Cara membuat alis yang benar memang menjadi salah satu hal yang diperhatikan untuk penampilan wanita. Banyak lelaki yang tidak memahami arti penting dari menggambar alis tersebut. Padahal, demi menjaga penampilannya, wanita membutuhkan waktu dan kesabaran lho untuk menggambar alisnya agar tetap tampil oke.

Kamu belum terbiasa membuat alis? Nahh, kali ini kita akan bahas bagaimana cara membuat alis untuk pemula. Ini akan sangat berguna untuk kamu yang baru belajar make-up agar tidak berlama-lama dalam membentuk alis.

Cara Membuat Alis Sesuai Bentuk Wajah

Sebelum mengetahui bagaimana cara membuat alis, kamu sebaiknya mencari tahu bentuk-bentuk alis dan manakah bentuk alis yang paling cocok untuk kamu. Sama hal nya dengan memilih gaya potongan pada rambut, alis pun memiliki bentuk yang tidak selalu cocok dengan semua bentuk wajah. Yuk, lihat pembahasan mengenai cara membuat alis sesuai bentuk wajah berikut ini.

Wajah Bulat

Bentuk Alis pada Wajah Bulat

sumber: fimela.com

Kalau kamu memiliki wajah dengan bentuk bulat, usahakan kamu membuat alis dengan bentuk lengkungan yang ramping. Usahakan juga untuk tidak membuat alis dengan bentuk datar karena bentuk tersebut membuat kamu yang memiliki wajah bulat menjadi terlihat semakin tembem lho. Jadi, kamu harus memilih bentuk alis yang memberikan kesan wajah yang terlihat lebih panjang.

Kamu harus mengetahui cara membuat alis untuk wajah kamu yang bulat, yaitu dengan membuat lengkungan tinggi dan merampingkan ujung alis. Cara ini akan mempertegas bagian rahang kamu sehingga terkesan wajah bulatmu sedikit memanjang. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jangan membuat alismu terlihat aneh setelah kamu menggambarnya. Misalnya, kamu cukup menggambar alismu dengan goresan yang tipis agar tetap terlihat natural.

Wajah Oval

Bentuk Alis pada Wajah Oval

sumber: pinterest.com

Jika kamu memiliki bentuk wajah oval, selamat! karna bentuk wajah oval adalah bentuk wajah yang simetris. Pilihan bentuk alis yang bisa kamu gunakan untuk wajah ovalmu adalah dengan membuat alis yang tidak terlalu meninggikan bentuk lengkungan. Lengkungan yang terlalu tinggi akan memberikan kesan memanjang pada wajahmu yang oval. Jadi, sebaiknya kamu membuat alismu dengan lengkungan yang lembut. Jangan lupa juga untuk tetap menjaga ketebalan pada alis yang kamu buat, agar terlihat lebih natural.

Wajah Panjang

Bentuk Alis pada Wajah Panjang

sumber: pinterest.com

Kamu tipe wajah yang panjang? Kamu harus tahu nihh, bagaimana cara membuat alis untuk tipe wajah kamu. Yang pasti, kamu harus menghindari lengkungan tinggi yang nantinya akan membuat wajah kamu terlihat semakin panjang. Kamu bisa membuat alis lebih mendatar dan memanjangkan ujung ekor alis kamu. Ujung alis bisa kamu panjangkan guna mengimbangi dimensi pada wajah panjangmu, tapi jangan terlalu panjang ya karena nanti matamu akan terlihat sayu.

Baca Juga:  Yuk Extension Bulu Mata di 3 Tempat Ini!

Wajah Kotak

Bentuk Alis pada Wajah Kotak

Nahh, kita tau nih bagaimana cara membuat alis yang pas untuk wajah kotak seperti kamu. Bentuk wajah kotak biasanya memiliki rahang dan tulang pipi yang lebar, tegas dan bersudut. Untuk itu, kamu sebaiknya membuat bentuk alis yang tipis agar mendapatkan kesan yang lembut. Kamu bisa menggambar alismu dengan tipis tanpa lengkungan yang tinggi dan tidak juga mendatar. Dengan bentuk alis yang sedang dan tipis, akan memberikan keseimbangan dan kelembutan pada wajah dan rahangmu.

Wajah Bentuk Hati

Bentuk Alis pada Wajah Hati

sumber: pinterest.com

Sebaiknya kamu menghindari bentuk alis yang rata atau datar, karena bentuk alis tersebut dapat memberikan kesan lebar pada bagian dahi, sehingga dahi pada wajah hati ini akan terlihat semakin lebar.

Wajah berbentuk hati memiliki dahi yang lebar dan dagu yang runcing. Jadi, kamu membutuhkan bentuk alis yang dapat mengimbangi dagu dan dahi kamu nih. Cara membuat alis yang pas untuk kamu adalah bentuk alis yang natural, dan tidak terlalu tajam. Membentuk lengkungan rendah dan ketebalan yang sedang. 

