Apa yang kamu ingat apabila mendengar kata “anak kost”? Mie instant, kantong kering di akhir bulan, makan seadanya, semua serba dilakukan sendiri. Berbicara mengenai anak kost, pernahkah kalian berpikir apa itu arti kost? Apakah kost merupakan bahasa Indonesia atau mungkin saja bahasa asing? Menurut Wikipedia kost berasal dari belanda yaitu “in de kost” yang memiliki arti secara harfiah makan di dalam. Pada zaman kolonial Belanda, bangsa Belanda atau pun Eropa dianggap memiliki kedudukan tinggi dalam strata sosial terutama di kalangan masyarakat pribumi Indonesia. Masyarakat yang bukan merupakan orang Belanda akan menganggap bahwa anak mereka perlu bersikap layaknya orang Belanda. Maka dari itu, masyarakat pribumi membayar sejumlah uang sebagai jaminan lalu anak mereka diperbolehkan untuk tinggal di rumah orang Belanda dengan beberapa syarat yang telah diperhitungkan.

Setalah menetap di rumah keluarga Belanda tersebut, selain diperbolehkan makan dan tidur, si anak juga tetap bisa bersekolah dan belajar dengan gaya keluarga di tempat ia menumpang. Namun seiring berkembangnya zaman maka penggunaan kata in de kost pun berubah hanya menjadi kost saja. Bangunan kost juga sangat berkembang terutama di daerah yang terdapat perguruan tinggi negeri, swasta, dan bahkan perkantoran. Namun konsep kost tidak terlalu berubah, anak kost tetap tinggal dan membayar sejumlah uang kepada pemilik kost. Artikel ini akan membahas mulai dari apa saja derita anak kost dan bagaimana cara hidup hemat anak kost. Untuk kamu yang saat ini tidak tinggal lagi dengan orang tua dan mengekost pastikan untuk membaca artikel ini sampai habis ya!

Derita Anak Kost

Menjadi anak kost pada dasarnya adalah proses untuk menjadi lebih mandiri karena dengan menjadi anak kost kita dituntut untuk mengatur segala sesuatunya sendiri. Mulai dari mengatur pola makan, membatasi diri, pokoknya segala hal hingga hal-hal kreatif pun dilakukan untuk berhemat. Anak kost juga terkenal dengan kebebasannya, beberapa orang berpikiran bahwa dengan menjadi anak kost maka kamu tidak ada batas untuk melakukan hal yang kamu inginkan. Mulai dari jam bangun, jam bermain, hingga jam pulang ke kost-an. Hal itu memang ada benarnya, namun ada beberapa derita anak kost yang hanya dialami oleh hampir dari semua orang yang sedang ngekost. Beberapa dari kamu yang saat ini sedang ngekost maka kamu pasti akan familiar dengan beberapa derita anak kost di bawah ini.

Baca juga : Kantong Tipis Usai Long Weekend, Saatnya Kembali Berhemat

1. Rebutan Kamar Mandi

Derita anak kost yang satu ini sering sekali ditemui, terutama untuk kamu yang memiliki kamar mandi luar atau istilahnya sharing. Agar bisa menggunakan kamar mandi secara lebih leluasa, anak kost dituntut untuk bangun lebih pagi dari teman-temannya yang lain. Akan tetapi, apabila ada salah satu teman yang mengalami masalah perut, maka mau tidak mau anak kost lain pun harus mengalah.

2. Sharing Makanan Bersama Teman

Terkadang, khususnya pada akhir bulan, anak kost sering sekali dihadapi dengan cobaan kantong tipis. Akan tetapi dengan menipisnya kantong, hasrat untuk makan makanan enak tidak kunjung hilang. Maka kebanyakan anak kost mengakali situasi seperti ini dengan cara sharing bersama teman kost yang lain. Walaupun satu piring bisa dimakan sebanyak 3 sampai 4 orang, yang penting hasrat untuk makan makanan enak sudah terpenuhi.

3. Ngutang Laundry

cara hidup hemat untuk anak kost

Sumber : digital.vpr.net

Derita anak kost yang satu ini juga sering sekali terjadi. Disaat cucian sudah menumpuk, namun uang sudah tidak mencukupi untuk membayar biaya laundry maka kebanyakan anak kost akan tersenyum saat tukang laundry datang dan mengetuk kamar mereka. “Nanti dulu ya pak/bu dirapel saja dengan yang bulan depan.” Itu adalah jawaban yang biasanya terlontar disaat-saat seperti ini.

