Kerjaan di kantor dan masalah yang lagi menumpuk bikin stres? Atau kamu malah stres karena bingung cara menghilangkan stres pikiran gimana? Padahal, menghilangkan stres pikiran itu nggak sesulit yang kamu kira lho. Ada banyak cara menghilangkan stres pikiran yang praktis dan bisa kita terapkan. Yuk simak infonya!

12 Cara Menghilangkan Stres Pikiran

Stres yang kita alami di kantor atau sambil beraktivitas tiap hari bisa kita hilangkan dengan mudah lho. Penasaran gimana caranya? Yuk simak 12 cara menghilangkan stres pikiran yang praktis, efektif dan nggak sulit ini.

1. Olahraga

Cara Menghilangkan Stres Pikiran - Olahraga

Udah stres, untuk apa kita capek-capek berolahraga? Olahraga justru salah satu cara menghilangkan stres pikiran yang paling efektif lho! Menurut Healthline, ini karena stres menurunkan produksi hormon stres cortisol di dalam tubuh kita dan meningkatkan produksi endorfin – hormon yang membuat kita lebih happy dan mood kita lebih bagus. Olahraga juga bikin kita lebih gampang tidur dan lebih percaya diri juga dalam menghadapi stres lho.

Untuk merasakan efeknya olahraga dalam menghilangkan stres, kita cukup meluangkan waktu 15-30 menit sehari aja untuk berolahraga lho. Ada beberapa olahraga yang bisa kita coba untuk menghilangkan stres, seperti jogging, body combat di gym, atau ikut kelas boxing untuk melampiaskan emosi yang bikin kita stres.

Baca juga: Wajib Coba! Inilah 7 Jenis Olahraga Mengecilkan Lengan

2. Tuliskan Semua Perasaan Kita

Cara Menghilangkan Stres Pikiran - Tuliskan Perasaan Kamu

Kalau pikiran kita sudah mumet saking stresnya, kita bisa menuliskan semua perasaan dan beban pikiran kita di satu buku untuk meredakan stres tersebut. Dengan menulis perasaan kita itu atau curhat di atas kertas, kita bisa melihat lebih jelas apa sebenarnya akar masalah yang bikin kita stres sekaligus introspeksi gimana bisa menghadapi masalah itu lebih baik. Menuliskan perasaan kita juga bisa bikin kita melepas semua emosi negatif kita dan lebih fokus dalam kehidupan sehari-hari kita.

Supaya kegiatan curhat dalam tulisan ini efektif, sebaiknya kita langsung menulis respons dan perasaan kita ketika baru mulai stres atau dihadapkan dengan masalah. Jangan memfilter diri dalam menceritakan perasaan kita itu ya karena yang membaca juga kita sendiri. Setelah selesai, coba baca ulang tulisan kita itu supaya kita bisa berpikir ulang mengenai stres yang kita alami.

3. Nyalakan Lilin Aromatherapy

Cara Menghilangkan Stres Pikiran - Nyalakan Lilin Aromatherapy

Saat ini, nggak sulit bagi kita untuk menemukan lilin aromatherapy dengan berbagai jenis aroma. Nah, kalau kita sedang mengalami stres, saatnya memanfaatkan lilin aromatherapy untuk menghilangkan stres kita karena wangi yang dikeluarkan lilin tersebut bisa langsung mengurangi hormon stres atau kortisol di dalam tubuh kita. Kalau kita stres hingga gelisah dan sulit tidur, lilin aromatherapy bisa bikin kita lebih rileks dan mudah tidur juga.

Beberapa jenis lilin aromatherapy yang wanginya bisa menghilangkan stres pikiran kita adalah: melati, peppermint, jeruk atau lemon, lavender, geranium, mawar, rosemary, dan eucalyptus.

4. Lakukan Aktivitas Bareng Orang-Orang Tersayang

Cara Menghilangkan Stres Pikiran - Lakukan Kegiatan Bareng Orang-Orang Tersayang

Kalau kita sedang mengalami stres pikiran, saatnya untuk bertemu orang-orang terdekat kita seperti teman-teman, pacar, atau keluarga dan lakukan aktivitas bersama. Dukungan dari orang-orang tersayang kita bisa banget menghilangkan stres pikiran kita dan membuat kita lebih percaya diri menghadapi masalah. Bahkan, menurut sebuah studi dari Universitas Yale, AS, beraktivitas bareng teman-teman bisa membantu tubuh kita memproduksi oxytocin – hormon yang mengurangi stres lho.

Ada banyak aktivitas yang bisa kita lakukan bareng orang-orang tersayang kita untuk menghilangkan stres, seperti ice skating, jalan-jalan ke tempat wisata, belanja di toko favorit bareng, makan bareng, dan sebagainya.

Baca juga: Kegiatan untuk Weekend! Nomor 3 Seru Banget!

