Untuk kita yang hobi membaca buku pasti setiap saat selalu hunting buku-buku keluaran dari penulis favorit maupun buku-buku bagus lainnya yang belum sempat dibaca. Tetap hambatannya adalah seringkali buku-buku yang kita incar berharga mahal, biasanya semakin terkenal si penulis maka akan semakin tiggi nilai buku, dan semakin populer suatu judul buku maka akan semakin mahal pula harga buku tersebut.

Akhirnya ujung-ujungnya kita harus bersabar dan menahan diri untuk membeli buku tersebut sambil mengumpulkan uang. Sebenarnya ada cara untuk agar kita bisa beli buku murah, simak yuk cara-cara berikut ini

Cara Membeli Buku Murah

Supaya melengkapi koleksi buku idaman kita tidak lagi hanya menjadi cita-cita saja karena tersandung biaya, ada beberapa cara mudah yang bisa kita praktikkan untuk membeli buku-buku favorit dengan harga murah. Penasaran? Berikut ulasannya.

1. Rajin mengunjungi pameran buku

beli buku murah di pameran buku

Setiap tahun, biasanya penerbit-penerbit dan distributor buku akan mengadakan beberapa pameran buku di kota-kota besar di Indonesia. Di pameran buku ini, selain meluncurkan koleksi buku-buku baru, biasanya para penerbit juga akan menjual buku baru atau lama dengan harga miring. Tidak jarang, penulis-penulis buku favorit kita juga mengadakan acara talkshow buku atau peluncuran buku di pameran tersebut, sehingga kita bisa minta tandatangan eksklusif mereka di buku tanpa repot atau mengeluarkan uang yang terlalu banyak.

2. Hunting ke toko buku bekas

beli murah di toko buku bekas

Kalau kita cukup nyaman membaca buku yang sebelumnya dimiliki orang lain atau sudah pernah dicoret-coret dan sedikit terlipat-lipat, kita bisa hunting buku bekas untuk mencari buku-buku favorit kita dibandingkan mencari buku baru. Tidak jarang, walaupun buku-buku bekas ini masih layak pakai dan kondisinya masih bagus, harga yang diberikan untuk buku-buku tersebut menjadi sangat murah hanya karena bersifat bekas. Hunting buku di toko buku bekas juga cocok untuk kita yang menyukai buku-buku lama yang sudah tidak dicetak lagi.

3. Follow akun media sosial influencer favorit kita yang penyuka buku

follow social media pecinta buku

Punya influencer favorit yang juga suka membaca buku, seperti penulis, jurnalis, atau blogger? Segera follow akun media sosial mereka. Saat ini, tidak jarang influencers yang melakukan giveaway buku-buku koleksi mereka atau penjualan murah buku-buku tersebut melalui media sosial mereka. Koleksi buku ini juga biasanya unik, termasuk buku-buku yang menginspirasi mereka, dan seringkali termasuk buku-buku impor yang sulit kita temukan di Indonesia lho. Biasanya, syarat mengikuti giveaway ataupun penjualan murah buku-buku tersebut juga tidak sulit. Jadi, kalau kamu ingin mendapatkan buku murah atau bahkan gratis sekaligus mencari inspirasi dari influencers favorit yang memotivasi kamu, cara ini bisa kamu coba.

Baca juga : Cara Hidup Hemat Anak Kost Anti Kantong Kering

4. Daftar menjadi anggota toko buku

beli buku murah jadi member toko buku

Saat ini, setiap toko buku biasanya mempunyai keanggotaannya masing-masing dengan berbagai keuntungan khusus untuk anggota, termasuk diskon khusus untuk pembelian buku yang bisa berlipatganda untuk hari-hari spesial kita, seperti ketika kita ulang tahun. Pendaftaran untuk menjadi anggota toko buku ini pun biasanya tidak sulit – cukup dengan mendaftarkan diri melalui formulir di outlet toko buku. Dengan menjadi anggota di toko buku, kita pun bisa mendapatkan promo kapanpun kita berbelanja buku murah.

5. Pergi ke toko buku pada tengah tahun atau akhir tahun

beli buku murah - diskon di toko buku

Walaupun kita bisa membeli buku kapanpun, tapi waktu pertengahan tahun seperti bulan Juni-Agustus dan akhir tahun seperti bulan November-Desember merupakan waktu yang paling tepat untuk berbelanja buku. Ini karena pada kedua waktu tersebut, toko buku sering mengadakan promo besar-besaran sehingga kita bisa mendapatkan buku dengan harga yang lebih murah karena waktu-waktu tersebut merupakan pergantian semester bagi mereka yang bersekolah. Selain itu, pada kedua waktu tersebut juga tidak jarang toko buku menjual buku-buku stok lama yang belum terjual dengan harga jauh lebih murah tetapi dengan kualitas buku baru.

6. Pilih buku paperback dibandingkan hard cover

beli buku murah - buku paperback

Walaupun terkesan sepele, jenis cover ternyata sangat menentukan harga buku yang kita beli lho. Perbedaan ini karena bahan yang dibutuhkan untuk mencetak hard cover buku lebih mahal dan desain hard cover buku juga biasanya lebih ekslusif daripada paperback. Jadi, buku dengan judul yang sama bisa kita beli dengan harga yang lebih murah jika kita membeli edisi paperback daripada edisi hard cover. Supaya kita mendapatkan harga lebih murah, maka sebaiknya cek dengan teliti di toko buku jika kita hanya menemukan edisi hard cover karena biasanya edisi paperback juga ada dengan harga yang lebih murah.

7. Manfaatkan promo dari aplikasi smartphone

Saat ini, ada banyak aplikasi smartphone yang memberikan berbagai promo di toko buku untuk kita yang suka hunting buku. Aplikasi ini juga biasanya bersifat gratis dan hanya mengharuskan kita untuk registrasi saja untuk menggunakannya. Salah satunya adalah aplikasi Cashbac yang memberikan instant cashback bagi kita untuk setiap transaksi, termasuk untuk membeli buku. Jadi, manfaatkan teknologi yang ada di tangan kita untuk berhemat dalam berbelanja buku favorit yang kita incar.

 

Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan transaksi menggunakan Cashbac di toko buku Gramedia, kamu bisa langsung dapetin extra cashback hingga 50%, lho! Asiiik, ditraktir Cashbac setengahnya!

Info lengkapnya disini : (Cash)Back to Campus – Cashback Hingga 50%

Jadi, mencari buku favorit kita yang murah bukanlah hal yang sulit. Ada beberapa cara yang bisa kita coba supaya bisa menambah koleksi buku sesuai keinginan kita tanpa perlu takut boros. Cara manakah yang akan kamu praktikkan terlebih dulu?

Selamat berburu buku murah!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store