Jika kamu sedang emosi dan ingin marah saat ini, tenang saja, kamu tidak sendirian kok. Kali ini kita akan membahas mengenai cara mengontrol emosi. Emosi menjadi suatu hal yang terkadang dapat mengganggu kita. Mengganggu dalam hal bekerja, berinteraksi, dan berpikir.

Emosi ini bisa datang dari siapa saja, mana saja, dan kapan saja. Bahkan, terkadang kita sendiri bisa bingung kenapa kita bisa terpancing emosi dengan hal-hal kecil yang seharusnya tidak membuat kita emosi. Ada nggak yang seperti itu? Kalau kamu tipe yang seperti itu, tenang dulu. Tarik nafas dulu, lalu coba pahami pengertian emosi berikut.

Pengertian Emosi

emosi

Kamu merasa menjadi orang yang emosian? Pada dasarnya emosi adalah suatu reaksi yang dimiliki oleh semua orang. Pengertian emosi adalah suatu perasaan yang timbul dari dalam diri seseorang dikarenakan seseorang tersebut mendapat suatu rangsangan baik dari dalam diri sendiri ataupun dari orang lain. Emosi tersebut dapat berupa positif dan negatif, tergantung  dari rangsangan yang diterima oleh seseorang tersebut.

Emosi memiliki hubungan yang sangat erat dengan kondisi psikologis, suasana hati, dan prilaku. Pengertian emosi yang positif adalah emosi yang baik misalnya perasaan senang, sedangkan pengertian emosi yang negatif adalah emosi yang buruk misalnya perasaan marah, sedih, dan takut.

Banyak orang yang salah paham dengan pengertian emosi. Kebanyakan orang mengartikan kata emosi sebagai reaksi negatif, yaitu marah. Padahal, seperti yang sudah di bahas, emosi adalah hal-hal yang dirasakan oleh manusia baik senang maupun marah. Jika kamu termasuk orang yang emosian, kamu harus tahu bagaimana cara mengontrol emosi bukan? Tetapi sebelum itu, lebih baik kita mengetahui apa sih manfaat emosi untuk kita.

Fungsi Emosi

Ternyata, emosi juga memiliki fungsi lho untuk kehidupan kita. Mau tau kan, apa saja sih fungsi emosi itu? Yuk, baca penjelasannya di bawah ini.

Bertahan Hidup

Bertahan Hidup

Buat kalian yang sering emosi. Tenang saja, fungsi emosi memang diciptakan untuk membantu kita bertahan hidup. Kedengaran sangat membingungkan bukan? Baiklah, kita jelasin nih buat kamu. Maksudnya adalah emosi diciptakan untuk membantu kita membedakan sesuatu serta membantu kita bertahan saat adanya gangguan.

Misalnya saat ada orang yang mengganggu kita, maka kita akan memberikan reaksi dalam bentuk emosi dan mengeluarkan emosi tersebut agar orang tersebut sadar dan tidak mengganggu kita lagi.

Contoh lainnya adalah sedih saat ditinggalkan oleh seseorang. Ini akan membantumu untuk belajar ikhlas, lebih kuat dan tangguh. Adanya rasa cinta, sayang, cemburu, marah, atau benci membuat manusia dapat menikmati hidup dalam kebersamaan dengan manusia lain.

Baca Juga: Ternyata, Cara Menghilangkan Stres Pikiran Nggak Sulit!

Mengenali Diri Sendiri

Mengenali Diri Sendiri

Mengenali diri sendiri merupakan hal yang penting. Siapa sangka, bahwa fungsi emosi dapat membantu kita dalam mengenali diri sendiri. Terkadang, kamu tidak tahu apa yang kamu inginkan, apa yang kamu sukai dan yang tidak kamu sukai.

Tapi bagaimana proses emosi dapat membuat kamu mengenali diri sendiri? Jadi, ketika kamu meluapkan emosi atau amarah, biasanya kamu menjadi pribadi yang berbeda dari biasanya. Kamu akan mengeluarkan emosi yang sebelumnya belum kamu sampaikan. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui seperti apa diri kamu sebenarnya. Dan hal-hal apa yang bisa kamu terima atau tidak, kamu suka atau tidak dan kamu permasalahkan atau tidak. Namun, tetap saja kamu harus bisa mengontrol emosi kamu ya!

Tahu Karater Orang Lain

Tahu Karakter Orang Lain

Fungsi emosi yang lain adalah dapat memberitahu kita mengenai banyak hal. Misalnya, saat kita merasa senang, artinya kita mendapatkan sesuatu yang kita sukai, atau saat bertengkar dengan orang-orang terdekat kita jadi merasa sedih. Hal-hal kecil seperti itulah yang bisa kita ketahui. Tidak jauh berbeda dari manfaat-manfaat yang sudah di jabarkan di atas, emosi juga membuat kita jadi lebih tahu mengenai diri sendiri ataupun orang lain.