5. Karaoke

Cara Menghilangkan Stres Pikiran - Karaoke-1

Stres banget dan ingin teriak kencang-kencang atau nyanyi dengan suara keras? Saatnya pergi karaoke! Seperti apapun suaramu, karaoke terbukti merupakan cara menghilangkan stres pikiran yang efektif banget. Menurut verywellmind.com, nyanyi lagu favorit kita sambil karaoke bisa melepaskan beban pikiran yang kita alami. Selain itu, karaoke bisa mengubah gelombang otak kita dan menenangkan pikiran kita, menurunkan detak jantung kita yang stres, membuat pernafasan lebih rileks dan meningkatkan optimisme ketika stres.

Karaoke bisa kita lakukan di manapun, mulai dari mobil kita hingga di tempat karaoke. Nah, kalau kamu ingin melampiaskan stres dan teriak kencang-kencang, pilih lagu rock, metal, atau EDM dan kalau kamu ingin lebih tenang, coba pilih lagu yang lembut dan menenangkan ya.

6. Ikut Kelas Yoga

Cara Menghilangkan Stres Pikiran - Ikut Kelas Yoga

Olahraga yoga emang terkenal banget bisa membuat tubuh kita lebih rileks. Dalam jangka panjang, yoga secara teratur juga bisa jadi salah satu cara menghilangkan stres pikiran yang efektif dan dampaknya permanen lho. Ini karena yoga mengurangi produksi hormon stres dalam tubuh kita dan mengatur pernafasan kita sehingga lebih teratur. Selain itu, kombinasi stretching dan meditasi pada yoga melatih fokus kita, bikin kita lebih mudah menyadari ketika pikiran kita stres sehingga kita lebih gampang mencegahnya.

Kita yang pemula sebaiknya mengikuti kelas yoga untuk mempelajari gerakan-gerakannya supaya kita nggak salah melakukan dan malah jadi cedera. Di kelas yoga, nggak hanya ada instruktur yang akan membantu kita supaya melakukan yoga dan benar, tapi juga pemula yoga lainnya yang bikin kita nggak merasa sendiri.

7. Nonton Film Komedi

Cara Menghilangkan Stres Pikiran - Nonton Film Komedi

Kalau stres di pikiran kamu nggak gampang hilang, bisa jadi kamu kurang ketawa. Sering ketawa bisa mengurangi emosi negatif yang kamu alami seperti takut, marah atau sedih yang bikin kamu stres. Selain itu, ketawa juga bikin tubuh dan pikiran kamu lebih rileks dan energi kamu bertambah lho. Yang paling utama, ketawa bisa bikin kamu melihat masalah apapun dengan lebih humoris dan bikin kamu lebih nggak gampang stres, apapun masalah yang kamu hadapi.

Supaya kamu lebih gampang ketawa, coba nonton film dan serial TV komedi yang nggak pernah gagal bikin kamu ketawa deh. Kamu bisa streaming serial TV atau film tersebut atau pergi ke bioskop dan nonton sambil makan popcorn. Dijamin, mood dan tingkat stres kamu akan jauh lebih baik setelah ketawa sambil nonton!

8. Coba Teknik Bernafas 4-7-8

Cara Menghilangkan Stres Pikiran - Coba Teknik Bernafas 4-7-8

Sumber: yogajournal.com

Dr. Andrew Weil – seorang peneliti dari University of Arizona – mulai mengajarkan teknik yang satu ini untuk membantu mengurangi stres, rasa takut, dan memperbaiki gangguan tidur. Ternyata, teknik pernafasan ini adalah salah satu cara mengurangi stres pikiran yang efektif dan efeknya bisa kita rasakan dalam 1 menit lho.

Caranya gampang: tarik nafas selama 4 detik, tahan selama 7 detik, dan hembuskan nafas selama 8 detik. Siklus pernafasan ini bisa kita ulang minimal 4 kali untuk mulai merasakan efek menenangkannya. Pastikan tubuh kita dalam posisi yang rileks ya, misalnya duduk bersila atau bersandar pada kursi atau sambil berbaring.

9. Makan Makanan yang Mengandung Cokelat

Cara Menghilangkan Stres Pikiran - Makan Makanan yang Mengandung Cokelat

Suka manisnya cokelat? Segera cari produk yang mengandung cokelat kalau kamu sedang mengalami stres. Menurut LiveScience, konsumsi cokelat sebanyak 40 gram setiap hari selama 2 minggu bisa mengurangi produksi hormon stres dalam tubuh lho. Bahkan, makan makanan yang mengandung cokelat secara teratur bisa membuat kita yang tingkat stresnya tinggi lebih rileks dan nggak stres lagi.

Nah, supaya kamu nggak bosan makan cokelat setiap hari, cobain berbagai variasi makanan dan minuman yang mengandung cokelat. Mulai dari chocolate cake, croissant, ice chocolate, martabak cokelat, hingga gelato dan popcorn cokelat.

Baca juga: 5 Dessert Unik di Jakarta yang Wajib Kamu Coba Weekend Ini!

