Apa kalian tau cantengan? Atau kalian sedang mengalami cantengan saat ini? cantengan memang sangat menyebalkan dan sangat mengganggu segala aktivitas kita bukan? sering kali saat kita berjalan seperti biasa ataupun saat kita sedang memakai sepatu, cantengan ini sangat menyakitkan bagi kita.

Yang paling menyebalkan adalah saat tidak sengaja terinjak oleh kaki teman kita atau malah kita tidak sengaja menendang dinding atau tangga saat kita sedang berjalan. Itu memang hal yang sangat menyakitkan. Yupp, itu adalah akibat yang ditimbulkan oleh cantengan.

Cantengan Adalahcantengan adalah

Onychoeryptosis atau cantengan adalah kuku yang tumbuh menjorok ke samping dan sering kali melukai ujung kuku dan membuat ujung kuku menjadi merah, sakit, dan bengkak. Rasa sakit tersebut disebabkan oleh kuku yang menjorok kedalam tersebut.

Biasanya kuku yang paling sering mengalami cantengan adalah kuku pada jempol kaki. Jempol kaki memang memiliki kuku yang paling besar diantara kuku di jari yang lain. Hal itu jugalah yang membuat kita merasa sangat sakit jika cantengan itu muncul. Jika kamu sudah ingin mengakhiri masa cantenganmu yang menyakitkan tersebut, tenang! Kami akan memberi kamu tentang cara ampuh mengobati cantengan tersebut agar kamu tidak tersiksa oleh si dia lagi.

Penyebab Cantengan

Sebelum kita mulai ke cara mengobati cantengan, yukk kita simak terlebih dahulu mengenai kenapa cantengan bisa muncul? karena pasti dari kalian juga bingung kenapa kalian harus mengalami cobaan ini bukan?

Cantengan ini bisa muncul karena beberapa hal sederhana dibawah ini :

Kaos Kaki Sempitcara mengobati cantengan - kaos kaki sempit

Ini adalah hal yang sangat sederhana dan tanpa kita sadari, penggunaan kaos kaki terlalu sempit juga bisa membuat kita cantengan bila di lakukan terlalu lama lho. Hal ini di akibatkan karena kaos kaki kita yang sempit tersebut menekan seluruh jari kaki kita serta kuku kaki kita menjadi lebih melengkung akibat jepitan jari kaki yang lain serta kaos kaki tersebut yang mengakibatkan pertumbuhan kuku pada jari kita menjadi terganggu dan menjorok kesamping.

Infeksi Jamurcara mengobati cantengan - infeksi jamur

Infeksi jamur pada kukumu juga dapat mengakibatkan cantengan dengan sangat mudah lho. Hal ini di karenakan pertumbuhan kukumu yang menjadi kurang sehat dan menebal. Jadi, jika kamu belum mengalami cantengan atau baru sembuh dari cantengan, sebaiknya kamu menjaga kebersihan kukumu ya agar cantengan ini tidak menghantuimu.

Memotong Kukucara mengobati cantengan - gunting kuku

Memotong kuku dengan tidak rata atau terlalu pendek juga dapat menyebabkan cantengan lho. Memotong kuku dengan tidak rata ini mengakibatkan kukumu tumbuh tidak sejajar dan membuat kuku yang tumbuh ini menusuk kulit disamping kukumu dan membuat ujung kukumu menjadi sakit lho. Sedangkan memotong kuku terlalu pendek dapat menyebabkan kuku yang tumbuh tersebut tumbuh dan menusuk ujung kukumu juga. Jadi memotong kukulah dengan benar ya.

Kuku Melengkungcara mengobati cantengan - kuku melengkung

Bentuk kuku mu yang terlalu melengkung juga dapat membuat kamu mengalami cantengan karena bentuk kuku ini akan dengan mudah menusuk ujung kulit kukumu.

 

Nahh, kamu sudah tau kan beberapa penyebab sederhana yang dapat menyebabkan cantengan tersebut. Kamu termasuk orang yang mengalami cantengan karena penyebab yang mana? jika kamu termasuk orang yang sering salah dalam memotong kuku atau malah kebiasaan memakai kaos kaki sempit, sebaiknya kamu segera mengubah kebiasaan tersebut ya.

 

Cara Mengobati Cantengan

Setelah mengetahui penyebab cantengan, yukk kita segera bahas mengenai cara mengobati cantengan ini :

Air Hangatcara mengobati cantengan - rendam air hangat

Jika cantengan yang kamu alami belum terlalu parah atau masih dalam tahap cantengan ringan yang belum terlalu menyiksa, kamu sebaiknya merendah kakimu di air hangat selama 15 – 20 menit setiap harinya agar cantenganmu segera sembuh.

