Cantik setiap saat mungkin merupakan salah satu cita-cita dambaan semua perempuan, terutama menjelang Lebaran saat kita mulai dapat undangan untuk silaturahmi dengan keluarga dan teman-teman. Salah satu faktor yang penting untuk kecantikan kita pastinya penampilan rambut kita dan rambut mengembang adalah masalah yang mengganggu penampilan banget. Mengalami masalah rambut yang satu ini dan bingung gimana cara mengatasi rambut mengembang kita? Yuk simak ulasannya!

Penyebab Rambut Mengembang

Cara Mengatasi Rambut Mengembang - Penyebab Rambut Mengembang

Sebenarnya kenapa sih rambut kita mengembang dan menjadi kusut? Menurut dr. Caecilia Haryu Aryapti dari Alodokter.com, pada dasarnya rambut kita mengembang karena produksi minyak alami di rambut kita berkurang sehingga rambut kita terlalu kering dan cenderung mengembang. Tapi, kondisi rambut mengembang ini juga bisa diperparah oleh beberapa kebiasaan kita lho. Ini dia beberapa kebiasaan yang bikin rambut kita cenderung mengembang.

Keramas lebih dari 4 kali seminggu

Kita mungkin sering keramas karena ingin rambut dan kulit kepala kita bersih. Tapi, terlalu sering keramas hingga lebih dari 4 kali seminggu justru nggak baik untuk kepala kita lho. Ini karena berkeramas dengan shampo akan mengangkat lapisan minyak di kulit kepala kita sehingga bikin rambut dan kulit kepala kita lebih kering. Kondisi kepala yang kering ini juga yang bikin rambut kita mengembang lho.

Terlalu banyak terkena sinar matahari, udara kering, atau angin

Sering beraktivitas outdoor? Atau sebaliknya, kita justru sering beraktivitas di bawah AC yang berangin dingin? Hati-hati lho karena kalau kita nggak merawat rambut dan kulit kepala kita dengan baik, paparan sinar matahari, udara kering, atau angin yang berlebihan bakal bikin rambut kita kering dan mengembang. Sinar UV dari matahari bahkan bisa merusak rambut dan permukaan kulit kepala hingga bikin rambut kita kering dan mengembang.

Iritasi karena salah menggunakan produk

Kalau kita termasuk tipe orang yang sering menggunakan berbagai produk untuk perawatan atau styling rambut kita, pastikan kita berhati-hati saat memilih produk untuk perawatan atau styling tersebut karena penggunaan produk yang salah atau nggak cocok dengan rambut kita bisa bikin kita iritasi dan rambut kita mengembang lho. Khusus untuk produk-produk seperti cat rambut, pengeriting rambut, atau pelurus rambut, kita harus memberikan perhatian ekstra lagi karena produk-produk inilah yang paling gampang bikin kita iritasi, bahkan bisa bikin rambut kita menipis.

Baca juga: Cepat dan Mudah, Yuk Cobain Cara Menebalkan Rambut Ini!

Terlalu sering menggunakan alat styling rambut

Suka styling rambut kita dengan alat-alat seperti pengeriting rambut, catokan, atau hairdryer? Hati-hati lho kalau kita terlalu tergantung dengan alat-alat tersebut karena penggunaannya yang terlalu sering bakal bikin kulit kepala dan rambut kita kering karena alat-alat tersebut bikin rambut dan kulit kepala kita memanas karena terkena angin kering.

Cara Mengatasi Rambut Mengembang di Rumah

Cara Mengatasi Rambut Mengembang - Perawatan di Rumah

Untuk mengatasi masalah rambut kering dan mengembang kita, ada beberapa perawatan yang bisa kita lakukan di rumah dan kebiasaan-kebiasaan simple yang bisa kita praktikkan. Ini dia 5 cara mengatasi rambut mengembang di rumah.

1. Gunakan produk rambut tanpa alkohol

Karena salah satu faktor penyebab rambut kering dan mengembang adalah iritasi karena salah menggunakan produk, maka kita sebaiknya lebih memperhatikan produk rambut yang kita gunakan. Akan lebih baik kalau kita menghindari produk rambut tanpa alkohol sama sekali karena kandungan alkohol yang tinggi berbahaya banget untuk rambut kita. Alkohol di dalam produk rambut bisa bikin rambut kita kering, mengembang, bahkan patah karena akar rambut kita menjadi lemah. Jadi, sebaiknya cek daftar bahan di produk rambut kita dan jangan pilih produk rambut yang menggunakan alkohol ya.

Baca juga: Yuk Intip Cara Merawat Rambut Rusak secara Alami!