Baca juga: Tips Extension Bulu Mata, Jangan Kena Air Sampai 12 Jam!

 

Cara Membuat Alis untuk Pemula

Peralatan Merias Alis

sumber: hijab.dream.co.id

Ada hal yang harus kamu ketahui dan perhatikan, bagaimana cara membuat alis untuk kamu yang masih belajar dan baru mencoba (pemula). Hal utama yang harus kamu pahami adalah bentuk wajah kamu, setelah itu kamu juga bisa menentukan bentuk alis apa yang paling cocok untuk kamu. Kemudian, kamu dapat memilih warna pensil alis yang akan kamu gunakan. Jika kamu bingung untuk menggunakan brand pensil alis yang mana, kamu bisa mulai-mulai mencari review brand apa yang cocok untuk jenis dan warna kulit kamu. Berikut cara membuat alis untuk para pemula :

Langkah 1 : Rapikan Rambut Alismerapikan alis

Hal pertama yang dapat kamu lakukan untuk membuat alis adalah rapikan rambut alis terlebih dahulu. Jika rambut alis kamu berantakan, gunakan spoolie brush untuk merapikan rambut alis searah tumbuhnya alis. Kamu juga bisa merapikan rambut-rambut alismu yang tidak beraturan dengan menyukur atau mencabutnya dengan pinset.

Langkah 2 : Buatlah Titik dan Bingkai Alismembuat titik alis

Setelah kamu mendapatkan alis yang rapih, kamu bisa membuat titik-titik pada pangkal hingga ujung alismu. Kamu bisa membuat tiga titik agar dapat memudahkan kamu membuat bingkai alis. Tentukanlah titik-titik yang bisa kamu buat pada titik awal, titik tingginya lengkungan, dan ujung ekor bagian luar alis.

Kemudian buatlah garis dari titik-titik tadi untuk membuat bingkai alis secara tipis. Ikuti titik-titik yang ada,  dan tarik garis secara tipis. Gunakan pensil alis langsung untuk membuat titik dan bingkai alis agar mempermudah kamu dalam membuat alis.

Langkah 3 : Isi Alis Bagian Dalam dengan Pensil Alismenggambar alis

Bingkai alis sudah terbentuk, maka kamu bisa mengisi alis bagian dalam menggunakan pensil alis. Kamu bisa mengisi secara tipis pada bagian pangkal alis dan sedikit tebal pada bagian tengah sampai ke ujung ekor alis. Kemudian, arsir alis yang telah diisi searah tumbuhnya rambut alis agar terlihat lebih natural. Jangan lupa ya, mengarsir pangkal alismu tidak dengan ketebalan yang sama seperti kamu mengarsir bagian tengah atau lengkungan hingga ujung alis kamu. Karena akan terlihat berlebihan ketika kamu mengarsir dengan ketebalan yang sama rata dari pangkal hingga ujung alis.

Langkah 4 : Sikat Pangkal Alismenyikat pangkal alis

Setelah alis bagian dalam terisi dengan arsiran, kini saatnya kamu menyisir rambut alismu menggunakan spoolie brush dari pangkal alis ke arah dalam searah dengan tumbuhnya rambut alis. Hasilnya akan terlihat lebih natural setelah kamu menyikat pangkal alismu. Alis yang kamu buat akan tipis di pangkal dan menebal diujung alis, sehingga memberikan kesan gradasi pada warna alismu dan terlihat natural pastinya.

Langkah 5 : Rapikan Alismerapikan alis mata

Nahh, setelah kamu berhasil membuat titik, bingkai alis, dan kemudian mengisi bingkai alis tersebut dengan arsiran dengan pensil alis, kamu sudah sampai pada tahap terakhir dari cara membuat alis ini. Kamu tinggal merapikan bentuk alis yang telah kamu gambar untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Gunakan spoolie brush dan kamu bisa mem-blending alismu dengan menyisir lembut rambut-rambut alis agar terlihat lebih natural.

 

Jadi deh! Sekarang kamu sudah siap untuk hang out dengan teman atau orang terdekatmu nih.

Gimana? Cara membuat alis di atas mudah kan untuk kamu praktekin? Bagi yang belum mencoba, selamat mencoba ya!

Baca juga: Extension Bulu Mata? Ini Hal Yang Perlu Kamu Ketahui!

 

Kamu Sibuk dan Nggak Sempat Membuat Alis?

Berhias atau berdandan, khususnya menggambar alis sesuai dengan keinginan kita memang membutuhkan waktu. Belum lagi, kalau hasilnya nggak simetris sedangkan kamu sudah harus berangkat kerja karena ada meeting dengan client?? Tapi kayanya enggak perlu khawatir lagi deh soal alis kamu. Sekarang kamu bisa tetap tampil pede dengan alis yang oke tanpa harus menggambar dan menghapusnya setiap kamu berpergian lho.