Memotong Ujung Kukucara mengobati cantengan - memotong kuku

Jika cara mengobati cantengan dengan air hangat belum berhasil, cobalah untuk memotong kuku dengan perlahan dibagian samping kuku yang menyiksa tersebut. Hal ini akan dengan cepat segera melenyapkan cantenganmu lho, tetapi jika kamu tidak berani memotong kuku sampingmu sendiri dan belum mempunyai alat yang memadai serta steril, cobalah cara ketiga di bawah ini.

Salon Kukusalon kuku

Jika kamu tidak bisa memotong nya sendiri, bawalah kukumu itu ke salon kuku yang tentunya terjamin kebersihan dan kemampuannya ya. Serahkanlah pemotongan kuku lebihmu tersebut ke salon kuku agar segera dipotong kuku lebih nya saja, akan lebih baik jika kamu sekalian melakukan pedicure atau perawatan untuk kakimu saat kamu memotong cantengan tersebut agar kebersihan kukumu lebih terawat dan menghindari cantengan ini akan tumbuh lagi.

Doktercara mengobati cantengan - dokter kuku

Tetapi jika terlalu parah dan tidak bisa ditangani sendiri, lebih baik kamu membawanya ke dokter ya.

 

Nahh, sudah tau kan cara mengatasi cantengan tersebut, jika kamu masih bingung dan takut untuk membawanya ke salon karena harganya mahal, kami akan memberikan rekomendasi salon-salon kuku yang bisa menghemat pengeluaran kamu.

Baca juga: Ampuh! 7 Cara Mengecilkan Paha dan Betis, Mudah dan Cepat!

Salon Kuku Mengobati Cantengan

Jika kamu belum berhasil dengan cara mengobati cantengan diatas, kamu bisa coba rekomendasi salon-salon kuku yang dapat mengatasi cantengan dan memberikanmu perawatan serta membersihkan kaki.

Berikut daftar salon untuk mengatasi cantengan ringan:

My Nail

my nail salon kuku

sumber: instagram @my_nail_indonesia

My Nail adalah solusi untuk mengatasi cantenganmu lho, jika kamu sangat tidak nyaman dengan cantenganmu, segera ke My Nail dan cantenganmu atau kuku berlebih yang menyiksamu akan dilenyapkan dan yang tertinggal hanyalah kuku rapi dan bersihmu.

Lokasi My Nail

Ciputra Mall, Jakarta Barat

Puri Indah Mall, Jakarta Barat

Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara

 

Nail Sanctuary

nail sanctuary salon kuku

sumber: instagram @nailsanctuary_jkt

Untuk kamu yang sedang mengalami cantengan ringan yang belum sembuh dan kamu tidak berani atau tidak tahu cara untuk memotong kuku sendiri, cobalah ke Nail Sanctuary. Di salon ini kuku kamu akan dipotong dan dibersihkan dengan baik lho. Salon ini juga selalu menjaga kebersihannya, jadi kamu tidak perlu takut ya.

Lokasi Nail Sanctuary

Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan

 

Nails & About

nails and about salon kuku

Untuk kamu yang sedang kesakitan karena siksaan cantenganmu, coba deh ke Nails & About. Di salon kuku ini, kamu dapat membuang cantenganmu dan melakukan perawatan kaki mu lho agar lebih bersih dan cantenganmu gak balik lagi.

Lokasi Nails & About

Jl. Mandara Permai VII 6 Unit KC, PIK, Jakarta Utara

 

Nahh, itulah beberapa salon kuku yang akan melenyapkan cantengan ringan, jika sakit berlanjut hubungi dokter ya. Yang terpenting jangan malas untuk membersihkan kuku, agar cantengan tidak bermunculan dan menyiksa hari-harimu. Merawat kebersihan kuku kaki selain baik untuk kesehatanmu, kuku kaki yang bersih juga sangat indah di pandang lho.

Kamu bisa berhemat jika menggunakan aplikasi Cashbac karena Cashbac akan memberikan cashback langsung untuk setiap perawatan kuku di salon-salon kuku diatas.

cashbac

Selain di salon kuku, aplikasi Cashbac juga bisa digunakan di banyak tempat seperti salon kecantikan, restoran, karaoke, dan masih banyak ribuan outlet lainnya, semuanya bisa dapat cashback langsung!

Jadi, selalu gunakan aplikasi Cashbac, aplikasi yang akan selalu memberikan keuntungan dengan selalu memberikan cashback di setiap transaksi.

Ayo download aplikasi Cashbac. Beribu keuntungan, beribu manfaat.

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store

Disclaimer: informasi dari Cashbac tidak menggantikan nasihat medis. Selalu konsultasikan ke dokter Kamu sebelum melakukan tindakan lebih lanjut.