Setiap hari, minat atas layanan Paylater terus mengalami peningkatannya. Salah satu alasannya adalah cara penggunaannya yang dipandang mudah di mata masyarakat. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Research Institute of Socio-Economic Development (RISED), tercatat bahwa 92 persen responden menyatakan bahwa layanan ini dapat mengatur pengeluaran serta arus kas.

Di samping itu, kemudahan penggunaannya juga membuat metode pembayaran yang satu ini menjadi alternatif buat mereka yang tidak bisa mengakses layanan kartu kredit. Soalnya kamu juga bisa menggunakan Paylater untuk membayar belanjaan dalam jangka waktu tertentu. Misalnya 30 hari, hingga cicilan dengan tenor 3, 6, maupun 12 bulan.

Arti Paylaterarti paylater

Seperti yang barangkali sudah kamu sadari, Paylater merupakan opsi pembayaran di mana kamu sebagai pengguna bisa bayar belanjaan nanti (pay later atau bayar nanti). Jadi, cara kerjanya sendiri sebenarnya sudah terlihat jelas dari namanya.

Lebih detail lagi, metode pembayaran Paylater adalah layanan pinjaman online, namun tanpa kartu kredit. Dengan begitu, kamu sebagai pengguna bisa menggunakannya saat ini juga untuk membeli barang kebutuhan tertentu. Kemudian, kamu akan membayarnya di kemudian hari.

Biasanya, tenor yang diberikan untuk opsi bayar nanti adalah 30 hari. Tapi, ada juga yang menawarkan opsi cicilan 3, 6, ataupun 12 bulan. Yang manapun opsinya, kamu hanya tinggal membayar tepat waktu sebelum jatuh tempo.

 

Cara Kerja dan Syarat Paylatercara kerja paylater

Nah, sekarang kamu sudah tahu apa yang dimaksud dengan Paylater. Agar kamu semakin paham, yuk kenali juga seperti apa cara kerja metode pembayaran kredit online yang satu ini. Akan tetapi, catat dulu kalau beda platform paylater-nya, beda pula syarat dan ketentuannya secara mendetail.

Meski begitu, persyaratan umum masing-masing platform penyedia layanan ini pada dasarnya sama, kok. Pertama, kamu harus memenuhi batas usia minimal terlebih dahulu, misalnya 17 tahun atau 21 tahun. Kemudian, hanya warga negara Indonesia (WNI) saja yang diizinkan untuk mengajukan layanan Paylater. Persyaratan yang satu ini ditandai dengan bukti kepemilikan KTP.

Di samping itu, kamu bisa jadi juga akan diminta untuk menyediakan data transaksi belanja di online marketplace dalam 3 bulan terakhir. Tapi, syarat yang satu ini juga tidak selalu ada di semua platform pinjaman.

Kalau pengajuan kamu sudah disetujui, kamu akan mendapatkan limit pinjaman. Pada dasarnya, limit pinjaman ini adalah batas maksimal berapa besar yang bisa kamu gunakan untuk berbelanja menggunakan metode Paylater. Jadi, kalau jumlahnya sudah melebihi limit, kamu jelas tidak akan bisa menggunakan metode pembayaran bayar nanti ini, maupun cicilan.

Lalu, berapa besar limit pinjaman yang bisa kamu gunakan? Angkanya sendiri berbeda-beda karena ditentukan oleh perusahaan penyedia layanan Paylater yang kamu pilih. Limitnya sendiri bisa ditentukan oleh besar gaji kamu, besar rata-rata belanja bulanan di marketplace, atau faktor lain yang dipilih oleh perusahaan. Dan besarnya limit bisa mengalami penyesuaian – naik maupun turun – seiring dengan berjalannya waktu.

Bagaimana soal pembayarannya? Seperti halnya pinjaman pada umumnya, kamu perlu membayar cicilan atau tagihan tepat waktu sebelum jatuh tempo. Pada saat pembayaran, kamu juga akan dikenai bunga yang besarnya sudah ditentukan. Kalau kamu terlambat membayar, ada denda yang juga harus kamu bayarkan.

 

Keuntungan Paylaterkeuntungan paylater

Ada beberapa keuntungan metode pembayaran Paylater yang dapat kamu rasakan, seperti dalam daftar dan penjelasan berikut.

1. Aktivasi yang mudah

Salah satu kelebihan utamanya adalah proses aktivasi yang mudah. Soalnya, kamu bisa melakukan pengajuan langsung dari aplikasi secara online. Cukup siapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan, kemudian foto dokumen-dokumen tersebut langsung dari aplikasi.

