dalam jangka waktu yang panjang.

Dengan kondisi pandemi yang tak kunjung mereda, membuat kamu nantinya akan mengalami dilema dan kebingungan apabila memiliki hutang yang menumpuk. Untuk itu, kamu perlu untuk menghitung secara rinci seberapa besar pinjaman yang kamu bisa untuk lunasi di masa sekarang.

Jika jumlahnya belum terlalu banyak, maka lebih baik untuk melunasinya segera mungkin. Hal ini juga termasuk dalam hutang kartu kredit yang sering kamu gunakan untuk berbelanja. Sebaiknya, kamu tidak mempunyai jumlah kredit yang terlalu banyak. Dengan begitu, akan berfungsi untuk menghindari hutang yang berlebihan di masa pandemi.

 

2. Sering Memasaksering memasak sendiri dirumah

Tips agar bisa menabung setiap hari saat pandemi, bisa dilakukan dengan sering untuk memasak. Apabila kamu dulunya merupakan seseorang yang kerap kali membeli makan di luar setiap harinya, tak ada salahnya untuk mulai sering memasak di rumah. Selain lebih murah, ternyata memasak sendiri di rumah juga terjamin kebersihannya.

Namun, perlu kamu ketahui bahwa ketika mulai memasak maka pengeluaran pun akan semakin hemat. Selain itu dengan adanya kebijakan work from home dan juga school from home, membuat kamu pun akan mengalokasikan uang makan siang untuk biaya anggaran untuk belanja.

Jika biasanya jatah makan sejumlah 300 ribuan hanya untuk waktu seminggu saja. Namun, ketika berada di rumah kamu bisa menghemat pengeluaran makan siang menjadi anggaran belanja bahan makanan selama dua minggu. Tak hanya menjadi lebih hemat saja, kamu juga akan memiliki skill dan bakat yang baru di bidang memasak.

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan Bulanan dengan Mudah

 

3. Membuat Anggaran Pengeluaranmembuat anggaran pengeluaran

Kamu bisa mencatat semua anggaran yang akan dikeluarkan selama satu bulan ke depan setelah menerima gaji. Apabila kamu terbiasa untuk khilaf dan membeli barang barang yang impulsif, maka sebisa mungkin menghindari hal tersebut ketika masa pandemi. Sebab, kamu belum  tahu apakah bulan depan masih tetap mampu untuk bekerja.

Untuk itu, kamu pun harus patuh dengan anggaran belanja sebagai salah satu tips agar bisa menabung setiap hari. Kamu juga perlu untuk membuat anggaran dengan sistem sedetail mungkin. Sehingga nantinya pengeluaran yang kamu lakukan pun akan diketahui dengan mudah.

Dengan begitu, apabila terdapat kelebihan ataupun sisa dari biaya anggaran maka kamu bisa memasukkannya ke dalam tabungan harian. Untuk itu, ketika kamu telah membuat anggaran setiap bulannya, maka janganlah untuk mencoba menghancurkannya dengan membeli barang yang tidak penting dan tidak dibutuhkan.

 

4. Menabung Dengan Uang Terkecil yang Ada di Dompetmenabung dengan uang terkecil yang ada di dompet

Ada pula cara unik lainnya yang bisa kamu coba agar bisa rutin menabung setiap harinya. Cara tersebut adalah dengan memasukkan uang ke dalam tabungan dengan jumlah nominal terkecil yang ada di dompet. Jadi, setiap malam menjelang tidur kamu bisa membuka dompet dan melihat uang terkecil yang kamu miliki.

Dengan menggunakan cara ini dapat menjadi tips agar bisa menabung setiap hari di rumah. Sehingga, kamu pun tidak akan sadar ketika mengetahui hasil celengan yang kamu miliki di rumah telah memiliki jumlah yang banyak. Hal tersebut dikarenakan kamu melakukan kegiatan ini secara rutin meskipun dalam jumlah nominal yang kecil.

Baca juga: Tips Jitu Hemat Belanja Bulanan, Wajib Dicoba!

 

5. Menabung Dengan Uang Recehmenabung dengan uang receh

Meskipun cara satu ini seperti tips menabung yang dilakukan ketika kamu masih kecil, namun tak ada salahnya untuk mencoba selama masa pandemi. Untuk itu, kamu pun tidak boleh menganggap uang receh adalah uang yang sepele. Hal ini dikarenakan apabila uang tersebut dikumpulkan menjadi satu dalam waktu yang lama, tak menutup kemungkinan memiliki nilai yang fantastis.

