Sepertinya hampir semua orang pernah merasakan stres dan kebanyakan orang juga tidak tahu bagaimana cara mengatasi stres. Biasanya, stres disebabkan oleh masalah-masalah yang menumpuk atau kenyataan yang tidak sesuai dengan yang kamu harapkan misalnya, kerjaan yang tidak mencapai target, masalah keuangan, masalah keluarga, dan lain-lain.

Setiap manusia pasti memiliki masalahnya dalam hidupnya, sehingga seringkali manusia tidak bisa menyikapi masalah-masalah tersebut yang menjadikan stres itu datang. Jika kamu sedang stres, kamu harus tahu bagiaman cara mengatasi stres dalam hidup. Tapi sebelumnya yuk ketahui dulu apa yang dimaksud dengan stres.

Stres Adalah

Stress

Seringkali kata-kata “stres” menjadi candaan. Ketika kamu bertingkah aneh atau kamu memiliki sifat yang konyol pasti teman-temanmu akan bilang kalau kamu stres. Jadi, sebenarnya apa sih stres itu?

Stres merupakan gangguan psikologis yang dialami oleh seseorang karena adanya suatu tekanan yang terjadi dalam hidupnya. Tekanan ini muncul dari kegagalan individu dalam memenuhi kebutuhan atau keinginannya. Tekanan ini bisa berasal dari dalam diri, atau dari luar.

Tingkat stres terbagi menjadi dua, yaitu ringan dan akut. Stres dapat memberikan dampak negatif bagi dirimu lho, misalnya berat badan, tidak nafsu makan, rambut rontok, hinga penyakit kronis. Jika kamu sudah sampai pada tahap kronis, itu akan membahayakan keadaan dirimu lho. Maka dari itu, stres tidak bisa dianggap remeh. Karena itu, kamu harus benar-benat mengetahui bagaimana cara mengatasi stres. Tapi, sebelum kita membahas cara mengatasi stres, ada baiknya kita mengetahui apa saja sih penyebab seseorang mengalami stres?

Penyebab Stres

Seperti yang sudah dibahas di atas, stres biasanya datang disaat kamu menghadapi suatu tekanan baik dari dalam diri sendiri atau dari orang lain. Inilah beberapa alasan yang menyebabkan kamu menjadi stres:

Terlalu Banyak Kerjaan

Kerjaan yang menumpuk

Kerjaan yang menumpuk dapat membuat kamu stres, apalagi kalau pekerjaan tersebut harus segera diselesaikan dalam waktu dekat. Namun hal ini merupakan hal yang wajar, karena ketika kita mendapatkan suatu tekanan untuk segera menyelesaikan semua tugas-tugas yang diberikan, kamu akan kebingungan mana pekerjaan yang harus didahulukan. Yuk, tenangkan dirimu dan mulai kerjakan pekerjaanmu satu persatu. Kamu pasti bisa. Selamat bekerja!

Keuangan

Keuangan

Hampir semua orang selalu merasa kurang dengan pendapatannya. Semakin tinggi pendapatan seseorang, semakin besar pula pengeluaran yang harus dikeluarkan. Apalagi, saat ini semua serba mahal. Bahkan, terkadang pendapatan yang kamu dapatkan kurang untuk membayar semua kebutuhan-kebutuhan kamu.

Masalah finansial seringkali menjadi suatu permasalahan. Parahnya, masalah keuangan ini bisa menyebabkan kamu terlilit dengan hutang-hutang yang jumlahnya tidak sedikit. Hal tersebut dapat membuat kamu stres.

Coba, sekarang kamu pilah-pilah manakah yang jadi kebutuhan kamu dan mana yang jadi keinginan kamu. Kamu bisa saja mengatur keuangan kamu dengan baik dan mempergunakan pendapatanmu sesuai dengan kebutuhan kamu.

Baca Juga: Mood Jelek Bisa Diatasi dengan Cara Simpel Ini

DilemaDilema

Kadang kita dihadapkan dengan dua pilihan. Hal itu bisa menjadikan kamu pusing bahkan stres apalagi, ketika dihadapkan dengan pilihan yang sangat sulit. Dalam megambil keputusan, kamu memang harus mengetahui dulu baik buruknya dampak dari keputusan yang akan kamu ambil. Atau kadang, kamu sudah tau ingin memilih apa tetapi kamu takut akan konsekuensi yang akan kamu hadapi nantinya.

Jika kamu dihadapi dilema dan hal tersebut menjadikan kamu stres, kamu harus tahu bagaimana cara mengatasi stresmu. Karena stres akan menggangu aktivitasmu yang lainnya lho. Yuk, tentukan pilihanmu. Kamu sudah cukup dewasa untuk mengambil keputusan yang baik untuk dirimu sendiri.

Terlalu Kecewa

Kecewa

Kamu pernah merasa kecewa? Biasanya rasa kecewa datang ketika kamu memiliki ekspektasi lebih kepada sesuatu. Ekspektasi yang tinggi akan membuat kamu kecewa, sehingga membuat kamu stres. Sepertinya kamu harus kurangi ekspektasi tinggimu deh, biar tidak terlalu kecewa dan bisa bikin kamu stres nantinya.

