Rambut yang menipis dan rontok seringkali menjadi masalah untuk kita karena bikin kita terlihat nggak sehat dan nggak cantik maksimal. Tapi, ada banyak cara menebalkan rambut yang nggak ribet, efektif dan bisa kita coba lho untuk mengatasi rambut tipis. Ini dia ulasannya!

Penyebab Rambut Tipis

Cara Menebalkan Rambut - Penyebab Rambut Tipis

Kenapa sih rambut kita tipis dan susah menjadi tebal? Selain faktor gen bawaan, ada juga beberapa kebiasaan sehari-hari kita yang bikin rambut kita jadinya terlihat tipis terus lho. Dilansir dari majalah Prevention, ini dia beberapa kebiasaan penyebab rambut kita menjadi tipis yang nggak kita sadari.

1. Keramas dengan air yang terlalu panas

Menurut seorang ahli transplantasi rambut asal AS, dr. Ryan Welter, air panas bisa membuat rambut kita menjadi kering dan rapuh sehingga gampang patah dan rontok lho. Nggak heran kalau keramas dengan air yang suhunya terlalu panas bisa bikin rambut kita menjadi tipis. Selain itu, keramas dengan air terlalu panas juga bisa mengurangi produksi minyak alami pada rambut kita yang menjaga tekstur rambut tebal.

2. Diet yang terlalu ekstrim

Ketika kita diet terlalu ekstrim, seperti dengan mengurangi makan atau berhenti makan secara total, badan kita bakal memfokuskan energinya untuk menjaga fungsi organ kita untuk tetap berjalan sehingga tubuh kita nggak punya energi untuk menjaga ketebalan rambut. Selain itu, diet yang bikin kita kekurangan nutrisi yang penting buat rambut, seperti protein dan vitamin juga bikin rambut kita tipis lho.

3. Mengeringkan rambut dengan salah

Sering mengeringkan rambut secara alami dengan handuk? Pastikan cara kamu mengeringkan rambut benar ya, karena rambut kita justru paling gampang patah ketika dalam kondisi basah. Jadi, kalau kita biasa mengeringkan rambut dengan mengibaskan rambut di handuk atau langsung menyisir rambut setelah keramas, rambut kita pun semakin berisiko patah. Sebaiknya kita menepuk-nepuk rambut kita dengan handuk aja supaya nggak menipis.

4. Terlalu banyak terkena sinar UV

Kalau kita sering beraktivitas outdoor, rambut kita bakal lebih gampang menjadi tipis lho. Ini karena kita terpapar sinar UV dari matahari terus-menerus di luar ruangan yang bikin kutikula rambut kita lemah dan gampang rontok sehingga teksturnya menjadi tipis. Kita yang sering beraktivitas di luar ruangan sebaiknya sering memakai topi dan kondisioner ya.

5. Terlalu jarang atau terlalu sering keramas

Seberapa sering kita keramas juga bakal mempengaruhi seberapa tebalnya rambut kita lho. Kalau kita terlalu jarang keramas, kotoran di rambut dan sisa-sisa produk styling yang kita gunakan akan terus menempel di kulit kepala dan menyumbatnya sehingga bikin rambut susah tumbuh. Terlalu sering keramas dengan shampo juga bakal bikin rambut kita kering dan gampang rontok lho. Jadi, sebaiknya keramas hanya 2 hari sekali ya.

6. Stres

Ketika pikiran kita sedang stres, rambut kita juga lebih gampang rontok lho. Ini karena stres bikin sistem kekebalan tubuh kita menyerang folikel rambut sehingga bikin rambut kita rontok, terutama ketika menyisir. Selain itu, stres yang bikin kita sering menyentuh rambut juga bakal bikin rambut kita menjadi lebih tipis lho.

Baca juga: Ternyata, Cara Menghilangkan Stres Pikiran Nggak Sulit!

Cara Menebalkan Rambut Alami

Supaya rambut kita menjadi tebal, ada beberapa cara menebalkan rambut yang bisa kita cobain lho. Selain mengubah kebiasaan penyebab rambut tipis yang kita lakukan, kita juga bisa mencoba beberapa cara menebalkan rambut alami atau dengan treatment di salon lho. Ini dia beberapa cara menebalkan rambut dengan bahan-bahan alami yang bisa kita lakukan.

1. Lidah buaya

Cara Menebalkan Rambut - Lidah Buaya

Tanaman yang satu ini memang biasa menjadi salah satu bahan yang digunakan dalam membuat shampo. Menurut Merdeka.com, selain bermanfaat untuk menghitamkan rambut dan menghilangkan ketombe, lidah buaya juga mengandung banyak zat yang bisa menebalkan rambut dan mempercepat pertumbuhan rambut seperti protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, dan vitamin A, B1, dan C.

