Ingin punya kulit wajah yang terlihat flawless dan halus tanpa make-up seperti artis-artis favorit kita? Kita bisa mewujudkan impian kita itu lho. Ada banyak cara memuluskan wajah yang bisa kita lakukan supaya kulit wajah kita terlihat halus dan sehat. Penasaran? Yuk cek ulasannya!

Cara Memuluskan Wajah Alami

Ada beberapa cara memuluskan wajah alami yang bisa kita lakukan di rumah dengan bahan-bahan yang bisa kita peroleh dengan mudah lho. Cara memuluskan wajah dengan alami ini nggak sulit kita lakukan, tapi hasilnya memang nggak akan terlihat secara instan di kulit kita. Berikut 5 cara memuluskan wajah alami yang bisa kita coba.

1. Sering konsumsi makanan yang menyehatkan kulit

Cara Memuluskan Wajah - Konsumsi Makanan yang Menyehatkan Kulit

Ada pepatah yang mengatakan “you are what you eat” dan pepatah ini benar banget lho. Menurut dermatologis dari Amerika Serikat, dr. Heidi Prather, pola makan kita termasuk salah satu faktor utama yang menentukan seberapa mulusnya kulit kita lho. Ini karena makanan yang nggak sehat seperti makanan dengan pengawet atau penguat rasa buatan atau makanan yang terlalu manis bisa mengurangi produksi bakteri baik pada tubuh yang menyebabkan pembengkakan dan kerusakan kulit yang bisa terlihat di wajah kita.

Supaya kulit wajah kita menjadi mulus, sebaiknya kita makan lebih banyak makanan yang mengandung vitamin A, C, E, Omega-3, antioksidan dan lemak yang sehat karena zat-zat ini bisa membantu perbaikan kulit yang telah rusak. Contoh makanan yang bisa bikin kulit kita lebih sehat dan memuluskan wajah adalah alpukat, ubi, wortel, bayam, brokoli, mangga, ikan, dan dark chocolate. Jadi, perhatikan juga apa yang kita konsumsi ya.

Baca juga: Supaya Sehat, Yuk Makan 15 Makanan Berserat Tinggi Ini!

2. Tidur yang cukup

Cara Memuluskan Wajah - Tidur yang Cukup

Tahukah kita kalau tubuh kita biasanya memperbaiki kerusakan kulit setiap kali kita tidur? Ketika kita terlalu sering kurang tidur, kulit kita bakal terlihat lebih kasar dan kusam lho. Selain itu, nggak cukup tidur juga membuat kulit kita lebih kering dan berkerut sehingga kita terlihat lebih tua dari umur sebenarnya.

Nah, supaya kita nggak punya kulit yang berkerut di usia muda, pastikan kita tidur minimal 7-8 jam setiap malamnya. Pastikan juga tidur malam kita berkualitas ya, artinya nggak terganggu dengan terbangun tiba-tiba tengah malam. Jadi, jauhkan smartphone dari dekat kita pada malam hari dan ke kamar mandi dulu sebelum tidur supaya tidur kita pulas sampai pagi sehingga kulit kita sehat.

3. Minum air putih yang banyak

Cara Memuluskan Wajah - Minum Air Putih

Cara memuluskan wajah ini menjadi rahasia kecantikan perempuan di Prancis lho untuk menjaga kesehatan kulit mereka. Dilansir dari dermstore.com, minum air putih bisa membantu tubuh kita membersihkan tubuh dari toksin yang berasal dari polusi udara, makanan yang nggak sehat dan sebagainya yang bikin kulit menjadi nggak mulus. Minum air putih juga bisa memperbaiki metabolisme tubuh kita supaya lebih efisien, termasuk metabolisme yang bikin kulit lebih lembab dan mulus.

Supaya kulit kita yang rusak diperbaiki dan menjadi mulus, kita sebaiknya minum air putih minimal 8-10 gelas setiap hari. Kalau kita nggak terlalu suka rasa air putih, kita juga bisa mendapatkan kadar air yang dibutuhkan tubuh dari sayur dan buah, terutama apel, jeruk, kiwi, semangka, blueberry, dan anggur. Supaya kulit kita sehat, biasakan makan 5 porsi sayur dan buah tiap hari ya.

4. Gunakan lidah buaya

Cara Memuluskan Wajah - Gunakan Lidah Buaya

Akhir-akhir ini, mungkin kita sering mendengar tren cara memuluskan wajah ala artis Korea Selatan yang menggunakan lidah buaya. Nah, cara memuluskan wajah ini ternyata efektif banget lho untuk membuat kulit wajah kita terlihat halus. Lidah buaya bahkan bisa juga mengurangi jerawat dan bekas-bekasnya serta kerutan atau bekas luka di wajah sehingga meredakan masalah kulit yang bikin nggak mulus.

