Terhitung sudah setahun lebih lamanya virus pandemi Covid-19 melanda Tanah Air. Kondisi inilah yang akhirnya mengakibatkan sektor kehidupan mengalami penurunan drastis. Namun, kini telah ada vaksin Covid-19 yang digalakkan pemerintah untuk meminimalisir resiko terserang penyakit Covid-19 tersebut. Sertifikat vaksin Covid-19 bahkan bisa kamu unduh secara gratis melalui Aplikasi Peduli Lindungi di ponsel saja. Lantas, seperti apakah aplikasi bernama Peduli Lindungi ini dan bagaimanakah cara penggunaannya? Agar lebih jelas, kamu bisa menyimak informasi lebih detailnya di bawah ini.

Baca Juga : Apa itu PPKM? Semua Tentang PPKM, Wajib Kamu Ketahui!

 

Apa itu Aplikasi Peduli Lindungi?apa itu aplikasi peduli lindungi

Mengingat zaman sudah canggih seperti sekarang ini, masyarakat Indonesia kini lebih mudah untuk mendapatkan info mengenai data penyebaran Covid-19, sertifikat vaksin Covid-19 dan lain sebagainya cukup memakai software aplikasi yang ada di ponsel bernama Aplikasi bernama Peduli Lindungi. Adapun aplikasi bernama Peduli Lindungi ini sendiri dikenal merupakan sebagai softwareyang dirancang dan didesain khusus oleh pihak tertentu dalam membantu pihak instansi pemerintah untuk memudahkan melacak penyebaran virus Covid-19 di suatu tempat.

Adapun dalam penggunaannya, aplikasi ini turut mengandalkan seluruh partisipasi masyarakat Indonesia untuk saling bertukar data lokasi ketika bepergian ke luar rumah. Dimana, hal ini bertujuan untuk memudahkan dalam melakukan penelusuran mengenai adanya riwayat kontak dengan penderita Covid-19.

Menariknya lagi, Aplikasi Peduli Lindungi ini juga bisa memperoleh notifikasi / pemberitahuan jika seorang pengguna tengah berada di keramaian atau berada di zona merah yang umumnya terdapat orang yang terinfeksi Covid-19 dan pasien dalam kategori lain – lain. Tentu saja, aplikasi yang hadir di Indonesia ini cukup membantu bagi seluruh masyarakat, bukan?

 

Manfaat Aplikasi Peduli Lindungimanfaat aplikasi peduli lindungi

Rata – rata hampir sebagian besar orang hanya mengetahui jika aplikasi bernama Peduli Lindungi ini hanya diperuntukkan untuk memudahkan dalam mengunduh  sertifikat vaksin Covid-19. Padahal, ada banyak sekali manfaat tak terduga dari penggunaan aplikasi mobileyang satu ini bagi penggunanya. Bahkan seseorang yang mungkin telah mengunduh aplikasi ini di ponselnya akan dibuat terkejut ketika tahu manfaat lain dari penggunaan aplikasi ini.

Umumnya, manfaat penggunaan Aplikasi Peduli Lindungi bagi pengguna di antaranya yakni sebagai berikut :

1. Memberikan info peringatan

Salah satu manfaat utama yang diberikan aplikasi bernama Peduli Lindungi ini adalah untuk memudahkan pengguna dalam memperoleh notifikasi / pemberitahuan jika mereka sedang berada di keramaian atau berada di kawasan zona merah. Nantinya, pengguna akan memperoleh tanda peringatan jika di lokasi yang mereka datangi terdapat orang yang terinfeksi positif Covid-19 atau ada Pasien Dalam Pengawasan.

2. Memberikan pengawasan / surveillance

Pada saat pengguna memakai aplikasi ini, maka informasi yang diberikan pengguna ketika pergi ke suatu tempat akan memudahkan pemerintah dalam mengawasi dan mendeteksi pergerakan orang – orang yang terinfeksi virus Covid-19 selama beberapa hal belakangan. Di samping itu, pemerintah juga akan lebih mudah dalam mengidentifikasi dan mendeteksi orang – orang dengan melacak data lokasi maupun informasi secara detail.

3. Ada sertifikat vaksin Covid-19

Dengan menggunakan Aplikasi Peduli Lindungiyang satu ini, maka pengguna yang telah disuntik vaksin Covid-19 akan lebih mudah dalam mengunduh sertifikat vaksin melalui fitur yang diberikan di aplikasi yang satu ini. Sehingga, pengguna tidak perlu khawatir untuk melakukan perjalanan jauh lantaran sudah memiliki surat bukti / sertifikat vaksin Covid-19 melalui ponselnya.

4. Ada hasil tes Covid-19

Bukan hanya memberikan kemudahan pengguna dalam melihat hasil sertifikat Covid-19, pengguna juga bisa menggunakan fitur lain yang ada di dalam aplikasi tersebut. Disini, pengguna bisa melihat informasi seputar hasil tes PCR atau tes swab antigen dengan hanya membuka satu aplikasi mobile yang satu ini dengan mudah dan cepat. Bagaimana, cukup mudah dan praktis untuk digunakan bagi seluruh kalangan masyarakat, bukan?