4. Sakit Sendirian

hidup hemat anak kost

Sumber : fau.edu

Kamu tidak akan pernah merasakan derita anak kost apabila kamu belum pernah merasakan sakit sendirian di tempat kost kamu. Sebelum kamu ngekost, disaat kamu sedang sakit biasanya akan ada orang tua atau anggota keluarga lain yang akan merawat, kamu hanya tinggal beristirahat karena mereka akan mengurus semuanya. Mulai dari pergi ke dokter, makan, hingga jadwal minum obat. Akan tetapi, saat menjadi anak kost kamu harus melakukan semuanya sendiri. Mau tidak mau kamu harus pergi ke dokter sendiri, syukur-syukur apabila ada teman yang bersedia membantu kamu saat sakit.

5. Seni Melipat Bungkus Pasta Gigi

Apabila kamu datang ke salah satu kost temanmu dan melihat pasta gigi yang telah terlipat-lipat seperti origami, jangan sekali-kali kamu membuangnya kecuali dia yang meminta ya! Kebanyakan anak kost akan bertahan dengan pasta gigi mereka hingga titik terakhir, maka dari itu mereka akan cenderung melipat-lipat pasta gigi mereka hingga isinya benar-benar habis.

6. Masalah Dengan Pemilik Kost

derita anak kost

Sumber : hipwee.com

Beberapa anak kost berpikir dengan tinggal sendiri di tempat kost, mereka bisa seleluasa mungkin. Tidak akan ada lagi yang memaksa untuk bangun pagi terkecuali jadwal kuliah, tidak akan ada lagi yang protes mengenai kamar yang berantakan, pokoknya bebas! Eits, tunggu dulu siapa bilang anak kost bisa sebebas itu? Terkadang ibu atau bapak kost justru lebih ribet dibandingkan kedua orang tua kita lho!

Baca juga : 5 Tips Hemat Jaman Now

7. Masalah Biaya

Nah, derita anak kost yang satu ini adalah yang paling sering dihadapi. Anak kost kerap kali bertemu dengan masalah keuangan, apalagi pada saat mereka baru menjadi anak kost. Saat mendapatkan uang bulanan, mereka cenderung merasa bahwa uang mereka banyak dan akhirnya kalap untuk membeli apa yang mereka inginkan. Lalu pada saat akhir bulan, baru mulai terasa bahwa mereka cukup boros pada awal bulan. Dikarenakan masalah ini adalah yang paling sering terjadi maka di bawah akan ada beberapa cara hidup hemat anak kost yang akan membantu untuk mengatur keuangan.

Cara Hidup Hemat Anak Kost

derita anak kost

Makan nasi dengan satu lauk? Sudah biasa. Makan mie instan dalam beberapa hari secara berturut-turut? Itu juga sudah biasa, beberapa hal tersebut sudah biasa ditemui oleh anak kost pada akhir bulan. Sebagai orang yang harus mengatur segala urusan sendiri, kamu juga harus bisa mengatur keuangan kamu. Jangan biarkan uangmu habis total, kamu harus bisa memprioritaskan apa yang kamu butuhkan dan yang tidak terlalu kamu butuhkan. Nah, untuk mengatasi kantong kering di akhir bulan, kamu bisa mengikuti beberapa cara hidup hemat anak kost di bawah ini. Dijamin, kamu tidak akan bertemu dengan kantong kering di akhir bulan lagi!

1. Catat Setiap Pengeluaranmu

hidup hemat anak kost

Mencatat setiap pengeluaran memang terdengar sedikit merepotkan, apalagi untuk kamu yang sebelumnya tidak terbiasa melakukan hal ini secara rutin. Akan tetapi, coba ingat-ingat kembali, seberapa sering kamu merasa uangmu hilang entah kemana. Saat kamu membuka dompet uang, tiba-tiba uangmu berkurang dalam jumlah yang banyak, tidak hanya anak kost, kejadian ini juga seringkali dialami oleh beberapa orang. Dengan mencatat semua pengeluaranmu, kamu bisa mengetahui kemana perginya uang bulanan kamu, selain itu kamu juga bisa mengevaluasi diri, dari catatatn tersebut kamu bisa melihat apakah kamu mengeluarkan uang untuk hal-hal yang kamu butuhkan atau hanya untuk yang kamu inginkan.