Lidah buaya bisa kita gunakan untuk memuluskan wajah cukup dengan mengiris kulitnya, mengambil gel dari dalam daunnya dan langsung mengoleskannya pada kulit wajah kita setelah mencuci muka. Kalau kita lebih suka menggunakan masker, kita juga bisa mencampur 1 sendok makan gel lidah buaya, 2 sendok makan air lemon, dan 1 sendok makan madu menjadi masker.

5. Oleskan madu pada wajah

Cara Memuluskan Wajah - Oleskan Madu pada Wajah

Menurut majalah Women’s Health, makanan favorit lebah yang satu ini adalah salah satu bahan alami yang bermanfaat banget dalam membuat kulit wajah kita mulus lho. Ini karena madu bisa memperbaiki kulit dan menyembuhkan luka secara alami sehingga madu bisa mengurangi kerutan di wajah dan memuluskan wajah. Madu juga mengandung zat-zat antiseptik, anti-bakteri, dan anti-pembengkakan lho sehingga bisa mencegah kulit wajah kita rusak lagi juga.

Madu bisa kita gunakan untuk memuluskan wajah dengan cara mengoleskannya secara langsung ke kulit wajah dan mendiamkannya selama 20 menit sebagai masker. Kita juga bisa menjadikan madu sebagai scrub lho dengan cara mengoleskan madu pada kulit dan menggosokkannya. Campuran 3 sendok makan madu dan 1.5 sendok teh kayu manis bubuk juga bisa menjadi pengganti krim malam kita supaya kulit mulus lho.

Cara Memuluskan Wajah dengan Treatment

Selain menggunakan bahan alami, ada juga beberapa cara memuluskan wajah dengan treatment di klinik kecantikan lho. Cara memuluskan wajah yang ini bisa lebih efektif dalam memberikan hasil yang instan di kulit wajah kita. Ini dia beberapa treatment yang bisa kita coba untuk memuluskan wajah.

1. Radio-Frequency Treatment

Cara Memuluskan Wajah - Radio-Frequency Treatment

Sumber: advance-esthetic.us

Perawatan kecantikan yang satu ini disebut artis Hollywood, Jennifer Aniston sebagai perawatan yang bikin kulitnya tetap terlihat mulus di umur 50 tahun lho. Nggak heran, karena radio-frequency treatment meningkatkan produksi kolagen oleh tubuh kita yang bikin kulit terlihat mulus dan awet muda. Radio-treatment frequency juga merupakan cara memuluskan wajah yang bisa membantu kulit kita nggak terlihat kusam lagi dan meningkatkan penyerapan oksigen oleh kulit.

Perawatannya nggak ribet – untuk hasil yang maksimal wajah kita cukup dipijat dengan mesin berfrekuensi radio dengan suhu 38-40 derajat Celcius selama 30 menit aja. Walaupun suhu mesinnya cukup panas, kulit kita nggak akan melepuh atau kering lho dan kita hanya akan merasa seperti sedang melakukan hot stone massage aja. Nggak cuma itu, walaupun waktu perawatannya singkat banget, hasilnya bisa langsung terlihat jelas dan bertahan hingga 2 tahun lho.

2. Peeling

Cara Memuluskan Wajah - Peeling

Sumber: blissistanbul.com

Perawatan yang satu ini sebenarnya merupakan cara memuluskan wajah yang mengangkat lapisan teratas kulit wajah kita supaya sel-sel kulit baru yang lebih mulus dan segar muncul. Peeling juga bisa mengurangi kerutan, jerawat, dan flek hitam di wajah lho. Tapi, walaupun peeling mengangkat salah satu lapisan kulit kita, perawatannya nggak menyakitkan lho. Kulit wajah kita hanya akan diolesi gel yang dibiarkan sebentar sebelum diangkat dan hanya akan bikin kita merasa kulit kita seperti digigit semut sebentar. Gel yang digunakan pada kulit kita juga akan disesuaikan dengan kebutuhan kulit kita.

Peeling bisa kita lakukan dalam waktu singkat, yaitu 10-30 menit dan setelahnya, kulit kita akan terlihat lebih merah tapi terasa lebih mulus. Setelah melakukan peeling, kita juga sebaiknya melakukan perawatan ekstra untuk lapisan baru kulit wajah kita yang lebih halus ini dengan menghindari produk berbahan retinol dan menggunakan tabir surya ekstra.

Baca juga: 8 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yang Membandel

3. Microneedling

Cara Memuluskan Wajah - Microneedling

Sumber: medicalnewstoday.com

Bayangkan ratusan jarum-jarum kecil menusuk wajah kita tapi nggak sakit sama sekali dan setelahnya, wajah kita menjadi mulus. Seperti itulah perawatan microneedling. Dengan menggunakan roller atau mesin yang berisi jarum-jarum kecil, kulit wajah kita akan ditusuk-tusuk pada perawatan ini sehingga mengaktifkan kemampuan alami kulit kita untuk menyembuhkan diri sendiri dengan cara memproduksi kolagen dan elastin yang bikin kulit terlihat mulus dan bebas kerutan. Selain itu, menurut majalah Reader’s Digest, perawatan ini juga bisa membuat kulit wajah kita menyerap produk kecantikan lebih baik lho dan mengurangi kerutan serta bekas luka juga.