5. Rekam jejak akses layanan publik

Terakhir, manfaat dari Aplikasi Peduli Lindungi ini yakni dapat digunakan sebagai bukti mengakses layanan publik. Disini, kamu yang ingin bepergian ke suatu tempat bisa langsung menunjukkan aplikasi tersebut kepada petugas sebagai bukti telah divaksin Covid-19. Sehingga, hal ini akan memudahkan kamu dalam melakukan perjalanan tanpa adanya hambatan ke depannya.

Dari kelima manfaat yang telah dijelaskan mengenai aplikasi bernama Peduli Lindungi di atas, aplikasi ini umumnya juga dapat membantu petugas dalam memastikan bahwa proses validasi dokumen kesehatan masyarakat secara digital di bidang transportasi telah terbantu dengan baik. Sehingga, proses pelayanan yang dilakukan akan lebih aman, cepat, mudah dan praktis.

Di samping itu, aplikasi ini juga diklaim mampu meminimalisir terjadinya kontak fisik lantaran seseorang kini tidak perlu lagi membawa dokumen kertas hasil tes Covid-19 ataupun kartu vaksinasi. Sehingga, terjadinya pemalsuan hasil tes swab baik PCR maupun tes antigen bisa diminimalisir dengan mudah dan aman.

Baca Juga : Jenis Tes Covid-19, Tujuan, Prosedur, dan Biayanya, Lihat Yuk!

 

Cara Menggunakan Aplikasi Peduli Lindungi

Sebagai aplikasi wajib yang harus dimiliki seseorang ketika akan berkunjung ke fasilitas publik, aplikasi bernama Peduli Lindungi ini tentunya harus dimiliki terlebih dahulu bagi semua kalangan masyarakat. Sehingga, hal ini nantinya akan memudahkan pengguna dalam mengakses seluruh layanan publik dengan hanya menunjukkan bukti sertifikat vaksin Covid-19 secara online di handphone masing – masing.

Adapun langkah – langkah penggunaan aplikasi bernama Peduli Lindungi yakni berikut :

1. Pertama, unduh dan install terlebih dahulu Aplikasi Peduli Lindungi melalui Google Play Store maupun App Store menggunakan ponsel masing – masing.buka aplikasi peduli lindungi

2. Setelah aplikasi terunduh dan terinstall, selanjutnya tinggal buka aplikasi tersebut. Berikan izin aplikasi dalam mengakses lokasi, penyimpanan dan kamera.

3. Jika sudah, kamu tinggal membuat akun aplikasi dengan mengisikan biodata lengkap seperti nama lengkap, nomor ponsel aktif yang digunakan dan nomor KTP (Kartu Tanda Penduduk) maupun NIK (Nomor Induk Keluarga).login aplikasi peduli lindungi

4. Namun jika kamu sebelumnya telah memiliki akun, maka tinggal masuk proses login dengan cara memasukkan nomor telepon aktif yang sebelumnya telah didaftarkan. Lalu, masukkan kode OTP untuk melakukan proses verifikasi. Biasanya, kode OTP ini nantinya akan dikirim via SMS ke nomor ponsel kamu yang sebelumnya telah didaftarkan.

5. Apabila telah berhasil login, maka kamu nantinya akan melihat tampilan awal dari aplikasi Peduli Lindungi tersebut.menu aplikasi peduli lindungi

6. Disini, kamu bisa melihat berbagai macam tombol menu. Di antaranya yakni seperti menu pendaftaran Vaksin, Scan QR Code, Teledokter, Info Penting, Diary Perjalanan dan juga Paspor Digital.scan qr aplikasi peduli lindungi

7. Dalam menggunakan aplikasi digital Peduli Lindungi ini, kamu bisa mengklik tombol “Scan QR Code” pada barcode yang tersedia saat akan memasuki fasilitas publik.status aplikasi peduli lindungi

8. Atau kamu juga bisa masuk ke “Akun”, lalu klik “Status Vaksinasi & Hasil Tes COVID-19” untuk menunjukkan status sertifikasi vaksin kamu

Baca Juga : Macam-Macam Masker Covid-19, Cara Memilih dan Memakainya

 

Pakai Cashbac Untuk Tetap Hemat

Demikianlah langkah – langkah menggunakan Aplikasi Peduli Lindungi paling mudah dan cepat. Nah sekarang jadi sudah pada tau semua kan cara menggunakan aplikasi peduli Lindungi untuk digunakan di tempat umum seperti mall dan lain sebagainya. Tetap jaga protokol kesehatan walaupun kamu sudah di vaksin.

Jika ingin lebih hemat ketika berada di dalam mall kamu bisa gunakan aplikasi Cashbac, ada ribuan outlet yang bisa kamu kunjungi di mall dengan menggunakan aplikasi Cashbac. Kamu bisa dapat instant rewards yang bisa langsung kamu gunakan untuk pembelian berikutnya.

Di Aplikasi Cashbac juga banyak sekali promo menarik yang bisa kamu gunakan, diantaranya adalah promo bank

Promo Bank adalah promo yang juga memberikan tambahan rewards sebanyak 50% jika kamu menggunakan kartu kredit atau kartu debit dari bank-bank ternama seperti kartu Visa, Standard Chartered, Mandiri, digibank, dan masih banyak lagi bank lainnya – INFO DETAIL

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store
CASHBAC FOODFEST - BONUS POINTS 50%