Setelah kamu melakukan pengajuan, biasanya perusahaan penyedia layanan Paylater akan mengecek dulu kelengkapannya sekaligus memeriksa apakah kamu memenuhi syarat atau tidak. Kalau pengajuannya disetujui, kamu bisa langsung menggunakan layanan ini. Lama waktu yang dibutuhkan untuk menyetujui pengajuan Paylater juga sangat cepat, biasanya hanya 24 jam saja.

2. Pilihan tenor beragam

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, opsi bayar nanti dalam waktu 30 hari adalah tenor pembayaran yang tersedia dengan metode pembayaran yang satu ini. Akan tetapi, masih ada opsi tenor lainnya, karena saat ini layanan Paylater juga sudah menyediakan opsi cicilan. Tenornya beragam, mulai dari 3 hingga 6 bulan. Bahkan ada juga yang menyediakan opsi tenor hingga 12 bulan.

3. Tawaran promo menarik

Untuk menarik minat masyarakat agar semakin banyak menggunakan layanan Paylater, perusahaan penyedia layanan ini juga menawarkan beragam promo menarik. Contohnya promo cicilan 0% alias cicilan tanpa bunga. Tak hanya itu saja, ada juga promo seperti diskon 50 persen, maupun promo beli 1 gratis 1.

Di samping itu, ada juga platform yang memberikan poin untuk setiap transaksi hingga pembayaran cicilan maupun tagihan Paylater. Poin tersebut dapat kamu kumpulkan sebanyak-banyaknya, dan nantinya akan bisa ditukarkan dengan berbagai voucher atau promo menarik lainnya.

 

Kerugian Paylaterkerugian paylater

Akan tetapi, ternyata metode pembayaran yang satu ini tak hanya punya keuntungan. Soalnya, masih ada beberapa kekurangan atau kerugian yang juga bisa kamu rasakan, terutama kalau kamu tidak teliti atau disiplin menggunakan layanan Paylater. Lalu, apa saja ya kerugiannya?

1. Utang terus bertambah

Tak sedikit orang yang malah jadi terlena dengan kemudahan layanan Paylater. Efeknya, mereka jadi terus-menerus menumpuk utang karena dorongan belanja yang sangat kuat. Yang awalnya tagihan dan cicilannya hanya terasa kecil serta ringan, perlahan jadi membengkak karena mereka terus-menerus belanja.

Untungnya, risiko yang satu ini sebenarnya bisa kamu cegah dan kendalikan dari awal. Tentu saja caranya adalah dengan mengendalikan diri kamu sendiri. Di samping itu, selalu perhatikan kondisi keuangan kamu karena tagihan dan cicilan dari transaksi Paylater saat ini akan memengaruhi kondisi finansial kamu di masa depan.

2. Biaya yang tinggi

Banyak penyedia paylater yang tidak menyebutkan biaya-biaya yang muncul pada saat pengajuan yang mungkin biasa disebut hidden fee. Hal ini akan menyebabkan kamu mengeluarkan biaya tambahan yang tidak sesuai dengan ekspektasi awal kamu.

Untuk menghindari hal tersebut kamu harus menanyakan dengan jelas kepada penyedia paylater biaya biaya apa saja yang dibebankan ke kamu, hal ini tentu saja harus disertakan dengan syarat dan ketentuan tertulis dari penyedia paylater yang bersangkutan.

Oleh karena itu berhati-hatilah sebelum melakukan pengajuan paylater, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak terduga seperti halnya biaya biaya yang harus kamu bayar.

 

Kesimpulan Paylaterkesimpulan paylater

Pada akhirnya, adanya layanan dan opsi pembayaran Paylater ini pada dasarnya memang sangat memudahkan kamu. Apalagi jika kamu tidak bisa mengakses layanan kartu kredit. Dengan begitu, kamu bisa membayar secara kredit untuk transaksi yang kamu lakukan, terutama transaksi online.

Hanya saja, jangan sampai kemudahan ini malah jadi bumerang bagi kamu. Selalu bijak dan cermat dalam menggunakan Paylater agar layanan ini bisa selalu memudahkan kamu, ya!

 

Cashbac Easypay

Cashbac Easypay merupakan fitur terbaru dari Cashbac yang memberikan kemudahan untuk berbelanja tanpa ribet dan tanpa biaya apapun yang berlaku di merchant favorit.

Keuntungan Cashbac Easypay adalah:

– Budget Belanja Jutaan
– Tidak Ada Biaya Tambahan Apapun
– Proses Cepat Bebas Ribet
– Bonus Point Rewards

Keuntungan yang tidak akan kamu dapatkan di tempat lain, apply Cashbac Easypay sekarang juga!