Tentu kamu sudah pernah diajarkan pentingnya hidup hemat sejak di bangku sekolah dasar bukan? Orang tua bahkan turut mengajarkan kepadamu cara menghemat uang dengan menyediakan celengan kecil untuk menabung sebagian dari uang jajan kamu.

Hidup hemat memiliki manfaat yang sangat besar. Sebab, kamu bisa menyimpan uang untuk hal-hal yang lebih penting dan bermanfaat. Bisa saja kamu tiba-tiba harus mengeluarkan biaya besar di luar biaya sehari-hari. Jika tidak berhemat, tentu kamu akan kesulitan sendiri untuk mencari tambahan dana.

Tapi ingat, hemat bukan berarti pelit, apalagi jika pelit pada diri sendiri atau keluarga. Sebab, hakikat dari pengertian hemat adalah sikap cermat, berhati-hati, dan penuh pertimbangan dalam mengeluarkan uang. Pengertian hemat ini juga berlaku dalam masalah waktu,  tenaga, pikiran, dan lain sebagainya.

Baca Juga : 4 Tipe Pengaturan Keuangan Suami Istri, Kamu yang Mana?

 

6 Manfaat Hidup Hemat

Ketika sudah terbiasa menerapkan gaya hidup hemat, kamu akan merasakan banyaknya manfaat dari kebiasaan tersebut. Berikut beberapa contoh manfaat yang bisa kamu dapatkan :

1. Paham Skala Prioritas

paham skala prioritas

Kebiasaan berhemat dan tidak sembarang mengeluarkan uang menjadikan kamu memahami arti dari skala prioritas. Hal ini tentu sangat bermanfaat, karena kamu jadi lebih tahu bentuk-bentuk pengeluaran yang harus diprioritaskan.

Memahami skala prioritas dalam mengeluarkan uang merupakan salah satu cara menghemat uang yang sangat efektif. Alangkah baiknya jika bisa menerapkan hal ini pada diri kamu.

 

2. Memiliki Persiapan untuk Pengeluaran

mempersiapkan pengeluaran

Kebutuhan kamu terhadap uang bukan hanya hari ini saja hingga beberapa hari ke depan. Lebih dari itu, di masa mendatang sepanjang masih hidup, kamu membutuhkan uang untuk kebutuhan sehari-hari. Kamu juga tidak tahu sebesar apa kebutuhan uang di masa mendatang. Hanya dengan berhemat, kamu bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi hal tersebut.

 

3. Menabung untuk Masa Depan

menabung untuk masa depan

Kamu sering merasa kekurangan uang? Jika iya, coba perhatikan gaya hidup kamu selama ini. Bisa jadi kamu boros dan sering mengeluarkan uang untuk hal-hal yang kurang penting. Cobalah berhemat dari sekarang, agar kamu bisa menyisihkan sebagian uang untuk ditabung.

Menabung juga merupakan salah satu cara menghemat uang yang akan sangat bermanfaat bagi kamu di masa depan. Dengan menabung, berarti kamu sedang mempersiapkan kondisi finansial yang lebih baik di masa depan.

Baca Juga : 5 Penyebab Mengatur Keuangan Pribadi Menjadi Sulit

 

4. Terhindar dari Jerat Utang

terhindar dari hutang

Jika mendadak butuh uang dan tidak memilikinya, apa yang harus dilakukan? Tentu banyak dari kalian yang berpikir praktis ‘tinggal cari pinjaman!’. Memang kebutuhan kamu langsung teratasi dengan adanya pinjaman tersebut. Tapi kamu terjatuh dalam masalah yang lain, yaitu jerat utang.

Kondisinya akan berbeda jika selama ini kamu menerapkan gaya hidup hemat selama ini. Sebab, kamu bisa menabung dan menyimpan uang untuk kebutuhan mendadak yang sangat penting dan mendesak. Oleh karena itu, pelajarilah gaya hidup hemat dan cara menyimpan uang yang efektif untuk menghindari jerat utang di masa mendatang.

 

5. Mencegah Stres

mencegah stress karena uang

Fakta menunjukkan kalau salah satu penyebab kebanyakan orang mengalami stres adalah kondisi finansial yang tidak mendukung. Seringkali tiba-tiba muncul kebutuhan uang yang sangat besar, dalam keadaan tidak memiliki simpanan sama sekali.

Kondisi stres ini semakin diperparah jika sebelumnya sudah memiliki banyak utang di mana-mana, sehingga tidak mungkin untuk meminjam uang lagi dari orang lain. Jika dipaksakan, lilitan uang yang menjerat justru semakin besar.

Jika ingin terhindar dari kondisi seperti ini, mulailah dari sekarang untuk menerapkan gaya hidup hemat. Dengan begitu, Anda bisa menabung kelebihan uang yang dimiliki untuk persiapan hal-hal yang mendesak dan tidak terduga.

