Mengetahui cara menabung yang benar dan efektif merupakan hal yang penting. Sebab, banyak orang kesulitan menabung meskipun memiliki gaji yang besar karena tidak mengetahui caranya. Ujung-ujungnya, menabung hanya sebatas keinginan yang tidak pernah terwujud.

Setiap orang tidak bisa memprediksi apa yang akan menimpanya di masa depan. Bisa saja terjadi sesuatu yang mengharuskan untuk mengeluarkan biaya yang besar. Jika memiliki simpanan, tentu hal tersebut bukan masalah. Tapi bagaimana jika dia tidak memiliki simpanan? Tentu akan kesulitan sendiri.

Baca Juga : Cek Yuk Kondisi Keuangan Pribadi Kamu, Dan Cara Memperbaikinya!

 

10 Cara Menabung yang Benar

Berikut ini akan dibagikan tips dan cara menabung yang benar dan efektif, agar kamu bisa konsisten melakukannya.

1. Tetapkan Tujuan Menabung

cara menabung yang benar - tetapkan tujuan menabung

Banyak orang tidak mampu konsisten menabung karena tidak menentukan tujuan menabung dari awal. Sekedar menyisihkan uang untuk disimpan tanpa tujuan, akan menjadikan uang yang disisihkan tersebut tidak mampu tersimpan lama.

Oleh karena itu, salah satu cara menabung yang benar dan efektif adalah dengan menetapkan sejak awal tujuan dari menabung. Tentu setiap orang memiliki tujuan yang berbeda-beda, ada yang bertujuan untuk kebutuhan liburan, membeli barang yang diimpikan, kebutuhan sekolah anak, membangun rumah impian, dan lain sebagainya.

Apapun tujuanmu menabung, pastikan hanya untuk hal-hal yang sangat penting dan mendesak dalam kehidupan kamu.

 

2. Menyisihkan Uang di Awal

cara menabung yang benar - menyisihkan uang di awal

Banyak orang gagal menabung karena tidak menyisihkan uang di awal. Hal itu terjadi karena menabung bukan prioritasnya. Alhasil, tidak ada sisa uang yang bisa ditabung karena sudah habis untuk pembayaran barang-barang yang dimasukkan dalam daftar belanjaan.

Oleh karena itu, salah satu cara menabung yang benar adalah menyisihkan uang untuk ditabung sejak awal. Saat menerima gaji, prioritaskan uang yang akan ditabung. Sisihkan terlebih dahulu sebelum membuat daftar belanjaan bulanan.

 

3. Menabung dengan Cara yang Mudah

cara menabung yang benar - menabung dengan cara mudah

Banyak orang tidak menabung karena beralasan kalau gaji yang diterima tidak mencukupi. Semua sudah habis untuk berbagai kebutuhan yang masuk dalam daftar belanjaan. Jika seperti ini terus cara berpikirnya, sampai kapanpun tidak akan pernah bisa menabung.

Tidak perlu memberatkan diri dengan menabung dalam nominal besar. Tabunglah sesuai kemampuan. Sisihkan saja uang dengan nominal yang kecil untuk ditabung, misalnya 5000, 3000, bahkan 1000 rupiah sekalipun.

Meskipun sedikit, jika kamu mampu konsisten dalam menabung, tentu lambat laun hasil tabungan akan menjadi banyak dan bermanfaat untuk pengeluaran yang tidak terduga di masa mendatang.

 

4. Buka Rekening Khusus

cara menabung yang benar - buka rekening khusus

Meskipun menabung bisa dilakukan di rumah, tetap saja tidak aman. Bisa saja uang tabungan tersebut hilang, dicuri, terbakar, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, solusi terbaik adalah membuat tabungan khusus untuk itu.

Tentu saja kamu tidak perlu ke bank tiap hari untuk menyetor tabungan dalam nominal kecil. Tabung saja terlebih dahulu sampai mencapai nilai tertentu, baru kamu membawanya ke bank untuk dimasukkan dalam tabungan khusus.

 

5. Tabung Bonus Tahunan

cara menabung yang benar - tabung bonus tahunan

Jika kamu seorang pegawai, tentu sering mendapatkan bonus tahunan atau saat hari raya. Nah, daripada menghabiskan bonus tahunan tersebut untuk berfoya-foya, tentu jauh lebih bagus jika kamu menabungnya. Sebab, biasa saja di masa depan kamu butuh mengeluarkan sejumlah biaya untuk keperluan penting dan mendesak.

Kebiasaan menghabiskan bonus tahunan dengan berfoya-foya dan membelanjakannya untuk hal-hal yang kurang penting mindset yang salah. Bahkan, hal itu akan menjadi penghambat kesuksesan kamu. Rubahlah kebiasaan buruk tersebut dengan selalu memprioritaskan uang untuk pengeluaran yang penting dan mendesak, sehingga sisanya bisa untuk ditabung.

Baca Juga : Ini 7 Cara Menghemat Uang Gaji Bulanan, Dijamin Ampuh!