Sebaiknya kamu mencatat pengeluaranmu setiap hari saat kamu telah selesai melakukan aktifitas atau sedang bersantai agar kamu lebih fokus dalam mengingat kegiatan hari itu. Catatlah semua pengeluaranmu secara perlahan dan teliti agar tidak ada yang terlewat. Catatan ini juga berguna agar kamu bisa memikirkan hal apa yang kamu butuhkan dan harus kamu penuhi, jangan lupa untuk menyesuaikan dengan anggaran yang kamu dapatkan setiap hari atau bulan ya!

2. Sedia Makanan Cepat Saji

cara hidup hemat anak kost

Sumber : shesahomemaker.files.wordpress.com

Beberapa dari kamu pasti tidak akan berpikir bahwa makanan cepat saji seperti sosis, kornet, nugget, dan makanan olahan lainnya dapat membantu kamu dalam menghemat pengeluaran bukan? Nyatanya agar kamu bisa lebih berhemat, coba untuk menyediakan makanan olahan di kulkas tempat kost kamu, dengan begitu kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk memesan makanan melalui ojek online atau membeli makan di luar. Saat menerapkan cara hidup hemat anak kost yang satu ini, jangan lupa untuk tetap mengimbangi dengan konsumsi sayur dan buah ya, agar tubuh kamu tetap sehat.

3. Jangan Malas Memasak

cara hidup hemat untuk anak kost

Memasak adalah salah satu cara hidup hemat anak kost yang bisa kamu lakukan. Cobalah untuk memasak makananmu sendiri, kamu bisa menghemat pengeluaranmu atau bahkan kamu bisa tidak mengeluarkan sepeser pun apabila kamu memasak makanan olahan yang kamu simpan. Bayangkan, idealnya kamu akan makan sebanyak 3 kali dalam sehari, apabila harga satu porsi yang kamu makan adalah 15.000 maka kamu dalam satu hari harus mengeluarkan uang sebanyak kurang lebih 45.000 rupiah. Apabila kamu memasak, kamu hanya perlu membeli bahan-bahan pokok yang harganya jauh lebih murah. Pokoknya, yang pasti kamu bisa lebih hemat dan lebih sehat.

4. Bawa Bekal

cara hemat anak kost

Masih berkaitan dengan cara hidup hemat anak kost nomor 3, karena kamu sudah memasak di tempat kost, mengapa kamu tidak sekalian membawa bekal ke kampus atau ke tempat kerja? Agar lebih hemat, kamu bisa mencoba untuk memulai membawa bekal ke kampus atau tempat kerja, tidak ada salahnya kok. Apabila kamu membawa bekal, selain menghemat pengeluaran, kamu juga bisa menghemat waktu istirahat. Tentu saja, dengan membawa bekal kamu tidak perlu menunggu makanan atau pergi ke kantin dan berdesak-desakkan untuk membeli makanan.

Tenang, kamu tidak perlu memasak makanan yang sulit. Pilihlah menu yang menurut kamu mudah namun tetap sehat. Kamu hanya perlu membiasakan diri untuk memasak sebelum pergi ke kampus atau ke tempat kerja. Apabila kamu bukan orang yang terbiasa bangun pagi maka kamu bisa memasak pada malam hari dan memasukannya ke kulkas, lalu pada saat pagi kamu hanya perlu untuk memanaskannya saja.

5. Belilah Cemilan yang Mengenyangkan dan Bertahan Lama

Apabila kamu adalah tipe orang yang terbiasa mengemil dan tidak kuat untuk tidak jajan maka cara hidup hemat anak kost yang satu ini adalah cara yang efektif. Kamu tidak usah takut cara ini akan menyuruh kamu untuk berhenti mengemil, tidak, kamu tetap bisa mengemil kok hanya saja kamu harus merubah sedikit cemilanmu. Belilah makanan kecil yang mengenyangkan dan bisa bertahan lama, seperti biskuit atau crackers. Hindari makanan kecil yang tidak bisa bertahan lama dan tidak mengenyangkan karena hal itu bisa membuat kamu membeli cemilan secara terus menerus dan akhirnya membuat kamu boros.