 

6. Hidup Lebih Tenang

hidup lebih tenang karena berhemat

Ketika menerapkan gaya hidup hemat dan memiliki simpanan uang yang memadai, hidup kamu jadi lebih tenang. Kamu tidak akan ditimpa rasa khawatir akan kekurangan uang di masa mendatang. Selain itu, terhindar dari gaya hidup boros juga akan menjadikan perasaan kamu lebih lega dan hidup kamu lebih bahagia.

 

Cara Menghemat Uang yang Efektif

Setelah memahami pentingnya hidup hemat, di bawah ini akan disebutkan cara menghemat uang yang efektif. Apa sajakah caranya? Yuk, lanjut simak di bawah ini :

1. Biasakan Masak Sendiri

memasak sendiri untuk berhemat

Banyak orang lebih suka membeli makanan di luar karena dianggap lebih praktis dan menghemat waktu dibandingkan memasak sendiri. Jika kamu termasuk yang seperti ini, segeralah hentikan kebiasaan tersebut.

Meskipun lebih praktis, membeli makanan di luar tentu akan menghabiskan biaya yang lebih besar dibandingkan memasak sendiri. Dari segi ini, membeli makanan di luar termasuk gaya hidup boros yang bertentangan dengan prinsip hidup hemat.

Luangkan sedikit waktu untuk memasak. Kamu bisa menggunakan rice cooker untuk menanak nasi agar lebih menghemat waktu. Untuk lauk-pauk, buat saja yang praktis dan mudah selama tidak membahayakan kesehatan.

 

2. Jangan Belanja Saat Lapar

jangan berbelanja saat lapar

Salah satu cara menghemat uang yang juga terbukti sangat efektif adalah tidak berbelanja saat lapar. Alasannya, ketika berbelanja saat lapar, keinginan berbelanja kamu menjadi sangat besar dan tidak terkontrol. Hal ini sudah merupakan kondisi psikologi orang-orang pada umumnya.

Saat berbelanja, kamu harus mempertimbangkan semua item yang ingin dibeli. Masalahnya, ketika lapar, kinerja otak yang berperan dalam melakukan pertimbangan dan membuat keputusan jadi melemah. Akibatnya, kamu kurang bisa mengontrol diri saat berbelanja. Oleh karena itu, sebaiknya makan terlebih dahulu sebelum kamu pergi berbelanja.

 

3. Ajak Teman Berbelanja

ajak teman berbelanja

Cara menghemat uang lainnya yang juga bisa kamu terapkan adalah mengajak teman berbelanja. Tapi jangan sembarang teman, karena bisa jadi kamu malah boros saat berbelanja dan rencana hidup hemat jadi buyar seketika.

Ajaklah berbelanja teman kamu yang memiliki minat dan hobi yang sama. Dengan begitu, saat berbelanja dan mendapati diskon ‘beli satu gratis satu’, kamu bisa patungan dengan teman untuk membelinya.

Biar lebih komitmen, ajak teman untuk membuat rencana belanja hemat dari awal. Sehingga, kamu dan teman hanya akan membeli barang-barang yang sudah direncanakan dalam belanja hemat sebelumnya.

 

4. Liburan di Dalam Kota Saja

liburan di dalam kota agar hemat

Siapapun pasti sepakat kalau melakukan perjalanan wisata selama masa liburan akan sangat menyenangkan. Rasa penat akibat padatnya rutinitas harian selama ini bisa dihilangkan. Dengan begitu, kamu jadi lebih rileks dan segar untuk melanjutkan rutinitas nantinya.

Tapi coba pikirkan berapa banyak biaya yang harus dihabiskan untuk itu? Jawabannya sangat besar! Jika ditabung, tentu simpanan uang kamu jadi lebih banyak.

Bukan berarti kamu tidak boleh liburan, karena hal tersebut juga penting. Solusinya, kamu bisa memanfaatkan masa-masa liburan dengan melakukan perjalanan yang santai dan menyenangkan di dalam kota. Yakinlah, banyak hal menyenangkan dan menarik yang bisa kamu lakukan di dalam kota.

 

Demikianlah cara menghemat uang yang efektif dan manfaat hidup hemat yang bisa kamu coba. Jika kamu selama ini sering merasakan kesulitan dari segi finansial, cobalah menerapkan gaya hidup hemat mulai dari sekarang.

Baca Juga : Cek Yuk Kondisi Keuangan Pribadi Kamu, Dan Cara Memperbaikinya!

 

Cashbac Easypay

Kamu bisa lebih efektif dalam melakukan penghematan dengan menggunakan Cashbac Easypay!

Cashbac Easypay merupakan fitur terbaru dari Cashbac yang memberikan kemudahan untuk berbelanja tanpa ribet dan tanpa biaya apapun yang berlaku di merchant favorit.

Keuntungan Cashbac Easypay adalah:

– Budget Belanja Jutaan
– Tidak Ada Biaya Tambahan Apapun
– Proses Cepat Bebas Ribet
– Bonus Point Rewards

Keuntungan yang tidak akan kamu dapatkan di tempat lain, apply Cashbac Easypay sekarang juga!