Cara mencuci sepatu yang benar juga sama pentingnya dengan mencuci baju. Sepatu sebagai alas kaki, sudah seharusnya selalu dirawat dengan baik untuk membuat penampilan tetap rapi dan terlihat bersih. Apalagi bagi kaum perempuan, yang cenderung memiliki berbagai jenis sepatu dengan bahan berbeda. Sebut saja, ada sepatu heels, sneakers, flat shoes, dan masih banyak lagi.

Namun tahukah kamu bahwa membersihkan sepatu sebenarnya tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada beberapa trik khusus agar sepatu tetap awet, terutama menyesuaikan bahan sepatu itu sendiri.

Tidak hanya dilihat dari bahan dan jenis sepatu, tetapi alat yang dipakai untuk membersihkan sepatu juga harus diperhatikan.

Baca Juga : Model Sepatu Wanita untuk Jalan Jalan, Mana Favorit Kamu?

 

Cara Mencuci Sepatu Dengan Benar

Supaya sepatu tetap awet digunakan, ada beberapa trik cara mencuci sepatu dengan benar sesuai bahannya berikut ini :

1. Sepatu Kulit

cara mencuci sepatu kulit

Sepatu kulit dapat dibersihkan memakai campuran dari cuka dan air. Caranya cukup memakai lap atau kain kering yang berbahan lembut. Setelah itu, celupkan ke dalam campuran tersebut. Jika sudah, bersihkan dengan perlahan ke sepatu. Silahkan keringkan sepatu memakai kaus katun bersih dan tidak terpakai.

Apalagi jika ada noda membandel pada sepatu yang sulit dihilangkan, bersihkan memakai kondisioner atau shampoo. Jika ada goresan atau warna mulai pudar, kamu dapat menyemir sepatu memakai lotion atau shoe polls untuk sepatu kulit. Caranya lap memakai kaus katun.

Mempunyai sepatu kulit juga cukup spesial sebab bahannya sangat lembut, jadi membutuhkan perawatan berbeda.

 

2. Sepatu Kanvas

cara mencuci sepatu canvas

Sepatu berbahan kanvas biasanya ada pada model-model sepatu sport. Cara mencuci sepatu kanvas ini cukup mudah, kamu bisa melakukannya secara manual. Lepaskan tali sepatu, dan siapkan air yang hangat. Lalu celupkan sepat uke air hangat.

Proses tersebut tidak memerlukan waktu yang lama, sebab tujuannya hanya untuk membasahi sepatu. Ketika mencuci sepatu berbahan kanvas, pakai cairan pembersih piring memakai sikat nilon dan gosokan ke bagian luar dan dalam sepatu dengan perlahan sampai bersih. Lalu bilas pada air yang mengalir. Diamkan sampai kering.

Untuk melakukan sol sepatu, kamu dapat memasukkan sepatu ke ember yang berisi air, sikat sepatu perlahan memakai sabun lalu bilas. Selanjutnya, biarkan sepatu mengering dengan cara alami.

 

3. Patent Leather

cara mencuci sepatu patent leather

Patent leather adalah sejenis sepatu kulit yang memiliki lapisan mengkilap. Jika ingin membersihkan jenis sepatu ini, apabila ada kotoran menempel kamu dapat membersihkannya memakai cotton bud atau petroleum jelly atau lap. Jika ingin sepatu tersebut lebih shiny, silahkan menyemprotkan cairan untuk membersihkan kaca atau glass cleaner. Dengan demikian, sepatu kamu, menjadi lebih mengkilap.

 

4. Sepatu Suede

cara mencuci sepatu suede

Suede adalah sepatu berbahan dasar kulit sapi, jadi perawatannya tidak dapat dilakukan sembarangan. Jika ingin membersihkan model sepatu ini, dibutuhkan sikat khusus supaya tidak merusak materialnya.

Kamu dapat memakai sikat khusus untuk bahan suede supaya noda yang menempel dapat hilang. Sementara jika ada noda yang menempel, kamu bisa memakai cairan khusus lalu menyikatnya memakai bantuan sikat yang berbulu halus atau kain lembut supaya busa sepatu bisa menghilang.

Di samping itu, ternyata sepatu berbahan suede juga dapat dibersihkan memakai penghapus pensil dari karet, kemudian gosok secara perlahan di permukaan sepatu.

 

5. Rope Wedges

cara mencuci sepatu rope wedges

Bahan wedges biasanya terdapat pada sandal atau sepatu yang banyak digemari kaum wanita. Wajar jika tidak sedikit wanita yang membeli sepatu jenis ini guna menunjang penampilan supaya terlihat lebih jenjang. Meskipun sebenarnya belum tentu dipakai semua. Sehingga banyak sepatu wedges yang kotor, tidak terurus, tidak layak pakai dan kumel.

Untuk menjaga supaya wedges tetap awet dan bagus, tentu saja kamu harus mengetahui bagaimana perawatannya. Cara mencuci sepatu wedges dapat dilakukan memakai sikat gigi agar kotoran pada hak sepatu menjadi bersih. Selain itu, kamu harus memastikan menyikat sepatu ke satu arah untuk mencegah terjadinya kerusakan.