Bukannya perih atau bisa membuat wajah kita luka? Tenang aja, karena sebelum perawatan, kulit kita akan diolesi krim pereda rasa sakit sehingga kita nggak akan merasa kesakitan. Microneedling juga dilakukan oleh profesional yang udah terlatih untuk melakukan perawatan ini tanpa bikin kita terluka. Prosesnya juga nggak makan waktu lama lho – cukup 30 menit dan besoknya kita bisa langsung merasakan mulusnya kulit kita.

4. Photodynamic Therapy

Cara Memuluskan Wajah - Photodynamic Therapy

Sumber: dermatologytimes.com

Berbeda dengan treatment lainnya yang bisa dilakukan pada kulit wajah kita, perawatan yang juga dikenal dengan sebutan blue light treatment ini bisa menargetkan titik-titik khusus pada wajah kita yang bermasalah aja dan langsung berefek mengatasi masalah yang bikin kulit kita nggak mulus seperti jerawat. Pada photodynamic therapy, krim wajah yang memampukan kulit berfotosintesis akan dioleskan di bagian wajah yang nggak mulus lalu didiamkan selama 30-60 menit. Setelah itu, wajah kita akan disinari lampu bercahaya biru yang mengaktifkan oksigen dan membasmi sel kulit abnormal yang bikin wajah nggak mulus.

Photodynamic therapy memang memakan waktu lumayan lama, terutama untuk mengaktifkan obat kulitnya. Setelah itu bagian kulit wajah yang mengalami perawatan juga nggak boleh kena sinar matahari dulu selama 1-2 hari. Tapi, efeknya instan banget lho dalam membuat kulit wajah mulus karena langsung mengatasi masalah kulit yang kasar dan kusam. Bisa banget kita coba kalau mengalami masalah kulit di beberapa titik di wajah aja.

5. Mikrodermabrasi

Cara Memuluskan Wajah - Mikrodermabrasi

Kalau kita ingin memuluskan wajah sambil rileks, mikrodermabrasi cocok banget untuk kita coba. Pada perawatan ini, lapisan atas kulit kita akan dikelupas dengan menyemprotkan kristal kecil-kecil pada kulit lalu menyedot kembali kristal yang mengangkat lapisan kulit wajah kita itu. Perawatan ini adalah cara memuluskan wajah yang cocok banget mengatasi bekas jerawat, kulit yang terlalu kering, dan tekstur wajah yang nggak rata.

Menurut Elle, walaupun perawatan ini bikin lapisan kulit terangkat, kita hanya akan merasa seperti kulit kita digaruk dan ditarik sedikit lho, jadi nggak perih sama sekali. Efeknya dalam memuluskan wajah juga instan banget – setelah perawatan kita bakal langsung melihat kulit wajah kita lebih mulus.

Baca juga: Yuk Intip Cara Merawat Rambut Rusak secara Alami!

Wajah Mulus Tanpa Menguras Fulus

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah kulit dan bikin wajah kita mulus, mulai dari cara alami hingga treatment di klinik kecantikan. Ingin cobain cara-cara memuluskan wajah kita tapi takut bakal boros banget di kantong karena harga perawatan atau bahan-bahan yang kita butuhkan mahal?

Wajah kita bisa mulus tanpa boros lho dengan menggunakan aplikasi Cashbac sambil perawatan kecantikan di Sava Beauty & Wellness, Nurtura Aesthetic & Wellness Center, Beautylogica Clinic, Ekle’s Clinic, Ozthetique, Gaya Spa, Nestetique Clinic & Salon, dan masih banyak lagi.

Dengan Cashbac, kita bisa mendapatkan instant cashback yang jumlahnya berlipat-lipat sambil perawatan. Cara menggunakannya juga gampang: cukup download aplikasi Cashbac, registrasi dengan kartu debit/kartu kredit, dan gunakan aplikasinya untuk bertransaksi supaya kita bisa dapat instant cashback. Cashback yang kita dapatkan bisa digunakan langsung untuk perawatan selanjutnya dan makan-makan sehat atau kita simpan untuk digunakan kapanpun selama akun kita masih aktif lho.

Jadi, kulit wajah yang mulus nggak perlu hanya jadi cita-cita aja. Yuk cobain berbagai cara memuluskan wajah yang alami atau dengan perawatan bareng Cashbac!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store

Disclaimer: informasi dari Cashbac tidak menggantikan nasihat medis. Selalu konsultasikan ke dokter Anda sebelum melakukan tindakan lebih lanjut.