6. Jangan Malu Untuk Membawa Minum

Cara hidup hemat anak kost yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah dengan membawa minum kemanapun kamu pergi. Hal yang satu ini pasti sedikit mengingatkan kamu dengan masa sekolah bukan? Bawalah minum ke tempat kuliah, kerja, dan pada saat kamu pergi nongkrong bersama teman. Dengan membawa air minum saat kamu pergi nongkrong, kamu tidak perlu membeli air mineral lagi, secara otomatis kamu juga akan menjadi lebih sering mengonsumsi air mineral dan hal itu sangat baik untuk kesehatan tubuh kamu. Kamu tidak perlu malu untuk membawa minum karena dengan membawa minum secara otomatis kamu akan lebih sering minum dan badan kamu juga menjadi lebih sehat.

Baca juga : 5 Tips Hemat Saat Makan Di Restoran

7. Cuci Bajumu sendiri

Saat menjadi anak kost, kamu akan sulit untuk menemukan pelayanan gratis. Tidak seperti di rumah, kamu harus melakukan segalanya sendiri. Salah satu kegiatan yang harus kamu lakukan sendiri adalah mencuci baju. Apabila kamu tidak ingin mencuci bajumu sendiri, kamu harus membayar biaya laundry. Nah, kalau dipikir-pikir, apabila kamu melakukan laundry secara terus-menerus maka biaya laundry kamu pun akan membengkak. Untuk menghemat biaya laundry, kamu bisa cuci bajumu sendiri. Tenang, cara hidup hemat anak kost yang satu ini tidak menyuruh kamu untuk mencuci semua bajumu. Kamu bisa tetap menaruh bajumu di laundry namun untuk mengurangi biaya, akan lebih baik bila kamu mencuci baju yang bisa kamu cuci sendiri seperti kaus rumah, celana rumah, dan pakaian dalam.

8. Bawa Uang Pas Saat Bepergian

Membawa uang pas saat bepergian juga bisa kamu lakukan sebagai cara hidup hemat anak kost. Agar kamu tidak kekurangan uang, susunlah rencana terlebih dahulu sebelum kamu pergi. Catat apa saja yang ingin kamu beli dan kamu lakukan saat pergi ke luar sehingga kamu tidak kekurangan uang. Membawa uang pas saat bepergian kamu juga bisa membantu kamu untuk menahan diri dari mengeluarkan uang untuk sesuatu yang tidak terlalu kamu butuhkan.

9. Biasakan Menabung

Menabung adalah hal yang harus kamu biasakan, hal ini tidak hanya berlaku untuk kamu yang telah menjadi anak kost saja, namun berlaku juga untuk kamu yang tidak nge-kost. Kamu bisa melakukannya dengan menyisihkan sedikit uangmu setiap hari, setiap minggu, atau setiap bulan. Pisahkan uang tabunganmu dengan uang yang akan kamu pakai nantinya agar tidak tercampur. Kamu dapat menyimpannya di tempat rahasia atau di rekening kamu.

10. Cari Diskonan dan Gunakan Aplikasi Pemberi Cashback

cara hidup hemat anak kost

Nah, cara hidup hemat anak kost yang lain adalah dengan cara mencari diskon saat pergi ke tempat makan. Kamu tidak usah malu untuk menjadi discount hunter, dijamin teman-teman kamu juga pasti akan sangat senang untuk pergi dan makan enak sambil mendapatkan diskon. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi lain seperti aplikasi pemberi cashback yang pasti akan membantu kamu untuk menghemat pengeluaran.

Cara Makan Enak Sambil Berhemat Ala Anak Kost

cashbac

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, sebagai anak kost kamu dituntut untuk mengatur segala urusanmu sendiri. Anak kost sering sekali menghadapi masalah dan salah satunya adalah masalah keuangan, namun saat ini untuk kamu anak kost telah hadir aplikasi pemberi cashback yang bisa kamu gunakan setiap hari. Aplikasi Cashbac kini hadir agar kamu tetap bisa pergi dan berbelanja setiap hari. Kamu akan mendapatkan cashback langsung tanpa harus menunggu dan tanpa minimal transaksi, menarik sekali bukan? Cashback yang kamu dapatkan akan langsung masuk ke saldo akunmu dan bisa langsung kamu gunakan untuk kunjungan atau pembelian selanjutnya. Saat ini aplikasi Cashbac saat ini telah bekerja sama dengan beberapa restoran dan groceries di daerah Jabodetabek. Merchant akan selalu bertambah lho! Jadi jangan lupa untuk mendownload aplikasi Cashbac dan daftar sekarang juga!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store