Kamu bisa mengumpulkan setiap uang receh yang kamu miliki. Untuk itu, sebaiknya kamu mulai mencari sisa sisa uang receh yang mungkin ada di saku, tas, dompet maupun keranjang belanja setiap harinya. Disini, kamu bisa menyiapkan ukuran celengan yang cukup besar.

Pasalnya, apabila kamu menabung dengan menggunakan uang satu ini tentu saja kamu akan membutuhkan tempat yang lumayan besar. Sebab, uang receh memiliki bentuk yang mampu memakan banyak tempat. Tips agar bisa menabung setiap hari ini termasuk sebagai cara yang mudah dan gampang dilakukan di masa pandemi.

 

6. Menabung Berdasarkan Tanggal yang Terbalikmenabung berdasarkan tanggal yang terbalik

Menabung dengan tanggal yang terbalik? Mungkin sebagian dari kamu masih bertanya tanya apa maksud dari tips satu ini. Perlu kamu ketahui terlebih dahulu, bahwa menabung merupakan cara untuk menyisihkan uang terlebih dahulu bukan merupakan menyisihkan sisa uang dari anggaran belanja.

Untuk itu, kamu bisa mulai menerapkan prinsip untuk menabung sesuai tanggal namun nominalnya dibalik. Sehingga, pada tanggal 1 kamu akan menabung sebesar 30 ribu rupiah. Dan untuk tanggal 30, maka kamu akan menabung dalam jumlah seribu rupiah. Cara unik satu ini membuat kamu lebih mudah untuk menyisihkan uang.

Ditambah lagi, cara satu ini cukup berhasil dan tidak menyusahkan. Dibandingkan dengan kamu harus menabung sekitar 500 ribu dalam awal bulan. Tentu saja, sebagian dari kamu pasti akan merasa kesusahan dengan cara tersebut. Oleh karena itu, dengan menabung berdasarkan tanggal terbalik dapat menjadi salah satu cara yang cukup efektif.

 

7. Menabung Dengan Jumlah Nominal yang Samamenabung dengan jumlah nominal yang sama

Tips agar bisa menabung setiap hari ini cukup unik untuk dicoba. Dapat dikatakan jika menabung dengan jumlah nominal yang sama, kamu harus menyisihkan uang kertas dengan jumlah yang sama di tabungan. Sebut saja dalam jumlah 10 ribu rupiah, maka jika kamu mendapatkan kembalian maupun sisa uang belanja dengan jumlah tersebut, maka kamu harus menyimpannya.

Tak hanya itu saja, apabila kamu menemukan uang yang memiliki nominal 10 ribu rupiah, maka kamu juga tetap wajib untuk menabungnya. Hal tersebut ini tak hanya berlaku untuk uang dalam nominal 10 ribu rupiah saja. Kamu juga bisa untuk menabung dengan jumlah 5 ribu rupiah atau 20 ribu rupiah, tergantung dengan jumlah yang kamu kehendaki.

Baca juga: Tips Belanja Hemat di Masa Pandemi

 

Pakai Cashbac Bisa Membantu Kamu Menabung

Kini ada suatu aplikasi bernama Cashbac, dimana kamu bisa mengatur keuangan kamu supaya lebih berhemat lagi dan bisa menabung lebih banyak, karena Cashbac bekerjasama dengan banyak bank memberikan kamu rewards hingga 50%! Hubungan kartu debit atau kartu debit kamu di aplikasi Cashbac untuk menikmati rewardsnya!

Cashbac dapat digunakan untuk membeli semua kebutuhan kamu seperti di Alfamart, FamilyMart, hingga Gramedia, ACE Hardware, Informa, McDonald’s, dan ribuan outlet lainnya.

 

Itulah beberapa tips agar bisa menabung setiap hari. Dengan cara yang unik dan mudah tersebut diharapkan kamu akan menjadi tertarik untuk menabung. Atau jika terasa berat dipilih saja mana cara yang kamu anggap paling mudah. Selain itu, cara tersebut juga akan bisa membuat kamu tidak boros untuk membelanjakan barang yang tidak dibutuhkan selama masa pandemi. Selamat menabung!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store