 

6. Buang Daftar Belanja yang Tidak Penting

cara menabung yang benar - buang daftar belanja tidak penting

Saat terima gaji, biasanya kamu mulai membuat daftar barang-barang yang akan dibeli. Sayangnya, seringkali kamu terjebak dalam kebiasaan konsumtif, sehingga memasukkan barang-barang yang sebenarnya kurang penting atau belum dibutuhkan ke dalam daftar belanjaan.

Akhirnya, gaji yang diterima tidak pernah lebih untuk untuk ditabung. Oleh karena itu, salah satu cara menabung yang benar dan efektif adalah merubah kebiasan konsumtif dan hanya memasukkan barang-barang yang dianggap penting dan betul-betul dibutuhkan ke dalam daftar belanjaan.

 

7. Menabung Setiap Hari

cara menabung yang benar - menabung setiap hari

Menabung membutuhkan kesabaran dan kedisiplinan. Hal inilah yang jarang dimiliki oleh seseorang, sehingga tidak mampu konsisten menabung sampai mencapai target dan tujuan menabung yang ditetapkan sejak awal.

Oleh karena itu, perlu membiasakan diri untuk disiplin dalam menabung. Salah satu caranya adalah dengan menabung setiap hari dalam nominal yang berbeda-beda. Jika sudah terbiasa dengan hal tersebut, tentu menabung bukan lagi hal yang berat bagi kamu.

 

8. Gunakan Rekening Terpisah

cara menabung yang benar - gunakan rekening terpisah

Salah satu cara menabung yang benar dan efektif adalah dengan membuat rekening yang terpisah. Artinya, kamu membuat rekening khusus untuk tabungan, sehingga uang yang akan ditabung tidak dimasukkan ke dalam rekening pribadi yang sering digunakan untuk belanja.

Jika kamu menyimpan uang tabungan di dalam rekening pribadi yang sering digunakan untuk belanja, kemungkinan besar kamu tidak akan mampu komitmen menabung. Sebab terkadang tanpa terasa, uang tabungan tersebut ikut diambil untuk kebutuhan belanja.

 

9. Selalu Bawa Uang Tunai

cara menabung yang benar - bawa uang tunai

Umumnya orang-orang lebih memilih untuk membawa kartu ATM ketika melakukan perjalanan. Sebab, hal tersebut dirasa lebih praktis dan tidak merepotkan. Jika membutuhkan uang, tinggal cari mesin ATM dan melakukan penarikan uang.

Tapi tahukah kamu, cara tersebut tidak efektif bagi kamu yang sedang menjalankan target menabung. Sebab akan banyak pengeluaran selama perjalanan, dan kamu akan ringan tangan untuk melakukan penarikan uang. Akibatnya, uang yang tadinya ditabung untuk tujuan tertentu menjadi habis ditarik melalui ATM tanpa disadari.

Sebaiknya kamu membawa uang tunai secukupnya ketika melakukan perjalanan. Tetapkan komitmen bahwa uang tunai yang dibawa itulah yang akan digunakan selama perjalanan. Apapun yang terjadi, jangan pernah melakukan penarikan uang di ATM.

Tentu saja ada kondisi yang diperkecualikan, ketika memang terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan membutuhkan biaya besar, sedangkan uang tunai yang dibawa tidak mencukupi untuk menutupi kebutuhan tersebut.

 

10 Minta Kembalian Meskipun Recehan

cara menabung yang benar - minta kembalian receh

Sebagian toko tidak memberikan kembalian uang receh kepada pembeli. Biasanya, pihak toko atau kasir malah menawarkan gula-gula dan semisalnya sebagai ganti uang kembalian receh tersebut. Jika kamu mendapati kondisi seperti itu, tolak saja apa yang ditawarkan.

Lebih baik jika uang receh kembalian belanja tersebut kamu tabung. Meskipun nominalnya kecil, toh lama kelamaan akan menjadi banyak juga. Setelah itu, baru kamu bisa membawanya ke bank untuk dimasukkan ke dalam tabungan khusus yang sudah dibuat sebelumnya.

Baca Juga : Anti Boros, Cek 7 Tips Agar Bisa Menabung Setiap Hari!

Itulah tadi 10 cara menabung yang benar dan efektif. Jika kamu betul-betul serius ingin menabung, terapkanlah cara-cara di atas. Dengan begitu, kamu bisa konsisten menabung sampai mencapai tujuan menabung yang ditetapkan sejak awal.

 

Cashbac Easypay

Sekarang kamu bisa lebih berhemat untuk membantu kamu menabung yang benar dengan menggunakan Cashbac Easypay!

Cashbac Easypay merupakan fitur terbaru dari Cashbac yang memberikan kemudahan untuk berbelanja tanpa ribet dan tanpa biaya apapun yang berlaku di merchant favorit.

Keuntungan Cashbac Easypay adalah:

– Budget Belanja Jutaan
– Tidak Ada Biaya Tambahan Apapun
– Proses Cepat Bebas Ribet
– Bonus Point Rewards

Keuntungan yang tidak akan kamu dapatkan di tempat lain, apply Cashbac Easypay sekarang juga!