Contoh paling nyatanya adalah saat kamu bersama teman-teman sedang menceritakan hal memalukan yang pernah kamu alami. Lalu, temanmu memberikan reaksi atau tanggapan yang positif, menertawakan ceritamu. Dengan begitu kamu bisa menilai kalau kalian memiliki selera humor yang sama, misalnya. Mengenali orang lain bisa dinilai dari bentuk emosi yang disampaikan oleh orang tersebut baik emosi yang positif maupun negatif.

Sumber Energi

Sumber Energi

Tau nggak kalau emosi juga menjadi sumber energi buat kamu? Saat kamu sedang lemah dan ada yang mengganggumu, tiba-tiba kamu bisa saja kesal dan marah kepada orang tersebut maupun saat kamu sedang ketakutan, kamu tiba-tiba mendapatkan kekuatan untuk berlari sangat kencang sambil berteriak.

Fungsi emosi memang berguna pada moment-moment tertentu. Tetapi apa jadinya jika kamu adalah seorang yang terlalu emosi dan terbawa perasaaan? Sebenarnya hal tersebut mengandung nilai negatif dan positif. Kamu akan senang ketika kamu merasakan hal-hal yang buat kamu bahagia. Tetapi apa jadinya jika kamu mudah marah dan mudah menangis ? Pasti kamu tidak terlalu menyukai hal tersebut bukan? Karena hal tersebut memberikan dampak negatif untuk diri kamu.

 

Nahh, jadi itulah fungsi emosi terhadap diri kita. Kamu merasa sudah memanfaatkan fungsi emosi kamu belum? Kalau kamu belum bisa tahu bagaimana cara mengontrol emosi, yuk baca pembahasan cara mengontrol emosi di bawah ini.

Baca Juga: Mood Jelek Bisa Diatasi dengan Cara Simpel Ini

 

Cara Mengontrol Emosi

Kali ini kita akan membahas cara mengontrol emosi yang negatif seperti sedih dan marah. Saat kamu sedang marah, pasti yang kamu ingat adalah kata-kata “sabar ya”. Ya! memang kita harus bersabar! Tetapi, bagaimana bisa sabar kalau emosimu sedang meledak-ledak? Kita mau kasih tahu nih beberapa cara mengontrol emosi dengan mudah.

Berpikir

Berpikir

Setiap kali kamu emosi dan ingin marah, biasakanlah diri kamu untuk berpikir terlebih dahulu. Terkadang hal kecil yang terjadi tidak seharusnya membuat kamu emosi. Tetapi karena hati kamu terlalu sensitif, kamu menjadi mudah emosi dan mudah mengekspresikan rasa marahmu kepada orang sekitar. Coba kamu pikirkan, hal buruk bisa saja terjadi jika kamu terus-terusan emosi dan marah kepada setiap orang.

Jadi, mulai saat ini mulailah coba menahan emosi dengan berpikir terlebih dahulu. Apakah yang membuat kamu kesal merupakan hal yang harus dipermasalahkan atau tidak? Apakah permasalahan tersebut merupakan hal sepele yang tidak perlu dibesar-besarkan?

 

Diam

Diam

Jika kamu sedang emosi, terkadang kamu akan mengeluarkan kata-kata buruk yang dapat menyakiti orang lain. Meskipun kamu memang berniat demikian, tapi percayalah kamu akan menyesal dikemudian hari karena kata-kata kasar tersebut seharusnya tidak kamu ucapkan kepada mereka. Apalagi menggunakan kata-kata yang merendahkan atau menghina seseorang.

Ketika emosi datang kepada kamu, sebaiknya kamu menahan kata-kata kasar yang keluar dari mulutmu itu. Diam bukan berarti kalah lho, tetapi diam juga dapat memperlihatkan kedewasaan kamu.

 

Menyibukan Diri dengan Hobi

Menyibukkan diri dengan hobby

Kamu merasa emosi kamu tidak beraturan? Tenang, daripada kamu memikirkan hal yang menjadi penyebab emosi kamu, lebih baik kamu menyibukan diri dengan hobi. Dengan menjalankan aktivitas yang membuat kamu bahagia, kamu akan mendapatkan emosi-emosi yang positif pada kehidupanmu. Jika kamu melakukan hal-hal yang kamu sukai, maka kamu akan lebih merasa

Menjalankan aktivitias yang membuat kamu senang dapat menciptakan emosi positif di kehidupan sehari-hari. Mengerjakan hobi yang kamu sukai membuat kamu merasa rileks lho.

 

Memberi Waktu untuk Sendiri

Memberi Waktu Untuk Sendiri

Cara mengontrol emosi yang lainnya adalah berikan dirimu waktu untuk sendiri. Ini akan membuatmu berpikir kenapa kamu sangat emosian terhadap masalah-masalah yang kamu hadapi. Kamu juga bisa meluangkan waktu untuk berlibur sendirian, menikmati ketenangan dan kenyamanan diri agar kamu lebih rileks.