Saat ini banyak sekali beauty treatment yang dapat memanjakan kecantikan kamu, seperti threading dan  sulam alis. Threading dan sulam alis adalah pilihan tepat untuk kamu yang nggak mau repot tapi tetap mau tampil oke. Sulam alis juga bisa memastikan kondisi alis kamu terlihat sempurna dan natural tanpa ada sentuhan dari pensil alis dalam waktu jangka panjang. Tapi kalau kamu threading, kamu nggak perlu merapikan alis kamu lagi, hanya mengarsir tipis alismu agar terlihat lebih maksimal.

 

Salon Untuk Perawatan Alis

Sekarang ini, banyak tempat atau salon kecantikan yang bisa kamu datangi untuk melakukan treatment untuk alis. Kita ada rekomendasi nih buat kamu yang nggak mau ribet soal alis, berikut tempat treatment alis yang bisa kamu coba.

Delight Browlash

Sulam Alis

sumber: https://dailyvanity.sg

Selain menawarkan treatment kecantikan untuk wajah, salon yang berlokasi di Jalan Pluit ini juga menawarkan treatment untuk alis. Untuk kamu yang tinggal di daerah Jakarta Utara dan pingin coba sulam alis atau threading, kamu bisa banget coba datang ke Delight Browlash.

Lokasi:

Jalan Pluit Karang Barat Blok GG Nomor 25 A, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara

 

Smooch Beauty Bar

Smooch Beauty Bar

sumber: instagram @smoochbeautybar

Salon Smooch Beauty Bar menawarkan perawatan kecantikan yang lengkap, mulai perawatan ujung rambut hingga ujung kaki. Jika kamu ingin melakukan treatment alis seperti threading dan sulam alis, Smooch Beauty Bar adalah salah satu tempat yang pas nih untuk kamu coba. Sembari melakukan treatment alis, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan perawatan kecantikan lainnya lho.

Lokasi:

Smooch Beauty Bar Bekasi

Ruko Galaxy RSO, Blok B Nomor 1, Jalan Lotus Utara, Jaka Setia, Bekasi

Smooch Beauty Bar Depok

Rukan Pesona View, Blok J Nomor 4, Jalan Ir. H. Juanda, Baktijaya, Sukmajaya, Depok

Smooch Beauty Bar Bogor

Jalan Sancang Nomor 15, Babakan, Bogor Tengah, Bogor

 

Brows to Toes (merapikan alis)

Brows to Toes

sumber: instagram @browtotoes_id

Kalau kamu tinggal di daerah Jakarta Utara, kamu bisa mampir ke Brow to Toes untuk mempercantik alis kamu. Di sini, kamu bisa memilih sulam alis dengan pilihan microblading, microshading dan ombre lho. Kamu juga bisa sharing dengan para stylish mengenai bentuk alis yang paling cocok untuk bentuk wajah kamu.

Lokasi: 

Jalan Boulevard Timur Nomor 25, Kelapa Gading Timur, Jakarta Utara

 

Beauty Eyebrow & Lash

Beauty Eyebrow & Lash

sumber: instagram @beautyeyebrowandlash

Beauty Eyebrow & Lash adalah tempat perawatan yang dapat mempercantik penampilan kamu, seperti sulam alis dan threading. Kamu nggak perlu bingung-bingung lagi karena salon ini memiliki tiga cabang nih, jadi kamu bisa mengunjungi tempat terdekat dari rumah kamu.

Lokasi:

Beauty Eyebrow & Lash Sampoerna Strategic Square

Sampoerna Strategic Square, Level LG, Unit 05, Jalan Jenderal Sudirman

Beauty Eyebrow & Lash Artha Gading

Mall Artha Gading, Lantai 1, Unit B6 219

Beauty Eyebrow & Lash Puri

Puri Indah Mall, Lantai 1 Nomor 121

 

Treatment Alis, Tanpa Repot Tanpa Boros

Dari pada repot bikin alis setiap hari atau setiap berpergian, treatment alis adalah salah satu solusinya nih. Dengan melakukan perawatan alis seperti sulam alis dan threading sekedar merapikan rambut-rambut alis, kamu nggak perlu menyita waktu untuk mempersiapkan alis kamu.

Cashbac juga bisa bikin kamu tampil oke tanpa harus keluarin uang banyak nih. Kok bisa? Gimana caranya? Iya! Jadi, kamu bisa melakukan perawatan alis hanya dengan aplikasi Cashbac. Untuk kamu yang belum tahu aplikasi Cashbac, jadi Cashbac adalah sebuah aplikasi tanpa Top Up yang dapat memberikan kamu rewards setiap penggunaannya.

Selain salon, kamu juga bisa pakai Cashbac di banyak merchant lho, seperti di restaurant, tempat belanja, dan tempat olahraga. Mau tau apa saja merchant yang dapat menggunakan Cashbac? Yuk, download dulu aplikasi Cashbac agar kamu bisa tahu apa saja merchant yang dapat kamu kunjungi.

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store