Pernah merasakan nyeri pada gigi tanpa sebab yang jelas? Atau melihat warna gigimu berubah menjadi semakin menghitam? Mungkin ada lubang di gigimu yang belum kamu ketahui! Gimana sih cara mengatasi gigi berlubang dan apa aja penyebabnya? Ayo berkenalan dengan gigi berlubang dan cara mengatasinya.

Apa Itu Gigi Berlubang?

Dilansir dari hellosehat.com, gigi berlubang adalah kerusakan pada gigi yang membuat lapisan luar  (enamel) ataupun lapisan dalam (dentin) gigi terkikis. Biasanya, kerusakan ini terjadi karena penumpukan bakteri pada mulut yang berubah menjadi zat asam dan menjadi plak yang mengikis gigi. Gigi berlubang ngga cuma bisa dialami orang dewasa lho, tapi orang segala usia – termasuk bayi juga. Selain itu, gigi berlubang juga merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling sering dialami sedunia lho.

Kenapa Gigi Bisa Berlubang?

cara mengatasi gigi berlubang - penyebab gigi berlubang

Biasanya, lubang pada gigi awalnya terbentuk dari plak – yaitu sisa makanan yang mengandung gula dan diubah oleh bakteri di mulut menjadi asam. Plak ini lalu melekat pada gigi dan asam di dalamnya lalu mengikis lapisan-lapisan gigi – mulai dari lapisan terluar yang melindungi gigi dari kebusukan dan penyakit. Ketika lapisan-lapisan gigi udah terkikis, lubang pada gigi pun mulai terbentuk. Jadi, penyebab utama gigi berlubang biasanya adalah kebiasaan jarang menggosok gigi, terutama setelah makan makanan manis atau konsumsi makanan manis yang terlalu banyak.

Baca juga: 5 Kesalahan Dasar yang Harus Dihindari Ketika Pesan Makanan Penutup

Selain pola makan atau pola perawatan gigi, ada juga beberapa faktor lain yang bisa menambah risiko gigi kamu berlubang lho. Dilansir dari healthline.com, inilah beberapa kebiasaan dan kondisi yang bisa menyebabkan gigimu lebih mudah berlubang:

  • Menggunakan pasta gigi tanpa flouride (zat yang mencegah kerusakan gigi)
  • Mulut yang cenderung kering
  • Usia yang semakin bertambah
  • Sering mengkonsumsi obat, suplemen, vitamin, atau produk herbal dengan kandungan gula
  • Menderita gangguan makan (anoreksia atau bulimia) atau penyakit refluks asam lambung yang menyebabkan asam lambung merusak lapisan luar gigi

Kalau kamu memiliki kebiasaan atau kondisi di atas, saatnya untuk berubah atau lebih memperhatikan kondisi gigimu, terutama dengan lebih sering menggosok gigi setelah makan.

Tanda-tanda Gigimu Berlubang

Biasanya ada beberapa gejala pada mulut dan gigi yang menunjukkan kalau gigimu berlubang. Tapi, rasa sakit dan gejala yang muncul bisa berbeda-beda untuk setiap orang, terutama ketika lubang pada gigi baru mulai muncul. Biasanya, pada tahap ini, rasa sakit belum terasa dan gejala gigi berlubang juga belum terlihat jelas. Ketika lubang pada gigi semakin besar, barulah gejalanya akan muncul dengan jelas dan kamu mungkin mulai merasa sakit juga.

Apa aja gejala-gejala gigi berlubang? Yuk kenali supaya kamu bisa mengatasinya sebelum terlalu parah.

  • Gigi menjadi sensitif ketika mengonsumsi makanan atau minuman yang panas, dingin, atau manis
  • Rasa sakit ketika menggigit atau menekan gigi
  • Ada lubang yang terlihat di gigi
  • Rasa sakit pada gigi tanpa penyebab yang jelas
  • Perubahan warna pada beberapa bagian gigi menjadi putih, cokelat, atau hitam.