Untuk menebalkan rambut, kita cukup membelah satu tangkai lidah buaya menjadi dua, mengusap gelnya di tengah kulit kepala, lalu didiamkan selama 30 menit sebelum mencuci rambut. Kita bisa melakukan ini setiap sebelum keramas.

2. Minyak zaitun

Cara Menebalkan Rambut - Minyak Zaitun

Cara menebalkan rambut alami lainnya yang bisa kita coba adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak yang satu ini mengandung berbagai zat yang dibutuhkan rambut kita untuk tumbuh seperti vitamin A, C, D, E, K, zat besi, kalsium, dan berbagai asam yang berguna untuk menyehatkan tubuh kita.

Supaya efektif bikin rambut kita menjadi lebih tebal, minyak zaitun bisa kita oleskan pada kulit kepala setiap akan keramas.

3. Teh hijau

Cara Menebalkan Rambut - Teh Hijau

Teh hijau memang terkenal sehat banget dan mengandung berbagai zat yang dibutuhkan oleh rambut kita juga seperti antioksidan, vitamin C, polifenol, flouride, dan sebagainya. Selain itu, kandungan kafein di dalam teh hijau juga menghambat perkembangan DHT atau hormon yang bikin rambut kita rontok atau menipis.

Jenis teh yang berasal dari Jepang ini bisa kita gunakan untuk menebalkan rambut dengan dua cara. Kita bisa meminum teh hijau yang diseduh dengan air panas supaya rambut kita menjadi lebih kuat dari dalam atau mengoleskan air seduhan teh hijau ke kulit kepala setelah didiamkan selama 15 menit.

4. Santan

Cara Menebalkan Rambut - Santan

Mungkin kita lebih sering menggunakan bahan alami yang berasal dari kelapa ini untuk masak, tapi santan ternyata juga bermanfaat banget sebagai salah satu cara menebalkan rambut lho. Ini karena santan mengandung kalsium, protein, natrium, kalium, fosfor, dan zat besi. Kandungan zat-zat inilah yang membuat santan bisa menyehatkan kulit kepala sehingga rambut lebih gampang bertumbuh dan menjadi tebal.

Cara menggunakan santan di kulit kepala nggak sulit: cukup oleskan santan kental ke kulit kepala dan rambut, lakukan pijatan dengan santan pada kulit kepala, lalu diamkan 15 menit sebelum dibilas hingga bersih.

5. Konsumsi makanan bernutrisi seimbang

Cara Menebalkan Rambut - Konsumsi Makanan Bernutrisi Seimbang

Selain perawatan, kita juga bisa menebalkan rambut dengan mengkonsumsi makanan yang lebih sehat. Menurut Alodokter, supaya rambut kita lebih tebal dan nggak gampang rontok atau menipis, kita butuh makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi, roti, sereal dan pasta. Selain itu, kita juga butuh omega-3, vitamin B, dan zinc juga, jadi pastikan kita mengkonsumsi makanan yang mengandung zat-zat itu.

Tapi, bahan utama yang paling dibutuhkan rambut kita supaya tumbuh dan bertambah tebal adalah protein yang menentukan kesehatan rambut kita. Jadi, supaya rambut kita lebih cepat menebal, kita butuh asupan makanan berprotein tinggi yang cukup sehari-hari.

Baca juga: Ini Dia, 10 Makanan Berprotein Tinggi yang Bikin Kita Sehat

Cara Menebalkan Rambut di Salon

Selain menebalkan rambut secara alami, kita juga bisa mencoba berbagai cara menebalkan rambut di salon. Beberapa treatment di salon juga bisa jadi cara menebalkan rambut kita dengan hasil yang cepat terlihat lho. Penasaran? Ini dia perawatan di salon yang bisa menebalkan rambut kita!

1. Potong rambut

Cara Menebalkan Rambut - Potong Rambut

Kadang, rambut kita bisa terlihat tipis hanya karena potongan rambut kita nggak cocok dengan kita lho. Ini karena potongan rambut yang panjang dan rata bakal bikin rambut kita terlihat lebih tipis. Selain itu, rambut yang panjang juga bikin rambut kita lebih terpisah sehingga kulit kepala kita lebih terlihat.

Jadi, supaya rambut kita bisa terlihat lebih tebal secara instan, sebaiknya potong rambut kita sebahu atau pendek ala pixie cut supaya kulit kepala kita lebih tertutup dan rambut terlihat bervolume. Daripada memilih potongan rambut rata, kita juga lebih baik memilih potongan dengan layer di bagian tengah rambut – jangan di ujung rambut atau terlalu dekat dengan kulit kepala supaya rambut terlihat tebal.

2. Mengganti warna rambut

Cara Menebalkan Rambut - Mengganti Warna Rambut

Selain potong rambut, kita juga bisa mengecat rambut kita dan mengganti warna rambut kita saat ini. Letak penggantian warna rambut yang tepat bisa bikin rambut kita kelihatan lebih rambut – misalnya highlight rambut berwarna lebih terang mengurangi kontrasnya rambut dengan kulit kepala kita. Kita juga bisa mencampur beberapa warna yang mirip di rambut kita seperti merah terang dan merah maroon sehingga rambut kita terlihat lebih dinamis.