Ketika pikiran kita memiliki standar sendiri untuk memenuhi apa yang kita mau, dan pikiran itu tidak tercapai pasti kita akan merasakan rasa terlalu kecewa baik kepada diri sendiri maupun orang lain. Rasa kecewa tersebut bisa menyebabkan pikiran atau tekanan dan dapat menimbulkan stres.

Keluarga

Masalah Keluarga

sumber: hipwee.com

Sebelum kamu berkeluarga, biasanya kamu sudah diberi nasihat oleh keluargamu yang lain mengenai pernikahan. Ketika kamu sudah mantap untuk berkeluarga, itu artinya kamu juga sudah siap dengan permasalahan-permasalah yang muncul saat berkeluarga. Misalnya, anakmu yang jatuh sakit dan membutuhkan biaya yang besar, belum memiliki anak setelah beberapa tahun menikah sedangkan pihak keluarga yang lain terus menanyakan “kapan punya anak?”, “masih belum juga?”, dan pertanyaan-pertanyaan yang membuat kamu tertekan.

Lingkungan

Lingkungan Kerja yang Negatif

sumber: bacaterus.com

Lingkungan juga sangat memengaruhi kesehatan mentalmu lho. Lingkungan yang kurang baik akan memberikan dampak buruk bagimu, misalnya lingkungan orang yang suka julid, lingkungan orang-orang yang menjatuhkan orang lain, lingkungan orang yang suka pamer, lingkungan yang dikelilingi orang yang munafik, dan masih banyak lagi.

Kamu boleh berteman dengan siapa saja, tetapi pikirkanlah mentalmu juga ya, sebaiknya kamu berteman dengan orang yang men-support dan dapat membantumu untuk bangkit, bukan malah menjatuhkanmu apalagi bikin kamu kepikiran dan tambah stres. Walaupun ada beberapa orang yang akan semakin tangguh jika di remehkan, tetapi kita semua butuh teman yang mendukung juga, bukan ?

Kurang Refreshing

Butuh Liburan

Kurang berlibur akan membuatmu stress juga lho. Cobalah untuk refreshing otakmu. Tidak perlu yang mahal-mahal kok. Cukup pergi ke tempat yang kamu suka, dan lupakan sejenak semua hal-hal yang berbau masalah maupun pekerjaan. Bersantailah sejenak untuk menjernihkan pikiranmu. Mungkin terkesan menghabiskan waktu dan membuat keuanganmu menipis. Tetapi percayalah, setelah melakukannya kamu akan beraktivitas dengan semangat.

 

Nah, itu dia masalah-masalah yang menyebabkan kamu stres. Memang tingkat stres seseorang itu berbeda-beda. Ada yang ringan dan ada juga yang stres akut. Namun, terkadang seseorang kurang pandai mengatasi stres yang di hadapi. Seringkali kamu menemui orang-orang yang memiliki masalah yang lebih ringan daripada masalahmu, tetapi sudah stres. Seringkali juga kamu merasa bahwa masalahmu adalah masalah yang paling rumit. Apapun itu, hanya dirimu lah yang dapat mengatasi stres tersebut. Untuk itu, kamu harus tau bagaimana cara mengatasi stres dalam hidupmu.

Baca Juga: Begini Cara Mengontrol Emosi Kamu dengan Mudah!

Cara Mengatasi Stres

Kamu merasa sulit mengatasi stres? Kamu perlu hal-hal yang bisa bikin kamu lupa dengan permasalaha kamu. Ini dia cara mengatasi stres yang patut kamu coba. Yuk, baca cara-cara di bawah ini:

1. Nonton Film Seru

Cara Mengatasi Stres dengan Nonton Film

Kalau lagi stres biasanya kamu cuma bisa renungin masalah kamu, memikirkan permasalahan yang lagi kamu hadapi. Padahal, dengan begitu permasalahanmu tidak akan selesai. Lebih baik kamu menghibur diri dengan menonton film-film kesukaan kamu.

Agar stresmu hilang, coba kamu nikmati film-film yang menurutmu bagus, atau kamu juga bisa memilih genre comedy agar yang bisa membuat kamu tertawa. Dengan begitu kamu bisa lebih rileks dari permasalahan-permasalahan yang sedang kamu hadapi. Kamu bisa nonton di bioskop terdekat, misalnya di CGV. Saat ini CGV tersebar luas di seluruh Indonesia lho. Yuk, hilangkan stresmu dengan menonton di CGV.

2. Karaoke

Cara Mengatasi Stres dengan Karaoke

Masalah yang kamu hadapi sampai bikin kamu stres? Itu tandanya kamu butuh hiburan yang bisa bikin kamu lepas dari pikiran-pikiranmu. Banyak cara mengatasi stres, salah satunya adalah karaoke.