 

Memaafkan

Memaafkan

Kamu berpikir bahwa mereka tidak pantas mendapatkan maafmu? Mungkin begitu menurut egomu, tapi ketahuilah memaafkan orang lain adalah hal yang sangat mulia. Jika kamu memaafkan mereka, ini akan membuatmu tidak memikirkan permasalahan tersebut dan hidupmu akan jauh lebih tenang. Yuk, coba kontrol emosi kamu dengan melapangkan dada atau memaafkan orang-orang yang sudah membuat kamu emosi.

Baca Juga : Selalu Merasa Sedih? Makan Alpukat hingga Tomat Ceri Bikin Kamu Bahagia! 

 

Bercerita Kepada Orang Lain

bercerita dengan orang lain

Setiap manusia pasti memiliki permasalahan dalam hidupnya. Mulai mengalami permasalahan yang kecil sampai permasalahan yang besar. Permasalahan tersebut pastinya membuat emosi kamu turun naik. Ada baiknya, jika kamu memiliki seseorang yang kamu percaya untuk kamu jadikan tempat cerita.

Jika kamu mengalami suatu masalah, lebih baik kamu ceritakan kepada orang lain yang bisa membuat kamu lebih tenang. Mungkin kamu akan mendapatkan solusi dari permasalahanmu? Atau kamu mendapat ketenangan dari orang tersebut.

 

Makangelato

Makan? Iya! Kedengarannya menyenangkan bukan? Percayalah bahwa memakan makanan yang kamu sukai dapat meredam emosi kamu lho. Jika kamu sedang emosi, cobalah untuk datang ke restoran yang kamu sukai dengan menu-menu lezat dan tempat yang enak. Hal tersebut dapat meredamkan emosi kamu, misalnya kamu bisa menenangkan diri kamu dengan gelato, tempat makan gelato yang bisa kamu coba adalah:

  • GROM
  • Gaya Gelato
  • Aroma Gelato
  • Vilo Gelato
  • Ziato Gelato
  • Latteria Gelato and Dessert Bar
  • Legato Gelato

 

SpaSpa

Spa akan merubah emosi sedih maupun marahmu menjadi rileks dan senang. Karena kamu akan menikmati badanmu yang dipijat-pijat dan diberikan scrub atau perawatan lain yang akan memanjakan dirimu. Hal ini akan membuatmu melupakan emosimu lho.

Jika kamu bingung rekomendasi tempat spa, kamu bisa coba tempat-tempat berikut:

  • La Familia Spa
  • Relax Living Spa
  • Taman Sari Royal Heritage Spa
  • Gaya Spa & Wellness
  • Spa & Fitness by Hotel Gran Mahakam

 

Yogayoga

Emosi kamu tidak stabil? Mengikuti kelas yoga juga cocok untuk kamu yang tidak bisa mengontrol emosi nih. Kenapa? Karena gerakan-gerakan yoga dapat membantu pernafasan, mengurangi stress, membuat kamu nyaman, dan merileksasi badan kamu lho. Waah, banyak ya manfaat dari yoga.

Kamu belum tau tempat yoga mana yang bagus untuk kamu kunjungi. Nggak usah bingung, Cashbac bisa kasih tempat-tempat yoga yang bagus untuk kamu. Kamu bisa olahraga yoga di:

  • Core Studio
  • Union Yoga
  • Yoga Dham Jakarta
  • Do Yoga Harton Tower

 

Kontrol Emosi, Kontrol Keuangan

Jadi, itulah cara mengontrol emosi yang bisa kamu coba. Kamu takut mengeluarkan banyak biaya untuk hal tersebut? Tenang aja, kita punya solusi lho untuk kamu yang misalnya ingin makan, spa dan yoga tapi bisa tetap berhemat. Bagaimana caranya?

Kamu hanya perlu menggunakan aplikasi Cashbac dimana kamu akan mendapatkan cashback dari setiap pembeliaan atau penggunaannya, bisa untuk makan, spa, atau yoga di tempat-tempat seperti yang disebutkan diatas.

Baca Juga: Cashbac – Aplikasi Cashback Rewards Terbaik di Indonesia

Aplikasi Cashbac

Cashbac juga merupakan aplikasi yang ga ribet, karenai kamu tidak perlu melakukan top-up. Cashbac menghubungkan kartu-kartu yang kamu punya baik debit ataupun kredit yang setiap pembelanjaannya akan otomatis terpotong dari kartu tersebut, sehingga hanya mengurangi sesuai pembelian atau menggunakan sesuai yang diperlukan, sangat fleksibel.

Aplikasi Cashbac juga bisa dipakai di ribuan outlet lainnya seperti restoran, cafe, tempat belanja, dan tempat-tempat lainnya yang bisa kamu lihat langsung di aplikasi Cashbac.

Yuk kontrol emosi kamu dengan mudah, dan bisa pakai aplikasi Cashbac untuk tetap berhemat!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store