 

6. Nubuck Leather

cara mencuci sepatu nubuck leather

Sepatu jenis ini sekilas tampak mirip seperti suede, hanya saja keduanya mempunyai tekstur berbeda. Material ini mempunyai tekstur lebih lembut dibanding suede. Memiliki permukaan yang lembut, menjadikan warna sepatu ini lebih solid dan membuatnya berbeda, karena memakai bahan kulit brush off atau full gain.

Bahkan harga nubuck leather lebih mahal daripada suede, walaupun tampilannya hampir sama. Jenis sepatu nubuck biasanya lebih awet dan kuat dari suede, sebab terbuat dari material dasar kulit dan dipakai lebih keras daripada suede.

Untuk merawat sepatu bermaterial nubuck leather ini sama seperti bahan suede. Kamu juga bisa menyemprotkan dan menyikatnya sama seperti pada bahan suede, jadi tidak perlu lagi membeli penyemprot atau sikat yang berbeda apabila mempunyai sepatu maupun aksesoris lain dengan bahan dasar suede dan nubuck leather. Sebelum membersihkan, pastikan untuk mengecek material sepatu terlebih dahulu.

 

7. Sepatu Bahan Denim

cara mencuci sepatu jeans denim

Material denim menyerupai bentuk kanvas dan biasanya dipakai untuk pembuatan sepatu sneaker. Maka dari itu, cara mencuci sepatu denim tidak jauh berbeda dari sepatu kanvas. Disini kamu hanya membutuhkan sikat gigi atau sikat yang berbulu halus, detergen, ember serta air hangat saat membersihkannya. Kamu bisa menyikat bagian-bagian pada sepatu dengan halus supaya bahannya tidak mudah rusak.

 

Cara Mencuci Sepatu Berwarna Putih

Jika sepatu putih kamu tampilannya sudah menguning, tentu saja sudah tidak enak dilihat. Bahkan hal tersebut sangat berpengaruh pada penampilan. Jangan khawatir, kamu bisa mencoba membersihkan sepatu putih dengan cara berikut :

1. Memakai Pasta Gigi

cara mencuci sepatu putih - pakai pasta gigi

Pasta gigi ternyata tidak hanya dapat dipakai untuk membersihkan gigi saja, tetapi juga untuk membersihkan sepatu yang berwarna putih. Kamu dapat menggunakan pasta gigi dengan cara mengoleskan pasta gigi secukupnya ke sepatu yang menguning atau kotor. Gosok secara perlahan dan tunggu selama beberapa saat, kemudian bilas memakai air.

 

2. Memakai Sabun Pencuci Piring atau Shampo

cara mencuci sepatu putih - pakai sabun pencuci piring

Sabun pencuci piring juga dapat berfungsi membersihkan kotoran yang membandel. Kamu bisa memanfaatkan sabun pencuci piring atau shampoo untuk membersihkan noda yang ada di sepatu putih. Caranya ambil pasta gigi secukupnya kemudian oleskan ke bagian yang bernoda atau kotor. Gosok memakai spons atau kain sampai bersih.

 

3. Memakai Semir Sepatu

cara mencuci sepatu putih - pakai semir sepatu

Pemakaian semir sepatu ternyata tidak hanya digunakan pada sepatu kulit saja, tetapi juga sepatu putih. Asalkan kamu memilih semir sepatu yang warnanya netral. Kamu bisa membersihkan sepatu putih memakai semir sepatu berwarna netral. Namun untuk penggunaannya sebaiknya hati-hati, sebaiknya pastikan bahan sepatu serta semir yang dipakai benar-benar cocok.

Membersihkan sepatu penting sekali agar sepatu tetap terlihat bersih dan tampak baru. Dengan mencoba cara mencuci sepatu dan merawatnya dengan benar, bisa membuat sepatu kamu selalu terlihat kinclong. Hal ini tentu saja membuat penampilan kamu selalu terlihat sempurna.

Baca Juga : Model Sepatu Pria Kekinian, Mana Pilihanmu?

 

Cashbac Easypay

Jika koleksi sepatu kamu sudah mulai terlihat banyak yang kotor atau ingin model baru yang lebih kekinian, sudah saatnya kamu membeli yang baru. Kamu bisa membelinya di Charles & Keith, Pedro, Emporio Armani 7, Wakai, dan The Little Things She Needs. Disana kamu bisa memilih berbagai jenis baju dan pakaian yang kamu butuhkan dan produknya sangat berkualitas. Kamu bisa lebih hemat jika berbelanja dengan menggunakan Cashbac Easypay!

Cashbac Easypay merupakan fitur terbaru dari Cashbac yang memberikan kemudahan untuk berbelanja tanpa ribet dan tanpa biaya apapun yang berlaku di merchant favorit.

Keuntungan Cashbac Easypay adalah:

– Budget Belanja Jutaan
– Bayar 4x Sesuai Nilai Belanja
– Tidak Ada Biaya Tambahan Apapun
– Proses Cepat Bebas Ribet
– Bonus Point Rewards

Keuntungan yang tidak akan kamu dapatkan di tempat lain, apply Cashbac Easypay sekarang juga!

DISKON 200 RIBU CASHBAC EASYPAY!