2. Gunakan pelindung kepala saat beraktivitas di luar ruangan

Karena salah satu penyebab utama rambut mengembang adalah terlalu banyak terkena sinar matahari, udara kering, dan angin, pelindung kepala seperti topi saat beraktivitas di luar ruangan dibutuhkan banget untuk menghindari ketiga faktor itu. Kalau rambut mengembang kita juga gampang rusak, pastikan kita juga menggunakan penutup kepala ketika mandi dan berenang ya untuk menghindari air klorin atau air garam di laut. Pastikan juga topi yg kita gunakan berbahan lembut karena bahan yang kasar akan bikin rambut kita semakin rusak.

3. Oleskan minyak zaitun untuk rambut

Karena rambut yang mengembang biasanya disebabkan rambut kita kekurangan minyak dan menjadi kering, kita bisa mengoleskan minyak secara teratur pada rambut kita untuk mengatasinya. Dari berbagai jenis minyak, minyak zaitun adalah jenis minyak paling favorit yang umumnya digunakan untuk perawatan rambut kita. Selain melembutkan dan memperkuat rambut, minyak zaitun juga bikin rambut kita lebih lembab dan halus juga sehingga nggak terlihat kering dan mengembang lagi.

4. Rajin menjalankan pola hidup sehat

Selain perawatan dari luar, rambut mengembang kita juga bisa diatasi dari dalam tubuh kita lho dengan menjalankan pola hidup sehat secara teratur, terutama mengkonsumsi makanan sehat. Supaya rambut kita menjadi sehat dan nggak mengembang lagi, ada beberapa jenis makanan yang bisa kita konsumsi secara teratur. Tapi, jenis makanan yang paling cocok untuk mengatasi rambut mengembang kita adalah makanan yang berprotein tinggi seperti kacang-kacangan atau ikan salmon. Selain itu, bayam dan jambu biji juga cocok untuk kita konsumsi secara rutin lho sebagai cara mengatasi rambut mengembang.

Baca juga: Pola Hidup Sehat Ternyata Mudah Dilakukan Siapa Saja, Coba Yuk!

5. Hentikan styling rambut untuk sementara waktu

Dilansir dari Doktersehat.com, salah satu faktor yang mempengaruhi kerusakan rambut kita adalah styling rambut yang prosesnya menggunakan alat-alat panas atau bahan kimia yang bisa menyebabkan iritasi. Jadi, kalau rambut kita dalam kondisi rusak dan mengembang, sebaiknya jangan melakukan styling yang menggunakan alat-alat panas atau bahan-bahan kimia berbahaya terlebih dulu supaya nggak memperparah kondisi rambut kita. Kita bisa mengganti styling dengan alat-alat seperti hair dryer, catokan, pengeriting rambut dengan styling DIY sendiri lho dengan gaya yang simple dan nggak merusak rambut. Jadi, menunggu rambut kita pulih bukan berarti rambut kita nggak bisa terlihat keren kok.

Cara Mengatasi Rambut Mengembang di Salon

Cara Mengatasi Rambut Mengembang - Perawatan di Salon

Selain dengan melakukan perawatan rambut kita di rumah dan mengubah kebiasaan kita, kita juga bisa mengatasi rambut mengembang dengan melakukan berbagai perawatan di salon yang efektif dan bisa memberikan hasil yang cukup instan juga lho. Ini dia beberapa cara mengatasi rambut mengembang dengan perawatan di salon yang bisa kita coba.

1. Lakukan hair spa secara teratur

Mirip dengan creambath, perawatan yang satu ini bisa mengatasi berbagai masalah rambut rusak dan mengembang seperti rambut kering, kusam, atau berminya dengan cara menutrisi rambut dan kulit kepala sehingga rambut lebih sehat. Tapi, nggak seperti creambath, krim pada hair spa mengandung lebih banyak vitamin untuk menyehatkan rambut rusak. Selain itu, krim yang digunakan juga menggunakan lebih banyak minyak esensial sehingga lebih harum. Tapi, untuk kita yang punya rambut berwarna, pastikan kita nggak terlalu sering melakukan hair spa ya karena bisa bikin warna rambut kita jadi pudar.

2. Perawatan hot oil treatment

Kalau rambut mengembang kita juga ekstra kering, kita bisa cobain perawatan di salon yang satu ini. Dilansir dari Beauty Journal by SociollaHot oil treatment adalah perawatan di mana minyak alami dipanaskan lalu segera diaplikasikan ke rambut. Ada berbagai jenis minyak yang bisa digunakan untuk perawatan ini seperti minyak safflower, alpukat, argan, almond, jojoba atau extra virgin olive oil. Selain itu, nggak jarang virgin coconut oil juga dicampurkan pada salah satu minyak tersebut untuk perawatan ini, khususnya untuk rambut yang sangat kering. Biasanya hot oil treatment bisa dilakukan sambil memijat kulit kepala juga lho seperti ketika creambath. Cukup dengan melakukan perawatan ini seminggu sekali secara rutin, kita bisa mendapatkan rambut yang lebih teratur dan lembut.