Selain itu, cat rambut juga mengembangkan batang rambut kita lho sehingga rambut kita menjadi lebih tebal. Tapi, hati-hati dengan memilih warna rambut ya. Kalau rambut kita tipis, hindari bleaching atau cat rambut yang terlalu terang karena bisa merusak rambut kita.

Baca juga: Wavy Hair dan Warna Coklat Bakal Jadi Tren Rambut 2019, Seperti Ini Look-nya!

3. Hair spa atau hair mask secara teratur

Cara Menebalkan Rambut - Hair Mask atau Hair Spa

Sumber: hellosehat.com

Kedua perawatan yang satu ini menggunakan krim atau masker khusus untuk mengatasi berbagai masalah rambut rusak, termasuk rambut yang terlalu tipis dan gampang rontok. Perbedaan hair spa dan hair mask terletak di seberapa intens masalah rambut kita. Menurut Kompas.comhair spa bertujuan untuk menutrisi akar rambut, kulit kepala dan folikel rambut dengan krim yang mengandung minyak esensial dan vitamin sehingga cocok untuk rambut kering, kusam, atau kaku. Hair mask justru merupakan perawatan khusus untuk rambut yang rusak parah atau terlalu tipis dan tidak ada pijatan sama sekali.

Pemilihan perawatan yang tepat untuk kamu tergantung dari seberapa parahnya kerusakan rambut kita dan seberapa tipisnya rambut. Selain itu, kalau kita lebih ingin rileks, kita lebih baik memilih hair spa karena kepala kita juga akan dipijat di perawatan ini.

4. Blow-dry rambut kita

Cara Menebalkan Rambut - Blow-Dry Rambut

Sumber: theapexbeauty.com

Ketika perawatan di salon, kita biasanya diharuskan keramas terlebih dulu dan setelah selesai, rambut kita akan di-blow dan diberikan styling. Nah, supaya rambut kita terlihat lebih tebal dan bervolume, jangan hindari langkah yang satu ini dan hanya mengeringkan rambut dengan handuk ya.

Ketika rambut kita diberikan blow-dry, biasanya rambut juga akan di-styling dengan sisir bulat sambil dikeringkan dengan hairdryer sehingga terlihat lebih bervolume secara instan. Proses blow-dry juga mengaktifkan produk rambut dari salon untuk menyehatkan rambut kita lho.

5. Cobain perawatan hair perm 

Cara Menebalkan Rambut - Hair Perm

Sumber: tribune.com.pk

Perawatan yang satu ini memang agak ribet karena mewajibkan kita untuk lebih hati-hati merawat rambut kita ke depannya supaya nggak rusak lagi. Tapi, hair perm efektif banget untuk bikin rambut kita terlihat lebih tebal dan bervolume tanpa perlu terlalu banyak styling. Hair perm akan membuat rambut kita terlihat keriting dan tebal dan bervolume hanya dalam 2.5 jam saja dan bisa bertahan hingga 6 bulan tergantung seberapa tipisnya rambut kita.

Setelah hair perm, kita sebaiknya menghindari shampo dulu selama 48 jam. Kita juga harus menjaga kelembaban rambut kita secara konsisten supaya hair perm kita dapat bertahan. Jangan lupa untuk touch-up dan melakukan perawatan lagi setelah minimal 3 bulan ya.

Rambut Tebal, Kantong Tetap Tebal

Ada banyak cara menebalkan rambut yang bisa kita coba untuk bikin rambut kita terlihat lebih bervolume dan sehat. Takut kantong kita bakal jebol demi mencoba berbagai cara menebalkan rambut? Kamu bisa cobain aplikasi Cashbac yang bikin kamu tetap hemat sambil perawatan rambut lho!

Cashbac memberikan kamu instant cashback untuk setiap transaksi yang kamu lakukan, termasuk untuk membayar berbagai perawatan rambut di salon seperti Anna Wijaya Salon, La Femme Health & Beauty Center, Doubler Hair Studio, Pavilion Beauty Salon, M3 Hair Treatment, Punkq Hair Studio, dan masih banyak lagi.

Cara menggunakan aplikasinya juga gampang: cukup download aplikasi Cashbac, registrasi dengan kartu kredit atau kartu debit, dan gunakan aplikasinya untuk bertransaksi untuk dapat cashback. Instant cashback ini bisa langsung kamu gunakan untuk perawatan rambut selanjutnya atau transaksi lainnya atau kamu simpan untuk digunakan kapanpun selama akunmu masih aktif lho.

Jadi, supaya rambut kita nggak tipis lagi dan terlihat cantik, yuk cobain berbagai cara menebalkan rambut bareng Cashbac. Selamat mencoba!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store