Kalau kamu mulai merasakan gejala-gejala ini, sebaiknya kamu segera ke dokter gigi untuk check-up. Biasanya dokter akan memeriksa dengan alat-alat yang sedikit menekan gigi atau dengan melakukan x-ray untuk memastikan gigi kamu memang berlubang.

Walaupun mungkin agak seram, jangan sampai kamu ngga melakukan check-up ketika udah merasakan gejala-gejala gigi berlubang karena kalau kamu biarkan, penyakit gigi ini bisa menyebabkan komplikasi lho. Menurut alodokter.com, contoh komplikasi dari gigi berlubang adalah gigi patah atau tanggal, kesulitan mengunyah yang permanen, nyeri gigi yang terus-menerus, bahkan abses gigi yang bisa membuat kamu menderita penyakit yang lebih berbahaya.

Lalu bagaimana cara mengatasi gigi berlubang?

Cara Mengatasi Gigi Berlubang dengan Alami

cara mengatasi gigi berlubang secara alami

Setelah mengalami gejala gigi berlubang dan check-up ke dokter gigi, saatnya kamu mulai mengatasinya. Ada dua cara mengatasi gigi berlubang: dengan cara alami atau dengan melakukan tindakan di dokter gigi. Pengobatan alami gigi berlubang biasanya dilakukan untuk mengobati rasa nyeri dan bisa kamu lakukan dengan beberapa cara.

1. Menghindari makanan dan minuman yang terlalu panas atau dingin

Karena gigi kamu lebih sensitif saat berlubang, maka ketika terkena makanan dan minuman yang terlalu panas atau dingin rasa nyeri akan bertambah. Jadi, selama gigi kamu masih berlubang atau ketika kamu baru mulai merasakan gejala-gejalanya, segera hindari makanan dan minuman tersebut.

2. Berkumur dengan minyak

Teknik ini berasal dari India dan udah digunakan berabad-abad untuk mengurangi rasa sakit di gigi. Untuk melakukannya kamu ngga bisa menggunakan minyak goreng biasa, tapi wajib menggunakan minyak kelapa, minyak wijen atau minyak zaitun. Ambil 1 sendok teh salah satu jenis minyak, kumur-kumur, lalu ludahkan, bersihkan mulut dengan air hangat, dan sikat gigimu.

3. Berkumur air garam

Cara pengobatan alami ini mungkin merupakan yang paling populer untuk dilakukan ketika gigi nyeri karena berlubang. Untuk melakukannya, larutkan 1 sendok makan garam dalam 1 gelas air hangat lalu kumur selama 1 menit dan lakukan 3 kali sehari.

Selain dikumur, 1/2 sendok teh garam juga bisa kamu campurkan dengan air lemon lalu dipijat pada gusi gigi yang berlubang selama beberapa menit dan setelahnya, bersihkan dengan berkumur air hangat.

4. Makan bawang putih mentah

Bawang putih memiliki kandungan antibakteri untuk mengatasi gigi berlubang dan bisa mengurangi rasa nyeri juga. Cara paling efektif untuk mendapat manfaat bawang putih ini ketika gigimu berlubang adalah dengan makan bawang putih mentah. Bawang putih juga bisa digosok pada gigi yang berlubang untuk mengurangi rasa nyeri. Selain itu, kamu juga bisa mencampurkan 3-4 siung bawang putih dengan 1/4 sendok teh garam lalu mengoleskannya pada gigi yang berlubang dan berkumur dengan obat kumur 10 menit kemudian.

5. Mengunyah cengkeh

Cengkeh merupakan salah satu bahan alami yang paling ampuh mengatasi rasa nyeri karena gigi berlubang dan untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mengunyah cengkeh hingga menjadi minyak, lalu mendiamkan cengkeh di bawah lidah selama beberapa menit. Cara lainnya untuk mengurangi rasa nyeri dengan cengkeh adalah dengan melarutkan 2-3 tetes minyak cengkeh dalam 1/4 sendok teh minyak wijen lalu mencelupkan kapas dalam larutan itu dan menepuk-nepuknya pada gigi berlubang.

Baca juga: Ingin Panjang Umur dan Sehat? 4 Bumbu Ini Penting Untuk Ditambahkan ke Makanan.