Di tempat karaoke kamu bisa bernyanyi dengan suara keras lho. Terlalu banyak memendam permasalahan bisa membuat kamu semakin stres bahkan bisa terserang penyakit. Bahaya kan? Maka dari itu, kamu butuh mengeluarkan isi pikiran kamu dengan teriak kencang di tempat karaoke.

Kamu bisa karaoke-an dimana saja dan kapan saja. Kalau karaoke di mobil masih belum cukup untuk mengistirahatkan sejenak pikiranmu, kamu bisa datang ke tempat karaoke Inul Vizta dan Masterpiece. Semoga cara mengatasi stres dengan karaoke ini bisa membantu kamu ya. Selamat mencoba!

3. Creambath

Cara Mengatasi Stres dengan Creambath

Tahukah kamu kalau creambath juga bagian dari cara mengatasi stres? Creambath adalah perawatan rambut yang menggunakan krim khusus sesuai dengan kebutuhan atau permasalah rambut. Gerakan pada perawatan ini adalah memijat bagian depan kepala hingga belakang kepala. Pijatan ini dilakukan antara lain untuk menghilangkan stres dan melancarkan peredaran darah.

Dengan melakukan creambath, kamu bisa merasa lebih segar, rileks, dan bisa beraktivitas kembali.Ketika kamu mengalami stres, kepala terasa berat dan kamu butuh me-refresh pikiran kamu. Kamu bisa datang ke salon manapun untuk melakukannya. Tapi, kita ada rekomendasi salon yang memiliki kualitas bagus lho, berikut salon-salon yang bisa kamu coba:

  • Anna Wijaya Salon
  • Christopher Salon
  • May May Salon
  • Blow & glow Salon
  • Pavilion Beauty Salon

4. Bermain di Game Center

Cara Mengatasi Stres dengan Bermain

Pergi ke tempat bermain mungkin terkesan kekanak-kanakan. Tetapi, percayalah kalau cara menghilangkan stres yang paling ampuh adalah ketika kamu feeling better dan salah satu cara bikin mood kamu kembali baik adalah datang ke tempat bermain seperti Amazing, Amazone dan Amazing D’ Caribbean. Yuk, coba bermain di game center. Semoga bisa membantu kamu melepaskan permasalahan yang sedang kamu hadapi!

5. Datang ke Breakroom

Cara Mengatasi stres dengan datang ke Breakroom

Stres memang membuat kita ingin marah, berteriak, dan mengeluarkan semua emosi yang ada pada diri kita. Breakroom bisa banget nih buat kita benar-benar mengeluarkan emosi. Untuk kamu yang belum tahu, Breakroom menyediakan tempat dan fasilitas buat “break” atau hancurin alat-alat yang memang sengaja disediakan.

Jadi, kalau kamu butuh hal-hal yang lebih ekstrim untuk mengeluarkan stres kamu, Breakroom bisa jadi salah satu tempat cara mengatasi stres kamu nihh. Tempat ini berada di Jalan Muara Karang Barat, Blok G, Nomor 41, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara.

Stres Hilang, Tapi Uang Nggak Banyak Hilang

Gimana? Nggak sulit kan? Itulah cara-cara seru yang bisa kamu coba untuk mengatasi stres yang sedang kamu alami. Cara menghilangkan stres di atas adalah cara-cara untuk menghibur dirimu agar terlepas dari tekanan dan pikiran yang kamu rasakan.

Kamu merasa cara di atas membuat kantongmu jebol? Jangan khawatir, hiburan di atas memang membuat stresmu hilang, tapi nggak ikut menghilangkan banyak uangmu lho! Karena, saat ini ada aplikasi yang oke banget yang bisa kamu pakai, yaitu Cashbac.

Aplikasi Cashbac

Baca Juga: Cashbac – Aplikasi Cashback Rewards Terbaik di Indonesia

Apasih Cashbac itu? Jadi, Cashbac adalah aplikasi yang selalu memberikan cashback berupa Cashback Points. Apasih kelebihan apliasi Cashbac dari pada aplikasi lainnya? Salah satu kelebihan Cashbac yaitu, tidak ada Top Up. Jadi, kamu hanya perlu menghubungkan kartu kredit atau debit tanpa harus ribet-ribet Top Up. Apalagi, kamu bisa mendapatkan instant cashback harus menunggu periode tertentu sampai cashback bisa didapat dan digunakan.

Jadi, hanya dengan satu aplikasi kamu bisa menghilangkan stres dengan nonton di CGV, karaoke di Inul Vizta dan Masterpiece, Creambath di salon yang menjadi merchant Cashbac, bermain di Amazone, Amazing, dan Amazing D’Caribban, dan datang ke Breakroom! Jadi, kalau kamu sedang stres segera lakukan kegiatan-kegiatan yang dapat menghibur diri ya. Nggak perlu takut boros, karena Cashbac punya solusinya. Yuk download aplikasi Cashbac dan dapatkan Cashback Pointsnya!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store