10. Main Game di HP atau Komputer

Cara Menghilangkan Stres Pikiran - Main Game di HP atau Komputer

Kalau kamu suka main game, hobi kamu ini ternyata bisa mengurangi stres lho. Apapun jenis game yang kamu mainkan di HP ataupun komputer, kamu bisa menghilangkan stres hanya dengan main game sebentar aja. Kalau kamu main game jenis multiplayer yang mengharuskan kamu bekerjasama dengan orang lain, efek menghilangkan stres ini akan lebih terasa, terutama kalau kita nggak ada waktu untuk beraktivitas atau sekedar ngobrol bareng orang-orang tersayang kita ketika stres.

Supaya main game lebih efektif menjadi cara menghilangkan stres pikiran kita, ada beberapa jenis game yang bisa kita mainkan. Kita bisa cobain casual games yang nggak memakan waktu lama untuk menghabiskan satu game, game online atau di media sosial, game yang secara khusus didesain untuk mengurangi stres, atau game yang bersifat puzzle yang bikin kita fokus pada challenge yang ada di game itu.

11. Minum Teh Hijau

Cara Menghilangkan Stres Pikiran - Minum Teh Hijau

Tahukah kamu kalau teh hijau atau matcha dikenal sebagai minuman paling sehat sedunia? Jenis teh yang satu ini mengandung nutrisi, antioksidan dan 4 jenis zat polyphenol yang membantu menjaga tubuh kita supaya tetap sehat secara fisik dan mental. Teh hijau juga bisa mengurangi tingkat stres kita sehari-hari kalau kita konsumsi secara teratur lho. Studi di Jepang – negara asal teh hijau – membuktikan kalau minum 5 cangkir teh hijau setiap hari bisa mengurangi stres hingga 20%.

Selain minum teh hijau tawar atau dengan tambahan sedikit gula pasir, kita juga bisa cobain makanan dan minuman berbahan dasar teh hijau lainnya supaya nggak bosan. Ada matcha cheese tea, green tea latte, matcha cheesecake, matcha gelato, martabak green tea, atau matcha toast. Jadi, nggak perlu takut bosan makan dan minum teh hijau.

Baca juga: Tak Hanya Sehat, Minum 5 Jenis Teh yang Bantu Cepat Langsing!

12. Pergi ke Spa

Cara Menghilangkan Stres Pikiran - Pergi ke Spa

Kegiatan perawatan diri yang satu ini sering kita lupakan karena nggak ada waktu atau takut boros. Padahal, pergi ke spa nggak hanya merupakan salah satu cara mengurangi stres pikiran yang efektif lho, tapi bisa menjaga kesehatan kulit kita juga. Perawatan di spa seperti massage atau facial bisa membuat tubuh kita memproduksi hormon oxytocin yang mengurangi tingkat stres kita. Selain itu, sebagai organ tubuh kita yang paling besar, kulit kita yang gampang rusak karena stres juga bisa terlihat awet muda dan nggak kusam lagi.

Jadi, luangkan waktu kamu minimal setiap 1 bulan sekali untuk perawatan di spa supaya stres kamu berkurang dan kulit kamu nggak perlu rusak karena dampaknya. Walaupun memang memakan waktu minimal 30 menit untuk sekali perawatan di spa, waktu yang kamu gunakan ini worth it banget kok.

Baca juga: Apa Pengertian Spa? Ketahui Semua Hal tentang Spa Yuk!

Stres Hilang, Uang Nggak Melayang

Cara menghilangkan stres pikiran nggak sulit dan ribet kan? Nah, kalau kamu mau cobain tips-tips di atas untuk bikin stres kamu hilang, kamu nggak perlu stres soal biayanya karena kamu bisa melakukan semuanya sambil dapat instant cashback bareng aplikasi Cashbac. Mulai dari olahraga di Core Studio, ice skating di Oasis Centre Arena Aeon Mall, karaoke di Allegro KTV, ikut kelas yoga di Real Yoga Indonesia, makan martabak cokelat di Martabak Boss, minum green tea latte di Fore Coffee, hingga perawatan di Gaya Spa & Wellness – semua bisa kamu lakukan sambil berhemat bareng aplikasi Cashbac.

Cara menggunakannya gampang banget: cukup download aplikasi Cashbac, hubungkan kartu kredit/kartu debit, lalu lakukan transaksi untuk mendapatkan cashback. Instant cashback ini bisa kamu gunakan langsung untuk transaksi selanjutnya atau kamu simpan untuk waktu lain ketika kamu lagi stres – kapanpun selama akun kamu masih aktif lho.

Khusus untuk merchant kategori Health & Beauty seperti spa, kelas olahraga dan kelas yoga, Cashbac juga memberikan kamu extra cashback 30% lho selama 8 April – 7 Juni 2019! Cek di sini untuk info lebih lanjut.

Jadi, kalau kamu sedang stres, segera cobain cara menghilangkan stres pikiran yang mudah dilakukan ini. Nggak perlu tambah stres karena takut boros juga karena ada aplikasi Cashbac yang memberikan kamu cashback lebih besar dan nggak bikin uang kamu melayang untuk menghilangkan stres. Yuk cobain!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store