3. Keratin treatment 

Untuk kita yang sering melakukan styling rambut dengan alat panas dan bahan kimia, perawatan ini bisa memperbaiki rambut kita yang rusak, kering, dan mengembang lho. Menurut Female Dailykeratin treatment yang udah populer cukup lama di Indonesia bisa bikin rambut kita yang mengembang menjadi lebih gampang diatur dan terlihat lebih lurus tanpa mengharuskan kita untuk styling agar lurus setiap hari. Perawatan ini bertujuan untuk mengembalikan keratin atau protein utama rambut kita yang berkurang atau hilang dengan semakin seringnya perawatan.

Perawatannya sendiri nggak ribet dan memakan waktu lama. Cairan keratin akan diaplikasikan pada kulit kepala dan rambut kita lalu dibiarkan hingga meresap selama 20 menit. Setelah itu, barulah rambut kita akan dicatok, dibilas dan dicatok kembali agar mengunci keratin dalam rambut kita. Jadi, dalam waktu sekitar 1 jam, kita udah bisa mendapatkan rambut lurus yang terlihat sehat dan teratur.

4. Smoothing rambut

Kalau kita ingin hasil yang super instan untuk bikin rambut kita nggak terlihat mengembang lagi, smoothing adalah perawatan di salon yang bisa kita cobain. Dalam waktu 3-4 jam, kita dengan rambut yang keriting sekalipun bisa mendapatkan rambut yang lurus dan mudah diatur. Selain itu, dengan melakukan smoothing pun kita jadi nggak perlu ribet dengan styling rambut terus-menerus yang bisa bikin rambut kita semakin rusak lagi. Tapi, smoothing menggunakan obat-obatan kimia untuk melemaskan rambut yang mungkin bisa bikin rambut kering atau bercabang. Jadi, hati-hati dengan cara mengatasi rambut mengembang yang satu ini – sebaiknya rambut kita berada di kondisi yang nggak terlalu rusak sebelum melakukan smoothing. 

5. Perawatan Collagen Sculpting 

Rambut mengembang kita bisa diatasi dengan treatment yang meluruskan rambut tanpa menggunakan bahan kimia yang berbahaya untuk rambut kita lho, yaitu Collagen Sculpting. Perawatan yang baru mulai populer tahun lalu adalah teknik pelurusan rambut yang menghasilkan rambut ikal alami atau lurus alami. Prosesnya mirip dengan smoothing yang selama ini kita kenal sebagai perawatan untuk meluruskan rambut. Tapi, berbeda dengan smoothing, perawatan Collagen Sculpting ini hanya memakan waktu 3-4 jam aja dan termasuk perawatan dengan kolagen untuk mempertahankan elastisitas rambut  walaupun udah terkena bahan kimia. Selain itu, dikutip dari Kumparan, kita yang udah melakukan perawatan ini juga bisa bikin rambut kita sehat dan mempertahankan bentuk hasil dari perawatannya dengan perawatan Opti.Care atau lanjutan dari Collagen Sculpting. 

Atasi Rambut Mengembang Tanpa Boros

Jadi, ada banyak cara mengatasi rambut mengembang yang bisa kita cobain untuk mewujudkan tampilan cantik ideal kita dengan rambut yang terlihat sehat dan cantik. Takut perawatan rambut mengembang kita bakal mahal sehingga kita jadi ragu untuk merawat rambut kita? Ada cara mudah untuk mengatasi rambut mengembang tanpa bikin kamu boros lho, yaitu dengan menggunakan aplikasi Cashbac.

Cashbac memberikan kamu instant cashback untuk setiap transaksi di ribuan merchants, termasuk ketika kamu melakukan perawatan di berbagai salon seperti Anna Wijaya Salon, Kaizen, Doubler Hair Studio, Blow & Glow Salon, M3 Hair Treatment, dan masih banyak lagi. Caranya gampang: cukup download aplikasi Cashbac, registrasi dengan kartu kredit/kartu debit, dan gunakan aplikasinya untuk bertransaksi supaya kamu dapat instant cashback. Cashback ini bisa langsung kamu gunakan untuk transaksi selanjutnya atau kamu simpan untuk digunakan kapanpun selama akunmu masih aktif.

Jadi, waktunya tampil cantik saat Lebaran nanti dengan rambut yang sehat dan nggak mengembang. Yuk cobain berbagai cara mengatasi rambut mengembang bareng Cashbac untuk bikin kamu Insta-ready saat kumpul-kumpul bareng keluarga dan teman-teman nanti!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store