Cara Mengatasi Gigi Berlubang dengan Dokter Gigi

cara mengatasi gigi berlubang ke dokter gigi

Perawatan alami memang bisa mengurangi rasa nyeri, tapi biasanya efeknya hanya sementara. Untuk benar-benar mengobati gigi berlubang, kamu harus melakukan perawatan ataupun tindakan di klinik gigi atau dokter gigi. Bagaimana cara mengatasi gigi berlubang di dokter gigi?

1. Perawatan flouride

Pada perawatan flouride, dokter gigi akan mengoleskan zat yang mirip kalsium untuk memperkuat lapisan luar gigimu. Perawatan flouride ini ngga bisa hanya sekali, tapi harus dilakukan secara rutin, terutama kalau kamu ngga mendapatkan flouride yang cukup dari makanan, minuman atau produk pasta gigi yang kamu gunakan.

2. Perawatan anti-bakteri

Perawatan anti-bakteri ini biasanya direkomendasikan kalau kamu rentan kerusakan gigi, misalnya memiliki kondisi medis tertentu yang membuat gigimu lebih rentan rusak. Pada perawatan ini, kamu biasanya akan diberikan obat kumur anti-bakteri khusus atau perawatan lain yang membersihkan mulut dari bakteri.

3. Filling gigi

Perawatan ini lebih dikenal sebagai tambal gigi dan adalah salah satu perawatan paling umum diberikan ketika gigimu berlubang. Biasanya dokter akan memulai dengan membuang bagian gigi yang rusak dengan bor, lalu menambalnya dengan bahan khusus – mulai dari resin, porselen, hingga perak atau emas.

4. Crown

Kalau kerusakan pada gigimu lebih parah atau gigimu cenderung lemah, biasanya perawatan yang lebih dikenal sebagai kurung gigi ini akan direkomendasikan ke kamu. Untuk perawatan crown, mahkota gigi palsu akan dipasang di atas gigi yang rusak. Jadi dokter akan mengikis sebagian besar gigi yang rusak dulu dan menyisakan bagian kecil untuk dipasangkan mahkota gigi palsu berbahan resin, porselen, atau emas.

5. Root Canal

Perawatan ini biasanya disebut juga perawatan saluran akar gigi dan akan direkomendasikan ke kamu kalau kerusakan pada gigimu sudah sampai bagian dalam gigi, saraf gigi, atau akar gigi. Pada perawatan ini, gigimu tidak akan dicabut, tapi dibersihkan setelah dibor dan dikikir. Setelah pembersihan, gigimu akan ditambal dengan tambalan sementara dulu, lalu beberapa hari setelah operasi, barulah gigimu akan diberikan tambalan permanen berbahan karet.

6. Cabut gigi

Kalau kerusakan pada gigimu sudah terlalu parah sehingga ngga bisa dipulihkan lagi, biasanya gigimu yang berlubang akan dicabut. Bekas cabutan gigi itu lalu akan diisi dengan gigi palsu atau implan gigi.

Jadi, kalau kamu mengalami gejala-gejala gigi berlubang, segera lakukan check-up ke dokter gigi terdekat dan lakukan pengobatan untuk menghilangkan rasa sakitnya dan penyembuhannya. Untuk kamu yang mau ke dokter gigi di klinik seperti Dentalosophy, Dental House dan masih banyak lagi, biaya untuk mengatasi gigi berlubang di dokter gigi juga ngga harus mahal lho karena kamu bisa menggunakan aplikasi Cashbac – aplikasi yang memberikan kamu cashback setiap kali kamu bertransaksi, termasuk di klinik gigi. Kamu juga ngga perlu jauh-jauh untuk ke dokter gigi karena aplikasi Cashbac membantu kamu menemukan klinik gigi terdekat yang memberikan promo juga.

Daripada menahan rasa sakit, saatnya kamu mempraktikkan cara mengatasi gigi berlubang dari Cashbac. Semoga cepat sembuh!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store

Disclaimer: informasi dari Cashbac tidak menggantikan nasihat medis. Selalu konsultasikan ke dokter Anda sebelum melakukan tindakan lebih lanjut.